Mengapa Saya Memilih Domain Paulipu.com?

9 Likes Comment
paulipu.com

Mengapa Saya Memilih Domain Paulipu.com? – Pertanyaan ini pertama kali diajukan oleh salah satu teman blogger saya, anak bandung yang merupakan dosen muda salah satu universitas disana.

Kami berdua sudah dua kali berjumpa di Jakarta pada ajang menulis yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan juga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga kini, kami saling bertukar pesan dan masukan tentang dunia perkuliahan, kehidupan sehari-hari hingga dunia blogging.

Isi blognya cukup keren. Ia hanya fokus membahas tentang isu-isu pendidikan keluarga yang semuanya berbentuk opini.

Awalnya ia memilih platform blogger sebelum akhirnya hijrah di WordPress. Meski domain dan hostingnya sudah tidak diperpanjang karena sibuk mengurus disertasi tetapi ia tetap bertekad untuk aktif lagi ngeblog jika disertasinya sudah selesai.

Pertanyaan tersebut ia ajukan pada saya saat kami sedang menuju Museum Kemdikbud, pada malam Apresisi Pendidikan dan Kebudayaan.

Kami kebetulan duduk bersamaan dan berdialog tentang pekerjaan, kekasih, kesibukan masing-masing dan terakhir soal blogging.

Baca Juga : Pedoman Pilih Niche Blog Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Ia kemudian menanyakan kepada saya tentang blog saya. Bagaimana saya mengolahnya, apakah saya sudah memperoleh penghasilan dari blog tersebut dan lain sebagainya.

Tapi semua pertanyaan itu bermuara pada satu hal: Mengapa saya memilih nama domain paulipu.com? Saya tidak langsung menjawabnya, karena saya tahu, pertanyaan ini adalah filosofis.

Sepanjang karir saya sebagai blogger yang agak memprihatinkan itu, saya belum menemukan alasan yang paling tepat mengapa saya memilih nama domain paulipu.com.

Salah satu alasan umum yang sering saya pakai adalah bahwa nama domain ini merupakan istilah yang cukup umum digunakan oleh penduduk di daerah saya yakni dari Banggai Kepulauan.

Masih sedikit orang Banggai yang mengenal Blogging apalagi aktif menjadi blogger. Dan mungkin, dari jumlah yang sedikit itu, saya salah satu diantaranya.

Tidak ada alasan khusus mengapa memilih nama domain. Alasan umumnya mungkin karena saya suka menulis dan membagikan tulisan tersebut lewat blog.

Namun, setelah dipikir-pikir, si dokblog ini menginginkan sebuah jawaban yang pasti. Akhirnya saya berusaha menjawab pertanyaannya tersebut.

Mendengar jawaban saya, ia mengangguk takzim lalu berujar, ‘Mungkin, itu alasan yang gak bakalan pernah dipahami oleh blogger lain.

Mengapa Paulipu?

Tiga bulan berlalu, saya masih juga memikirkan mengapa nama domain ini yang saya pilih, mengapa bukan nama domain lain seperti misalnya nama saya sendiri.

Sampai saya temukan bahwa pemilihan nama domain itu banyak datang dari hal-hal yang akrab dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, jika memilih nama domain pacaranda.com, berarti itu akrab. Atau, memilih nama domain namaanda.com itu juga akrab dan lain sebagainya.

Nama domain itu ibaratnya brand. Jika menemukan nama domain yang akrab dan bisa dijadikan brand, mengapa tidak?

Sementara, ekstensi domain bagi saya pribadi hanyalah pelengkap. Agar terkesan profesional, serius dan bisa dipercaya.

Saya sendiri tidak perlu lama memikirkan nama domain ini, hanya butuh beberapa menit saya. Karena bagi saya ini sangat familiar. Dan mungkin karena alasan itulah blog ini terus aktif dan mulai memasuki usianya yang pertama.

Memang sih, sebelumnya saya punya banyak blog. Hampir semuanya masih aktif, kecuali domain paling pertama yang saya beli yakni wekerindo.com. 

Blog tersebut sudah tidak saya perpanjang karena alasan khusus dan ingin fokus pada domain yang baru, domain ini.

Baca juga : Tips memilih platform blogging yang tepat

Awalnya, blog ini dibuat di blogger menggunakan template yang saya beli dari kompiajaib yakni kompiflexible v6.0.

Setelah diterima AdSense, saya mulai aktif mengembangkan blog ini, dari nol hingga menjadi seperti yang sekarang.

3 bulan kemudian, karena mungkin sedang mujur, saya menjadi finalis lomba blog yang diadakan oleh Niagahoster dengan tempa revolusi industri 4.0

Dengan menjadi finalis, saya berhak mendapatkan hadiah hosting bayi dan 1 domain. Tanpa perlu menunggu lama, saya kemudian mengaktifkan hosting tersebut dan melakukan migrasi dari Blogger ke WordPress.

Ternyata, migrasi ke WordPress itu sulit hanya saja saya harus rela kehilangan trafik untuk sementara waktu.

Selain itu, karena saya mengganti permalink blog, maka saya harus edit satu per satu artikel saya yang sudah berjumlah 500-an lebih.

Selain mengedit, saya juga harus mengupdate artikel-artikel tersebut menjadi lebih baru lagi, sekaligus mengganti gambar didalamnya.

Karena saya menggunakan template WordPress yang hanya menampilkan gambar unggulan dibagian beranda. Selama hampir 3 bulan lebih saya melakukan pengeditan artikel saya tersebut.

Jika ada dari anda yang masih penasaran tentang alasan saya memilih nama domain, saya punya jawabannya. Antara lain:

1. Arti kata paulipu

Paulipu sebenarnya terdiri dari dua suku kata yakni pau dan lipu. Pau berarti anak atau putra sementara lipu berarti wilayah. Jadi secara umum, paulipu adalah putra daerah asli dari Banggai.

Kata ini sendiri berasal dari Bahasa Ibu orang-orang Banggai, suatu kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah yang terkenal dengan wisata baharinya yang menantang.

Sedikit promosi untuk kabupaten saya itu, disana banyak sekali tempat wisata yang masih perawan untuk dikunjungi.

Kalau anda ingin berkunjung ke tempat dengan pemandangan yang menawan nan cantik sementara anda tidak suka berdesak-desakan dengan wisatawan lain, coba mampir ke Banggai.

2. Alasan menggunakan nama domain ini

Sebenarnya tidak ada alasan konkret. Blog ini, sebelum ada, saya sudah mewacanakan agar menulis tentang semua hal yang berkaitan dengan Banggai Kepulauan.

Meskipun rencana itu tidak terealisasi. Salah satu alasannya karena posisi saya yang tidak sedang berada di Banggai Kepulauan.

Hal inilah yang membuat saya mengangkat niche gado-gado di blog ini. Kadang saya angkat soal teknologi, windows, jurnalistik dan lain sebagainya.

Oh iya, untuk anda orang Banggai, yang bingung mau kirim tulisan, silahkan kirim saja ke saya. Jika anda bertanya-tanya syarat pengiriman artikel silahkan hubungi saya lewat kontak.

Saya juga punya beberapa saran bagi anda yang masih kesulitan menentukan dan memilih nama domain yang cocok untuk anda. Antara lain

a. Pilihlah nama domain yang akrab

Nama domain yang akrab seperti nama sendiri, nama pacar, nama orang tua dan semua hal yang cukup familiar bagi anda sendiri.

Salah satu alasannya adalah untuk membantu anda menunjukan ciri khas dan karakter diri anda sendiri lewat nama domain.

b. Jangan pilih nama domain yang panjang

Mau tahu alasannya? Karena nama domain yang panjang cenderung susah diingat. Jika nama domain susah diingat sudah jelas blog anda akan kehilangan satu potensi trafik yakni direct.

c. Hindari gunakan angka pada nama domain

Bagi saya sih gak masalah, tapi agar lebih terkesan profesional dan terlihat serius sebaiknya hindari menggunakan angka di nama domain.

Mau tahu alasan lebih lanjut? Karena menggunakan angka di nama domain terkesan seperti domain spam, yang mungkin bisa membuat orang was-was untuk membuka blog anda.

Penutup

Nah untuk anda yang sedang mencari domain yang cocok dan pas sementara anda masih susah menemukannya, coba ikut saran yang sudah saya ulas dibagian atas.

Karena nama domain yang tepat bisa membantu anda untuk lebih serius, percaya diri sekaligus terlihat profesional saat mengelola blog.

Demikian artikel tentang alasan saya memilih nama domain paulipu.com. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *