5 Misteri Sains Yang Belum Ditemukan Jawabannya Hingga Kini

4 Likes Comment
misteri sains

5 Misteri Sains Yang Belum Ditemukan Jawabannya Hingga Kini – Perkembangan sains dewasa ini sangat pesat sekali, bertautan dengan perkembangan teknologi yang membuat dunia medis mengalami perkembangan yang sangat pesat. 

Namun, dengan berbagai perekembangan tersebut dilakukan semata-mata untuk menjawab misteri tentang dunia yang juga memiliki jawaban yang sama misteriusnya.

Bagi para ilmuwan, sains adalah suatu cara untuk mengamati aspek-aspek tertentu yang dilakukan secara akurat, terorganisir dan sistematik.

5 Misteri Sains Yang Belum Ditemukan Jawabannya Hingga Kini

Seperti dikutip dari news.com.au (13/03/2018), ada beberapa misteri sains modern yang belum terungkap sampai hari ini. Misteri-misteri tersebut belum bisa dipecahkan dengan sains. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

1. Suhu inti bumi ternyata lebih panas dari yang diduga sebelumnya

suhu inti bumi
via jatimtimes.com

Pada tahun 2013 lalu, ilmu pengetahuan membuka sebuah tabir gelap tentang anggapan inti bumi. Peneliti mengungkap bahwa inti bumi ternyata lebih panas dari yang pernah diperkirakan.

Perkiraan awal, suhu inti bumi mencapai 6.000 derajat celcius, tak jauh beda dengan permukaan matahari. Inilah yang kemudian menjadi daftar pertama misteri tentang sains modern yang belum bisa diungkap sampai hari ini.

2. Dengungan Taos

dengungnan di kota taos
via bungkul.com

Pada tahun 1990-an penduduk di sekitar kota Taos, New Mexico dibuat heran dengan dengungan aneh yang mereka dengar kala itu. Dengungan tersebut sampai hari ini menjadi misteri.

Banyak teori konspirasi beredar, mulai dari percobaan pengendalian pikiran manusia, sampai pada tempat tinggal mahluk ekstratrestrial.

Misteri ini sampai sekarang belum terjawab. Dari mana dengungan itu berasal, tidak ada yang tahu pasti.

3. Kekuatan Pikiran

kekuatan pikiran
via idntimes.com

Banyak percobaan dilakukan dari tahun ke tahun demi menyelidiki tentang kekuatan pikiran manusia dan efek yang ditimbulkannya.

Efek tersebut disebut-sebut sebagai efek plasebo, yakni suatu keadaan dimana seseorang sembuh dari penyakitnya padahal hanya mengkonsumsi obat kosong, yang berisi serbuk laktosa dan tak memiliki khasiat menyembuhkan.

Sampai saat ini, para ilmuwan tidak dapat menjelaskan fakta bahwa para pasien telah sembuh hanya karena plasebo.

4. Zona Tanpa Suara

zona tanpa suara
via sistem.blogspot.com

Di Durango, Mexico ada satu lokasi yang disebut sebagai Mapimi Silent Zone atau sebuah tempat tanpa suara. Tempat tersebut sering juga disamakan dengan segitiga Bermuda yang tanpa kebisingan.

Beberapa ilmuwan memperkirakan kejadian ini terjadi karena frekuensi radio yang sporadis yang ada di sekitar lokasi karena elemen radioaktif yang terdapat dalam roket yang pernah jatuh di Durango, 1970 silam.

Namun, sampai hari ini banyak ilmuwan tidak sepakat soal ini, karena keakuratan teori terus menjadi pergunjingan.

5. Orang Kidal

tangan kidal
via hellosehat.com

Pernahkan kamu bertanya mengapa sebagian besar orang di dunia menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas? Para ilmuwan menyimpulkan bahwa manusia lebih cenderung menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas sejak 600.000 tahun yang lalu.

Pada waktu itu, manusia sudah mulai berevolusi menggunakan alat-alat untuk membantunya bekerja. Namun sampai hari ini banyak dari kita yang belum mampu menjelaskan mengapa kita lebih suka menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri.

Penutup

Sebenarnya, ada banyak sekali fakta sains yang belum berhasil dipecahkan oleh ilmuwan hingga saat ini. Fakta ini juga kadang bertolak belakang dengan fenomena biasanya.

Dan ternyata, meskipun ada dalam kehidupan sehari-hari, beberapa fakta seperti tangan kidal, belum berhasil ditemukan alasannya ilmiahnya.

Disisi lain, hal ini menunjukan bahwa manusia belum bisa mengungkap setiap fenomena secara ilmiah. Demikian artikel tentang 5 misteri sains yang belum berhasil dipecahkan Ilmuwan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *