Daftar Niche Blog Terpopuler Tahun 2020

2 Likes Comment
niche blog terpopuler

Perubahan perilaku pengguna dalam membaca konten di internet telah mengalami perubahan. Hal itu berlaku juga mengenai niche blog. Dan ada bebrapa niche blog terpopuler tahun 2020 ini.

Memilih niche yang cocok untuk blog adalah sebuah keharusan. Oleh karena itu, anda harus memastikan apakah niche yang anda angkat itu cukup popular saat ini.

Ada beberapa niche yang popular dalam jangka waktu singkat. Misalnya, dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari. Niche seperti ini kebanyakan adalah niche berita.

Sehingga tidak heran, banyak blog yang mengangkat tema tentang berita atau news juga melibatkan berbagai artikel yang relevan dibaca untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Dengan kata lain, mereka berusaha menjaga agar blog tersebut tetap sesuui dengan kebutuhan informasi orang banyak baik dalam jangka waktu singkat ataupun dalam jangka waktu lama.

Jika anda blogger pemula alias membuat blog yang dikelola oleh diri anda sendiri, ada baiknya anda memastikan anda mengangkat niche yang tepat.

Sebaik mungkin juga agar pilihan niche tersebut adalah hal yang spesifik. Misalnya, anda boleh mengambil niche kesehatan tapi baiknya anda fokus pada satu subniche saja.

Pilihlah satu subtopik dalam kesehatan misalnya, penyakit-penyakit langka atau makanan-makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Ini membuat topik blog yang anda angkat makin spesifik. Semakin spesifik suatu topik semakin bagus peluang anda agar bisa menjangkau pembaca di internet.

7 Niche Blog Terpopuler Tahun 2020

Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang daftar niche blog terpopuler tahun 2020 ini. Bebrapa niche yang disebutkan dibawah ini sangat spesifik sehingga bisa anda jadikan referensi untuk memilih niche blog yang cocok untuk anda.

Anda juga boleh mengangkat satu niche dengan pembahasan yang cukup luas, namun baiknya anda punya kemampuan atau visitasi pada niche tersebut.

Semua niche yang ditampilkan dibawah ini telah melalui beberapa penelitian sederhana oleh saya sendiri mulai dari nilai klik, jumlah kunjungan per topik serta popularitas.

Ada beberapa niche dengan topik yang sangat umum sehingga persaingannya sudah sangat tinggi dan meskipun memenuhi kriteria yang sudah disebutkan diatas namun tidak masuk dalam daftar ini karena beberapa alasan.

Nah berikut disajkan daftar niche blog terpopuler tahun 2020. Niche apa saja itu? Berikut daftarnya :

1. Cryptocurrency

Pembayaran menggunakan mata uang virtual memang belum masuk dalam pembayaran yang lazim digunakan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pembayaran ini akan dilegalkan di kemudian hari.

Per tahun ini, baru bebrapa negara yang mengadopsi sistem pembayaran demikian sebagai sistem yang sah salah satunya adalah Singapura.

Selain itu, banyak masyarakat kini yang beralih menjadi seorang penambang [istilah yang ditujukan untuk pencari mata uang crypto] hanya bermodalkan laptop dan jaringan internet.

Dan, kabar baiknya, banyak dari penambang tersebut jarang menulis kembali pengalaman mereka selama mencari uang dengan cara yang satu ini.

Baca Juga : Tips Membangun Photoblog Yang Sukses

Oleh karena itu, jika anda seorang blogger, anda bisa mengangkat niche tentang ini. Apalagi, jika anda sudah punya pengalaman mencari dan melakukan transaksi dengan mata uang crypto.

Peluang jika anda mengangkat niche yang satu ini sangat terbuka lebar, alasannya sederhana sebab dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, kebutuhan informasi akan mata uang crypto ini akan meningkat drastis.

Dan disinilah letak peluangnya. Apalagi jika anda sudah mengangkat niche tersebut dari sekarang maka peluang blog anda dikunjungi dari waktu ke waktu terbuka dengan lebar.

2. Virus dan bakteri

Ini merupakan subniche dari kesehatan. Banyak blog-blog bertemakan tentang kesehatan kurang memperhatikan topik-topik spesifik semacam ini.

Mereka lebih cenderung mengurusi masalah kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup seperti nafas bau, mata merah hingga batuk atau bersin.

Padahal, kalau menulis dengan cara pandang yang berbeda peluang kunjungannya pun cukup besar. Semua masalah diatas disebabkan oleh virus dan bakteri dan manusia pada dasarnya membutuhkan informasi yang sifatnya baru.

Mengapa? Coba anda berpikir begini. Kebutuhan informasi yang massif saat ini telah membawa manusia pada satu titik intelektualitas yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Baca Juga : 10 Niche Blog Paling Populer Sepanjang Masa

Dalam artian, manusia membutuhkan suatu informasi yang lebih spesifik, detail dan langsung to the point. Dengan kata lain, jika anda mengangkat niche tentang kesehatan maka sudah tentu anda akan berhubungan dengan organisasi atau website kesehatan yang sudah matang.

Sementara, topik yang disajikan hanya itu-itu saja dengan kemiripan judul yang tidak signifikan. Sebagai contoh, jika artikenya tentang nafas bau maka sebagian besar judulnya bias begini: Penyebab dan Cara mengatasi Nafas bau.

Coba anda ganti cara pandanganya dengan mengganti judul artikel dan topiknya. Misalnya, jika membuat artikel tentang nafas bau maka dengan subtopik yang anda angkat judulnya akan berubah menjadi: Ternyata virus A adalah penyebab nafas bau, Begini Solusinya.

Kira-kira begitu. Jadi semua tergantung anda sendiri. Bagaimana anda mengasah kreativitas anda dalam memilih sub topik yang spesifik dengan peluang klik tinggi.

3. Artificial Intelegence

Topik yang satu ini adalah subtopik dari teknologi. Artificial intelegence menekankan pada pemanfaatan kecerdasan artifisial untuk membantu manusia.

Di era revolusi industry 4.0 ini, sebagian besar pabrik, industri, layanan jasa dan lain sebagainya sudah mulai merambah dunia artificial intelegence ini.

Baca Juga : 100+ Niche Blog Yang Bisa Anda Pilih Untuk Blogging

Alasannya sederhana karena dianggap lebih efisien. Jadi, pabrik-pabrik sudah lebih menekankan pada tenaga mesin, tidak perlu lagi kantor untuk bias rapat dan menjalankan perusahaan dan seterusnya.

Dan, jika anda blogger anda bias mengangkat niche tentang ini. Jika anda tidak ahli pada subtopic ini anda bisa mengangkat fenomena sosial akibat hadirnya dari AI dalam masyarakat.

Lebih kerennya lagi, topik ini sangat spesifik namun harus berorientasi pada pemanfaatan informasi yang lebih terbuka dan lebih familiar.

4. Asuransi

Asuransi adalah salah satu topik yang cukup popular di masyarakat. Namun, kebanyakan blogger yang mengangkat topik ini terobsesi dari Biaya Per Klik [BPK] yang tinggi.

Saya pernah mengamati blog-blog yang mengangkat niche tentang ini namun tidak terlalu mendalam pembahasannya dan kebanyakan hanya untuk tujuan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Memang sih asuransi masuk dalam topik dengan nilai BPK tinggi, sama seperti mesothelmia dan juga kesehatan. Tapi ingat, referensi yang mereka gunakan dalam menulis adalah blog-blog luar.

Baca Juga : Mengapa Banyak Blogger Yang Mengangkat Niche Tentang Blogging?

Dengan kata lain, belum tentu berlaku di Indonesia. Tapi, bukan berarti peluangnya di Indonesia tidak terbuka lebar.

Anda bisa kok mengangkat niche tentang asuransi karena termasuk niche yang ‘basah’. Dan peluangnya pun terbuka lebar di masa mendatang.

Peluang niche ini sangat besar sebab kebanyakan masyarakat Indonesia belum menganggap penting adanya asuransi dan banyak yang menganggap asuransi adalah salah satu cara untuk menipu banyak orang.

Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Dengan pilihan asuransi yang tepat, anda bias memberikan jaminan terhadap orang tua, anak, istri, mobil dan motor anda dari kecelakaan dan lain sebagainya.

Jika anda membahas tentang ini, ada beberapa subtopik yang dapat anda pilih seperti Asuransi jiwa, kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Anda bisa mulai membuat topik dengan manfaat mengikuti asuransi, daftar asuransi lalu masuk ke topik yang paling spesifik seperti biaya premi, aturan-aturan serta cara klaim.

5. Luar Angkasa

Topik ini masuk menjadi subniche dari astronomi. Karena pembahasan mengenai astronomi cukup luas maka anda baiknya anda mengangkat niche yang lebih spesifik.

Memang ini bukan termasuk niche blog terpopuler meski tidak masuk dalam niche dengan Biaya per Klik tinggi tapi peluang dibaca sangat besar.

Jika ditanya alasannya, maka harus kembali soal kebutuhan informasi masyarakat saat ini. Mengapa? Sebab masyarakat perlu tahu tentang apa yang ada di luar sana, terlebih masyarakat Indonesia yang masih belum teredukasi.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Secara Online Hingga Puluhan Juta Rupiah

Saya pernah mengunjungi sebuah blog tentang luar angkasa tetapi sudah saya lupa namanya. Penyajiannya sangat keren, serta ia menyiapkan dua jenis informasi yakni untuk orang dewasa dan anak-anak.

Dan anda bisa melakukan hal serupa dengan menyajikan informasi-informasi terbaru tentang luar angkasa, benda-benda eksoplanet dan lain sebagainya.

Topik pembahasan anda pun tidak akan pernah lekang oleh waktu dan setiap hari ada saja informasi baru yang disajikan terlepas dari keyword yang ditargetkan.

6. Penerbangan

Nah ini juga termasuk dalam niche blog yang paling populer di tahun 2020 ini. Selain itu, banyak blogger yang belum mengangkat niche yang satu ini.

Dan anda bisa mengangkat niche yang satu ini sebab topik yang bakalan anda bahas sangat luas. Mulai dari sejarah, peluang kerja, bagaimana pesawat bisa terbang dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, anda harus bisa menyajikan informasi teknis yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Jangan anggap remeh soal ini, sebab peluang kunjungannya pun cukup besar sementara persaingannya masih rendah.

Tapi, untuk bisa mengangkat niche tentang penerbangan ada baiknya anda paham menganai seluk beluk penerbangan, akrab dengan istilah-istilah teknis lain serta minimal punya pengalaman di bidang itu.

7. Pelayaran

Sama seperti penerbangan, ini termasuk dalam niche transportasi. Dan anda juga bisa mengangkat niche yang satu ini sebab peluangnya dibaca terbuka lebar.

Meskipun saat ini banyak masyarakat cenderung lebih memilih transportasi pesawat namun jangan salah kira kalau transportasi lewat kapal tidak di minati.

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Blogger Yang Bakalan Sukses

Tetapi kembali lagi ke soal keahlian. Karena memang termasuk dalam niche yang spesifik sehingga ada baiknya anda punya pengalaman dibidang ini.

Jika tidak, mungkin anda akan kesulitan membuat artikel karena pengalaman dan pengetahuan anda yang minim mengenai pelayaran.

Yang terakhir, minimal juga anda harus punya pengalaman naik Kapal entah itu kapal dari PT. Pelayaran Nasional Indonesia [Pelni] atau kapal lain.

Penutup

Memilih niche yang cocok untuk blog adalah salah satu langkah penting untuk mengukur kesuksesan blog di masa mendatang.

Selain itu, dengan niche yang cocok blog anda akan dianggap unik dan bakal menjadi referensi bagi blogger lain untuk mengangkat niche serupa.

Nah demikian artikel-artikel tentang Niche terpopuler tahun 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *