Mengapa Banyak Blogger Yang Mengangkat Niche Blogging?

4 Likes Comment
mengapa banyak blogger

Saat ini, banyak sekali blogger yang mengangkat niche blogging. Entah apa alasannya. Yang jelas, persaingan pada niche blogging menjadi sangat kompetitif.

Dan tidak saja blog personal, tetapi juga beberapa perusahaan atau blog-blog besar yang juga mengupas tentang blogging.

Sebenarnya, artikel ini saya tulis karena saat ini saya kekurangan ide untuk menulis di blog saya dan juga aktivitas pekerjaan yang menuntut saya agar terus mobile dalam bekerja.

Tapi itulah hidup, apapun resikonya harus ditanggung. Karena memang saya memilih untuk hidup di dua dunia yakni dunia blogging dan dunia nyata.

Dan mungkin saja, karena kesulitan memilih topik blog maka banyak blogger yang akhirnya mengangkat tema blogging. Meskipun mereka tahu persaingannya tinggi dan sudah banyak diulas oleh blogger lain.

Namun, banyak blogger yang tetap keras kepala untuk memilih niche blogging termasuk terusannya seperti SEO dan tips dan trik blogging.

Padahal, sangat jelas mereka akan kesusahan untuk mendapatkan pengunjung apalagi nangkring di peringkat pertama Google.

Jika anda tidak percaya, silahkan masukan kata kunci SEO atau tips dan trik Blogging, anda akan melihat persaingannya yang tinggi.

niche blogging

Untuk kata kunci SEO persaingannya sampai 611 juta lebih. Kebayang kan tingginya persaingan untuk kata kunci yang satu ini?

niche blogging

Sementara, untuk tips dan trik blogging ada sekitar 589 ribu keyword. Yang juga menunjukan persaingannya yang tinggi.

Sebenarnya juga banyak blogger yang menyadari hal ini. Mengangkat topik mengenai SEO akan membuat peringkat susah naik karena persaingannya yang tinggi.

Dampaknya, akan susah mendapatkan pengunjung sekaligus sulit untuk diterima menjadi mitra Google AdSense.

Selain itu, banyak juga blogger yang tidak fokus pada topik yang ia angkat, seperti misalnya jika ia mengangkat tentang blogging maka seluruh kontennya adalah tentang blogging dan tidak di masukan dengan navigasi lain, seperti misalnya Travel.

Baca Juga : Cara Menaruh Kata Kunci Di Title Text Dan Link Artikel Blog

Soal tidak fokus pada satu niche ini juga saya lakukan, entah kenapa. Jika ada yang bertanya mengapa saya lakukan hal tersebut, karena memang saya tidak tahu.

Satu-satunya asalan mengapa banyak blogger yang mengangkat topik tentang blogging adalah karena memang itulah keahliannya.

Mengapa Banyak Blogger Yang Mengangkat Niche Blogging?

Lalu kenapa banyak blogger yang mengangkat tema tentang blogging, apa yang menjadi alasannya? Disini saya saya hadirkan beberapa alasan.

Anda boleh saja setuju tentang alasan kenapa banyak blogger yang membahas tentang blogging, boleh juga tidak setuju.

Yang jelas, semua alasan yang saya paparkan ini merupakan pengalaman pribadi saya. Ini sebagai bahan pembelajaran, agar kedepannya anda lebih fokus pada satu niche saja.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Jika anda terlalu mengangkat satu niche saja, maka sudah pasti anda akan kelelahan, tidak fokus dan tentunya anda akan kesulitan dalam menulis.

Salah satu hal yang sering anda alami jika saat anda mengangkat terlalu banyak niche adalah BPK yang rendah, susah melakukan evaluasi dan terlalu banyak ide untuk menulis.

Jadi, anda akan kelabakan, tidak fokus dan tertekan pada setiap tulisan anda. Jika tujuannya anda adalah untuk menghasilkan maka saya sarankan agar anda mulai mengangkat satu niche saja.

Mengapa niche itu penting dalam blogging?

Karena niche akan menunjukan identitas blog anda, dan orang-orang akan kembali mengunjungi blog anda saat mereka butuh sesuatu.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Sebagai contoh, topik blog anda mengangkat soal Printer, tanpa anda sadari ada banyak hal yang harus anda bahas soal printer. Misalnya, jenis printer, tinta yang digunakan, cara memperbaiki printer dan lain sebagainya.

Semua ini berkaitan satu dengan yang lain. Dan ada kemungkinan salah satu artikel anda akan berada di peringkat pertama jika anda fokus pada topik yang anda angkat.

Untuk itu, jika anda ingin fokus dalam ngeblog, usahakan agar anda mengangkat satu niche saja. Jangan terlalu banyak mengangkat niche sebab anda pasti akan merasakan dampaknya jika anda terlalu banyak mengangkat tema.

Sah-sah saja dalam menu navigasi tema yang anda angkat itu banyak, variatif dan juga luas, tetapi anda harus fokus pada satu tema saja. Niche-niche lain hanya sebagai bumbu-bumbu.

Baca Juga : Cara Buat Postingan Agar Cepat Terindeks Google

Ibaratnya masakan, ikan saja yang anda masak sementara untuk menyedapkan rasa, menguatkan baunya dan lain sebagainya anda membutuhkan tambahan bumbu lain, agar masakan anda lebih kena di lidah.

Itulah yang menjadi alasan mengapa anda harus mengangkat satu topik dalam ngeblog. Tetapi kenapa harus Blogging sih?

Niche paling mudah ditulis

Niche blogging sebetulnya adalah salah satu topik yang paling mudah anda angkat. Tema ini tidak membutuhkan keahlian yang sangat khusus dan menarik, melainkan hanya berdasarkan pengalaman.

Setiap pengalaman yang anda dapatkan, anda boleh angkat dalam tulisan anda, apalagi itu seputar tutorial ngeblog.

Niche blogging memang tidak semenarik topik tentang tambang, makanan dan lain sebagainya. Tetapi niche ini cukup seksi, dan sebagian besar tema yang diangkat itu membahas seputar blogger, tutorial-tutorial blogger, SEO di blogger dan lain sebagainya.

Tidak masalah jika anda mengangkat niche tentang ini, yang jadi masalah adalah jika anda tidak fokus pada tema yang anda angkat.

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum Mempublikasikan Konten

Terus perbaharui konten anda, jaga konsistensi tulisan dan niche anda, dan terakhir terus asah kemampuan anda.

Jangan menyerah dan jangan putus asa! Jika anda kesulitan memilih ide, belajar ngeblog lalu membagikannya dalam bentuk tulisan adalah langkah yang paling tepat ketimbang anda mengangkat niche kesehatan sedangkan anda tidak punya pengalaman tentang hal itu.

Penutup

Nah demikian artikel tentang Mengapa Banyak Blogger Yang Mengangkat Niche Tentang Ngeblog Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini jangan lupa tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *