5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

3 Likes Comment
Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia – Beberapa tahun kemudian negara-negara di dunia akan dipimpin oleh anak-anak muda. Pikiran dan tindakan mereka akan dibentuk oleh apa yang mereka ketahui dan alami.

Hal ini menjadikan sistem pendidikan, merupakan salah satu penentu karakter anak-anak muda ini. Dari laporan dari US News & Reports, ada 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik tahun 2019. Peringkat ini diberikan berdasarkan hasil survey global berbasis persepsi.

Dan menggunakan kompilasi skor dari tiga atribut pendidikan yang dimasukkan dalam sistem pendidikan negara yang bersangkutan yakni sistem pendidikan publik, universitas dan juga fasilitas penunjang.

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik pada tahun 2019. Negara apa saja itu? Ini dia daftarnya.

5. Prancis

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Pada Tahun 2019
via usnews.com

Prancis sudah lama menjadi salah satu tujuan belajar warga dari seluruh dunia. Pendidikan Prancis diadopsi berdasarkan kurikulum Nasional dan wajib diselesaikan oleh warga negara dari usia 6 hinga 16 tahun. Sebagian besar siswa di Prancis ikut program prasekolah.

Baca Juga : 5 Ilmuwan Arab Yang Meninggal Misterius

Filsafat memainkan peranan penting dari sistem pendidikan disana. Hal ini tidak mengherankan karena nama-nama besar seperti Voltaire dan Descartes berasal dari Prancis.

Setiap tahun, siswa SMA di Prancis yang sudah lulus akan mengambil Caccalaureat, sebuah kualifikasi akademik yang diperlukan yang menjadi prasyarat untuk sebelum masuk ke Perguruan Tinggi.

4. Jerman

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Pada Tahun 2019
via usnews.com

Konsep pendidikan di Jerman yang menekankan konsep pembelajaran dan transisi pra sekolah sebelum mengikuti kelas wajib. Inilah yang menjadi alasan mengapa Jerman selalu dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Konsep pendidikan transisi pra sekolah ini sebenarnya diciptakan oleh Friedrich Froebel pada tahun 1980.

Baca Juga : 5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di empat kelas, siswa Jerman akan direkomendasikan untuk mengambil satu dari tiga sekolah menegah berdasarkan kemampuan akademik; yang kelak akan menjadi gymnasium bagi mereka yang memilih melanjutkan ke jenjang perguruan Tinggi atau Realschule atau sekolah menengah untuk karir kerah putih dan Hauptchule atau sekolah umum, yang merupakan sekolah khusus untuk perdagangan.

Siswa-siswi di Jerman merupakan salah satu siswa-siswi termuda di dunia yang sudah ditempatkan pada jalur akademik sejak dini. Sementara, program penilaian siswa internasional yang belajar di Jerman harus memiliki nilai di atas rata-rata dan angka ini terus meningkat hingga kini.

3. Kanada

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Pada Tahun 2019
via usnews.com

Salah satu alasan mengapa Kanada masuk dalam daftar ini adalah karena Pendidikan dasar dan Menegah di Kanada digratiskan oleh Pemerintah dan wajib diikuti oleh anak-anak dari usia 5-6 tahun.

Konstitusi di negara tersebut memberikan wewenang pada sekolah yang ada di setiap provinsi untuk mewajibkan dan mengratiskan pendidikan.

Baca Juga : 5 Cara Hidup Abadi Menurut Legenda Zaman Dulu

Kelemahan dari sistem pendidikan di Kanada ini adalah tidak adanya struktur pendidikan yang terpusat. Siswa Internasional yang belajar di Kanada mendapat skor diatas rata-rata untuk program penilaian Siswa Internasional OECD.

2. AS

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Pada Tahun 2019
via usnews.com

Sistem pendidikan publik di AS sebagian besar di danai oleh pajak Properti Federal dan negara bagian. Kemajuan siswa dinilai dari 13 bagian inti, dan itu sudah dinilai sejak TK hingga sekolah menengah.

Dan hampir 70 persen siswa yang lulus akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Selain itu juga, AS adalah rumah bagi 8 universitas terbaik dunia.

1. Inggris (UK)

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Pada Tahun 2019
via usnews.com

Sistem pendidikan di Inggris mewajibkan anak usia 5-16 tahun untuk masuk sekolah, karena siswa akan mengalami kemajuan lewat empat tahap utama kurikulum Nasional.

Kesenjangan antara sekolah modern menegah yang dirancang secara professional khusus untuk perdagangan dan sekolah tata bahasa untuk studi klasik menyebabkan terciptanya sekolah komprehensif yang lebih seragam, walaupun administrasi programnya berbeda-beda di setiap daerah.

Baca Juga : 5 Film Sains Fiksi Terbaik Sepanjang Masa

Siswa memiliki nilai rata-rata matematika, sains dan membaca pada program OECD bagi penilaian siswa Internasional. Inggris juga menjadi tuan rumah dari 10 universitas terbaik di dunia, sisanya diisi oleh AS.

Nah demikian artikel tentang 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *