5 Misteri Terbesar Ilmu Fisika Yang Berhasil Dipecahkan

6 Likes Comment
misteri terbesar ilmu fisika

5 Misteri Terbesar Ilmu Fisika Yang Berhasil Dipecahkan Ilmuwan – Sejak dulu, fisika telah berperan penting untuk mengungkap berbagai misteri terbesar di dunia dengan pendekatan empiris, logis dan dapat diterima secara luas.

Ciri inilah yang juga ditunjukkan oleh fisika hingga kini. Karena fisika merupakan salah satu bidang ilmu sains yang dalam praktiknya selalu menggunakan pendekatan ilmiah.

Fisika juga tidak saja menjelaskan fenomena-fenomena yang ada secara fisik, tetapi juga fenomena yang hampir sebagian besar manusia tidak pernah menyaksikannya.

Seperti misalnya fenomena bintang Pulsar, mekanika kuantum, lubang hitam atau blackhole, fusi nuklir sebuah bintang termasuk bumi, sampai singularitas.

Selain itu juga, fisika berhasil mengungkap berbagai misteri yang berkaitan dengan hukum alam semesta. Hal itulah yang akan dibahas dalam artikel ini.

5 Misteri Terbesar Ilmu Fisika Yang Berhasil Dipecahkan Ilmuwan

Lalu apa saja misteri terbesar dalam fisika yang berhasil dijawab? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Berat bukanlah suatu ukuran yang objektif melainkan gravitasi

misteri terbesar dalam fisika
via saintif

Banyak wanita ingin mendapatkan berat badan yang ideal bahkan sampai melakukan diet ketat. Padahal ada diet lain yang wajib di coba yakni diet bulan.

Maksudnya gimana ya? Ya pergi ke bulan. Disana, berat anda akan ideal, bahkan berkurang secara drastis. Bukankah di bulan juga ada gravitasi?

Tentu saja ada. Namun jumlahnya hanya sekitar 17% dari gaya gravitasi yang ada di bumi. Sehingga disana bobot tubuh dapat berkurang drastis.

Baca Juga : Definisi Kilogram Menurut Para lmuwan

Dalam fisika berat adalah bagian dari gravitasi. Yang berarti, ukuran berat badan, ukuran satu karung beras bukanlah ukuran objektifnya.

Dengan demikian, berat adalah akumulasi dari berapa banyak hal yang menunjukan fungsi dari benda-benda lain yang mengelilingi objek tersebut, dan bagaimana mereka merespon gaya gravitasi yang ada.

Jika menggunakan pemahaman macam ini, maka dapat dipastikan Usain Bolt bukanlah pelari tercepat di dunia, melainkan manusia terberat di dunia. Setuju gak?

2. Menurut ilmu fisika, jika anda naik Roller Coaster anda sudah bisa disebut Astronot. Alasannya?

5 Misteri Terbesar Ilmu Fisika Yang Berhasil Dipecahkan
via cf.dvh.bz

Ada beberapa Roller coaster dengan tingkat kecepatan tertinggi di dunia. Salah satunya adalah Formula Rossa yang dapat mencapai kecepatan maksimum 240 km/jam. Kecepatan itu sebanding dengan mobil balap F1 yang sering anda lihat di Tv.

Saat ini juga, beberapa Rc memiliki kecepatan maksimum yang mencapai g-force 4 sampai 6g. g-force sendiri biasa digunakan sebagai ketahanan minimum terhadap kecepatan yang ada.

Baca Juga : 10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyenangkan

Sementara, para astronot biasanya hanya mengalami g-force maksimum 3gs saat roket ulang aling di luncurkan. Di Indonesia sendiri adalah beberapa Rc namun kecepatannya tidak mencapai kecepatan maksimum seperti diatas.

Dan, menurut fisika, jika anda sudah pernah naik Rc ini, maka anda sudah bisa disebut sebagai astronot. Alasannya karena anda sudah pernah mengalami properti transmitif, yang persamaannya sama dengan yang dialami para astronot. Congratulation!

3. Massa adalah raja

misteri terbesar dalam fisika
via gravitime.net

Diatas sudah saya jelaskan sedikit tenang gravitasi. Perannya sangat penting dalam kehidupan manusia. Gravitasi sendirilah yang membuat anda bisa berjalan sekarang ini.

Secara umum, gravitasi dipahami sebagai gaya tarik menarik antara dua objek partikel yang memiliki massa. Berkat gravitasi ini, benda-benda besar seperti planet bisa berada pada porosnya selama ribuan tahun.

Gravitasi juga membuat bulan tetap mengorbit bumi selama ratusan tahun. Dan, gravitasi timbul karena massa yang ada. Jadi, secara tidak langsung, massa menjadi raja disini.

4. Rotasi planet itu enggak bulat

misteri terebsar dalam fisika
via medium

Saya sendiri sejak SD hingga kuliah percaya kalau rotasi planet itu berbentuk bulat. Tapi ternyata saya keliru selama ini.

Mungkin saya jadi korban buku-buku bacaan atau gambar-gambar ilustrasi tentang rotasi planet-planet ini, yang hampir sebagian besar berbentuk bulat.

Planet-planet ini mengorbit bumi dalam ruang dan waktu yang sebenarnya bengkok. Mengapa ini bengkok? Karena gravitasi.

Dalam ilmu fisika, gravitasi mengontrol semua pergerakan planet ini agar tetap pada porosnya. Cara mengontrolnya adalah dengan menekuk struktur alam semesta.

Karena konsep semacam inilah, Stephen Hawking dan Albert Einstein dihargai. Karena menganggap gravitasi itu sebagai invisible hand, yang mengatur posisi alam semesta sedemikian rupa.

5. Ekuilibrium gerakan setiap planet sama selama ribuan tahun

misteri terbesar dalam fisika
via space.com

Percaya atau tidak, matahari dan planet-planet lain selama ini berada pada jarak yang sama selama miliaran tahun sejak big bang terjadi.

Planet-planet ini juga terletak pada posisi dan keseimbangan yang sempurna, sehingga setiap planet yang lebih dekat dengan pusat tata surya akan melakukan rotasi lebih cepat.

Dan pergerakan serta posisi ini juga akan sama hingga ratusan, jutaan bahkan miliaran tahun lamanya. Dan hanya akan berhenti apabila fusi nuklir bintang akan mati.

Penutup

Ada banyak misteri-misteri di alam semesta ini yang belum berhasil di ungkap oleh manusia, meski beberapa diantaranya sudah.

Misalnya soal ekspansi alam semesta, mekanika kuantum atau mungkin prinsip ketidakpastian Heisenberg.

Demikian artikel tenang 5 misteri terbesar ilmu fisika yang berhasil dijawab oleh Ilmuwan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *