10 Negara Paling Kuat Di Dunia Tahun 2020

7 Likes Comment
Negara Paling Kuat Di Dunia

Menurut anda, siapa negara paling kuat di dunia pada tahun 2020 ini? Mungkin anda punya jawaban yang berbeda. Begitu juga dengan yang akan di ulas dibawah ini.

Selain kuat, daftar negara-negara di dunia ini didukung oleh kondisi ekonomi yang matang, sekutu yang siap mendukung serta alat-alat militer yang canggih.

Perlu anda ketahui juga, daftar dibawah ini hanyalah analisis yang dilakukan oleh salah satu media pemeringkat US News & World Report.

Disamping itu juga, daftar dibawah ini mungkin masih akan bertahan hingga empat atau lima tahun kedepan seiring dengan perkembangan kemampuan militer beberapa wilayah di Asia dan Amerika Latin.

10 Negara Paling Kuat Di Dunia Tahun 2020

Lalu negara mana saja yang memperoleh predikat sebagai negara terkuat di dunia tahun ini? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan 10 negara paling kuat di dunia tahun 2020.

10. Uni Emirat Arab

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Uni Emirat Arab merupakan federasi dari tujuh Emirat, yang masing-masing diperintah oleh monarki absolut. Tujuh negara Federasi ini adalah Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, Umm al-Quain.

Dari tujuh emirat tersebut, Abu Dhabi dan Dubai adalah dua federasi yang paling terkenal dan juga menjadi tempat wisata paling populer di dunia.

Fakta yang mungkin tidak diketahui bahwa negara tersebut ternyata lebih liberal dan terbuka dibanding dengan negara-negara Arab lainnya sehingga membuat negara ini lebih menarik untuk di kunjungi.

UEA juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia, sebagian besar kekayaannya itu diperoleh dari cadangan minyak dan gas alamnya yang melimpah.

Sebagai anggota PBB dan anggota pendiri Dewan Kerjasama Teluk, UEA memiliki pengaruh ekonomi yang sangat kuat dan memiliki aliansi internasional yang kokoh.

Baca Juga : 10 Negara Paling Tidak Aman Bagi Wanita

Meski begitu, UEA sendiri tidak tidak dilengkapi dengan personel dan alutsista yang mapan, walaupun angkatan bersenjatanya mengalami peningkatan yang signifikan beberapa tahun terakhir.

Tetapi perlu dicatat disini, bahwa angkatan bersenjata UEA, atau sayap utama dari angkatan bersenjata tujuh negara Emirat, dilengkapi dengan sistem senjata modern yang dibeli dari negara-negara superpower.

9. Arab Saudi

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Arab Saudi adalah salah satu negara Arab terbesar dan paling kuat saat ini. Negara ini juga dianggap sebagai negara Arab yang pro-Barat karena hubungannya yang kuat dengan negara-negara seperti AS dan Inggris.

Negara ini juga cukup terbuka bagi pekerja asing, yang banyak bekerja di perusahan-perusahan swasta dan institusi yang terdapat di negara tersebut.

Arab Saudi juga memiliki pengaruh Politik yang kuat di semenanjung Arab dan bersekutu dengan negara-negara Arab lainnya seperti Pakistan, yang dianggap oleh banyak pengamat politik sebagai sekutu terdekat Arab Saudi.

Dibandingkan dengan UEA, Arab Saudi jauh lebih konservatif, meskipun pemerintah baru-baru ini membuat beberapa perubahan Signifikan untuk membuat negara itu lebih liberal.

Sebagai contoh, pada September 2018 lalu, Arab Saudi mengumumkan pemberian izin kepada perempuan untuk mengemudi.

Baca Juga : 25 Negara Dengan Tingkat Konsumsi Alkohol Tertinggi Di Dunia

Arab Saudi juga dikenal boros dalam hal belanja untuk keperluan militer. Hal ini menyebabkan negara ini menjadi salah satu importir senjata terbesar di dunia, dimana Inggris menjadi pemasok utama. Negara pemasok lainnya termasuk AS dan Kanada.

Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, bahkan sampai menerima kritikan karena menjual terlalu banyak peralatan militer pada Arab Saudi.

Alasannya karena, Trudeau selama ini dikenal sebagai salah satu Perdana Menteri di dunia yang paling senter menyuarakan isu Hak Asasi Manusia, tetapi menjual peralatan militer yang cukup banyak.

8. Israel

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Sampai saat ini, Israel adalah salah satu negara di Timur Tengah yang dikenal sangat kuat. Israel juga didukung dengan kekuatan ekonomi yang besar dan memiliki standar hidup yang tinggi.

Seperti Jepang, Israel termasuk salah satu negara yang memiliki penduduk paling terdidik di dunia, dan telah memainkan peran penting untuk menjadikan negara ini sebagai salah satu negara penghasil teknologi mutakhir modern.

Baca Juga : 18 Mesjid Paling Menakjubkan di Dunia

Dalam hal hubungan luar negeri, Israel tidak memiliki hubungan yang pasti. Di satu sisi, ia bersekutu dengan negara-negara kuat seperti AS dan Rusia, disisi lain ia memiliki hubungan yang menegangkan dengan negara-negara di Timur Tengah lainnya.

Selain itu, program nuklir sedang dibangun di Israel semakin memperburuk keadaan, meskipun banyak tekanan yang datang untuk meminta Israel agar segera menghentikan program tersebut.

Di catatan lain, Israel juga menjadi salah satu negara dengan personel militer terkuat di dunia. Meskipun tidak terlalu besar, dibandingkan dengan angkatan bersenjata AS dan Tiongkok.

Namun pasukan pertahanan Israel sangat terlatih dan mampu menetralkan berbagai macam ancaman, baik domestik maupun internasional. Plus, Israel juga memiliki agen intelejen terbaik di dunia yakni Mossad.

7. Jepang

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak berpengaruh di dunia, terutama soal teknologi otomotif.

Negara yang terletak di timur Asia ini telah lama dianggap sebagai jantung dari inovasi teknologi dan bisa dibilang jauh lebih maju secara teknologi dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Warga Jepang juga sangat terampil dan memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi seperti Israel.

Selain itu juga, Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan ekonomi global terbesar ketiga, setelah AS dan Cina.

Negara ini juga menjadi salah satu negara terbesar dalam hal importir produk, dimana sebagian besar dari produk yang diimpor tersebut berupa produk teknologi.

Sebagai anggota PBB, Jepang juga memiliki hubungan yang kuat dengan negara-negara lain di Belahan dunia, meskipun ia memiliki masalah dengan negara tetangganya yakni Cina dan Korea Utara.

Baca Juga : 10 Profesi Paling Di Sukai Psikopat

Soal kekuatan militer, Jepang memang dikenal tidak memiliki angkatan bersenjata yang kuat termasuk dalam hal jumlah personel militer.

Meski demikian, Jepang adalah salah satu negara dengan jumlah belanja militer paling besar dan memiliki banyak sistem persenjataan modern.

Pengarahan tentara Jepang sebagian besar dipusatkan untuk pertahanan diri dan untuk memelihara perdamaian.

Karena itulah, negeri matahari terbit ini memiliki slogan yang kemudian membuka mata dunia, bahwasanya ‘anda tidak perlu memiliki militer yang besar agar dianggap sebagai negara yang kuat’.

6. Prancis

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Tidak hanya dikenal sebagai negara yang paling kuat di dunia, tetapi juga dikenal sebagai 1 dari 10 negara dengan persenjataan Nuklir paling kuat, dengan jumlah hulu ledak mencapai 300.

Ini adalah salah satu negara dengan senjata nuklir aktif yang siap digunakan kapan saja, dan merupakan salah satu negara dengan militer paling cakap di dunia.

Baca Juga : 10 Bencana Alam Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi

Negara yang terletak di Eropa Barat, tepat berada dibagian bawah Inggris juga menjadi salah satu pelaku ekonomi terbesar di dunia, setelah AS, Cina dan Jepang.

Sebagai Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB, Prancis memiliki aliansi internasional yang sangat kuat dan secara teratur terlibat dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan keamanan dunia. Prancis juga dianggap sebagai role-model dalam industri mode dunia.

Kontribusi prancis dalam dunia mode tidak di rangukan lagi. Mengapa? Sebab industri mode terbesar dunia seperti Chanel, Givenchy dan Yves Saint-Laurent berada di Prancis. Pengaruh budaya Prancis dalam hal mode juga dapat di ukur dengan akurat hingga saat ini.

5. Jerman

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Sudah sejak lama Jerman memperoleh predikat sebagai negara paling kuat di dunia. Setiap kali negara ini di rusak oleh Perang dan konflik internal di masa lalu, ekonomi Jerman selalu pulih dengan baik.

Ekonomi Jerman selalu konsisten menduduki peringkat 10 besar, berkat penduduknya yang terampil dan rata-rata berpendidikan tinggi.

Negara yang terletak di Eropa Tengah ini adalah salah satu negara dengan standar hidup yang tinggi.

Selain itu, negara ini juga menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia, dibawah Jepang dan AS serta memiliki pengaruh ekonomi global yang kuat. Selain pengaruh ekonomi, pengaruh politik dan hubungan internasional Jerman juga kuat.

Baca Juga : 10 Manfaat Memperkenalkan Teknologi Pada Anak

Sebagai Anggota PBB dan organisasi Perjanjian Atlantik Utara, Jerman banyak terlibat untuk mengatasi masalah-masalah keamanan global.

Jerman juga dikenal sebagai negara yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya serta memiliki beberapa kota paling indah di dunia.

Selain itu juga, pemerintahan Jerman juga cukup kuat diikuti dengan kekuatan militer yang besar. Karena sebagian besar pemerintah Jerman diisi oleh para pemimpin yang berpengalaman dalam semua tata cara urusan politik dan ekonomi.

4. Kerajaan Inggris

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Anggota tetap lain Dewan keamanan PBB, Kerajaan Inggris, yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, membuat kerajaan Inggris menjadi salah satu negara paling kuat di dunia.

Meski saat ini negara ini dihantui oleh ketidakpastian ekonomi karena Brexit, Inggris masih tetap menjadi salah satu negara yang paling kuat di dunia.

Seperti juga Prancis, Inggris adalah salah satu negara dengan sistem persenjataan Nuklir resmi dan merupakan anggota organisasi perjanjian Atlantik Utara.

Ia memiliki salah satu angkatan laut terbaik di dunia serta memiliki agen intelejen paling cakap yang pernah dikenal dunia, yakni Secret Intelligence Service, atau yang dikenal dengan nama M16.

Baca Juga : 10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Inggris juga memiliki pengaruh politik dan ekonomi yang kuat secara global dan telah lama menjadi trendsetter di berbagai bidang seperti teknologi, mode, budaya, seni dan juga ilmu pengetahuan.

Warga inggris juga sudah lama dikenal sebagai masyarakat dengan standar hidup yang tinggi, serta mampu menghasilkan beberapa dokter paling berprestasi dalam sejarah umat manusia. Itulah sebabnya, Inggris masuk dalam daftar 10 negara dengan dokter terbaik di dunia.

3. Cina

negara paling kuat di dunia
via improb.com

Selain dikenal sebagai negara terpadat di Dunia, Cina juga menjadi salah satu negara paling kuat di dunia dengan pengaruh ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS.

Saat ini, Cina telah menjadi negara yang sangat berkembang pesat dalam tiga dekade terakhir, dan akan sangat mungkin Cina bisa menyelip AS dalam waktu dekat ini.

Negara yang terletak di benua Asia ini juga merupakan pemimpin dunia dalam hal ekspor barang, karena sebagian besar produk yang anda lihat tiap hari adalah produk berlabel ‘Made In China’.

Sebagai anggota PBB, Cina memiliki pengaruh politik yang kuat, meskipun banyak kritikan yang diberikan kepada para pemerintah Cina karena menerapkan metode yang disebut terlalu agresif terutama saat pelatihan militer bagi para anggotanya.

Baca Juga : 10 Tim Dengan Sponsor Jersey Paling Mahal Di Dunia

Selain itu, Cina juga memiliki personel militer terbesar di dunia, dimana terdapat ratusan kapal angkatan Laut dan pesawat terbang dan lebih dari 200.000 personel aktif. Cina juga memiliki senjata nuklir dan merupakan negara dengan anggara militer terbesar di dunia.

Negara ini juga memiliki aliansi yang kuat dengan negara-negara kuat lain seperti Rusia dan Korea Utara, meskipun negara tersebut memiliki hubungan yang cukup menegangkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, karena konflik Laut Cina Selatan.

2. Rusia

negara paling kuat di dunia
via improb.com

Berdasarkan wilayah, Rusia adalah negara terbesar di dunia, yang meliputi Asia Utara dan Eropa Timur.

Selain itu, Rusia juga mempunyai kekuatan ekonomi yang besar, ditopang oleh sumber daya alam yang melimpah dan juga menjadi pemimpin dunia adalah hal cadangan minyak dan gas alam.

Sebagai anggota tetap Dewan keamanan PBB, Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer paling kuat di dunia.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Negara ini juga memiliki persediaan senjata nuklir terbesar di dunia, dimana mencapai 7.000 hulu ledak yang siap digunakan.

Namun, pemerintah Rusia akhir-akhir ini mendapat banyak tekanan Internasional karena peran mereka dalam konflik Ukraina.

Dengan pengaruh politik yang sangat kuat, bahkan setara dengan AS, Rusia juga memiliki hubungan yang cukup erat dengan negara-negara kuat lainnya, seperti Cina.

Dibawah kepemimpinan Vladamir Putin, Rusia juga memiliki pemerintahan yang sangat kuat, kompoten meski dinilai cukup kontraversial.

1. Amerika Serikat

10 Negara Paling Kuat Di Dunia
via improb.com

Hingga saat ini, Amerika Serikat dikenal sebagai negara superpower di segala bidang. Negara ini juga memiliki pengaruh ekonomi yang paling besar di dunia.

Dimana sebagian besar pengaruh datang dari industri hiburan dan media. Untuk hal itu saja, Amerika Serikat sudah mampu menghasilkan pendapatan sekitar $2,5 triliun setiap tahun.

Dalam hal pengaruh Politik, AS juga memiliki pengaruh yang amat kuat. Sebagai anggota pendiri PBB, AS memainkan peranan besar pada semua masalah-masalah internasional, terutama yang menyangkut keamanan global.

Baca Juga : 15 Lagu Yang Bisa Membuat Seseorang Bangun Dari Koma

AS juga memiliki personel militer paling kuat di dunia, dilengkapi dengan sistem persenjataan modern dan canggih serta memiliki ribuan hulu ledak nuklir.

Selain itu, AS juga tidak malu menunjukan kekuatan militernya kepada dunia, hal inilah yang menyebabkan banyak negara menuduh AS sebagai negara yang terlalu banyak ikut campur dalam urusan politik negara lain.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 10 negara paling kuat di dunia saat ini. Perlu anda ketahui juga, bahwa data ini mungkin akan tetap bertahan hingga tahun 2021 nanti.

Satu dari lima negara terbawa mungkin akan ditempati oleh negara-negara lain, tetapi lima negara teratas kemungkinan akan tetap pada posisinya. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *