Strategi Dasar! Ini 3 Tips Manfatkan Pencarian Suara Google

5 Likes Comment
mengoptimalkan pencarian suara google

Teknologi pencarian suara Google sudah jauh lebih canggih sejak dirilis pertama kali satu dekade lalu. Saat ini, fitur pencarian suara telah merambah ponsel cerdas dari berbagai sistem operasi yang ada di dunia.

Fitur pencarian suara pada ponsel cerdas sudah menjadi hal lumrah yang biasa digunakan dan saat ini semakin banyak orang yang mengunakan fitur tersebut untuk melakukan pencarian di mesin telusur atau membuat daftar belanja mereka pribadi.

Peningkatan dalam pengadopsian penelusuran suara berarti bahwa bisnis modern perlu memasukkan penelusuran suara dalam strategi SEO mereka jika tidak ingin kehilangan strategi penelusuran di mesin pencarian seperti Google.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Untuk tetap unggul, banyak bisnis saat ini bergantung pada konsultasi agen SEO professional yang bisa mengoptimalkan kinerja situs web atas nama perusahaan mereka di mesin pencarian terutama di pencarian menggunakan suara.

Untuk praktisi SEO, peningkatan pencarian suara merupakan salah satu penentu permainan dan menjadi bagian dari strategi bisnis.

Sekarang, pola bicara secara alami perlu diperhitungkan untuk meneliti kata kunci yang relevan saat orang mulai berbicara dengan mesin telusur seperti yang dilakukan sebagain besar orang.

Dan benar, bahwa Google memiliki fitur pencarian suara paling canggih saat ini karena dikembangkan secara dekat bersama dengan mesin pencari terdepan didunia. Mesin ini menyediakan tingkat kurasi pencarian hingga 95% dengan tingkat kesalahan 4,9% saja.

Cara mengoptimalkan pencarian suara Google

Google Asisten kini sudah menjadi alat yang makin sering digunakan oleh pengguna ponsel cerdas untuk melakukan penelusuran situs web.

Pertempuran pencarian suara jauh lebih kompetitif daripada pencarian tradisional karena jumlah hasil yang dilayani oleh Google Asisten jauh lebih rendah daripada kueri pencarian yang menggunakan kata atau dengan cara di ketik.

Ini karena banyak asisten suara yang berusaha memberikan pengalaman kepada pengguna yang disempurnakan dengan membaca kembali hasil teratas atau menampilkan cuplikan unggulan mereka sendiri.

Baca Juga : 5 Kesalahan Paling Umum Dalam Menerapkan SEO

Saat ini, para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti sekitar 50% dari semua pencarian di internet dilakukan dengan pencarian suara. Hal ini sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memulai transisi ke strategi SEO yang fokus pada suara sehingga mereka bisa selangkah lebih maju dari para pesaing mereka.

Sekarang, mari kita lihat beberapa langkah umum yang dapat diambil untuk mengoptimalkan pencarian suara. Artikel ini lebih berupaya memberikan panduan singkat untuk mengoptimalkan pencarian suara Google. Ini panduannya!

1. Tingkatkan kecepatan situs web

Bukan cuma blog tapi juga situs web. Karena mayoritas penelusuran suara dilakukan dengan perangkat seluluer, optimasi penelusuran suara juga bekerja dengan penelusuran biasa.

Ini karena orang yang menelusuri dengan suara akan melakukan dengan cepat daripada mengetik kueri, jadi tentu saja mereka ingin hasil dengan lebih cepat dan akurat.

Baca Juga : 5 Mitos yang Sering Didengar Blogger Pemula

Jika gagal mengoptimalkan waktu pemuatan akan membuat pembaca meninggalkan situs web anda. Pengguna internet modern selalu tidak sabar dan berubah-ubah.

Jadi, mereka tidak akan mentolerir halaman pemuatan yang lambat dari situs web Anda sendiri meski produk atau layanan yang ditawarkan bagus.

2. Perbaharui daftar bisnis dengan lebih rinci

Asisten suara disesuaikan untuk merayapi daftar bisnis dengan hasil terbaik bagi pengguna. Karena itu, cantuman bisnis harus selalu diperbaharui tiap saat diseluruh platform terlebih di Google.

3. Fokus pada konten yang menjawab pertanyaan

Mengenai pembuatan strategi konten yang efektif, Anda perlu menjelaskan frasa percakapan dari mayoritas kueri penelusuran suara dan lihat hasilnya.

41% dari pengguna pencarian suara melaporkan bahwa mereka berbicara dengan asisten suara mereka seolah-olah mereka berbicara dengan teman sendiri.

Mereka tidak hanya mengatakan sepasang kata kunci untuk mendorong hasil paling otoritatif tetapi juga menanyakan pertanyaan yang tulus dari percakapan itu.

Ini berarti bahwa pengembangan konten harus fokus pada konten yang menjawab jenis pertanyaan yang diajukan orang kepada asisten suara mereka sendiri dan diselaraskan dengan bisnis atau industri Anda.

Baca Juga : 10 Fakta Paling Mendasar Tentang SEO

Saat mengoptimalkan peringkat #0 atau yang dikenal juga sebagai cuplikan unggulan, Anda juga harus mengoptimalkan penelusuran suara disana. Sekitar 40,7% dari jawaban yang disediakan oleh pencarian suara Google disediakan dalam bentuk cuplikan fitur.

Untuk itu, cobalah langkah-langkah berikut ini untuk strategi konten Anda :

  • Fokus untuk menjawab pertanyaan populer (Halaman FAQ adalah contoh bagus dari strategi ini)
  • Buat konten yang mudah dibaca tanpa mengunakan terlalu banyak bahasa yang rumit atau ilmiah.
  • Pastikan kontennya segar dan diperbaharui secara teratur dengan informasi terbaru mengenai bisnis Anda tersebut
  • Pastikan juga pertanyaan ditandai dengan tag judul <h2> sehingga mesin pencari mampu merayapinya terlebih dahulu
  • Jika Anda memiliki pertanyaan apapun dibagian tanya jawab Google Bisnisku, jawablah itu. Jangan sekalipun lewatkan karena itu bisa menjadi referensi bagi Google untuk memberikan hasil yang relevan dalam pencarian suara
  • Cobalah untuk membuat pertanyaan yang membantu mempengaruhi keputusan pelanggan, serta pikiran mereka juga dengan jawaban yang dapat meyakinkan pengunjung untuk menyelesaikan pembelian.
  • Jika Anda membutuhkan inspirasi tentang apa yang ingin diketahui pemirsa dari bisnis Anda, lihatlah ulasan yang Anda miliki dan bandingkan dengan ulasan bisnis lain.

Dari sini Anda bisa menyimpulkan faktor apa yang membuat ia muncul di halaman pencarian dan juga faktor peringkat apa yang bisa membuat mereka muncul dari hasil penelusuran.

Penutup

Apakah Anda siap memaksimalkan pencarian suara? Jika iya, ikuti langkah-langkah diatas. Untuk saat ini, topik mengenai pencarian suara masih diperdebatkan dan didiskusikan, tips diatas hanyalah untuk mengatur strategi SEO dimasa depan yang berkaitan dengan fitur penelusuran suara Google.

Nah demikian artikel tentang panduan singkat pengoptimalan pencarian Suara Google. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *