3 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Blog

8 Likes Comment
cara memilih nama domain

Memilih nama domain yang tepat dapat meningkatkan popularitas sebuah blog. Sebab, nama domain akan menjadi brand yang akan menunjukan karakter sang pemilik blog.

Jika anda membaca artikel ini saya yakin anda adalah salah seorang yang sedang bingung untuk memilih nama domain yang tepat untuk blog anda sendiri.

Tapi itu wajar, saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti yang anda alami. Jika anda belum mengerti apa itu domain, mari saya jelaskan sedikit…

Domain adalah sebuah pengambilan hak nama pribadi di internet oleh pemerintah, lembaga tertentu ataupun individu dengan sejumlah kompensasi yang dibayarkan kepada penyedia layanan pemilihan nama domain.

Domain bisa terdiri dari huruf dan angka yang sifatnya variatif. Banyak penyedia domain yang hanya menyediakan nama domain diatas 5 huruf atau minimal 5 huruf.

Saat ini ada banyak sekali ekstensi domain yang tersedia di internet, yang dapat kita pilih untuk dijadikan ekstensi domain yang akan kita ambil.

Jika anda belum paham apa itu ekstensi domain, mungkin anda ingin membaca artikel saya sebelumnya tentang cara memilih ekstensi domain yang tepat untuk blog anda.

Atau juga, jika anda bingung untuk memilih penyedia domain dan hosting yang sesuai dengan kantong dan budget ada, saya telah merekomendasikan sebuah layanan untuk hal ini didalam artikel tentang Pilih Nama Domain? Niagahoster saja dan jika anda ingin langsung mengunjungi Niagahoster dan ingin membeli nama domain dan hosting, silahkan klik saja tautan ini.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara pilih nama domain yang tepat untuk blog anda. Artikel ini hanyalah saran, sepenuhnya nama domain anda itu terserah anda.

3 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Blog

Ada banyak alasan mengapa kita memilih nama sebuah domain. Misalkan, nama domain yang saya pilih adalah WEKERINDO.COM [blog ini sudah dihapus karena satu dan lain hal], yang merupakan kepanjangan dari WEKER INDONESIA. Apa tujuan saya memilih nama domain ini?

Saya sudah jelaskan di artikel saya sebelumnya tentang Mengapa saya memilih Domain PAULIPU.COM? Yang mungkin ingin anda baca sebagai tambahan referensi.

Tidak muluk-muluk, saya hanya menyarankan beberapa hal dalam memilih nama domain yang tepat untuk blog anda sendiri yang dikumpulkan menjadi 3 poin utama untuk memilih nama domain yang tepat. Apa saja poinnya? Ini daftarnya.

1. Tetap gunakan ekstensi domain .com

Mengapa harus ekstensi .com? Karena ekstensi .com adalah salah satu ekstensi paling familiar yang paling populer di internet.

Selain itu, berdasarkan penelitian dari Statista, nama domain yang diikuti dengan ekstensi .com meningkatkan jumlah klik terhadap link lebih besar ketimbang ekstensi yang lain.

Ekstensi .com adalah ekstensi terbaik untuk nama domain. Tetapi, jika anda ingin menggunakan ekstensi lain, semisal ekstensi .id, .net, .blog, .tech dan lain sebagainya itu terserah anda. Tetapi, saran saya sih gunakan saja ekstensi domain .com

2. Pilih nama domain yang mudah diucapkan, dieja, dan singkat

Nama domain yang mudah di ucapkan, di eja dan singkat memungkinkan nama domain kita mudah di ingat. Jika nama domain mudah di ingat, maka jika orang ingin mencari sesuatu, mereka bisa saja langsung mengklik linknya langsung.

Baca juga : Pilih youtube atau Facebook Creator?

Selain itu, saya juga menyarankan agar anda menggunakan nama domain yang tak lebih dari 15 huruf atau lebih dari 5 huruf. Jangan tambahkan angka di dalam nama domain anda, karena hal ini membuat nama domain anda terkesan tidak professional.

Anda bisa memilih nama domain mulai dari nama panggilan anda, sapaan akrab anda dan mungkin juga nama pacar atau mantan anda. Tetapi usahakan tetap seperti yang saya sebutkan diatas.

3. Gunakan kata kunci atau nama merek anda pada domain

Misalnya, akublogger.com lebih ramah mesin pencari, daripada akublogging.com. Ini berkaitan dengan niche yang anda ambil dan ini sangat berguna untuk SEO.

Karena SEO itu semuanya harus satu jalur, mulai dari nama domain, meta tag, H1, H2, H3 dan lain sebagainya maka menyebutkan kata kunci niche yang anda angkat, dan nama merek anda di domain adalah langkah yang penting.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Jika anda melihat contoh diatas, kita mengambil domain akublogger.com, disitu ada kata kunci blogger. Dan ini menunjukan niche yang anda angkat didalam blog anda, yakni Blogging.

Mungkin pandangan ini berbeda satu dengan yang lain, tetapi menurut saya ini cukup menjadi salah satu poin kuncinya.

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika anda tepat memilih nama domain maka blog anda akan mudah diingat oleh pengunjung.

Selain itu, konten-konten anda akan menunjukan ciri khas atau karakter dari pemilik blog yang pada akhirnya akan menaikkan personal branding blogger tersebut.

Demikian artikel tentang cara memilih nama domain yang tepat untuk blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *