Perbedaan Utama Antara Wix dan Squarespace

1 Like Comment
perbedaan utama antara wix dan squarespace

Perbedaan Utama Antara Wix dan Squarespace – Memilih platform blogging yang tepat adalah hal yang cukup bagus. Mungkin anda hanya mengenal dua platform blogging yang paling terkenal saat ini, misalny Blogger dan WordPress. Tapi, selain dua platform diatas, ada juga platform blogging lain dengan kunggulan tersendiri.

Keunggulan inilah yang tidak dimiliki oleh platform blogging yang lain. Meski pada dasarnya, ini adalah platform blogging yang tergolong baru, penggunanya juga masih sedikit. Dan tentu saja, ada banyak kelemahan yang didapatkan jika anda menggunakan platform blogging tersebut.

Tetapi itu tidak jadi masalah, jika tujuan anda ngeblog adalah untuk membagikan pengetahuan, dan bukan untuk menghasilkan uang. Yang sebenarnya, ini adalah tujuan paling utama dari ngeblog.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Nah untuk itu, diartikel kali ini kita akan membahas tentang dua platform blogging yang cukup populer saat ini, yakni WIX dan Squarespace.

Mungkin anda penasaran apa sih perbedaan dua platform blogging ini? Dan apa yang menjadi keunggulannya? Jika anda penasaran, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Perbedaan antara WIX dan Squarespace

Disini telah disusun enam perbedaan utama WIX dan Squarespace, mulai dari template yang disediakan, kecocokan penggunaan, fungsionalitas, biaya, dan SEO dan juga terkait dengan pembaharuan platform ini. Berikut perbedaannya:

1. Template

Wix menyediakan 500+ template yang dapat dipilih, tetapi sebagian dari template itu tidak ramah seluler, serta penyediaan plugin khusus dan tidak dapat diubah tanpa mengubah seluruh bentuk situs anda.

Squarespace menyediakan sekitar 91+ template yang cukup responsive, ramah seluler dan indah yang dapat anda alihkan atau disesuaikan kapan saja.

Jadi, jika anda bingung memilih platform blogging yang tempat, apakah Wix atau Squarespace maka jawabannya tentu saja Squarespace karena kemudahan yang diberikan.

2. Kecocokan

Jika anda menggunakan WIX untuk ecommerce maka anda harus mengeluarkan uang sekitar 17USD/bulan, sebab WIX menawarkan platform e-commerce yang terjangkau dan dapat menerima pembayaran online ataupun offline dan memungkinkan anda menjual barang fisik ataupun barang digital.

Tetapi jika anda menggunakan Wix untuk ngeblog, tidak ada penyediaan otomatis yang anda dapatkan seperti di WordPress, misalnya kalkulator otomatis dan daftar belanja.

Baca Juga : Blogger atau wordpress, mana yang lebih baik?

Sementara, jika anda memilih Squarespace sebagai platform ecommerce tampaknya tidak cocok deh, sebab kalau diperhatikan Squarespace bukan merupakan platform e-niaga, tetapi fungsi e-niaga bawaan tersedia kok didalamnya. Misalnya, jika blog anda menjual beberapa barang, seperti buku dan baju.

3. Fungsionalitas

Fungsionalitas yang anda dapatkan ketika menggunakan Squarespace adalah anda dapat langsung mengintegrasikannya dengan Stripe, Paypal, Apple Pay tanpa harus mengunduh aplikasi tersebut.

Baca Juga : Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense

Jadi, secara tidak langsung, WIX sangat cocok untuk bisnis/blog kecil sementara Squarespace cukup cocok untuk penjualan dalam skala kecil.

4. Biaya

Lantas berapa biaya bulanan jika menggunakan Squarespace? Untuk menggunakan versi Premiumnya anda harus mengeluarkan kocek sebesar $216 untuk beberapa paket diantaranya, Biaya Bulanan + Desain Web dan Hosting. Ini untuk paket bisnis.

Baca Juga : Kelebihan-kelebihan menggunakan blogger/blogspot

Bagaimana dengan WIX? Untuk menggunakan WIX premium, anda harus mengeluarkan biaya antara 0-1300$ untuk berbagai paket layanan seperti Biaya bulanan + Desain Web + Hosting serta beberapa tambahan lain yang masuk dalam VIP Paket dengan banyak fitur tambahan.

5. SEO

WIX dibagun berdasarkan pengalaman bloging paling mendasar. Fungsionalitas SEO yang ditawarkan oleh WIX hampir sama dengan Squarespace, beberapa fitur juga disediakan didalamnya seperti Peta Situs (Sitemap) otomatis, meskipun hanya tersedia untuk paket premium.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Namun dibandingkan dengan WIX, Squarespace tampkanya lebih bagus dalam hal SEO. Sebab judul halaman yang bagus, Ada deskripsi meta, tag judul, tag H1, URL, SSL, Peta Situs yang semuanya dibuat secara otomatis.

6. Pembaharuan

WIX menyediakan pembaharuan secara otomatis atau terjadi di latar belakang, begitu juga Squarespace. Soal pembaharuan, dua-duanya unggul.

Jika disuruh memilih antara WIX dan Squarespace, maka saya lebih memilih Squarespace. Mengapa? Sebab Squarespace menawarkan fleksibilitas tema dengan kualitas yang bagus dan pengaturan yang lebih fleksibel. Tampilan yang diberikan juga cukup apik, dengan kinerja SEO yang mumpuni.

Hal ini membuat Squarespace telah menjadi salah satu situs yang digunakan sebagai platform blogging oleh ribuan pengguna dari seluruh dunia. Squarespace juga menekankan pada pengalaman ngeblog yang berorientasi pada tiga hal, mulai dari Kecepatan, keandalan, dan dukungan yang baik.

Nah demikian artikel tentang Perbedaan Utama Antara Wix dan Squarespace. Ini hanyalah perbedaan yang paling umum yang tentang WIX dan Squarespace. Dan mungkin, jika anda tahu perbedaan lain yang tidak dibahas disini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *