100+ Niche Blog Paling Potensial Dari Berbagai Topik

10 Likes 2 Comments
niche blog

Niche blog terkadang juga disebut dengan dengan topik blog, kategori artikel, ceruk dan lain sebagainya. Seluruh istilah ini pada dasarnya punya arti yang sama yakni untuk memberitahu pengunjung tentang jenis artikel apa yang dibahas di blog.

Fungsi topik blog ini sangat penting bagi sebuah blog karena bisa dijadikan parameter awal untuk menentukan jenis konten apa yang mau ditulis, keyword yang ditargetkan serta keuntungan yang didapatkan.

Kadang juga, karena banyak blogger yang kesulitan menentukan niche yang mau diangkat mereka kemudian memilih topik blog gado-gado.

Topik blog gado-gado sangat mudah dikenali lewat tulisan yang ada. Dimana ada artikel yang membahas teknologi, android, kadang bitcoin, sejarah, keuangan, bank, trading, dan lain sebagainya.

Mengangkat niche semacam itu tidak masalah, asalkan si blogger itu tahu cara memanajemen setiap konten tersebut baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Manajemen konten paling dasar adalah membuat kalender editorial postingan per minggunya. Misalnya, topik minggu ini adalah teknologi, minggu depan adalah Kosmologi, bulan depan kriminologi dan seterusnya.

Bagi saya pribadi, niche blog adalah hal yang sangat krusial bagi sebuah blog. Meski agak kontrakdiktif juga karena di blog ini saya mengangkat niche gado-gado.

Namun, berangkat dari pengalaman saya ini, di beberapa blog saya yang lain, saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengangkat satu niche saja seperti misalnya Fotografi.

Sebelum lanjut ke pembahasan, saya ingin membagi poin dalam inti pembahasan ini kedalam beberapa kategori konten. Kategori ini mengarah pada jenis artikel yang dibuat di blog.

4 topik blog berdasarkan jenis konten yang disajikan di blog

Saat ini ada banyak sekali jenis niche blog termasuk juga dengan konten yang dibahas. Beberapa diantaranya adalah:

a. Konten tekstual

Pada dasarnya, konten tekstual adalah konten yang tidak memerlukan tambahan materi seperti misalnya Audio dan Video. Yang berarti, konten tekstual lebih fokus ke teks.

Blogger yang mengangkat jenis konten tekstual ini lebih mengedepankan informasi dari sisi kata-kata. Terkadang juga melibatkan angka dan data.

Sebagian besar konten yang ada di internet adalah konten tekstual. Dan konten tekstual adalah jenis konten yang paling populer di internet.

b. Konten multimedia

Konten multimedia adalah konten yang fokus pada penyajian video, audio dan gambar. Youtube dan Pixabay termasuk situs dengan jenis konten ini.

Konten multimedia lebih mengendepankan sisi visual, dan terkadang, situs dengan konten multimedia hanya berisikan gambar, video atau audio.

c. Konten digital

Konten digital adalah situs dengan konten yang sangat spesik yang biasanya hanya menawarkan tools atau alat khusus yang dapat digunakan secara daring.

Contoh situs yang menyajikan konten digital adalah CheckMoz, PageSpeed Insight dan lain sebagainya.

d. Jenis konten lain

Selain tiga jenis konten diatas, ada juga jenis blog yang menyajikan semua jenis konten diatas. Biasanya juga, situs-situs yang menawarkan jenis konten ini juga termasuk situs promosi dengan konten gado-gado.

Kalau dijabarkan lebih lanjut, 4 jenis topik berdasarkan gaya penyajian artikel terdapat banyak sekali kategori atau sub kategori artikelnya.

Setiap topik itu bisa dipilih oleh blogger untuk dijadikan niche blog, terlebih untuk para blogger yang sampai kini masih bingung menentukan topik apa yang bakal dibahas di blog.

100+ Niche Blog Paling Potensial Dari Berbagai Topik

Lalu apa saja daftar niche blog yang paling potensial seperti yang dimaksud pada judul diatas? Pasti anda penasaran kan?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 100+ jenis niche blog yang yang dapat dipilih sebagai topik yang akan dibahas di blog. Apa saja itu? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Postingan blog biasa

Niche paling pertama adalah blog dengan jenis postingan biasa. Blog dengan niche macam ini termasuk blog dengan blog dengan konten tekstual.

Pada pengertian ini, postingan blog biasa lebih mengarah pada postingan yang tanpa memikirkan SEO, optimasi gambar atau mungkin teknik pengoptimalan lanjutan lain seperti mata tag.

Isinya juga lebih banyak menceritakan pengalaman pribadi seperti pengalaman saat naik Pesawat terbang ke Singapura atau perasaan mereka pertama kali saat jadi penonton bayaran di TV.

Blog dengan jenis ini tidak spesifik pada topik tertentu dan lebih menekankan pada unsur kreativitas penulis dalam menyajikan konten.

2. Artikel dan Opini

Blog opini termasuk blog dengan jenis konten tekstual, dimana pemilik blog bisa memberikan pandangan pribadi atas suatu kejadian, isu sosial dan lain sebagainya.

Gaya penyajiannya pun cenderung jenaka, unik meski terkadang tendensius. Salah satu contoh niche blog dengan jenis konten ini adalah Mojok dan Kompasiana.

3. Bagaimana caranya [How it’s?]

Salah satu tren pencarian global di search engine saat ini adalah how it atau bagaimana caranya. Situs dengan niche ini fokus memberikan tutorial dan termasuk situs dengan jenis konten tekstual.

Situs ini biasanya membantu orang-orang untuk belajar tentang banyak hal seperti misalnya teknik belajar fotografi untuk pemula, cara buat widget email subscribe dan lain sebagainya.

4. Panduan

Jika anda menganggap diri anda mahir pada topik tertentu atau memiliki kemampuan yang spesifik, maka anda bisa mengangkat niche blog yang fokus ke panduan.

Panduan dalam hal ini seperti tutorial, namun isi kontennya sangat fokus pada satu subkategori niche, misalnya android atau iOS.

5. Daftar [listicle]

Situs dengan jenis konten listicle juga sudah sangat populer saat ini. Bahkan, sebagian besar blogger pasti pernah membuat konten listicle di blognya.

Jenis situs dengan konten ini lebih banyak mengulas tenang daftar-daftar film, produk, kejadian-kejadian unik, fasilitas publik dan lain sebagainya.

Situs dengan jenis konten ini terkadang punya pemirsa yang unik baik pemirsa organik ataupun nonorganik karena gaya penyajian kontennya yang cenderung sederhana.

Biasanya, inti pembahasan dari artikel daftar dibagi dari poin per poin, sehingga informasi itu lebih mudah di cerna oleh pembaca. Salah satu situs yang populer dengan jenis konten ini adalah IDNTimes.

6. Tanya Jawab

Sebagian besar pengguna Google datang untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka. Dengan demikian, mereka ingin memperoleh jawaban yang pas atas pertanyaan tersebut.

Membuat konten dengan jenis ini peluangnya sangat besar karena topik blognya yang unik. Biasanya juga, jenis konten ini melibatkan teks dan multimedia, namun tergantung pada preferensi pemilik blog. Salah satu situs dengan jenis konten ini adalah Quora.

7. Studi kasus

Bagi saya pribadi, niche blog yang banyak mengangkat studi kasus cenderung lebih kredibel ketimbang topik yang lebih banyak berisikan opini.

Salah satu alasannya karena studi kasus akan mengulas suatu pembahasan dengan lengkap, penyajian kontennya segar serta berdasarkan pengalaman sendiri penulis.

8. Testimoni

Testimoni sebenarnya hampir mirip dengan studi kasus diatas. Perbedaannya hanya pada bentuk penyajian konten yang cenderung twist.

Situs dengan jenis konten ini juga punya prospek pasar yang bagus, apalagi jika situs tersebut dibangun khusus untuk promosi produk suatu bisnis.

Sayangnya, situs testimoni lebih banyak membahas tentang pengalaman unik saat membeli produk dan cenderung merupakan artikel promosi.

9. Wawancara

Selanjutnya adalah blog dengan konten wawancara. Jenis konten ini bisa berupa teks, audio dan juga video. Bagi saya pribadi, konten wawancara lebih menarik karena biasanya lebih mengutamakan pengalaman atau pandangan pribadi seseorang secara konkret.

Jika anda blogger yang mengangkat niche yang satu ini, mungkin anda akan sering bertemu pakar, ahli pemasaran dan tokoh-tokoh lain.

10. Ulasan produk

Situs dengan niche ini biasanya fokus pada review dan ulasan tentang suatu produk. Sementara, jenis kontennya bisa tekstual dan multimedia.

Bagi sebuah bisnis, ulasan semacam ini sangat penting karena bisa menunjukan kekuatan konten marketing pada produk.

Yang mungkin bisa meningkatkan branding bisnis, meningkatkan kuota penjualan produk hingga targeting pasar yang tepat.

11. Ulasan buku

Kadang juga, situs dengan niche ini lebih fokus untuk membahas resensi buku baik buku klasik, modern, atau postmodern.

Jenis konten ini lebih cenderung ke konten tekstual, yang sangat membantu pembaca untuk memahami isi sebuah buku tanpa perlu membaca atau membelinya terlebih dahulu.

Konten jenis ini juga sangat populer di internet. Karena biasanya ada ulasan tentang kelebihan dan kekurangan sebuah buku.

12. Checklist

Situs dengan jenis konten ini lebih banyak mengangkat tentang topik yang cenderung unik. Saya beberapa kali melihat blog dengan jenis konten ini di internet.

Menurut saya pribadi, situs yang mengangkat daftar periksa ini sangat menarik dari segi penyajian konten.

Misalnya soal daftar barang yang harus diperiksa saat bepergian ke Mall, atau benda-benda yang seharusnya dibawa saat ke undangan mantan dan lain sebagainya.

Kalau anda mengangkat niche macam ini, saya yakni blog anda bakalan populer. Karena penyajian kontennya yang beda dari yang lain.

13. Penelitian

Suka lakukan penelitian, jangan simpan kemampuan itu. Coba buat blog dengan niche penelitian atau research, yang mungkin bisa berguna untuk banyak orang.

Konten dengan topik ini juga punya visitor yang organik sekali. Sebab biasanya mereka akan membahas tentang teknik-teknik penelitian untuk skripsi, landasan teori, penelitian terdahulu dan lain sebagainya.

14. Informasi teknis

Di era paperless ini, semua informasi dibagikan dalam bentuk format digital. Sebagian besar konten saat ini juga sudah ada dalam PDF dan siapa saja dapat mengunduhnya dengan bebas.

Pada dasarnya, konten ini menyediakan dan menyajikan studi kasus dan bagaimana menyelesaikan sebuah masalah.

Informasi yang ada didalamnya juga cenderung bernilai, meski beberapa diantaranya berbayar. Kalau anda punya informasi teknis yang cukup penting untuk dibagikan di blog, coba angkat topik semacam ini.

15. Situs Berita

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan atau entitas pribadi yang membuat blog berita. Blog berita ini bisa dari hasil konvergensi media atau atas inisiatif pribadi.

Jika anda mengangkat niche semacam ini berarti anda harus tahu bagaimana mencari, mengolah dan membuat berita.

Saat ini, berdasarkan data dari Dewan pers sudah terdapat 50k lebih situs berita, meski hanya beberapa saja yang sudah di verifikasi.

Jika anda angkat topik semacam ini, sah-sah saja. Namun persaingannya akan sangat sulit. Sebab pasti anda akan bersaing dengan situs-situs besar dan populer seperti DetikCom, Tirto, Liputan6 dan lain sebagainya.

16. Berita perusahaan

Ini berbeda dengan yang saya jelaskan dibagian atas ya. Pada dasarnya, topik ini lebih banyak menyajikan konten khusus dari perusahaan tertentu.

Perusahaan tertentu bisa saja bisnis anda sendiri, atau bisnis orang lain. Dan kontennya juga biasanya merupakan produk terbaru rintisan perusahaan, kehidupan karyawan dan lain sebagainya.

17. Postingan tamu

Cape buat konten di blog? Coba buat blog baru yang memungkinkan pembaca untuk membuat postingan di blog tersebut.

Untuk menghindari duplikasi, anda bisa melakukan kurasi yang ketat pada setiap konten yang dikirim. Salah satu blog dengan niche semacam ini adalah Kompasiana, Quora dan indonesiana.

18. Kisah pribadi

Niche dengan kisah pribadi ini mirip dengan yang sudah saya bahas di poin pertama tadi. Namun lebih fokus pada pengalaman pribadi dirinya sehari-hari.

Kisah pribadi juga bukan hanya tentang pemilik blog dan pengalaman-pengalaman uniknya, tetapi juga orang lain entah itu tokoh, atlet, aktivis dan lain sebagainya.

Saya sendiri berpandangan bahwa niche blog dengan topik ini seolah mengembalikan peran dan karakteristik blog ke asalnya.

Karena memang blog merupakan media untuk catatan pribadi seseorang. Atau, kalau anda terlalu sibuk, anda bisa buat membuka guest post dimana seseorang bisa membagikan pengalaman pribadi mereka sendiri.

19. Kisah sukses

Selain kisah pribadi, kisah suksesku juga termasuk situs topik yang unik. Disini, pemilik blog bisa berbagi tenang kisah suksesnya sendiri.

Seperti misalnya berhasil menjadi orang indo pertama yang pergi ke bulan [lewat mimpi] atau berhasil kumpulkan 1 juta subscriber channel Youtube dalam jangka waktu 3 bulan.

Dari sini, orang-orang akan termotivasi dengan kisah sukses tersebut dan bahkan ada yang berusaha mengikutinya.

Jangan lupa juga, agar konten anda itu lebih bermakna untuk orang lain, anda bisa bagikan tips dan trik untuk bisa sukses.

Konten jenis ini termasuk jenis konten teks dan multimedia, namun bergantung pada cara menyajikannya. Jika lebih disajikan lebih ke visual maka cenderung menjadi konten multimedia.

20. Biografi pribadi

Biografi pribadi juga termasuk jenis konten yang paling banyak dicari di Internet. Dari konten ini orang-orang bisa tahu nama Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini pertama siapa, atau mungkin bisa tahu profil SiD.

Bio pribadi termasuk jenis konten tekstual dan multimedia. Dan biasanya, kontennya akan selalu aktual dan relevan.

21. Komentar

Jangan salah paham, komentar blog juga termasuk jenis niche blog. Misalnya, setiap postingan yang anda buat di blog berasal dari komentar-komentar orang lain yang pernah berkunjung ke blog anda atau blog orang lain.

Komentar juga bisa menjadi sumber ide dalam membuat postingan di blog. Perhatikan setiap komentar blog, jika ada pertanyaan maka silahkan jawab lewat postingan.

22. Tanya jawab

Ada banyak sekali pertanyaan yang berseliweran di internet dan anda bisa membantu orang-orang untuk menjawabnya dengan menyediakan konten tanya jawab tersebut.

Biasanya juga, konten tanya jawab lebih mengarah ke produk atau layanan tertentu. Misalnya, apakah produk A ini cocok untuk kulit sawo matang?

Atau apakah makanan C bisa di konsumsi untuk yang sedang diet? Dan pertanyaan-pertanyaan serupa lain.

Intinya, konten anda tersebut berusaha untuk memberikan jawaban atas sesuatu. Anda bisa mulai dengan membuat konten tanya jawab untuk pertanyaan-pertanyaan umum.

Seperti misalnya, apakah kota Jakarta ramah untuk difabel? Ada berapa banyak jenis burung perkutut? dan lain sebagainya,

23. Glosarium

Berikutnya adalah jenis konten glosarium, yang lebih mengarah ke jenis konten tekstual. Konten jenis ini biasanya lebih cenderung membahas makna suatu frasa atau akronim atas sesuatu.

Misalnya, kepanjangan Babinsa yang merupakan Bintara Pembina Desa, atau pengertian dasar Backlink dan lain sebagainya.

24. Wiki

Bagi saya pribadi, konten Wiki adalah salah satu jenis konten tekstual yang kaya akan manfaat. Lebih kerennya lagi, disini anda tidak perlu cape-cape buat konten.

Coba lihat Wikipedia? Semua artikel yang ada didalamnya merupakan artikel dari pengguna. Pengguna juga bebas untuk mengedit, menambahkan, membuat konten baru dan lain sebagainya.

Halaman wiki mirip dengan laman guest post diatas, namun semua artikelnya bebas di edit oleh pengguna. Perbedaannya hanya disitu.

25. Versus Artikel

Berikutnya adalah artikel perbandingan. Konten jenis ini bertujuan untuk memberi perbandingan antara dua hal.

Seperti misalnya, perbandingan produk A dan B. Atau, anda bisa perbandingan untuk suatu layanan misalnya layanan X dan Y.

Konten versus ini termasuk jenis konten tekstual dan multimedia. Sebagai contoh awal. anda bisa lihat versus artikel yang pernah saya buat disini.

26. Perbandingan

Berbeda dengan poin sebelumnya, perbandingan yang saya maksud disini untuk menentukan mana yang terbaik.

Kalau pada poin ke 25 hanya untuk membuat perbandingan suatu layanan, disini anda harus memutuskan layanan mana yang terbaik. Rata-rata, konten perbandingan ini adalah konten multimedia.

27. Prediksi

Kelemahan konten prediksi adalah sifatnya yang musiman. Dan terkadang, konten prediksi hanyalah sebuah hipotesa awal tentang sesuatu.

Misalnya, saat ada event-event yang cukup populer semisal piala AFC, piala Eropa atau Piala dunia, banyak sekali konten-konten prediktif.

Anda juga bisa membuat konten prediktif semacam ini, yang penting anda harus siap dengan berbagai komentar dari orang lain.

Karena konten prediktif sering dapat komentar pesimis dari orang lain, apalagi jika yang diprediksi itu seputar sepabola.

Kadang kala ada fans fanatik yang komen ngamuk-ngamuk lucu gitu, apalagi dengan komentar tak jelas. Yang penting anda siap tahan banting melihat komentar netijen yang maha tahu itu.

28. Pesan inspirasional [Kata-kata bijak]

Kalau anda jago rangkai kata, misalnya kata-kata bijak, coba buat konten jenis ini. Pesan inspirasional masuk dalam jenis konten tekstual.

Jika pesan tersebut ngena di hati, maka biasanya akan di share. Dan mungkin, blog anda bisa sangat populer karena konten yang disajikan tersebut.

29. Bagaimana menghindari kegagalan?

Semua orang pasti pernah gagal, tak terkecuali anda dan saya. Yang berarti, jika anda mengangkat konten ini, fokusnya hanya pada kegagalan saja.

Konten jenis ini biasanya akan membantu orang untuk memahami bagaimana pentingnya kegagalan sebelum meraih kesuksesan.

Jika anda mengangkat niche blog dengan jenis konten ini, saya sarankan agar anda memainkan teks dan multimedia yang bagus.

Sebab, konten ini sangat laku di internet. Gaya penyajiannya pun cenderung unik. Kalau perlu, anda bisa memasukkan kata-kata bijak didalam konten anda, agar pembahasannya lebih lengkap.

30. Fakta menarik

Ini juga konten yang sangat laku di internet. Dan sudah banyak blogger yang mengangkat niche yang satu ini, meski terkadang mereka tidak fokus pada fakta.

Di dunia ini, ada miliaran fakta yang ada, dan biasanya orang-orang suka mencari tahu fakta atas sesuatu, terlebih yang agak sedikit kontraversial.

Semakin panas topiknya, maka semakin populer konten tersebut. Dengan kata lain, semakin banyak orang yang datang berkunjung ke blog anda tersebut.

Konten jenis ini termasuk konten tekstual dan multimedia. Meski sebaiknya gaya penyajiannya lebih cenderung ke teks saja karena unsur proporsional.

Tapi pastikan fakta-fakta yang anda sajikan itu relevan dengan topik, dan jangan pernah menyajikan fakta yang sebenarnya adalah hoax.

31. Cerita lucu

Kalau anda punya kemampuan bercerita yang mumpuni, terlebih cerita lucu, coba buat blog dan bagikan konten jenis ini di blog.

Kadang kala, pengunjung suntuk saat berselancar di internet, mereka akan cari hiburan. Dan mungkin saja mereka akan mampir di blog anda.

Selain bisa menghibur orang lain, anda juga bisa meyalurkan bakat anda dalam bercerita. Siapa tahu besok-besok blog anda bisa terkenal karena niche unik yang diangkat.

32. Kutipan

Konten kutipan beda sama konten inspirasional diatas. Konten ini bisanya menyajikan kutipan kata-kata bijak dari orang-orang terkenal di dunia.

Misalnya tokoh-tokoh revolusi seperti Mahatma Gandhi, Soekarno, Bung Hatta atau bisa juga petikan novel-novel populer seperti karya Andrea Hirata.

Jenis konten ini sangat cenderung populer dan pengunjungnya sangat organik. Yang lebih menarik, pengunjung biasanya akan share kutipan-kutipan tersebut sebelum meninggalkan blog anda.

33. Karya sastra

Punya bakat mendongeng? Dan dongeng itu dibuat dengan gaya kreatif anda sendiri? Coba buat blog lalu publikasikan karya-karya tersebut.

Dongeng tersebut bisa berupa karya pendek atau cerpen, puisi, prosa, puisi ke prosa-prosaan, puisi esai dan lain sebagainya.

34. Postingan Mikroblog

Postingan mikroblog yang gimana ya? Biasanya jenis konten tekstual yang cenderung pendek untuk mengomentari acara tertentu dari sudut pandang pribadi.

Twitter sebenarnya termasuk jenis postingan mikroblog karena keterbatasan teks yang ada didalamnya. Anda juga bisa buat konten serupa, yang mungkin bisa menarik pengunjung dari internet.

35. Praktik terbaik

Konten jenis ini biasanya menawarkan ide tertentu berdasarkan pengalaman pribadi kepada pengunjung blog.

Misalnya, tentang bagaimana buat buku yang menarik, atau bagaimana cara mendaki gunung agar tak ada peserta yang kesurupan dan lain sebagainya.

Intinya, bagikan tips tersebut berdasarkan pengalaman pribadi anda sendiri. Dan sajikan dengan gaya bahasa yang santai.

36. Metafora

Tahu gak apa itu matafor? Secara sederhana, metafora adalah majas yang berisikan ungkapan tentang perbandingan atas sesuatu secara analogis.

Agar lebih mudah paham, saya berikan salah satu contoh metafor yakni Raja siang itu sudah terbit di pagi hari yang cerah.

Kalau anda tahu cara membuat majas yang baik, coba posting di blog. Konten ini juga sangat jarang ditemui di masyarakat dan cenderung unik.

Lebih jauh lagi, anda bisa dekati subjek tertentu, misalnya orang yang pandai bermetafora, lalu tulis dengan perspektif yang sama.

37. Acara terjadwal

Kalau bingung mau tulis apa di blog, coba buat konten acara terjadwal. Misalnya, tentang Saresehan di Kampus atau event lain.

Acara terjadwal bisa berisi acara yang anda buat sendiri atau yang akan anda hadir. Disini, berikan informasi detail tentang acara tersebut.

Siapa tahu, salah satu pengunjung tertarik mengenai acara tersebut. Konten ini juga berfungsi sebagai pengingat bagi anda sendiri dan orang lain.

38. Konten “Mengapa”

Konten mengapa adalah salah satu jenis konten yang berusaha mengulas tentang alasan mengapa suatu benda, materi atau atom itu ada.

Biasanya kontennya berisi gambaran tentang sesuatu yang baru saja terjadi, atau mengapa ia harus terjadi dan pertanyaan lain.

Agar konten anda lebih kredibel, anda bisa mengulas tentang suatu pertanyaan yang telah terkonfirmasi, bisa juga berupa fakta kontraversial, yang biasanya punya daya tarik tersendiri.

39. Lembaran biaya

Kalau anda punya bisnis produk, misalnya produk kecantikan, ada baiknya anda buat konten tentang lembaran biaya pengeluaran.

Lembaran ini bertujuan untuk menunjukan manfaat, harga, biaya ongkir [ongkos kirim] yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

40. Pengumuman produk

Lain lagi dengan niche blog pengumuman produk. Sebagian besar konten yang disajikan berisikan produk-produk yang baru saja di rilis.

Misalnya, ponsel terbaru iPhone atau varian terbaru dari iOS, yang mungkin bisa meningkatkan minat audiens atas produk tersebut.

Biasanya juga, pengumuman produk semacam ini akan mempengaruhi pelanggan dan bahkan bisa meningkatkan daya jual suatu produk.

41. Buletin

Buletin agak mirip dengan jenis konten diatas. Biasanya, konten buletin berisikan informasi kepada orang lain tentang suatu produk atau layanan tertentu.

Kalau anda punya bisnis, fungsi konten buletin akan sangat terasa. Buletin juga berfungsi untuk memberi tahu tentang produk terbaru, pembaharuan produk dan lain sebagainya.

42. Pos yang dipromosikan

Mirip dengan guest post? Yap betul. Hanya saja, post yang dipormosikan bertujuan untuk mendorong pembaca untuk melihat item tertentu.

Item itu bisa berupa tawaran produk terbaru, hadiah menarik dari brand mobil atau give away yang anda buat di blog.

43. Resep

Kalau anda pintar masak, coba buat blog untuk bagikan kemampuan dan ketrampilan tersebut kepada orang lain.

Jenis niche blog yang satu ini sangat cocok untuk anda yang hobi masak-masak. Konten jenis ini termasuk konten tekstual dan multimedia, namun tergantung preferensi pemilik blog.

44. Penafian

Konten penafian, atau kadang juga disebut dengan Disclaimer, adalah konten yang membahas secara khusus tentang hak cipta atas suatu produk, artikel, video, brand, lagu dan lain sebagainya.

Kalau anda punya blog, coba buat konten jenis ini karena banyak blogger atau musisi yang mencari solusi untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan hak cipta mereka.

Pengunjung blog dengan niche semacam ini juga sangat organik. Sementara, jenis kontennya lebih ke konten tekstual.

Saran saya, jika anda mengangkat niche yang satu ini, anda harus tahu sedikit tentang UUD Hak Cipta supaya saat ada orang yang berkomentar, anda tahu harus menjawab apa.

45. Infografis

Konten jenis ini termasuk konten visual atau multimedia. Biasanya juga, infografis berisikan fakta, statisik, data dan informasi yang relevan lain.

Banyak sekali postingan yang kini menggunakan infografis didalamnya. Karena biasanya informasi yang disajikan cenderung singkat dan mudah dipahami.

46. ​​Cheat sheet

Kalau dalam bahasa Indonesia Cheat Sheet dapat disebut Contekan. Namun bukan contekan dalam artian negatif ya, seperti contekan saat ujian didalam kelas.

Dengan kata lain, niche blog yang anda angkat itu berusaha memotong jenis-jenis informasi tertentu, seperti masalah-masalah seputar makalah atau rumus-rumus tertentu, dengan gaya penyajian yang lebih mudah.

47. eBook

Siapa sih yang gak suka eBook? Saat ini ada banyak sekali informasi yang disajikan ke dalam eBook. Yang berarti, popularitasnya sangat tinggi di internet.

Kalau anda mau agar konten di blog anda lebih eksklusif, coba buat dalam bentuk eBook. Namun perhatikan, sebelum mengangkat niche blog ini, anda harus memutuskan apakah eBook itu dapat di unduh gratis atau tidak.

Saya pribadi lebih suka baca eBook ketimbang postingan blog biasa, karena biasanya ebook memiliki informasi yang jauh lebih luas, kontennya juga lebih terperinci.

48. Tangkapan layar [Screenshoot]

Kalau anda tidak mau habiskan waktu buat postingan yang panjang, anda bisa juga membuat konten screenshoot.

Dimana, anda tinggal ambil screenshoot dari sebuah konten, blog, media sosial dan lain sebagainya lalu posting di blog.

Namun tetap libatkan teks didalamnya, agar pembaca lebih betah berlama-lama di postingan tersebut. Saran saya, gunakan 2-3 paragraf saja.

49. Posting audio

Postingan audio termasuk jenis konten multimedia yang memungkinkan pemilik blog untuk membagikan rekaman suara, musik atau catatan lain ke dalam postingan blog.

Jika anda mengangkat niche dengan jenis konten semacam ini, silahkan gunakan alat perekaman di ponsel anda. Jangan lupa sunting file tersebut agar lebih ramah di telinga pengunjung.

50. Audiobooks

Kira-kira sama dengan e-book namun medianya menggunakan audio. Jika anda punya ebook, anda juga bisa membuat audiobooks dengan cara merekam isi ebook tersebut lewat rekaman suara.

Agar lebih terstruktur, anda bisa membaca bab demi bab lalu posting ke blog. Kalau anda cape buat postingan semacam ini, bisa gunakan jasa orang lain.

Yang mungkin lebih paham tentang penekanan atas kata, karena narasi yang disampaikan mungkin akan lebih nyaman saat di dengar.

51. Fotografi

Kalau anda suka foto-foto, atau kemana-mana selalu dilengkapi dengan kamera, coba buat konten fotografi.

Di blog saya yang lain, saya juga membahas tentang niche blog fotografi. Karena menurut saya sesuai dengan minat pribadi. Selain menyajikan foto, saya juga menyajikan berbagai tips dan trik.

Tapi, kalau anda ingin fokus pada foto, bisa kok. Silahkan posting foto-foto anda tersebut di blog, dan orang lain mengunduhnya dengan gratis atau berbayar.

52. Podcast

Podcast sebenarnya adalah jenis konten audio yang isinya pendapat, opini atau ulasan tentang sesuatu mulai dari isu sosial, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya.

Biasanya juga, podcast di posting secara berseri. Jadi, kalau anda suka rekam suara anda sendiri, coba buat konten podcast. Rata-rata konten podcast saat ini dapat di unduh dengan gratis oleh pengunjung blog.

53. Vlog

Vlog atau video log adalah jenis konten multimedia yang juga dapat di posting di blog. Vlognya bisa beragam mulai dari kisah perjalanan, keseharian, review layanan dan lain sebagainya.

Namun saat ini, banyak konten vlog ini yang di posting di Youtube ketimbang di Blog karena keterlibatan dan audiens yang lebih terkategorikan.

54. Video langsung [live streaming]

Jujur, saya sering mampir di beberapa blog dengan konten ini. Karena biasanya, siaran tertentu seperti Sepakbola yang tidak ada di TV rumah saya.

Anda juga bisa membuat jenis konten video live streaming ini, karena menurut saya pribadi, sangat dibutuhkan pada saat-saat tertentu.

Pengunjung juga bisa menikmati live streaming tersebut sembari berkomentar atau memberi like. Jenis konten ini juga sangat populer di kalangan anak muda.

55. Video mikro

Video mikro termasuk jenis konten yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau ide tertentu. Hanya saja, video mikro cenderung singkat.

Alasannya karena video mikro hanya menyampaikan pesan singkat saja pada audiens. Biasanya juga, audiens hanya bertahan selama beberapa detik.

Banyak video mikro berupa iklan yang mungkin sering anda lihat di iklan AdSense channel Youtube anda atau orang lain.

56. Presentasi

Jenis konten ini juga sangat disukai oleh banyak orang karena simplisitas informasi yang diberikan. Sayangnya, informasi yang ditampilkan biasanya tak lengkap sehingga butuh penalaran lanjutan dari pengguna.

Konten presentasi bisa berupa presentasi atas sesuatu, seperti jurnal, layanan, produk atau materi pembelajaran hingga proyek-proyek khusus pada audiens.

57. Webinar

Webinar sebenarnya adalah seminar yang dilaksanakan secara online. Dalam pengertian yang lebih luas, bisa disebut siaran langsung.

Namun disini anda harus mengajar orang-orang untuk bergabung pada satu saluran lalu mulai mendengarkan apa yang anda bicarakan.

58. Polling

Polling termasuk jenis konten multimedia yang biasanya bertujuan untuk mendapatkan opini atau pandangan publik terhadap sesuatu.

Hasil polling ini bisa dijadikan data untuk digunakan dengan tujuan tertentu. Jika anda menggunakan WordPress, ada banyak plugin polling yang memungkinkan anda untuk membuat jejak pendapat dengan mudah.

59. Peristiwa online

Peristiwa online juga mirip dengan konten live streaming diatas. Namun disini anda bisa membagikan lewat teks, video atau audio tentang kejadian atau peristiwa secara online.

Konten ini sangat bagus apabila anda sedang menghadiri konser atau Piala dunia. Anda juga bisa membagikan pengalaman, perasaan dan sensasi yang dirasakan kepada pengunjung.

60. Kursus

Saat ini adalah banyak jenis kursus online. Konten yang dijadikan dalam kursus ini cenderung terstruktur rapi dengan pembahasan step by step.

Selain itu, konten anda juga harus mampu memberikan pengetahuan atau ketrampilan baru bagi orang lain. Kalau anda mau buat konten kursus ini, sebaiknya anda harus punya keahlian yang spesifik dan terarah.

61. Survei

Jika anda suka lakukan analisis atau mau mengumpulkan data untuk kegunaan sesuatu, anda bisa buat blog tentang survey.

Konten survey juga bisa berisikan pendapat atau opini mereka terhadap atas sesuatu. Setelah data terkumpul, anda lalu menganalisisnya.

Hasil survey itu juga bisa digunakan sebagai ide postingan blog anda. Ada beberapa situs dengan jenis konten semacam ini seperti YouGov atau Change.org

62. Roundups

Jangan salah paham soal niche yang satu ini, karena banyak yang hanya mengartikan secara leksikal saja. Niche blog roundups sebenarnya adalah kegiatan mengumpulkan konten yang terkait dengan industri yang sedang dibangun.

Fungsinya agar pengunjung bisa tahu setiap informasi dari sudut pandang yang berbeda. Dan mungkin mereka sudah tidak perlu lagi membuka blog atau artikel lain.

63. SlideShares

Lah, bukanlah slideshare sama dengan Presentasi diatas? Jawabannya beda. Disini anda membuat tayangan slide berupa presentasi, yang tidak dapat di download oleh orang lain.

Dengan cara ini anda bisa menyajikan konten karya anda sendiri, baik berupa foto, gambar, video dan audio secara lugas.

64. Visualisasi data

Pada dasarnya, konten jenis ini berusaha untuk menampilkan semua data secara visual dengan bagan dan grafik secara daring.

Niche blog semacam ini juga mulai tren saat ini, dan banyak pemilik blog yang menyiapkan kode sematan untuk data-data tersebut.

Data sematan ini sebenarnya berisikan backlink, yang berarti, anda tidak perlu lagi cape-cape buat konten agar bisa dapat backlink gratis.

65. Pengumpulan data

Kalau anda sering berurusan dengan data-data atau hasil penelitian yang mungkin menarik bagi orang lain, cobalah buat blog dengan niche ini.

Niche blog ini juga akan memungkinkan anda untuk mendapatkan audiens yang spesifik, organik dan loyal.

66. Diagram

Tahu gak apa itu Diagram? Ini merupakan representasi simbolik atas suatu yang dibuat dengan cara visualisasi. Kadang juga diagram disebut dengan bagan, meski ada perbedaan spesifik antara dua hal ini.

Anda bisa membuat jenis konten diagram untuk menunjukan atau mencari hubungan antar sesuatu, peristiwa, kejadian dan lain sebagainya.

Konten ini juga cukup menarik bagi pengunjung, karena dengan diagram anda berusaha menyederhanakan data yang kompleks kepada pengunjung.

67. Ilustrasi

Hobi buat gambar? Atau meme dan komik? Coba buat blog untuk memposting karya-karya tersebut. Karena mungkin karya anda tersebut bisa menjadi sumber penghasilan utama anda.

Ilustrasi termasuk konten grafis yang dapat diatur sendiri dan di posting secara mandiri. Ilustrasi bisa berupa gambar pendek, gambar vektor, infografis dan lain sebagainya.

68. GIF

GIF adalah format gambar animasi, yang termasuk jenis konten multimedia yang biasanya menunjukan kepada audiens tentang tindakan singkat yang berulang-ulang.

Tujuan dari gambar GIF ini sebenarnya untuk bersenang-senang atau sekedar hiburan. Kalau anda sulit tentukan niche blog anda, coba buat konten GIF ini. Siapa tahu blog anda itu bakalan populer karena saat ini banyak orang yang cari gambar GIF.

69. Demonstrasi

Demonstrasi bukan dalam artian demo di jalanan ya. Melainkan demonstrasi yang bertujuan untuk menunjukan cara kerja suatu produk atau layanan kepada pengunjung blog.

Kalau anda tidak punya produk atau layanan apapun, anda bisa menggunakan milik orang lain. Misalnya, demonstrasi video game terbaru.

70. Transparansi

Sebut saja anda punya bisnis ternak lele. Dan mungkin anda ingin menunjukan bagaimana anda mengelola keuangan untuk mengembangkan bisnis lele tersebut.

Mulai dari modal yang dibutuhkan, omset harian dan bulanan, serta serapan biaya yang dibutuhkan untuk ngurusi lele-lele itu.

Inilah yang saya maksud dengan transparansi. Dan ini termasuk konten tekstual yang sangat populer di masyarakat. Bahkan terkadang dijadikan parameter bagi pelaku bisnis serupa.

Salah satu contoh perusahaan yang selalu menyajikan transparansi bisnis lewat blog adalah Microsoft. Karena perusahaan milik Bill Gates ini rajin membagikan laporan keuangan kepada publik.

71. Poster

Jenis konten ini juga cukup populer saat ini. Poster biasanya menunjukan informasi namun tidak bergantung pada aspek teks melainkan pada visualisasinya.

Kalau bingung ngangkat niche, anda bisa membuat konten poster ini untuk menunjukan tentang prospek atau informasi umum kepada audiens anda.

72. Meme

Selanjutnya adalah konten meme, yang termasuk konten grafis yang dibuat dengan tujuan untuk hiburan atau satir [sindiran].

Meme bisa berupa foto atau tangkapan layar dengan pesan lucu yang ditulis dibagian atas atau bawah foto.

Saat ini banyak orang yang suka melihat meme, dan jenis konten ini termasuk jenis konten yang paling banyak di share di Internet dan media sosial.

73. Komik dan kartun

Ini termasuk juga niche blog ilustrasi seperti yang sudah saya bahas diatas. Namun, proses penyampaiannya lebih kreatif, yang mungkin bisa bikin orang tertawa, sedih, ngambek, baper dan lain sebagainya.

Jika anda sulit memilih niche blog, coba angkat niche semacam ini, karena blog anda akan punya pengunjung setia.

74. Kompetisi

Berbeda dengan jenis konten seperti versus atau perbandingan seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Disini, anda bisa menyajikan konten mengenai kompetisi atau lomba yang sedang diadakan.

Jika anda bingung mengangkat niche blog, coba bahas tentang lomba-lomba blog. Meski tingkat kebasian artikelnya cenderung cepat, namun pengunjung organiknya sangat tinggi.

75. Majalah online

Majalah online termasuk jenis konten multimedia yang memungkinkan anda untuk membagikan informasi secara detail layaknya majalah konvensional.

Namun, anda harus fokus pada satu segmen saja, seperti misalnya lifestyle, teknologi, furnitur, dekorasi rumah dan kamar dan seterusnya.

76. Quiz

Quis termasuk jenis konten yang cukup menyenangkan dan termasuk konten dengan jumlah share yang cukup banyak di media sosial atau di internet.

Jika anda menggunakan WordPress, anda bisa pakai plugin untuk membuat kuis seru yang mungkin bisa memberi nilai tambah bagi blog anda.

77. Video music

Kalau anda suka dengar musik dan ingin membagikan video musik itu untuk di share dan dibagikan kepada orang lain dari blog, coba buat konten semacam ini.

Musik juga dapat menarik lebih banyak pemirsa dan orang untuk terus berkunjung. Salah satu situs dengan konten music video semacam ini adalah Reverbnation.

Tapi perhatikan soal hak cipta ya, apalagi jika anda video dan musik tersebut milik orang lain, dan anda tidak punya izin untuk mengunggahnya.

78. PSA (Public service announcement)

Dalam bahasa Indonesia Public service announcement dapat diartikan sebagai Iklan layanan Publik yang biasanya berisikan informasi dengan dampak yang luas kepada masyarakat.

Kalau anda bingung angkat niche blog, coba niche yang satu ini. Karena biasanya, konten-konten yang anda sajikan dapat mendidik publik.

79. Peta

Peta adalah jenis konten multimedia yang dapat di posting di blog. Agar lebih menarik, anda bisa menggunakan peta-peta peristiwa bersejarah berupa maps daring, foto, video dan juga audio.

Jenis konten semacam ini sangat berguna bagi orang lain, terutama bagi pelancong. Salah satu situs dengan niche semacam ini adalah Google Maps.

80. Forum

Kaskus, Quora dan Ads.id termasuk situs dengan niche forum. Forum semacam ini banyak berbicara tentang suatu topik yang sedang hangat atau tren.

Lewat forum, orang-orang bisa mendiskusikan lebih banyak topik atau untuk memperoleh jawaban atas suatu pertanyaan yang mereka tanyakan.

Kekurangan dari niche blog forum adalah lebih banyak mengharapkan keterlibatan pengguna dan persaingannya yang sangat tinggi.

81. Halaman Fans

Pernah gak anda berkunjung ke blog atau situs dari artis favorit anda? Atau mungkin, kalau anda fans sama seseorang, coba buat halaman fans semacam ini.

Di blog ini anda bisa memposting pernyataan, foto, cerita, video dan hal-hal yang dilakukan oleh artis yang bersangkutan. Jenis konten ini cukup menarik bagi orang lain, terlebih sesama fans.

82. Media online

Media online berbeda dengan majalah online. Postingan konten MO sangat padat dan bisa saja setiap jam ada postingan baru.

Hal ini karena tuntutan media online itu sendiri yang harus mengabarkan berita secepat mungkin, aktual sekaligus akurat.

Sementara, kalau majalah online postingannya sangat teratur. Misalnya, seminggu sekali atau mungkin setiap hari namun tidak terlalu padat.

Boleh saja anda angkat niche blog berita online, namun persaingannya sangat ketat. Hal ini karena ada banyak sekali media online dengan prospek sukses seperti yang anda impikan.

83. Hadiah

Siapa sih yang tidak suka barang gratis? Semua orang suka. Kalau anda bingung milih niche blog yang unik sekaligus mengajak orang untuk berinteraksi, coba buat blog dengan niche hadiah.

Tapi bukan hadiah dari anda sendiri, bisa bangkrut dong. Oleh karena itu, anda bisa mencari situs-situs yang memungkinkan pengunjung mendapat informasi berupa hadiah gratis, lalu buat postingan tentang cara mendapatkannya.

Hadiah juga terdiri dari banyak bentuk, bisa berupa barang, jasa, tools, eBook, website, blog, souvenir, cemilan dan lain sebagainya.

84. Halaman fitur

Halaman fitur lebih cenderung pada fitur produk tertentu. Biasanya, blog dengan niche semacam ini berusaha mempromosikan produk miliknya dengan fitur unik yang ada.

Kalau anda bingung ngangkat niche blog yang unik, coba buat halaman fitur ini. Anda bisa review aplikasi-aplikasi di Play Store lalu ulas fungsi fitur ini dan perbedaannya dengan aplikasi lain. Ini hanya contoh ya!

85. Pertunjukan harian

Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah anda membuat jenis konten multimedia secara teratur setiap hari. Konten tersebut bisa berupa gambar, dengan tujuan untuk mendapatkan respon dari audiens. Salah satu situs populer yang mengangkat topik pertunjukan adalah Askgaryvee Show.

86. Plugin

Ini adalah jenis konten blog digital, yang menawarkan alat untuk mengisi berbagai kekurangan template yang digunakan di WordPress.

Eh, bukan cuma WordPress, Blogger juga bisa dimasukkan Plugin, hanya cara penggunaannya saja yang dilakukan secara manual.

Atau, kalau anda tidak punya produk plugin ini, anda bisa kok mereview plugin-plugin yang ada, termasuk juga keuntungan menggunakannya.

87. Template

Nah kalau yang ini sudah tidak diragukan lagi popularitasnya. Kalau anda tahu cara buat template Blogger dan WordPress, coba buat blog lalu bagikan semua hasil karya anda kepada orang lain.

Jika anda mau karya-karya tersebut eksklusif, anda bisa kok memberikan tutorial untuk membuat template atau merubah bentuk template.

88. Alat gratis

Ini adalah niche blog yang memungkinkan pengguna atau pengunjung blog untuk berbagai alat gratis yang telah anda siapkan.

Pengunjung blog juga bisa memberi masukan, kritikan atau usulan terhadap alat tersebut. Sementara, jika alat tersebut sudah cukup bagus, maka ia dapat digunakan dengan bebas oleh siapa saja.

Kalau memungkinkan, anda juga bisa memberikan alat itu kepada orang lain untuk digunakan secara gratis. Salah satu contoh tools gratis ini adalah CheckMoz.

89. Ekstensi perambanan

Pernah dengan ekstensi belum? Ini biasanya alat yang dapat ditempel di browser, seperti Google Chrome dan Mozila Firefox.

Ekstensi peramban termasuk jenis konten yang memungkinkan anda untuk memperluas jaringan bisnis yang sedang dikembangkan dengan cara yang berbeda.

90. Kode QR

Pernah gak anda lihat kode QR yang di koran, ditempat umum atau dimana saja? Saya yakin pernah meski hanya sekali.

Saat ini, hampir sebagian besar bisnis sudah merambah ke penggunaan kode QR mulai dari jasa keuangan, bisnis ritel, dan lain sebagainya.

Jika anda punya kemampuan untuk membuat kode QR yang unik, maka anda bisa bagikan kemampuan tersebut di blog. Kalau perlu, anda bisa siapkan tools untuk membuat kode QR dengan gratis.

91. Sumber daya gratis

Jika anda membuat blog dengan niche sumber daya gratis, berarti anda mengumpulkan berbagai barang, aplikasi, tools dan lain sebagainya secara gratis.

Gratis disini berarti para pengunjung blog anda bisa mengunduh atau menggunakannya secara gratis alias tanpa biaya.

92. Ruang obrolan

Kalau anda punya kemampuan coding yang bagus, anda bisa membuat blog yang khusus membahas tentang chatting.

Atau mungkin anda bisa buat tools chattingan online, yang bisa digunakan dengan gratis dan bebas oleh orang lain.

Ruang obrolan semacam ini sangat penting bagi sebuah bisnis, karena mereka bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan secara realtime.

93. Aplikasi Seluler

Saat ini, sebagian besar pengguna internet lebih banyak menggunakan smartphone atau ponsel dibanding komputer atau desktop.

Salah satu alasannya karena fleksibilitas dan juga, sebagian besar yang ada di laptop sudah ada di smartphone.

Karena itu, anda bisa gunakan kesempatan ini untuk mengangkat topik aplikasi seluler di blog, baik untuk segi pembahasan, layanan pembuatan aplikasi chat dan lain sebagainya.

Agar lebih populer, mungkin anda bisa buat aplikasi chat yang bisa digunakan dengan gratis oleh semua orang asalkan mereka terhubung ke internet.

94. Hitung mundur

Pada piala dunia lalu, saya sering melihat blog-blog yang memasang waktu hitung mundur pembukaan perhelatan Piala Dunia.

Bukan hanya event olahraga semacam itu, tetapi juga saat tahun Baru, Natal, Ramadhan, atau mungkin hari-hari besar lainnya.

Kalau anda bingung pilih niche blog yang mau diangkat di blog, coba buat konten hitung mundur semacam ini.

Seperti hitung mundur peluncuran produk A, hitung mundur piala AFC, acara keluarga dan lain sebagainya.

Saat ini juga banyak blog yang sudah di dedikasikan untuk menghitung mundur suatu peristiwa di masa depan, bahkan 1 tahun sebelumnya.

95. Tombol jaringan sosial

Jangan kira tombol jaringan sosial itu tidak berguna untuk blog. Dan anda bisa mengangkat niche blog seperti ini untuk membantu pemilik blog lain agar bisa menempatkan widget share di tempat-tempat strategis yang ada di blog dengan mudah.

Ini juga berfungsi untuk membantu pengunjung agar bisa menshare postingan tersebut dengan instan, mudah dan tanpa pengalihan apa-apa.

96. Kalkulator

Seiring dengan peralihan kalkulator yang kini jadi aplikasi default Laptop atau Smartphone, tetapi anda juga bisa mengangkat niche blog kalkulator.

Misalnya, kalkulator online untuk menghitung persamaan segitiga sama kaki, atau kalkulator untuk menghitung prinsip dasar teorema Phytagoras dan lain sebagainya.

Niche blog ini sangat dibutuhkan oleh orang lain, misalnya untuk menghitung tugas-tugas sekolah, pengeluaran dan pemasukan bisnis dan lain sebagainya.

97. Konverter

Selanjutnya adalah niche blog konverter, yang memungkinkan pengunjung untuk mengkonversi mata uang atau unit berbeda lain seperti meter, pound, inci, ounce dan lain sebagainya.

Fungsi konverter ini sangat penting, karena sistem perhitungan yang ada di seluruh dunia tidaklah sama. Salah satu contoh kecilnya adalah nominal mata uang. Dan disinlah peran konten konverter itu bisa benar-benar berguna untuk orang lain.

98. Konten buatan pengguna

Ini sama gak dengan guest post, gak? Sama, tapi gak terlalu mirip. Konten buatan pengguna adalah konten yang di posting dan disajikan pengguna di blog ada atas persetujuan anda.

Yang berarti, anda bisa mengatur atau menghapus konten yang tidak sesuai dengan selera anda. Pengguna yang membuat konten biasanya akan dibayar atas karyanya tersebut. Salah satu contohnya adalah UCNews, Owlacation dan lain sebagainya.

99. Kolaborasi

Maksudnya gimana ya? Maksudnya setiap konten yang anda buat itu adalah konten hasil kerja sama antara anda dan blogger lain.

Cara ini adalah cara yang sangat ampuh untuk mempromosikan blog, serta bisa saling membantu antara sesama penulis.

100. Kampanye email

Niche blog yang ke 100 adalah adalah kampanye eMail. eMail sendiri termasuk salah satu strategi internet marketing yang cukup mujarab.

Disisi lain kampanye email juga berfungsi untuk mendatangkan pengunjung blog yang organik, spesial dan loyal.

101. Halaman arahan

Sebenarnya, halaman arahan masih terkait dengan konten ke-100 diatas namun lebih diperluas pada daftar email yang dikumpulkan baik lewat subscriber ataupun bukan.

Biasanya juga, halaman arahan akan memberikan solusi atas sesuatu kepada pengunjung, dan sebagai gantinya, mereka wajib memasukkan alamat email tersebut.

102. Situs-situs promosi

Ada banyak sekali situs promosi. Situs promosi juga sangat mudah dikenali, dimana setiap artikel di dalam postingan mereka berisikan layanan atau produk tertentu yang unik.

Produk itu bisa produk anda sendiri, produk perusahaan dan lain sebagainya. Biasanya juga, pemilik blog dengan niche semacam ini akan mendapatkan bayaran karena promosi yang dilakukan.

103. Laporan pendapatan

Beberapa pemilik bisnis atau perusahaan sering membagikan laporan laba rugi yang mereka terima dalam kwartal waktu tertentu.

Laporan keuangan juga bisa menunjukan transparansi lembaga sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan klien atau calon pelanggan.

Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan yang sering membuat konten tentang laporan pendapatan mereka di blog seperti BNI, Astra International dan lain sebagainya.

104. Penghargaan

Banyak blogger yang suka kompetisi. Karena itu, terkadang mereka akan berlomba-lomba untuk memenangkan penghargaan terbaik atas sesuatu.

Atau, pada segmen pembahasan ini, anda bisa membuat daftar penghargaan dari tokoh-tokoh dunia atau nasional, atau orang-orang berpengaruh lainnya.

105. Game online

Kalau anda punya skill untuk bermain game di Browser atau gadget, anda bisa membuat jenis konten yang satu ini, apalagi jika anda masih gundah gulana pilih niche blog.

Selain untuk konten teks, anda juga bisa membuat konten video dengan topik yang sama. Karena saat ini niche blog sudah cukup populer di Youtube.

106. Majalah offline

Terakhir adalah majalah offline. Berbeda dengan niche blog media online atau majalah online yang wajib di akses saat ada koneksi internet.

Biasanya majalah offline itu dibuat menggunakan PDF atau alat khusus lain yang dapat di unduh atau di pindai oleh orang lain untuk dibaca dengan gratis.

Penutup

Memilih niche blog yang cocok itu gak gampang. Setiap blogger harus punya parameter tersendiri untuk menentukan apakah suatu niche blog itu cocok atau tidak.

Parameter paling utama dan paling penting adalah menilai bakat yang dimiliki. Jadi, meskipun anda sudah membaca daftar niche diatas, kalau anda tidak tahu apa minat yang ada dalam diri, maka sudah pasti akan tetap kesulitan menentukan niche blog.

Nah demikian artikel tentang 100+ jenis niche blog potensial yang dapat dipilih. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

2 Comments

  1. Admin, Coba cek pada niche ke 102 dengan judul Situs-situs promosi. Di keterangan terdapat tulisan “situs porno misalnya”. Mungkin ada kesalahan tulis atau memang disengaja. Maaf, kesalahan tulis memang sering terjadi. Saya juga sering salah nulis. Jika tulisan “porno” di atas tidak disengaja mungkin bisa Admin perbaiki. Atau mungkin saya yang belum paham dengan maksud tulisan tersebut. Terimakasih. Postingan ini sangat menarik untuk dibaca. saya baca dari awal sampai akhirnya berkomentar hehe.

    1. Oh iya gan. Murni salah tulis… hehe
      Terima kasih sudah beri masukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *