Perbedaan Menggunakan Template Gratisan Dan Template Premium

9 Likes Comment
perbedaan menggunakan template gratisan

Perbedaan Menggunakan Template Gratisan Dan Template Premium – Sebenarnya tulisan ini saya tulis setelah saya melihat perbedaan menggunakan template gratisan dan template premium.

Sebelumnya, saya menggunakan template gratisan buatan themeindie, namun lama kelamaan saya bosan sendiri menggunakan template gratisan tersebut dikarenakan minimnya pengunjung yang saya dapatkan.

Baca Juga : Cara memindahkan iklan AdSense melayang di bagian bawah layar 

Miris memang, sebab tiga bulan pertama rata-rata pengunjung di blog saya hanya sekitar 20-an orang.  Meski semuanya dari Google, sekuat apapun saya memaksimalkan SEO blog saya, jika saya tidak menggunakan template premium maka SEO yang anda terapkan tidak akan maksimal.

Mengapa?

Sebab, template adalah salah satu penunjang untuk memperoleh rangking di mesin telusur. Template sendiri merupakan salah satu kunci utama yang dapat membantu mendongkrak SEO blog. Untuk itulah saya menulis artikel ini, khusus untuk anda.

Perbedaan template premium dan Gratisan

Lalu mengapa harus menggunakan template premium? Mungkin ada banyak alasan mengapa kita harus menggunakan template premium diantaranya :

Kredit footer hilang, anda bisa mengedit warna Schema, satu kali pembayaran untuk selamanya, domain terbatas (meski ada beberapa template yang membatasiny), dukungan sepanjang waktu, tidak ada script yang terenskripsi, mendapatkan update template, dan lain sebagianya.

Sementara, ada beberapa kerugian jika anda menggunakan template gratisan, diantaranya:

Ada file yang terenskripsi menggunakan javascript, dukungan terbatas, anda hanya memperoleh secara gratis dengan menempatkan kredit footer, dan tentu saja anda tidak akan mendapatkan dukungan saat anda menggunakan template tersebut.

Jadi, saya menyarankan agar anda menggunakan template premium untuk ngeblog, dan jangan sesekali menggunakan template gratisan. Jika memang terpaksa anda menggunakan template gratisan, maka lebih bagus anda menggunakan template bawaan seperti misalnya template dari Blogger yang tersedia.

Dimana saya bisa membeli template premium?

Jika anda menggunakan template blogger, ada banyak website penyedia template yang dapat anda beli dengan murah. Saya merekomendasikan anda membeli template gratisan yang telah teruji seperti template buatan Kompiajaib, bung frangki, Arlina dan beberapa penyedia template lain.

Baca Juga :  Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Perlu anda ketahui juga, setiap waktu logaritma Google berubah. Kalau memungkinkan, anda bisa membeli template AMP. Ini adalah suatu template yang mengoptimasi pada kecepatan situs web.

Mengapa harus template yang AMP?

Sebab, salah satu kunci untuk bisa muncul di halaman pertama pencarian Google adalah kecepatan.

Semakin cepat website anda semakin bagus posisi anda di mesin telusur. Jadi usahakan agar template anda memiliki loading yang cepat, javascript yang ramping dan CSS yang tidak memakan banyak waktu saat rendering.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AMP

Sebagai contoh, saya menggunakan template yang dikembangkan kang Rully Novriandi. Sebenarnya template ini adalah template yang tidak dikhususkan untuk blogging, melainkan khusus untuk news, atau berita.

Tetapi tidak apa-apa, karena memang blog saya mengangkat niche yang cukup luas sehingga tidak memungkinkan untuk fokus pada berita.

Selain itu juga, saya pasti akan kelelahan karena saya akan bersaing dengan website-website berita yang sudah sangat macam seperti detikcom, tribunnews, tirtoid dan lain sebagainya. Jadi, akan sangat sulit untuk memperoleh pengunjung dari blog jika saya ingin bergerak ke blog berita.

Kesimpulan

Jika anda ingin fokus pada dunia blogging, usahakan agar anda menyisihkan sedikit uang anda untuk membeli template premium. Jangan terlalu mahal, anda bisa pilih yang murah dengan tampilan yang sederhana dan responsive.

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa template tersebut tidak memiliki embel-embel lain, belum di modifikasi SEOnya dan tentu saja dari penyedia yang terpercaya.

Demikian artikel tentang Perbedaan Menggunakan Template Gratisan Dan Template Premium yang bisa jadi pertimbangkan saat anda ingin terjun ke dunia blogging. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *