Inilah Perbedaan Antara WordPress.com Dan WordPress.org

2 Likes Comment
perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org

Apa Sih Perbedaan Antara WordPress.com Dan WordPress.org? – Memilih platform blogging yang tepat adalah awal yang baik untuk bisa sukses dalam dunia blogging.

Saat ini, ada banyak sekali platform blogging yang tersedia di internet mulai dari yang sederhana seperti blogger, Weebly, Medium, hingga WordPress.

Bahkan, jika anda tidak ingin menjadi blogger secara profesional anda tetap bisa menggunakan platform-platform menulis lain yang memungkinkan anda memperoleh pendapatan seperti di UCNews, IDNTimes dan lain sebagainya.

Jadi, anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan soal SEO, sebab yang perlu anda lakukan hanyalah menulis konten  dan terus menulis.

Tetapi jika anda ingin terjun ke dunia blogging, maka itu adalah suatu langkah yang berani. Mengapa berani? Sebab, dalam dunia blogging anda akan belajar banyak hal, bukan saja soal menulis tetapi juga soal SEO misalnya.

Meski proses untuk bisa menghasilkan uang sangat lama, tetapi ada kepuasan tersendiri saat anda ingin membuat blog, mempublikasikan konten apalagi jika konten anda tersebut sudah dibaca oleh ratusan orang.

Baca Juga : Blogger atau WordPress, mana yang lebih baik?

Tetapi salah satu hal yang cukup membingungkan adalah memilih platform blogging. Jika anda pemula, mungkin anda ingin menggunakan blogger atau blogspot. Tetapi jika anda ingin pengalaman ngeblog yang jauh lebih luwes, mungkin WordPress adalah pilihannya.

Tetapi sebelum kita melangkah lebih jauh lagi, ada dua hal yang perlu anda ketahui, yakni ada dua platform blogging di WordPress, yakni WordPress.org dan WordPress.com. Dan dua hal ini yang akan kita bahas pada artikel ini.

Mungkin anda sudah membaca artikel-artikel saya sebelumnya tentang keunggulan-keunggulan blogger dan juga keunggulan-keunggulan WordPress.

Di salah satu artikel saya tentang perbedaan antara WordPress dan Blogger saya telah memaparkan tentang WordPress.org dan WordPress.com, disitu hanya sedikit diulas tentang perbedaan keduanya.

Nah artikel kali ini bertujuan untuk memperjelas pemaparan itu, dan mengupas tentang perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Lantas, apa saja perbedaannya? Baca artikel ini sampai habis

Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPRess.org

Memahami perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org adalah langkah penting sebelum anda memilih platform blogging WordPress.

Apalagi jika anda ingin menghasilkan uang dari blog anda tersebut, maka anda harus tahu perbedaan keduanya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Ini adalah pengetahuan-pengetahuan mendasar, yang harus anda terapkan sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging, apalagi jika anda memilih WordPress. Lalu apa perbedaan kedua platform blogging tersebut? Simak artikel ini sampai habis.

a. Hosting

WordPress.org adalah platform blogging self-hosted, sementara WordPress.com adalah platform blogging gratis.

b. tema

Jika anda ingin memperoleh dukungan template yang bebas dan banyak, maka anda harus menggunakan WordPress.org selain itu juga anda dapat mengunggah tema khusus dan menyesuaikan tema tersebut dengan platform blogging yang anda gunakan.

Baca Juga : Kelebihan-kelebihan blogger/blogspot

Sementara untuk WordPress.com, anda masih menggunakan platform blogging yang terbatas atau dibawah kendali limited.com.

Dengan WordPress.com anda tidak dapat mengunggah tema khusus dan anda hanya bisa menggunakan template yang telah disediakan secara gratis di dashboard WordPress dan menyesuaikan fitur-fitur dasarnya.

c. Plugin

Dengan WordPress.org anda dapat menginstal plugin dengan bebas dan sementara untuk WordPress.org anda tidak bisa mengupload Plugin tersebut.

Jadi, jika anda menggunakan versi gratis dari WordPress anda tidak diperbolehkan untuk mengunggah plugging.

d. Penghasilan

JIka anda menggunakan WordPress.com, anda tidak bisa memonetisasinya. Dan mungkin bisa, jika trafik blog anda sudah tinggi menggunakan jaringan periklanan milik WordPress, WordAds.

Proses pendaftarannya memang susah, anda harus memiliki minimal trafik, dan kemungkinan anda diterima pun sangat kecil.

Beda halnya jika anda mengunakan WordPress.org, anda bebeas menggunakan jaringan periklanan eksternal, seperti misalnya Google AdSense dan memungkinkan anda memperoleh penghasilan tambahan didalamnyal.

Penutup

Nah demikian perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org, yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih platform blogging yang tepat untuk blog anda.

Dua-duanya adalah sebuah memang menyiapkan teknologi blogging yang modern, dengan keunggulan-keunggulan tersendiri.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *