Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Yang Baru

7 Likes Comment
panduan lengkap menggunakan google search console

Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Yang Baru – Setiap blogger, tampaknya harus menggunakan dan mengenal alat ini lebih jauh lagi. Mengapa? Sebab ini adalah alat terbaik di dunia yang berguna untuk memantau dan melacak kesehatan sebuah situs web atau blog.

Mungkin, jika anda seorang blogger, menggunakan GSC adalah salah satu langkah untuk meningkatkan nilai situs web anda sekaligus untuk memantau perkembangan situs atau blog dan masalah-masalah yang timbul dari situs web anda dari waktu ke waktu. Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mendaftar ke Google Search Console.

Artikel ini merupakan bagian dari artikel tentang Cara buat blog dari awal sampai Mahir, dan yang akan memaparkan tentang cara membuat blog dan tips dan trik tentang ngeblog seperti widget, iklan, dan tips dan trik dalam menulis.

Mengenal singkat tentang GSC

Google Search Console merupakan alat Google yang dapat digunakan dengan gratis oleh siapa saja, termasuk para pengembang aplikasi.

Sebelum tahun 2015 nama Google Search Console disebut dengan Google Webmaster Tools dan telah berubah seiring dengan penambahan banyak fitur.

Tahun 2018 lalu, Google Search Console merubah tampilannya menjadi lebih baru, sederhana dan User Friendly. Berbeda dengan tampilan sebelumnya yang tidak user-friendly, sehingga tampilan webnya tetap terbuka untuk versi mobile.

Secara singkat, Google Search Console adalah sebuah layanan gratis yang memungkinkan anda mempelajari banyak informasi mengenai situs web anda sendiri dan orang-orang yang mengunjunginya.

Dengan Google Search Console anda dapat mengetahui hal-hal seperti berapa banyak orang yang mengunjungi situs web/blog anda, dan bagaimana mereka menemukan situs web/blog anda.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Begitu juga dengan alat yang digunakan untuk berkunjung ke situs web anda tersebut apakah menggunakan smartphone/mobile atau desktop dan juga menunjukan halaman mana yang populer di situs web anda tersebut.

Selain itu juga, halaman ini juga membantu anda menemukan dan memperbaiki kesalahan yang ada di situs web/blog anda, mengirim peta situs, membuat serta memeriksa file robots.txt.

Dalam artikel ini ada beberapa segmen pembahasan tentang Cara menggunakan Google Search Console mulai dari cara pendaftaran, melakukan verifikasi, memasukkan peta situs dan lain sebagainya. Itu berarti, artikel ini adalah artikel rangkuman yang di khusus membahas mengenai Google Search Console.

Fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat banyak sehingga anda, sebagai webmaster dan pengelola blog tidak perlu repot lagi untuk menggunakan alat-alat eksternal lain, karena Google sudah menyiapkan semua hal tersebut di GSC.

Salah satu fitur yang paling penting di Google Search Console adalah Fetcs As Google/Inspeksi URL untuk versi GSC yang baru, yang memungkinkan link blog kita langsung terindeks ke Google tanpa perlu menunggu Google mengcrawl blog kita sendiri.

Lalu bagaimana cara mendaftar, melakukan verifikasi dan memasukkan Sitemap di Google Search Console? Semuanya akan diulas dalam artikel ini tentang panduan lengkap menggunakan google search console.

Cara mendaftar Ke Google Search Console

Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Yang Baru

Untuk mendaftar ke Google Search Console silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

  1. Silahkan buka Google Search Console atau klik saja tautan ini
  2. Jika GSC telah terbuka, klik mendaftar Silahkan buka mendaftar Search Console menggunakan akun gmail yang sama dengan akun blogger/blogspot/situs web yang anda gunakan
  3. Setelah mendaftar, anda akan diarahkan pada dashboard Google Search Console. Tetapi ini belum selesai, ada langkah-langkah yang harus anda selesaikan diantaranya adalah melakukan verifikasi situs web dan juga memasukkan sitemap.

Cara Melakukan Verifikasi Di Google Search Console

Verifikasi situs web/blog di Google Search Console memungkinkan Google melakukan verifikasi situs web/blog anda bahwa itu benar-benar milik anda. Ada beberapa metode untuk melakukan verifikasi yang terbagi menjadi dua submenu, diantaranya:

Metode Rekomendasi dan Metode Alternatif. Cara yang lebih gampang adalah dengan melakukan alternatif metode. Ada beberapa submenu untuk alternatif metode ini antara lain:

  • HTML tag. Ini adalah metode verifikasi meta tag untuk situs web anda di homepage
  • Domain Name Provider. Memasukkan verifikasi melalui situs penyedia domain anda
  • Google analytics. Metode verifikasi menggunakan Google analytics atau menghubungkan antara Google Analitics dengan akun GSC anda
  • Google Tag Manager. Menggunakan akun Google Tag Manager untuk memverifikasi kepemilikan GSC

Sebenarnya ada tiga cara yang paling mudah untuk melakukan verifikasi antara lain pada poin a, c dan d. Misalnya, pada poin c dan d anda tinggal menghubungkan akun tersebut dengan akun Google Analitycs dan juga Google Tag Manager.

Cara Verifikasi Menggunakan TAG HTML
Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Yang Baru

Namun cara yang lebih umum digunakan adalah dengan memverifikasi situs web/blog dengan Tag HTML. Dan cara inilah yang akan kita bahas disini. Lalu bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  1. Masuk ke dashboard GSC
  2. Silahkan klik tombol setelan
  3. Pilih tombol verifikasi
  4. Verifikasi dengan menggunakan tag HTML
  5. Copy semua kode HTML
  6. Masuk ke dashboard Blogger anda
  7. Klik Menu tema
  8. Klik edit tema
  9. Setelah terbuka, silahkan cari kode ini, </head>
  10. Dibagian atas </head> pastekan kode HTML GSC tersebut
  11. Save.

Patut juga anda perhatikan, meskipun situs web anda sudah memiliki meta tag atau kode lain dibagian <head> tidak jadi masalah. Jika situs web anda tidak memiliki kode <head> ini, anda dapat membuatnya untuk bisa melakukan verifikasi situs web.

Setelah anda menambahkan kode tersebut, silahkan kembali ke Dashboard Google Search Console dan tekan Verifikasi. Disini Google akan memeriksa kode verifikasi untuk memeriksa kode tersebut di situs web anda.

Jika kode ditemukan, maka akan anda pemberitahuan diatas layar bahwa kode Berhasil di Verifikasi. Jika tidak, akan anda pemberitahuan tentang kesalahan verifikasi.

Dan anda harus ingat, ketika situs web anda telah diverifikasi oleh GSC, jangan hapus kode tersebut dari situs web/blog anda. Jika kode dihapus, dapat menyebabkan situs web anda tidak lagi diverifikasi.

Cara Verifikasi Menggunakan Domain Provider

Penyedia nama domain adalah perusahana tempat and amembeli domain atau tempat dimana situs web anda di hosting.

Ketika anda melakukan verifikasi dengan metode ini, tidak saja membuktikan bahwa anda adalah pemilik domain utama, tetapi juga memiliki semua subdomain dan subdirektori yang terkait dengan domain anda. Ini adalah opsi yang amat baik jika anda mengelola sebuah situs web besar.

Di Dashboard Search Console silahkan pilih Kelola Situs Web> Verifikasi Situs Web> dan pilih Penyedia Nama Domain. Ini adalah metode alternatif verifikasi yang dapat anda lihat untuk melakukan verifikasi.

Ketika anda memiliki Penyedia Nama Domain, anda akan diminta untuk memilih penyedia nama domain anda dari daftar penyedia nama domain umum yang digunakan, seperti misalnya GoDaddy atau beberapa penyedia domain lain seperti Niagahoster untuk Indonesia.

Jika tidak ada dalam daftar penyedia domain dimana anda membeli domain yang anda gunakan, anda dapat memilih opsi lainnya, dan anda akan diberi instruksi tentang cara membuat data TXT DNS untuk penyedia domain anda.

Jika catatan TXT DNS ini tidak berfungsi untuk layanan penyedia domain yang anda gunakan, anda bisa memiliki opsi lain seperti membuat catatan CNAME.

Cara Verifikasi Google Search Console Menggunakan Google Analitycs

Jika anda sudah menggunakan Google Analytics (GA) untuk memantau lalu lintas situs web anda, ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk melakukan verifikasi situs web.

Tetapi, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa kode HTML situs anda untuk memastikan bahwa pelacakan GA sudah sesuai, atau telah ditaruh diantara kode <head> dan </head>.

Dan kode ini tidak terletak dibagian kode <body>. Jika kode GA belum ada di blog anda, maka anda belum bisa melakukan verifikasi akun GSC menggunakan Google Search Console ini.

Tetapi jika sudah ada, maka anda dapat memverifikasinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: di Dashboard Search Console, pilih Kelola Situs, lalu Verifikasi Situs ini, dan pilih Metode Pelacakan Google analytics.

Setelah anda melakukan verifikasi, jangan hapus kode GA ini untuk situs web anda, karena dapat menyebabkan situs web anda tidak terverifikasi.

Baca Juga :  Cara Manaruh Kata Kunci Di Titile Text, Alt Text Dan Link Artikel Blog Yang SEO Friendly

Terkadang juga, di GSC yang baru, jika anda telah memiliki akun Google analytics secara otomatis akan terverifikasi. Jadi anda tinggal melanjutkan pada cara memasukkan sitemap.xml sebagaimana yang dijelaskan dibagian akhir.

Atau jika anda ingin melakukan verifikasi secara otomatis, maka anda bisa langsung mendaftar di Google analytics terlebih dahulu baru kemudian mendaftar di Google Search Console dan menghubungkannya.

Melakukan Verifikasi menggunakan Google Tag Manager

Jika anda menggunakan Google tag manager untuk mengelola situs web anda, ini adalah cara paling mudah untuk melakukan verifikasi.

Jika anda menggunakan metode verifikasi yang ini, anda harus memiliki izin Lihat, edit dan Kelola untuk akun Google Tag Manager ini.

Sebelum mencoba metode ini, lohat dulu kode HTML situs anda di bagian <body> untuk melihat tag GTM tersebut.

Dari Dashboard GSC pilih Kelola Situs> Verifikasi Situs> dan pilih opsi Google Tag Manager. Setelah anda verifikasi, jika kode telah ditemukan, akan ada pemberitahuan bahwa situs web anda telah diverifikasi. Setelah diverifikasi sangat disarankan untuk tiga menghapus kode GTM dari situs web anda.

Cara buat sitemap.xml di Google Search Console

Cara menggunakan google search console yang baru

Sitemap adalah kumpulan artikel didalam blog kita yang memungkinkan Google untuk merayapi setiap artikel kita didalam blogspot. Jika anda tidak ingin Google marayapi halaman tertentu, misalnya halaman kontak dan panggilan, atau halaman sesudah /Search anda dapat mengaturnya di robots.txt.

Untuk cara mengaturnya silahkan baca artikel tentang cara mengatur robots.txt di blogger/blogspot. Selain itu, sitemap juga berfungsi menjadi daftar kumpulan artikel yang dapat dilihat oleh orang-orang yang didalamnya ada kumpulan link didalam blog kita.

Lalu bagaimana cara buat sitemap.xml di blogspot? Berikut caranya.

  1. Silahkan masuk ke Dashboard Search Console
  2. Masuk menggunakan alamat email yang sama dengan alamat email blog anda.
  3. Pilih menu Sitemap
  4. Di Menu sitemap, pilih tambahkan Sitemap

Di menu ini ada dua metode umum yang digunakan untuk memasukan sitemap di blog anda, antara lain:

sitemap.xml

system/feeds/sitemap

5. Save

JIka sudah, maka Google akan mengcrawl blog anda. Untuk mengcrawl biasanya Google membutuhkan sedikit waktu.

Tidak sampai disini saja. Jika ada masalah didalam blog anda, Google akan memberitahunya. Cara memberitahunya ada didalam Google Search Console ini. Misalnya link yang rusak, tidak ditemukan, atau link duplikat dan lain sebagainya.

Sumber Daya Lain GSC

panduan lengkap menggunakan google search console yang diterangkan diatas adalah cara yang paling umum, diantara cara-cara lain seperti memeriksa robots.txt khusus, fitur fetch us/inspeksi URL dan memeriksa liputan situs web anda dan lain sebagainya. Tetapi cara-cara ini sebenarnya sangat mudah digunakan dan tidak perlu kita bahas.

Tetapi jika anda ingin membahas tentang fitur-fitur ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terkait dengan cara memasukan robot.txt telah dibahas sebelumnya dalam artikel Cara membuat blog dari awal sampai mahir, yang telah ditautkan dibagian atas blog.

Demikian Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Yang Baru, yang dapat anda gunakan gratis untuk memantau perkembangan situs web anda sekaligus untuk menambah kekuatan situs web di mesin telusur.

Jika anda punya pertanyaan-pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *