9 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah

9 Likes Comment
penemuan paling aneh sepanjang sejarah

Banyak penemuan telah dilakukan oleh manusia termasuk didalamnya penemuan paling aneh sepanjang sejarah. Sejak revolusi industri terjadi, banyak inovasi telah dilakukan oleh manusia dalam kurun waktu 200 tahun terakhir.

Penemuan-penemuan ini ada yang berguna dan masih digunakan sampai sekarang, tetapi juga ada penemuan yang ditinggalkan karena aneh dan tidak seperti biasa.

Sangat mungkin daftar dibawah ini bukanlah penemuan paling aneh yang pernah ada, karena ada banyak sekali penemuan-penemuan aneh diluar sana yang pernah ditemukan.

Tetapi jika tidak, daftar dibawah ini bisa mewakilinya semua penemuan aneh dimaksud, dan mungkin beberapa orang akan menganggap sebagai penemuan paling aneh yang pernah ada.

9 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah

Lantas, apa saja penemuan paling aneh sebagaimana yang dimaksud? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan 9 penemuan paling aneh sepanjang sejarah. Ini daftarnya:

1. The Implusoria

 5 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah
Via Getty Images

The Implusoria adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari kuda. The Implusoria ditemukan oleh Clemente Masserano pada tahun 1850 di Italia. Sayangnya mesin ini kurang diminati, sebab sama saja dengan menggunakan kuda sendiri.

Baca Juga : 5 Tanaman Paling Aneh Dari Seluruh Dunia

Tenaganya pun pasti terbatas, sebab, kuda akan dipaksa untuk berlari diatas rel yang sudah dirancang khusus agar dapat memutar roda dan membuat mesin itu berjalan. Selain itu, mesin ini sangat berat, yang berarti bisa membuat kuda lebih cepat lelah.

Diatas rel yang terdapat pada roda, ada 4 kuda yang dipaksa untuk terus berlari. Tenaga tersebut kemudian mendorong roda agar berjalan.

2. Mesin Cukur Massal

 5 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah
Getty Images

Mesin cukur Massal adalah salah satu penemuan yang aneh berikutnya. Ini merupakan mesin yang dirancang untuk mencukur kumis 12 orang sekaligus.

Baca Juga : 5 Kota Paling Aneh di Dunia

Pada waktu itu, mesin ini cukup populer di abad ke-19. Salah satu alasan mengapa mesin ini digemari karena mesin ini tidak fleksibel meski kemampuannya terbatas.

Kekurangan utama mesin ini adalah tidak tidak dapat mencukur mengikuti bentuk wajah. Sehingga, lama kelamaan mesin ini pun ditinggalkan.

3. Sepeda Tanpa Pedal

Nah, ini yang paling aneh. Sepeda tanpa pedal ini diciptakan oleh desainer Jerman, Tom Hambrock dan Juri Spetter. Kekuatan utama pada sepeda ini bukan pada ayunan kaki, melainkan pada kaki kita sendiri.

Baca Juga : 5 Bangunan Aneh Yang Dipercaya Buatan Alien

Bahkan sepeda ini tidak memiliki sadel dan roda gigi begitu pula dengan remnya. Alih-alih mempercepat waktu tempuh, yang ada malah kaki bisa cedera. Lebih baik jalan kaki saja, iya kan?

Sepeda ini juga hanya dapat melaju di jalan yang mulus dan tidak dapat digunakan untuk menaiki gunung. Tenaganya sendiri dihasilkan dari kekuatan mekanis roda murni tanpa bantuan manusia.

4. Perisai Kumis

 5 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah
Getty Images

Kalau ini tujuannya untuk melindungi kumis, dari kuman mungkin! Perisai kumis atau Mustache Shield diciptakan oleh Virgil A. Gates dan telah dipatenkan atas namanya pada tahun 1876.

Baca Juga : 3 Pemain Sepakbola Dengan Nama Super Aneh Dalam Bahasa Indonesia

Hal ini dibuat untuk menjaga kumis saat makan. Perisai kumis juga diciptakan atas fenomena sosial waktu itu, dimana sebagian besar pria berkumis lebat.

Pada waktu itu, penggunaan perisai kumis cukup digemari sebelum akhirnya ditinggalkan karena dirasa kurang efektif penggunaannya dan terlihat aneh.

5. Sepeda Kuda

 5 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah
Getty Images

Sepeda ini diciptakan oleh le Comte de Sivrac pada tahun 1971. Tidak hanya berbentuk kuda, sepeda ini juga ada yang berbentuk hewan lain seperti singa. Namun kebanyakan bentuknya seperti kuda yang memiliki roda.

6. Pakaian renang dari kayu

pakaian renang dari kayu
via digitalcollections.lib.washington.edu

Pada tahun 1929, ada sebuah kelompok wanita yang dijuluki dengan Spruce Girls memperkenalkan sebuah produk aneh yang pernah dilihat oleh orang pada masa itu.

Kelompok wanita atau girl band ini cukup terkenal di Amerika dan juga di beberapa tempat seperti di Herbour.

Hal itu membuat salah satu perusahan furnitur meminta mereka untuk menjadi model iklan dari produk yang mereka ciptakan.

Produk itu seperti yang terlihat dalam salah satu foto mereka. Dalam foto tersebut, terlihat mereka memakai baju renang yang terbuat dari kayu cemara yang dibuat khusus dengan latar belakang pantai Hoquiam, Washington, Amerika Serikat.

Baca Juga : Bukan Cuma di Film, 4 Benda Terkutuk Ini Ada Di Dunia Nyata

Ketiga wanita itu berpose demikian untuk mempromosikan perdagangan kayu Grey Herbour dalam peringatan hari kayu disana.

Meskipun penampilan mereka menarik perhatian pengunjung, dan disaksikan oleh beberapa jurnalis yang sedang meliput, kostum kayu ini tidak pernah digunakan oleh banyak orang, apalagi digunakan untuk berenang.

Bahkan, Spruce Girls pun tak berani menggunakan pakaian itu untuk demonstrasi di air, begitu juga dengan perusahaan kayu Grey Herbour.

Meski dibuat khusus, tetapi tingkat keamanan dari kostum ini yang menjadi pertimbangan banyak orang. Hal itu yang menjadi alasan utama baju renang kayu ini tidak digemari.

Biasanya, pakaian renang dibuat dari bahan-bahan tertentu yang ringan dan bisa membuat seseorang luwes saat berenang diatas air.

Namun, jika pakaian itu terbuat dari kayu sudah pasti cukup berat, apalagi ditambah bobot tubuh manusia. Selain itu, sudah dipastikan baju renang itu akan mengekang pergerakan pemakai. Dan ini sangat berbahaya tentunya.

7. Kereta bayi Tahan Gas

kereta bayi tahan gas
via flickr.com

Dunia telah melalui dua kali perang yang melibatkan banyak negara dan memakan jutaan korban lainnya.

Di lain pihak, perang juga telah memicu penelitian dan perkembangan sains lebih cepat daripada sebelumnya. Berbagai teknologi diciptakan dengan tujuan agar bisa mengubah jalannya peperangan.

Selain itu, dalam masa perang tersebut, ada berbagai penemuan yang mencengangkan dan bisa membuat kamu kagum. Disisi lain, ada juga penemuan aneh yang bisa mengundang gelak tawa.

Kala itu, penemuan hanya dikhususkan untuk dua kategori : Penemuan yang dapat digunakan di medan perang dan penemuan yang dapat melindungi warga sipil dari perang tersebut. Salah satunya adalah keranjang bayi yang tahan gas. Seperti penemuan yang satu ini.

Baca Juga : 5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa Di Dunia

Ketika perang dunia II hampir dimulai pada tahun 1938, untuk melindungi warga sipil, F. W Mills merancang sebuah prototipe kereta dorong dari besi yang cukup besar untuk melindungi bayi dan balita dari serangan gas udara.

Mills membuat kereta dorong anti gas tersebut untuk melindungi bayi dari serangan gas udara yang dilancarkan oleh pasukan Jerman diatas tanah Inggris.

Kereta dorong itu dirancang sedemikian rupa. Didalamnya ada tempat tidur kecil khusus untuk bayi dari umur 0-4 tahun.

Meski tertutup rapat, anak yang ada didalam kereta dorong besi itu akan mendapat pasokan oksigen dari alat kecil berbentuk tungku dibagian atasnya, yang berfungsi sebagai penyaring udara dan juga dapat memfilter gas menjadi CO2.

Penemuan ini sebenarnya adalah penemuan brilian. Mengapa? Sebab teknologi memfilter gas yang belum diketahui jenisnya sudah digunakan.

Dilain pihak, meski brilian, penemuan ini juga tetap berbahaya, sebab pasokan gas yang terbatas, ditambah sirkulasi udara yang kurang akan membuat bagian dalam kereta tersebut panas.

Selain panas, kereta dorong itu juga tetap tidak efektif apabila digunakan di jalanan karena berat dan sangat sulit untuk dipindahkan.

Namun, kereta dorong ini cukup populer disana, karena penemuan ini bisa membuat ibu-ibu yang mempunyai bayi bisa lega. Tetapi harganya yang mahal membuat kereta dorong anti gas ini hanya bisa dimiliki keluarga kaya saja.

8. Bathub Bermotor

bathup bermotor
via wpo.int

Ada saja penemuan aneh yang dilakukan manusia. Beberapa dari penemuan itu malah membuat kita tidak nyaman apabila menggunakannya. Seperti penemuan yang satu ini.

Cerita bermula pada tahun 1960. Saat itu, beberapa mahasiswa Tehnik dari Universitas setempat membuat sebuah bathub bermotor dengan cara menggunakan bathub yang merupakan tempat mandi dan berbagai komponen lain yang ada pada kendaraan bermotor.

Komponen itu terdiri dari mesin, kaca spion, karet untuk menahan bagian depan bathub agar tidak pecah apabila terjadi tabrakan, roda dan sebagainya.

Usut punya usut, bathub bermotor itu digunakan oleh mereka untuk untuk menarik simpati banyak orang guna mengumpulkan dana amal untuk acara mingguan di fakultas mereka.

Baca Juga : 5 Misteri Terbesar Dalam Fisika Yang Berhasil Diungkap Manusia

Seorang siswa mengatakan bahwa bathub ini terinspirasi dari kendaraan yang digunakan saat itu. Sebab, pada masa itu, berbagai industri otomotif telah berlomba-lomba untuk membuat mobil dengan desain ikonik. Ide gila pun terlintas dari otak mahasiswa tersebut di Surrey untuk memasang roda dan motor pada bak mandi mereka.

Bahkan, mereka dengan percaya diri mendemonstrasikan penemuan aneh itu dijalan Kingston High Street yang padat.

Hal itu sontak membuat penduduk yang ada disekitar terheran-heran dengan ide konyol itu. Bathub ini juga dilengkapi dengan kaca spion yang terbuat dari sikat mandi dan bebek karet sebagai tanduk.

9. Mesin potong rumput dengan antena Radio

mesin potong rumput
via historyextra.com

Radio adalah salah satu alat komunikasi paling populer dari jaman ke jaman. Radio sendiri menggunakan sebuah teknik pengiriman sinyal dengan menggunakan modulasi dan radiasi gelombang elektromagnetik.

Gelombang ini merambat di udara. Keuntungan utama dari radio adalah fakta bahwa alat ini tidak molekul sebagai medium pengangkut. Jadi, pancaran radio tetap saja bisa diterima entah didalam gua bahkan diluar angkasa sekalipun.

Banyak orang yang telah memanfaatkan gelombang radio untuk membuat suatu terobosan baru yang inovatif. Salah satunya diperkenalkan di Inggris pada tahun 1959.

Baca Juga : 5 Ilmuwan Arab Yang Meninggal Misterius

Sebuah perusahaan mesin pemotong rumput membuat inovasi penggunaan gelombang radio untuk mengatur cara kerja mesin rumput.

Alat kontronya dibuat dari radio, dan ini memungkinkan orang untuk bersantai sementara halaman belakang mereka bisa bersih. Sebab, mesin pemotong rumput milik mereka telah di kontrol oleh radio.

Mesin inovatif ini pertama kali diperkenalkan di Chelsea Flower Show di Inggris. Banyak orang tertarik dengan mesin yang satu ini, termasuk anggota kerajaan baik Ratu dan Pangeran Philip pun tertarik dengan mesin ini.

Tapi bagaimana mesin ini bisa bekerja? Mesin itu dapat bekerja akibat radio yang berbentuk gadget. Perintah diterima oleh mesin rumput tersebut lewat radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh radio itu sendiri.

Sementara, untuk alat penerima radiasi elektromagentik yang terletak pada mesin tersebut terdiri dari listrik yang datang dari osilator atau gelombang pembawa yang ditumpangkan frekuensinya.

Sebagai informasi nih, modulasi itu sebenarnya adalah suatu gelombang berkala yang secara terus menerus terpancar sampai suatu informasi yang dikirim bisa sempurna. Begitu seterusnya.

Penutup

Nah, demikian daftar 9 penemuan paling aneh yang pernah ada. Penemuan-penemuan itu memang terlihat kreatif dan menarik kala itu, namun, bagi orang modern itu mungkin adalah penemuan paling aneh yang pernah mereka lihat, dan pernah digunakan bahkan lazim pada jaman itu.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *