21 Pasukan Khusus Paling Ditakuti di Dunia

10 Likes Comment
pasukan khusus terbaik di dunia

Pasukan khusus atau pasukan elit adalah unit taktis militer yang memiliki kemampuan dan tugas-tugas khusus baik untuk berperang, sabotase dan kegiatan kontra-terorisme.

Pasukan elit ini merupakan salah unit militer taktis yang sangat terlatih, dengan persenjataan yang modern dan sering ditugaskan untuk melakukan misi rahasia yang mustahil untuk dilakukan oleh tentara biasa.

Bahkan lebih jauh lagi, di beberapa negara, pasukan khusus digerakkan dengan tujuan politik atau ekonomi suatu negara.

Dalam sejarah peperangan ada banyak cerita yang beredar mengenai kekuatan dan kemampuan personel pasukan khusus.

Biasanya mereka ditugaskan untuk menjalankan operasi rahasia daripada untuk ikut pada pertempuran konvensional. Pasukan khusus pertama kali digunakan untuk tujuan militer sejak masa Romawi.

Baca Juga : 5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Saat itu, pasukan khusus akan menggunakan kapal-kapal kecil yang cepat dan disamarkan dengan tentara-tentara biasa yang ditargetkan untuk merebut objek-objek vital selama pertempuran.

Pada perang salib, kaum Muslim juga mengerahkan banyak kapal-kapal yang disamarkan untuk mengumpulkan informasi intelejen guna menyerang target-target tertentu.

Di Jepang, ninja disebut juga sebagai pasukan khusus yang menjalankan kegiatan-kegiatan intelejen dan untuk tujuan pertempuran. Yang berarti, pasukan khusus bukanlah pasukan militer biasa.

21 Pasukan Khusus Paling Ditakuti di Dunia

Saat ini sebagian besar negara memiliki tentara dengan tugas untuk menjaga kedaulatan negara. Dari kalangan militer ini, terdapat satu paleton atau batalion yang difungsikan sebagai pasukan khusus karena tugas-tugas yang mereka emban.

Nah tanpa perlu berlama-lama. Berikut disajikan 20 pasukan khusus paling ditakuti di dunia. Pasukan apa saja itu? Ini dia daftarnya:

21. Grupo Especial de Operaciones [GEO]

Grupo Especial de Operaciones
via elmundo.es

Grupo Especial de Operaciones atau Kelompok Operasi Khusus adalah Kesatuan Khusus Kepolisian Spanyol yang bertugas untuk menangani operasi-operasi tingkat tinggi, kontra terorisme dan operasi rahasia lain.

GEO dibentuk berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Rodolfo Martin Villa, sebagai reaksi atas kejadian Berlin tahun 1977.

Salah satu operasi yang sukses melambungkan nama GEO adalah saat operasi pembebasan pesawat di bandara Mogadishu, yang dibajak selama 5 hari oleh Front Pembebasan Palestina.

20. Albanian Special Operations Battalion [ASOB]

Albanian Special Operations Battalion
via pinimg.com

Batalion Operasi Khusus Albania adalah sebuah unit pasukan khusus dari angkatan bersenjata Albania. Unit ini dibentuk untuk menangani tugas-tugas khusus seperti operasi pengintaian perang, kontra terorisme dan perang non-konvensional.

Pasukan ini dibentuk pada tanggal 16 oktober 1998 yang merupakan bentuk reaksi terhadap meningkatnya ancaman keamanan dan kedaulatan di negara itu.

Baca Juga : 30 Negara Paling Banyak Dikunjungi di Dunia

Tak berselang lama setelah dibentuk, ASOB mulai dikerahkan untuk menjaga perbatasan Albania-Yugoslavia selama perang Kosovo berlangsung pada tahun 1999.

Hingga kini, pasukan ini banyak terlibat dalam berbagai operasi baik dalam negeri ataupun luar negeri. Bahkan, pasukan ini terlibat dalam operasi Kebebasan Irak dan juga menjadi pasukan yang selalu ikut bertempur secara tidak resmi dengan Taliban di Afganistan.

19. Special Force Group [SFG]

Special Force Grub Belgian
via axios.com

Special Force Group adalah pasukan elit Belgia yang tergabung dalam Angkatan bersenjata Belgia. Anggota pasukan Belgia SFG dipilih dari tentara Angkatan Darat Belgia dengan pengalaman dinas di militer minimal 3 tahun.

Pasukan ini punya sejarah panjang dan beberapa kali berganti nama. Terakhir mereka mengunakan nama Belgia SFG dan menjadi unit independen saat Resimen Lanciers ke-3 di bubarkan.

Pada tahun 2012, unit ini dipindahkan ke markas baru di Heverlee dan menjadi bagian dari Brigade Cahaya Angkatan Bersenjata Belgia.

18. Special Service Groub [SSG]

Screenshoot from Youtube

Special Services Group merupakan pasukan khusus Pakistan yang dibentuk sejak tahun 1956. Pasukan ini terbentuk karena penyatuan dua resimen yakni resimen Baluch 19 dan Resimen Garrison Company 312.

Pelatihan militer yang dilakukan oleh SSG juga berpedoman pada metode pelatihan pasukan khusus AS yang sudah bekerja sama saat perang dingin antara AS dan Rusia. SSG juga terkadang melakukan latihan gabungan dengan militer China.

Baca Juga : 10 Negara Paling Kuat Di Dunia

SSG terbagi dalam 6 unit utama dengan kemampuan dan spesialisasi yang berbeda-beda mulai dari unit spesialisasi gurun, gunung, tanah, laut, dan peperangan bawah air.

Pasukan ini juga dilengkapi dengan persenjataan modern seperti Steyr AUG, M4 Carbine dan lain sebagainya.

17. Marine Commandos [MARCOS]

MARCOS India
via dailymail.co.uk

MARCOS merupakan salah satu pasukan elit dari Angkatan Laut India. Pasukan ini dibentuk dengan tujuan khusus yakni untuk melaksanakan operasi dan pertempuran bawah laut, kontra-terorisme, pengintaian, kumuflase dan perang non-konvesinal.

Ini adalah salah satu pasukan elit yang memiliki pengalaman tempur tinggi. Pasukan ini dibentuk sejak tahun 1987 dan mereka sudah terlibat dalam berbagai perang yang terjadi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga : 5 Suku Paling Kuat Di Dunia

Pasukan ini juga terkoneksi dengan pasukan elit lain di dunia seperti US NAVI Seal, British Special Air Service [SAS] dan Alpha Group Rusia dengan tujuan latihan.

Terkadang, pasukan ini disebut dengan nama yang berbeda oleh para teroris di India, yang menyebut mereka dengan nama Dadiwala Fuji, yang berarti tentara berjengot karena penyamaran yang mereka lakukan di ranah sipil.

16. Gruppo di Intervento Speciale [GIS]

Gruppo di Intervento Speciale
via concorsicarabinieri.com

Gruppo di Intervento Speciale atau Kelompok intervensi Khusus adalah pasukan elit Italia yang dibentuk pada tahun 1978. Pasukan ini dibentuk sebagai unit respon strategis kontra-terorisme dibawah komando Polisi Militer Italia.

Setelah dibentuk, unit ini sudah banyak terlibat dalam berbagai operasi kontra-terorisme baik yang rahasia ataupun yang tidak. Pasukan ini juga dikenal sebagai pasukan yang paling ketat dalam mengadopsi ideologi keamanan sipil.

Di dunia, unit ini dikenal dengan kemampuan menembaknya yang akurat. Tim penembak GIS biasanya dibentuk dan dilatih sebagai penembak jitu atau sniper dan dilengkapi dengan Mauser 86SR. Saat mengintai atau menjaga pasukan ini dilengkapi dengan H&K PSG/1 Semi otomatis.

15. National Gendarmerie Intervention Group [GIGN]

National Gendarmerie Intervention Group
Screenshoot from youtube

Gendarmerie atau kelompok intervensi GIGN adalah pasukan elit asal Prancis yang dibentuk kembali pada tahun 1973 dan dibawah komando angkatan bersenjata Prancis.

Setelah peristiwa pembantaian Munich yang terjadi pada tahun 1972 dan kasus pemberontakan napi di Clairvaux yang terjadi tahun sebelumnya, pemerintah Prancis merasa perlu solusi permanen untuk membentuk pasukan yang bisa mengatasi berbagai ancaman baik dari dalam atau dari luar.

GIGN memiliki pusat komando dengan empat pasukan operasional dari dua puluh pasukan siaga, pasukan pendukung, pasukan negosiasi serta tim intelejen.

Baca Juga : 18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Setiap personel dari GIGN dilatih dengan berbagai pelatihan khusus seperti komunikasi, keahlian menembak, pelatihan anjing penjaga dan dilengkapi dengan persenjataan modern.

Pada 20 November 2015 lalu, pasukan ini juga terlibat dalam operasi pembebasan sandera di Hotel Radisson Blu di Bamako, Mali yang dilakukan oleh jaringan Al-Qaeda.

Salah satu yang membuat nama pasukan ini terkenal adalah responnya yang cepat dan kemampuan tempur yang mumpuni dalam situasi apapun termasuk saat operasi penyelamatan sandera dan kontra- terorisme.

14. Einsatzkommando Cobra [EKO Cobra]

Einsatzkommando Cobra
via reddit.com

Einsatzkommando Cobra adalah pasukan khusus asal Austria dengan keahlian kontra-terorisme yang mumpuni.

Pasukan ini merupakan pasukan semi-otonom, yang dibawah langsung kendali Kementrian Dalam Negeri Federal Austria.

Einsatzkommando Cobra sebelumnya dikenal sebagai pasukan Gendarmerieeinsatzkommando [GK] ini dibentuk pada tahun 1978 sebagai tanggapan terhadap serangan Olimpiade Munich tahun 1972.

Baca Juga : 2 Kuliner Indonesia Masuk 5 Besar Makanan Terbaik Di Dunia

EKO Coba banyak terlibat dalam berbagai oprasi penyelamatan sandera termasuk saat operasi penyelamatan sandera di Penjara Graz-Karlau tahun 1996 yang sukses melambungkan nama pasukan ini.

Pasukan ini bermarkas di Wiener Neustadt, yang terletak di Austria Selatan dan berfungsi sebagai markas EKO dan beberapa subkantor yang tersebar di beberapa tempat seperti di Graz, Linz, Salzburg dan Innsbruck.

13. Grenzschutzgruppe 9 [GSG 9]

GSG 9
via dw.com

GSG 9 merupakan satuan elit taktis Jerman dengan yang berarti Pasukan Perlindungan Perbatasan Grup 9. Pasukan ini dibentuk pada 17 April 1973, sebagai unit kontra-terorisme Jerman dan tersebar di 9 negara bagian.

Satu tahun sebelum dibentuk, pada tanggal 5 September 1972, kelompok teroris bernama Black September menyusup ke pesta Olimpiade Musim Panas di Munich, Jerman Barat yang menewaskan beberapa atlit Israel.

Baca Juga : Bagaimana Manusia Mengenal Minyak Kelapa Sawit

Situasi saat itu diluar kendali, karena Polisi Jerman tidak terlatih dengan baik atau tidak memiliki perlengkapan yang memadai untuk menangani situasi penyenderaan ini.

Hal ini membuat misi penyelamatan menewaskan satu personel polisi. Setelah peristiwa ini, pemerintah Jerman membentuk Pasukan Khusus dengan tugas untuk menangani berbagai masalah terorisme.

Sejak saat itu, GSG9 telah terlibat pada lebih dari 1.500 lebih misi dan pada tahun 2005, mereka menjadi pemenang tantangan Dunia SWAT.

Pada saat misi Mogadishu 1997, Komandan Polisi Perbatasan Israel, Tzvy War bahkan menyebut GSG-9 sebagai “Kelompok anti-teroris terbaik di dunia”.

12. Komando Pasukan Khusus [Kopassus]

Kopassus
via abc.net.au

Komando Pasukan Khusus [Kopassus] merupakan salah satu pasukan Elit Indonesia yang berada dibawah asuhan Tentara Nasional Indonesia [TNI] Angkatan Darat [AD].

Pasukan ini memiliki tugas-tugas yang khusus mulai dari kontra-terorisme, perang tidak konvensional, sabotase, counter insurgency, melaksanakan kegiatan Intelejen dan lain sebagainya.

Baca Juga : 20 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Berusia 30 Tahun

Kopasus di dirikan pada 16 April 1952. Hingga kini berbagai operasi telah dilakukan oleh pasukan elit ini baik yang resmi ataupun non resmi.

Salah satu operasi yang melambungkan nama Kopasus ke dunia Internasional adalah saat Invansi Indonesia ke Timor-Timor dan pembebasan Sandera Garuda Indonesia 206 yang dilakukan oleh kelompok teroris pimpinan Imran Zein di Bandara Polonia.

11. Jednostka Wojskowa 2305 [JW GROM 2035]

JW Grom
via imgur.com

JW Grom atau disebut juga GROM adalah pasukan elit yang khusus menangani masalah terorisme di Polandia.

GROM berarti Guntur atau Petir, merupakan satu dari lima unit pasukan khusus dari Angkatan Bersenjata Polandia.

Pasukan ini secara resmi dibentuk pada 13 juli 1990 dan mulai ditugaskan untuk berbagai operasi dan perang non-konvensional. Termasuk menjadi pasukan kontra-terorisme dan menjadi pasukan yang memproyeksikan kekuatan di belakang garis musuh.

10. Sayeret Matkal

Sayeret Matkal
via pinimg.com

Sayeret Matkal adalah pasukan elit dari Pasukan Pertahanan Israel [IDF]. Unit ini dibentuk sebagai bagian dari layanan Udara Khusus Angkatan Darat Inggris dan dilembagakan ke Israel pada tahun 1957.

Setelah pembantaian Qibya dan unit-101 dibubarkan, IDF dibiarkan tanpa pasukan selain dari angkatan Luat Shayetet 13.

Baca Juga : Darimana Sumber Penghasilan Seorang Fotografer?

Pada tahun 1957, mantan pejuang Palmash [Tentara bawah tanah dari Komunitas Yahudi], mengajukan petisi kepada IDF untuk membuat unit yang dapat dikirim ke wilayah yang dikuasai musuh untuk melaksanakan kegiatan intelejen dan sebagai pemasok informasi.

Unit ini kemudian dibentuk dan dilatih secara khusus oleh kelompok-kelompok semi-nomaden yang dikenal dengan nama Badui untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang musuh.

Nama pasukan ini melambung setelah berhasil melaksanakan operasi Entebbe dimana saat sekitar 100 pasukan Komando Israel, termasuk didalamnya pasukan serbu Sayeret Matkal berhasil menyelamatkan sandera dari Teroris yang berada di pesawat sebelum diterbangkan ke Bandara Entebbe di Uganda.

9. Joint Force Task 2 [JTF2]

Joint Force Task 2
via espritdecorps.ca

Joint Task Force 2 (JTF2) adalah pasukan khusus Kanada yang dibentuk pada tahun 1993. Tugas pasukan ini sangat spesifik yakni untuk melaksanakan operasi kontra-terorisme dan perang non-konvensional.

Sejak dibentuk, JTF2 terlibat dalam banyak misi dan yang paling menonjol adalah saat perang di Afganistan meletus tahun 2001 dan di Irak pada tahun 2006.

Baca Juga : 5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Fokus

Operasi pasukan ini di Afghanistan sangat rahasia sehingga Perdana Menteri Kanada saat itu tidak menyadari fakta kalau JTF2 terlibat selama perang berlangsung.

Setiap pasukan JTF2 dilengkapi dengan berbagai persenjataan dan perlengkapan yang canggih untuk mendukung operasi lapangan.

8. Special Air Service Regiment [SASR]

Special Force Australia
via businessinsider.com

Resimen Layanan Udara Khusus Australia adalah salah satu pasukan khusus paling terlatih di dunia. Tidak seperti kebanyakan pasukan khusus, SASR adalah bagian integral dari Angkatan Darat Australia.

Secara resmi pasukan ini dibentuk pada tahun 1957. Saat dibentuk, beberapa personel dari pasukan ini diambil dari Unit Layanan Pengintai Pelayanan Australia yang dibubarkan setelah perang dunia ke-II berakhir.

Baca Juga : 13 Cara Mudah Buka Situs Web Yang Terblokir 

Pada prinsipnya, pasukan ini dibentuk untuk menjalankan misi tersembunyi yang jauh dari publisitas. Saat melaksanakan operasi, pasukan ini terbagi menjadi beberapa tim kecil yang saling mendukung dan solid. SASR juga banyak terlibat pada operasi-operasi baik nasional maupun internasional.

Pasukan ini juga dilengkapi dengan kemampuan tempur selama konflik konvensional, menjadi pasukan spsialis kontra-terorisme.

Kemampuan lain dari pasukan ini adalah menjadi pelatih pasukan lain, pelatihan mitigasi bencana dan bantuan kemanusiaan.

7. Delta Force

Delta Force
via stream.org

Delta Force yang juga dikenal dengan nama The 1st Forces Operational Detachement-Delta atau Detasemen Operasional Pasukan Khusus Pertama (1st SFOD-D) adalah pasukan elit dari Angkatan Darat Amerika Serikat yang khusus menangani kontra terorisme, penyelamatan sandera dan pengintaian.

Pasukan ini dibentuk pada tahun 1997. Ide pembentukan pasukan khusus ini terjadi saat Charles Beckwith, yang merupakan perwira Angkatan Darat diperintahkan untuk ikut ambil bagian dalam layanan Udara Khusus Angkatan Darat Inggris [Resimen SAS 22] selama perang darat Malaya berlangsung.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone

Sekembalinya dari perang tersebut, Beckwith dalam laporannya menyoroti kerentanan Angkatan Darat AS.

Ia kemudian mengusulkan agar dibentuk tim kecil yang mudah beradaptasi dan sepenuhnya otonom, yang mengkhususkan diri dalam misi-misi rahasia dan kontra terorisme.

Dalam wawancara baru-baru ini, mantan Operator Delta Force, Paul Howe menyatakan tentang seleksi personil Delta Force yang sangat ketat.

Ia menyebut tingkat erosi yang sangat tinggi saat seleksi sehingga hanya beberapa orang saja yang lolos tes.

Howe mengatakan bahwa dari 240 orang yang mendaftar menjadi anggota Delta Force hanya 12 orang saja yang berhasil lulus dari semua pelatihan yang dilaksanakan.

6. Spetsguppa ‘A’ atau Grup Alfa

Alpha Grub
via thefirearmblog.com

Alpha Group atau Grup Alfa, yang secara resmi dikenal dengan nama Direktorat “A” dari FSB Special Purpose Center (TsSN FSB) adalah pasukan khusus Rusia yang bertugas untuk sebagai gugus depan anti-terorisme khusus dari Dinas Keamanan Federal Rusia [FSB].

Pasukan ini dibentuk oleh KGB Soviet pada tahun 1974. Kadang pasukan ini disebut dengan nama Spetsnaz yang merupakan istilah umum untuk merujuk pada Grup Alfa Rusia ini.

Baca Juga : 8 Cara Melestarikan Lingkungan Yang Sudah Rusak

Alpa Grub adalah salah satu pasukan khusus dengan kemampuan paling agresif dan brutal di dunia. Pada tahun 1985, pasukan ini dikirim ke Beirut untuk menyelamatkan empat diplomat Soviet dan sukses melaksanakan misi.

Mereka juga melaksanakan tugas dalam negeri dan banyak terlibat pada operasi kontra-terorisme seperti pada peristiwa pengepungan Moskow tahun 2002 dan operasi Sekolah Beslan tahun 2004.

5. Shayetet 13

Shayetet 13
via funker530.com

Berbeda dengan Sayeret Matkal, Shayetet 13 merupakan pasukan khusus dari veteran pertahanan Israel dan merupakan salah satu pasukan terbaik yang ada di dunia saat ini.

Pasukan ini dibentuk pada tahun 1948, dengan tugas spesifik yakni untuk melaksanakan serangan laut ke darat, operasi kontra-terorisme, sabotase, intelejen laut, penyelamatan sandera maritim dan pesawat.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Tentang Youtube

Unit ini sangat di hormati di dunia dan dikenal sebagai pasukan khusus terbaik dan sering dibanding-bandingkan dengan NAVI Seal dan SAS inggris.

Salah satu operasi yang sukses dilaksanakan dan paling terkenal saat olimpiade Munich tahun 1972, ketika mereka berhasil menyelamatkan sandera yang masih hidup dari serangan Black September terhadap atlet Israel.

4. Komando Pasukan Katak [Kopaska]

kopaska
via lancerdefense.com

Komando Pasukan Katak [Kopaska] merupakan pasukan elit Asal Indonesia dibawah naungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut [TNI-AL].

Tugas utama unit ini adalah untuk menyerang pangkalan musuh dan peperangan bawah air, menghancurkan instalasi bawah air, pengintaian, pengamanan pantai untuk konvensional dan kontra-terorisme.

Baca Juga : Daftar Lengkap Ekstensi Domain Negara Dari Seluruh Dunia

Pasukan ini dibentuk pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk membantu kampanye Politik demi merebut Irian Jaya dari pihak Belanda.

Hingga kini berbagai operasi telah sukses dilakukan pasukan khusus ini baik yang resmi ataupun tidak resmi. Jumlah pasukan ini juga dirahasiakan oleh pihak TNI AL.

3. Gurkha

pasukan gurkha
via dhakatribune.com

Pasukan Gurkha atau Gorkha [गोर्खाली] adalah salah satu pasukan khusus terbaik di dunia yang sudah diakui oleh banyak negara.

Gurka sendiri sudah menjadi salah satu bagian dari Angkatan Datar Inggris selama lebih dari 200 tahun terakhir.

Moto pasukan ini adalah ‘lebih baik mati daripada menjadi pengecut’. Yang paling mencolok dari pasukan ini adalah pisau melengkung yang sering mereka bawa.

Pisau ini memiliki panjang 18 inci yang disebut dengan nama Kukri. Dimasa lalu, saat terlibat dalam peperangan, ada satu tradisi dari pasukan ini bahwasanya Kukri harus mencicipi darah.

Jika tidak, maka pemiliknya harus memotong dirinya sendiri sebelum mengembalikan pisau ini ke sarungnya. Secara global, pasukan ini berada di peringkat ketiga sebagai pasukan paling ditakuti di dunia.

2. The United States Navi sea, air and land [Navy SEAL]

Navi SEAL
via armytimes.com

Kelompok Pasukan Khusus Amerika ini berbeda dengan yang lain dan dibentuk pada tahun 1962 sebagai bagian integral dari Pasukan Khusus Angkatan Laut dan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat.

Banyak orang yang menyebut bahwa NAVI SEAL mulai dibentuk sejak perang dunia ke-2. Meski sebenarnya terbentuk sebelum perang Vietnam tahun 1961.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kertas Yang Paling Umum Digunakan

Operasi terbesar yang sukses dilaksanakan adalah operasi Tombak Neptunus. Mereka juga telah terlibat dalam berbagai operasi dalam dan luar negeri baik yang resmi ataupun yang tidak resmi.

Para personel Navi Seal dikenal dengan kemampuan fisik dan mentalnya yang luar biasa. Pelatihan yang mereka laksanakan pun sangat berat sehingga membuat pasukan ini kadang disejajarkan dengan pasukan terbaik di dunia saat ini yakni SAS Inggris.

1. British Special Air Service [SAS]

British Special Air Service
via alwaght.com

The Special Air Service (SAS) adalah pasukan elit terbaik dan tertua di dunia dengan kemampuan multifungsi.

SAS didirikan pada tahun 1941. Saat dibentuk, pasukan ini hanya satu unit kecil berbentuk resimen lalu berubah menjadi korps.

Kini, SAS terdiri dari tiga unit yakni Unit Reguler SAS 21, 22 dan unit Cadangan SAS 23. Resimen 22 SAS memiliki empat skuadron operasional yakni A, B, D dan G.

Baca Juga : 15 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun 2019

Setiap skuadron terdiri dari 65 personel yang dipimpin oleh seorang Mayor, yang dibagi lagi menjadi empat pasukan kecil. Setiap pasukan kecil ini dipimpin oleh Kapten dan merupakan bagian dari markas besar.

Salah satu hal yang membuat pasukan ini spesial adalah sebagian besar pasukan elit di dunia mengambil contoh pelatihan dan silabus pendidikan dari SAS Inggris.

Yang artinya, prinsip-prinsip pelatihan sebagian besar pasukan elit dunia diadopsi dari pasukan ini. Salah satu contoh adalah pasukan Delta Force Amerika Serikat, yang dibentuk oleh Kolonel Charles Alvin Bekwith, yang sempat bergabung ke dalam pasukan ke-22 SAS sebagai bagian dari pertukaran personel.

Penutup

Kini sebagian besar negara di dunia memiliki pasukan khusus. Diberi nama sebagai pasukan khusus karena mereka dibentuk dengan tujuan-tujuan yang khusus dengan tugas yang spesifik.

Kadang juga untuk menyebut pasukan ini sering disebut sebagai pasukan elit, komando elit hingga pasukan spesial. Semua konotasi ini pada dasarnya adalah sama.

Nah demikian artikel tentang 20 pasukan khusus terbaik di dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *