Minimal Berapa Karakter untuk satu Postingan Blog?

1 Like Comment
Berapa Karakter untuk satu Postingan Blog

Minimal berapa Karakter untuk Satu Postingan Blog? – Ini sebenarnya merupakan bagian dari tips menulis. Seorang blogger, sebelum memutuskan terjun ngeblo ada baiknya dulu memahami hal-hal teknis yang ada didalamnya. Hal-hal teknis ini memang tidak diatur oleh Google, anda bisa menulis dengan bebas, termasuk untuk panjang karakter.

Tetapi untuk dapat bersaing di mesin pecari ada baiknya anda memperhatikan hal ini. Agar, blog anda punya pembaca, cepat atau lambat. Nah bagi anda yang masih pusing menentukan batas minimal panjang karakter pada postingan blog, ada baiknya anda membaca tips dan trik dibawah ini.

Baca Juga : 3 Langkah Agar Artikel Cepat Terindeks di Google

Tujuannya adalah untuk menjadi tolok ukur bagi anda sebelum membuat postingan. Selain menjadi tolok ukur, juga menjadi dasar pembuatan konten, agar bisa bersaing di mesin telusur. Tetapi sebelum itu, ada baiknya anda melihat syarat-syarat dibawah ini sebelum membuat konten, antara lain:

1. Sudah punya platform blogging

Ini jelas ya. Kalau anda mau menjadi seorang blogger, ada baiknya anda sudah memiliki platform blogging sendiri. Platform inilah yang akan menjadi media anda untuk mempostingan segala tulisan buatan anda sendiri.

Anda bisa memilih blogger, wordPress, Medium, Tumblr, Wix, Squarspace dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, Blogger adalah salah satu platform yang paling populer, selain itu di hosting gratis oleh Google.

2. Anda sudah tentutkan niche blog

Menentukan niche blog adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Memang sih boleh-boleh saja mengangkat niche blog gado-gado, atau membahas apa saja. Tetapi untuk alasan kemudahan pembuatan konten, ada baiknya anda memilih satu niche saja.

3. Punya komitmen

Untuk bisa berahasil sebagai blogger butuh waktu yang tidak sedikit. Menjadi seorang blogger anda ditantang untuk komitmen. Salah satu hal yang sulit dipertahankan saat menjadi seorang blogger adalah konsistensi. Konsisten dalam membuat konten, konsisten dalam memperhatikan kesehatan blog, tidak pernah berhenti belajar dan lain sebagainya.

Nah itu tiga modal awalnya saja. Sekarang kita lanjut pada bagian teknisnya, yakni panjang karakter dalam sebuah postingan blog.

Berapa minimal panjang artikel dalam postingan blog?

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan sebelumnya, tidak ada aturan khusus untuk ini. Panjang karakter ini hanyalah sebuah saran teknis kepada anda yang baru saja terjun dalam dunia blogging. Sebenarnya, saya menulis ini berdasarkan pertanyaan-pertanyaan dari banyak forum. Berikut ulasannya:

1. Untuk artikel biasa

Artikel biasa adalah artikel-artikel yang ditulis tanpa melakukan riset terlebih dahulu, misalnya riset kata kunci. Misalnya, saat anda sudah memiliki ide konten yang mau anda tulis, dan anda langsung menulisnya, maka ide ini dapat disebut sebagai artikel biasa.

Sebagai contoh, postingan ini. Saat saya sedang ngopi disuatu sore yang sudah-sudah, terlintas dalam benak saya untuk membuat postingan ini, judul ini. Karena saya sudah tahu berapa minimalnya maka saya langsung membuatnya.

Baca Juga : Cara Saya Menulis Di Blog

Lalu berapa minimal panjang karakter untuk postingan jenis ini? Idealnya itu 500 karakter. Lebih panjang juga lebih bagus. Tapi usahakan jangan kurang dari ini. Alasannya sederhana? Artikel-artikel jenis ini jarang sekali di cari orang ya. Dan kemungkinan besar, jika ada orang yang mampir di blog anda, ia hanya nyasar sampai akhirnya membaca postingan anda.

2. Untuk artikel jenis tutorial

Ada banyak sekali artikel jenis ini di internet, jika anda sudah membaca salah satunya coba anda perhatikan panjang karakternya? Orang-orang yang mencari artikel jenis ini adalah orang-orang yang ingin mencari jawaban.

Karena itu, siapakan jawaban sesingkat mungkin, mudah dipahami dan dapat langsung di praktekan. Jadi secara tidak langsung, panjang karakternya lebih sedikit dari jenis artikel biasa diatas. Karena lebih sedikit, ada nilai tambah yang harus anda tambahkan disana, yakni gambar. Gambar contoh.

Baca Juga : Tips Buat Artikel Rewrite Agar 100% Bebas Plagiat!

Jadi berapa idealnya untuk artikel tutorial ini? 300 karakter sudah cukup. Plus, jangan lupa tambahkan gambar didalamnya. Gambarkan secara detail serta jangan buat artikel yang terlalu panjang, sebab biasanya para pembaca langsung lompat pada bagian inti dari artikel, yakni tutorialnya.

3. Untuk artikel SEO

Jenis artikel SEO ini adalah jenis artikel yang anda targetkan masuk diperingkat pertama pencarian Google. Untuk artikel ini anda biasanya harus melakukan berbagai riset kata kunci terlebih dahulu, melakukan pemetaan persaingan kata kunci, dan membuat artikel yang jauh lebih bernilai ketimbang artikel buatan pesaing anda.

Baca Juga : 10 Fakta Mesin Telusur Yang Wajib Anda Ketahui

Tanpa perlu bertele-tele, ini adalah artikel dimana anda harus membahas dari A-Z didalam postingan anda, dan secara otomatis lebih panjang dari artikel yang biasa anda buat. Jadi berapa idealnya, idealnya diatas dari 1000 karakter. Lebih panjang juga lebih bagus. Tetapi kalau sudah diatas dari 5000 karakter, silahkan bagi dua bagian saja.

Beberapa blogger juga membagi artikel jenis ini ke dalam dua bagian jika sudah diatas dari 2500 karakter. Tapi itu terserah anda, dan bergantung pada jenis artikel yang akan anda bahas.

4. Artikel tips dan trik

Ini sebenarnya masuk dalam kategori tips dan trik. Bukankah ini sama dengan jenis artikel tutorial diatas? Beda loh. Artikel tutorial adalah jenis artikel yang memberikan jawaban suatu petanyaan, sementara artikel tips dan trik adalah jenis artikel yang memberikan tips dan bukan jawaban.

Berapa idealnya jenis artikel ini? Umm… idealnya sih tergantung dari tips dan trik apa yang ingin tulis. Tetapi usahakan ia diatas dari 500 karakter, dan kurang dari 2.500 karakter. Nah demikian artikel tentang minimal Berapa Karakter untuk satu Postingan Blog. Jangan lupa share postingan ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *