Penyebab Dan Cara Mengatasi PHP Required di WordPress

Like Comment
php required

Menggunakan WordPress sebagai platform blogging memiliki banyak keuntungan. Namun, ternyata ada salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para blogger yakni soal PHP Required.

PHP Required ini disebabkan oleh banyak hal, namun berkaitan dengan kode script yang sudah out to date karena kurang update.

Mungkin beberapa dari anda pernah mengatasi masalah diatas. Blog saya sendiri juga pernah mengalami masalah yang sama.

Nah untuk anda yang ingin mengatasi masalah PHP Required ini, silahkan baca artikel ini sampai habis. Karena disini akan dibahas mengenai penyebab, dampak dan cara mengatasinya.

Penyebab PHP Required

Secara umum, ada dua penyebab utama mengapa PHP required di WordPress. Antara lain:

1. Versi PHP Tema yang sudah expired

WordPress selalu melakukan pembaharuan berkala pada platformnya. Pembaharuan ini tentu memiliki tujuan untuk menyempurnakan versi PHP secara umum.

Juga bertujuan untuk mencegah dan mengatasi masalah, bug atau celah yang berkaitan dengan keamanan.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Google News

Dan terkadang, akibat pembaharuan ini, versi PHP terbaru tersebut tidak support dengan tema yang digunakan sehingga munculah pemberitahuan mengenai hal ini.

Dan ini sering dialami oleh para pengguna yang menggunakan template gratisan untuk ngeblog di WordPress.

2. Pembaharuan WordPress

Diatas sudah saya singgung mengenai hal ini. Namun ada kemungkinan PHP required tidak disebabkan oleh tema yang digunakan melainkan pada versi php yang dijalankan.

Hal ini disebabkan karena sudah cukup lama blog WordPress yang anda miliki itu tidak di update ke versi terbaru.

Saya pun pernah mengalami hal yang sama beberapa waktu lalu. Meskipun tema sudah di update pemberitahuan php required tetap ada.

Dan setelah di cek, ternyata saya tidak melakukan pembaharuan di WordPress setelah cukup lama.

Dampak PHP Required

Setelah mengetahui penyebab PHP Required di WordPress kali ini akan kita bahas mengenai dampak yang akan dirasakan akibat PHP Required ini. Antara lain:

1. Kemaman Website Terancam

Tentu saja, website yang tidak terupdate dengan baik keamanannya akan terancam. Yang berarti, para hacker kemungkinan bisa memperoleh akses ke blog tersebut. Pada dasarnya, akses ini diperoleh akibat kode script yang sudah basi dan tidak lagi relevan.

2. Deindeks di Mesin Pencari *

Jika beberapa artikel anda mengalami de indeks, coba perhatikan sapa tahu akibat php required di WordPress.

Dulu, sebelum kode API Search Console diubah, anda mungkin bisa melihat mana link yang tidak terindeks oleh Google lewat plugin SEO by Yoast.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Namun kini sudah tidak lagi. Anda bisa melihat pada bagian search console apabila ada deindeks yang terjadi, meskipun anda sudah mengklik selesaikan masalah namun tidak bisa diselesaikan oleh Console secara manual.

Jika terjadi hal macam ini, sebaiknya anda evaluasi. Karena ini sangat penting, dan berdampak pada postingan dan popularitas blog anda tersebut.

3. Script eror

Jika sudah mengalami PHP Required ada kemungkinan blog anda tidak akan bisa diakses untuk browser terbaru yang sudah di update.

Kalaupun di akses, kemungkinan bakal ada masalah atau script yang eror. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera mengatasinya.

Karena memang eksekusi atau download kode yang dilakukan oleh browser biasanya berbeda maka bisa tidak kompatibel.

4. AdSense Eror *

Dalam beberapa kasus, jika sudah ada pemberitahuan php eror, maka kode adsense yang digunakan akan eror.

Eror disini bukan kodenya, melainkan iklan adsense yang tampil tidak pada tempat yang seharusnya. Dan ini krusial, karena bisa membuat blog tersebut di banned karena penempatan iklan adsense yang bertolak belakang dengan TOS.

5. Kecepatan menurun drastis

Memang, kasus ini cukup jarang. Namun, pernah terjadi. Salah satu blog saya, yang sudah lama tidak di update mengalami penurunan kecepatan akibat php yang required. Mungkin kasus ini sangat jarang terjadi.

6. Tidak kompatibel pada browser tertentu

Terkadang, saat browser di update dan anda membuka sebuah website, yang sebenarnya SEO Friendly, maka anda akan melihat misalnya, tampilannya yang terlalu besar atau mungkin gambar dan captionnya yang tidak berada ditempat biasanya.

Ada kemungkinkan, hal itu disebabkan karena versi PHP yang digunakan itu sudah ekspayer dan perlu di Update ke versi terbarunya.

Cara mengatasi PHP Required di WordPress

Lantas, apakah ada solusi untuk mengatasi PHP yang required di WordPress? Jawabannya ada. Berikut diantaranya:

1. Tingkatkan versi WordPRess

Secara berkala, Auttomatic WordPress biasanya memberikan update terbaru. Saat update tersebut di rilis, anda akan memperoleh pemberitahuan entah di dashboard WordPress atau di CP-Panel.

Jika anda pemberitahuan untuk update versi WordPress, sebaiknya anda langsung mengupdatenya. Ini bertujuan untuk mengatasi PHP yang required.

Terkadang juga, jika versi WordPress itu tidak di update dalam jangka waktu yang lama, misalnya, 3-5 bulan, akan mendapat email dari penyedia hosting. Untuk beberapa penyedia hosting dan domain, versi WordPress tersebut akan di update secara otomatis.

2. Update tema ke versi yang terbaru

Entah yang anda gunakan itu merupakan tema gratisan atau tema premium, tetap membutuhkan update. Mengapa? Ini bertujuan agar kompatible dengan versi WordPress yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Terkadang juga, beberapa penyedia template tidak mengupdate ke versi terbaru, oleh karena itu, anda bisa mengikuti metode yang ketiga.

3. Jika tidak ada update silahkan ganti tema

Nah, karena ada kemungkinan penyedia template tidak menyiapkan versi update, maka sebaiknya anda mencari tema terbaru.

Saran saya, belilah tema dari penyedia terpercaya. Memang sih, harganya lebih mahal namun kualitasnya lebih baik.

4. Update Plugin yang ada

Setelah anda melakukan langkah kedua atau langkah ketiga, sebaiknya anda mengupdate plugin yang anda gunakan jika sudah ada versi terbarunya.

Langkah ini bertujuan agar PHP yang anda gunakan, termasuk untuk pluginnya bisa terupdate ke versi yang paling baru.

Penutup

PHP Required di WordPress adalah hal lumrah yang sering terjadi. Apalagi jika anda menggunakan template atau tema gratisan.

Biasanya, anda akan mendapatkan notifikasi apabila versi PHP yang digunakan itu sudah required atau expayer di dashboard WordPress seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini.

php required

Jika sudah ada peringatan macam itu, sebaiknya segera selesaikan agar tidak ada masalah saat anda blogging.

Nah demikian artikel tentang cara mengatasi PHP Required di WordPress. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Keterangan:

kode * menunjukan bahwa pernyataan tersebut masih meragukan. Ada kemungkinan [dari sumber yang saya peroleh] pernyataan tersebut hanyalah pandangan pribadi yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Jika ada dari anda yang mengalami masalah diatas, sementara ada dampak yang tidak saya sebutkan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *