10 Cara Agar Bisa Menulis Tiap Hari [Panduan Untuk Pemula]

5 Likes Comment
Menulis tiap hari

Menulis tiap hari? Emang bisa? Ya bisalah. Menulis sebenarnya melatih anda untuk dapat berpikir dua kali. Menulis adalah salah satu hal yang dapat membuat anda lebih berkarakter dan menarik di mata orang lain.

Bagi seorang blogger, wartawan, novelis ataupun profesi kepenulisan lain, menjaga frekuensi dalam menulis mungkin adalah hal yang sulit dilakukan.

Selain harus bisa manajemen waktu, juga harus menjaga kebiasaan dalam menulis. Pada akhirnya, aktivitas ini akan menjadi rutinitas anda, baik saat sibuk atau tidak.

10 Cara Agar Bisa Menulis Tiap Hari

Sebenarnya, semua tergantung pada kemauan anda sendiri. Apakah anda ingin tetap produktif dalam menulis atau justru sebaliknya. Jika anda berusaha agar anda tetap produktif, maka menulis tiap hari sangat amat perlu dilakukan.

Tapi anda tidak boleh memaksakan diri anda untuk bisa menulis tiap hari, yang perlu anda lakukan hanyalah menjaga konsistensi anda dalam menulis.

Lalu bagaimana cara menjaga konsistensi dalam menulis? Ada banyak cara. Artikel berikut ini akan membagikan tips cara agar anda bisa menulis tiap hari. Tips apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Mulailah menulis

Hal yang pertama ya tentu saja mulailah menulis. Disini anda harus berusaha agar anda terus menulis, entah itu hanya satu paragraf, dua paragraf dan lain sebagainya. Lebih banyak lebih bagus.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Tetapi ada masalahnya adalah semakin banyak anda menulis semakin banyak waktu yang anda butuhkan. Untuk itu, agar lebih maksimal ya perbiasakan dulu menulis tiap hari saat waktu luang atau tidak ada yang dikerjakan.

2. Hindari mengedit artikel saat menulis

Nah ini juga yang paling penting. Ketika anda menulis usahakan jangan dulu mengedit tulisan yang anda tulis tersebut.

Mengedit sebenarnya adalah sebuah proses yang paling sulit dalam menulis, dimana disana anda harus memperbaharui ejaan, mengganti di yang preposisi dan di yang awalan, dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Cara Mudah melakukan revisi tulisan

Ketika anda mengedit sambil menulis anda akan menjadi tidak fokus pada tulisan anda. Ini membuat konsentrasi berkurang dan benar, lebih banyak waktu yang harus anda luangkan untuk menulis sembari mengedit.

Usahakan dulu, tetap jaga produktivitas anda dalam menulis agar anda bisa menciptakan konten tiap hari. Atau bisa membuat tulisan minimal 1 dalam waktu 3 hari.

3. Hindari penggangu

Penggangu? Seperti apa ya? Ada banyak pengganggu. Telepon genggam atau smartphone, orang-orang disekitar anda, musik, suara kendaraan bermotor, atau pengganggu lain.

Semua hal yang bisa menimbulkan suara, pada dasarnya memiliki sifat pengganggu. Karena hal ini bisa mengalihkan fokus dan konsentrasi anda saat menulis.

Tetapi sesekali, misalnya setiap kali anda menulis satu atau dua paragraf, perhatikan orang-orang disekitar anda yang harus tetap dalam perhatian anda seperti anak anda atau mungkin istri anda.

Baca Juga : Cara menulis novel mundur

Mereka bukan pengganggu? Kelurga adalah motivator bagi anda dalam menulis. Pengganggu disini hanyalah telepon genggam.

Jika anda menulis sambil memutar musik, itu tidak masalah terserah anda. Tapi sangat disarankan agar musik yang anda putar itu adalah music tanpa lirik.

4. Istirahat yang cukup

Ada sebuah kebiasaan, yang mungkin dialami oleh para blogger atau novelis. Dimana, dalam suatu waktu yang tak diduga, mereka mengalami keadaan trance.

Dimana, saat itu, mereka hanya suka menulis saja. Tak ingin keluar rumah, tak ingin berinteraksi dengan teman dan keluarga ataupun pacar, dan lain sebagainya.

Tapi, ada masalahnya disini! Setelah mengalami trance ini mereka justru akan vakum cukup lama dalam menulis. Ini mengakibatkan mereka tak dapat menulis setiap hari, dan sebagai penulis mereka tidak lagi produktif.

Baca Juga : Tips menulis saat stress dan depresi

Karena itu, untuk bisa menjaga produktivitas tulisan dan agar anda bisa menulis tiap hari, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat meskipun saat itu anda sedang ingin menulis. Kalau anda sudah menulis satu artikel dengan panjang 500 karakter, luangkan waktu untuk beristirahat.

Ini penting untuk menjaga tensi menulis anda sekaligus dapat menjaga ritme anda dalam menulis yang pada akhirnya bisa membuat anda produktif untuk menulis tiap hari.

5. Banyak membaca buku

Pasti sebagian besar penulis pernah mengalami kekeringan ide. Meskipun anda suka menulis, tapi kalau ide anda tidak ada, mau tulis apa coba? Ujung-ujungnya pasti coret-coret kertas atau bermain game di laptop.

Untuk memperoleh ide tulisan, perbanyaklah membaca. Disarankan juga buku-buku bacaan adalah buku hasil terbitan, entah itu novel ataupun buku lain. Karena hal ini bisa membuat anda lebih rileks, bersantai dan bisa di coret-coret.

Baca Juga : Cara Menulis Esai Deskriptif Tentang Orang atau Tempat

Membaca di Ebook atau buku elektronik bisa-bisa saja, tapi usahakan hindari. Mengapa? Sebab selain dapat merusak mata dengan pancaran gelombang elektromagnetik dari layar handphone, anda tidak akan bisa konsentrasi penuh sebab ada daya tarik khusus untuk membuka Facebook, Instagram atau chat pribadi, meskipun terkadang anda sedang offline.

Karena itu, supaya anda tidak kekeringan ide untuk menjaga produktivitas anda untuk menulis setiap hari, anda bisa lebih bebas dalam membaca. Dengan membaca, ide-ide baru dan segar akan mengalir deras.

6. Menulis seperti sedang berbicara

Saat ini, misalnya, banyak konten di internet yang menyediakan informasi yang itu-itu saja. Misalnya, ada mencari kata ‘Cara menulis Tiap hari’ maka anda akan disuguhkan dengan ribuan artikel yang mungkin isinya mirip.

Ini memang tidak masalah, meskipun topiknya sama tetapi mungkin penjabarannya yang berbeda. Tergantung pada ciri khas penulis tersebut.

Lalu apa solusinya? Solusinya adalah anda menulis seperti sedang berbicara. Coba pikirkan saat anda berbicara di depan kelas atau saat anda berbicara dengan orang-orang lain seperti keluarga anda, pacar anda ataupun haters anda. Pikirkan sejenak!

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Sudah? Lalu tulislah seperti itu seolah anda sedang bercakap-cakap. Emosi dan perasaannya akan kena. Sebab anda seolah memang sedang berbicara. Selain itu, dengan menulis seperti sedang berbicara, tulisan anda tampak lebih natural dan mengalir.

Ini penting agar pembaca anda tidak cepat lelah atau puas membaca tulisan anda. Gunakan kata-kata yang akrab digunakan sehari-hari, gunakan juga bahasa-bahasa yang belum dimengerti dan lain sebagainya. Ya tujuannya itu, supaya tulisan anda mengalir, natural dan anda tidak perlu cape-cape mencari ide untuk menulis tiap hari.

8. Latih diri anda agar bisa menulis lepas

Ini yang paling penting. Menulis lepas, tanpa konsep, tanpa referensi atau tanpa artikel lain. Anda lepas. Terserah anda mau tulis apa, tapi usahakan masih dalam gaya piramida terbalik. Ada pembuka diatas, isi dan penutup.

Menulis lepas memang sulit dilakukan, apalagi anda terbiasa menulis. Kemampuan ini dapat diperoleh lewat sebuah proses panjang yang berliku. Sebagai penulis anda harus melalui itu agar anda konsisten dalam menulis, dan mulai belajar menulis lepas.

Jika sudah bisa maka anda sudah siap untuk menulis artikel-artikel yang lebih panjang atau melanjutkan cita-cita anda untuk bisa menulis novel, menulis buku, puisi, dan lain sebagainya.

9. Manajemen waktu

Ini adalah hal yang paling penting. Dengan manajemen waktu yang baik, anda bisa membagi waktu antara menulis, mengurusi keluarga [apabila sudah nikah] dan bisa tetap menjaga hubungan dengan dunia luar.

Anda juga akan memperoleh banyak manfaat ketika mampu memanajemen waktu dengan baik, mulai dari memperoleh inspirasi dan ide yang banyak sampai menjaga hubungan dengan orang lain.

Jangan terobsesi pada berapa banyak tulisan yang anda hasilkan tiap hari, tapi baiknya perhatikan berapa banyak waktu yang anda keluarkan untuk hal-hal penting lain selain menulis.

10. Takar kemampuan menulis

Sebenarnya, ada banyak sekali cara menakar kemampuan menulis. Salah satu yang paling utama adalah dengan mengikuti lomba menulis.

Disini, baiknya anda memilih salah satu lomba, dengan peluang untuk menjadi juara besar. Tapi, jangan termotivasi untuk menjadi juara apalagi untuk memperoleh hadiahnya.

Tujuan anda adalah untuk menakar kemampuan menulis. Fokus pada hal tersebut. Kalaupun anda juara, hadiah mungkin hanyalah bonus.

Sebab, dari sini anda akan mendapatkan pengalaman berharga. Sementara, apabila anda tidak menjadi juara, mungkin anda harus melakukan evaluasi terhadap tulisan anda tersebut.

Penutup

Sambil berusaha mengikuti step-by-step untuk bisa produktif dan dapat menulis tiap hari, yang menurut saya pribadi merupakan sebuah kebiasaan yang natural dan tak dibuat-buat, semuanya tergantung anda. Kebiasaan yang anda miliki sekarang adalah kebiasaan yang anda bangun sejak lama, termasuk soal menulis.

Nah demikian artikel tentang cara agar bisa menulis tiap hari. Anda punya pertanyaan? Silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *