Inilah 5 Misi TESS, Teleskop Pencari Bumi Baru

6 Likes Comment
misi tess

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) merupakan salah teleskop terbaru yang dimiliki oleh NASA. Misi TESS adalah mencari kehidupan baru di luar angkasa. Teleskop ini sudah mengudara sejak 16 April 2016 lalu.

Selain mencari planet baru yang mirip bumi, tes juga memiliki misi lain seperti memindai bobot suatu planet, menandai dan juga menamainya.

Inilah 5 Misi TESS, Teleskop Pencari Bumi Baru

Lalu, apa saja misi TESS? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan 5 misi utama TESS, teleskop pencari bumi baru. Berikut daftarnya:

1. Mencari Planet Mirip Bumi

Di lansir dari Astronomi.com (15/04/2018) misi utama TESS adalah untuk mencari planet di luar bumi dalam radius 250 juta tahun cahaya.

TESS diluncurkan oleh NASA karena tuntutan kehidupan manusia dan kemampuan ilmuwan untuk dapat melihat planet-planet lain yang serupa dengan bumi di luar angkasa.

2. Target Utama TESS Adalah Planet Bercahaya

Target utama TESS adalah sebuah planet yang bercahaya, yang dekat dengan pusat tata surya dalam bima sakti. Pusat ini dapat diukur berdasarkan satuan planet dalam tata surya.

Jika menyerupai posisi bumi dan bercahaya maka TESS akan fokus pada planet tersebut untuk penelitian lebih lanjut.

3. Masa Kerja TESS adalah 2 Tahun

TESS akan mengudara selama dua tahun di mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2020. TESS sendiri akan memindai sekitar 200.000 bintang yang paling dekat dan paling terang dengan bumi dengan massa satu kali atau dua kali dari bumi.

4. Tugas Lain TESS

Selama mengudara, TESS juga akan mengumpulkan data-data planet yang ia pindai mulai dari atmosfer planet, massa, bobot, warna, dan lain sebagainya.

Nantinya, jika data tersebut cocok atau mendekati dengan bumi, untuk sementara waktu TESS akan fokus pada planet tersebut.

5. Dalam Masa Percobaan, TESS akan mengumpulkan Data-Data Awal Tentang Planet Yang Ia Pindai

Data-data awal ini bertujuan untuk percobaan teleskop TESS di luar angkasa. Selain itu TESS mungkin akan coba menemukan 100 hingga 200 planet dalam beberapa waktu sebelum akhirnya benar-benar bekerja penuh selama dua tahun ke depan.

Baca Juga : Meringkas Teori Stephen Hawking Tentang Big Bang Dalam Teori Multiverse

Misi prestisius TESS adalah upaya NASA untuk menemukan planet lain yang bisa di huni oleh Manusia. TESS juga diharapkan dapat menemukan planet-planet kecil yang sebagian besar berisi bebatuan menjadi target utama yang ditandai oleh satelit.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *