5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Fokus Kamu Loh

8 Likes Comment
Makanan Yang Dapat Meningkatkan Fokus

Makanan adalah kebutuhan paling mendasar seorang manusia. Tetapi, apakah makanan yang anda makan sehari-hari dapat meningkatkan fokus? Jawabannya ada tapi gak semuanya.

Terkait hal ini, ternyata ada beberapa makanan yang dipercaya mampu meningkatkan fokus seseorang, apalagi saat ia sedang bekerja.

Meski sampai sekarang para ilmuwan terus berupaya mengkaji ulang masalah ini, apakah benar demikian atau justru sebaliknya. Kadang juga, mereka mengatakan bahwa terkadang makanan yang kita makan justru membahayakan kemampuan otak kita.

Baca Juga : 5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah

Saat ini, sebagian besar makanan sudah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Beberapa makanan bahkan dipercaya dapat menurunkan kekebalan tubuh kita atau sistem imun.

Jika sudah demikian, maka potensi terkena bahaya juga meningkat. Beberapa diantaranya bahkan dikaitkan dengan penyakit autoium seperti skelerosis, stress, tekenan darah tinggi dan lain sebagainya.

Tetapi, apakah semua ini berkaitan erat dengan makanan yang kita makan? Perut kita pada dasarnya membantu kita untuk mengolah makanan tersebut dan juga bertindak sebagai penjaga sistem imun. Hormon yang ada di perut kita akan masuk ke dalam otak dan mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. .

Makanan untuk otak ini pada dasarnya kaya akan antioksidan, lemak dan vitamin serta mineral yang cukup memberikan tenaga dan melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

Terutama, penyakit yang berkaitan erat dengan otak. Jadi, apabila kita berusaha untuk menjaga kemampuan otak kita, memilih makanan yang tepat sangat penting.

5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Fokus

Meski pada dasarnya ada 15 jenis makanan yang bermanfaat pada otak kita, yang sudah dikonfirmasi oleh ilmuwan, namun ada 5 jenis makanan yang ternyata cukup baik untuk meningkatkan fokus seseorang. Makanan apa saja itu? simak selengkapnya.

1. Alvokat

via alosehat.com

Buah ini merupakan satu dari sekian banyak buah yang mempunyai khasiat untuk menyehatkan tubuh. Alvokat juga digemari oleh banyak orang sehingga reputasinya cukup baik ditengah masyarakat ketimbang buah-buahan lain.

Meski beberapa dokter menyarankan agar tidak mengkonsumsinya karena kandungan lemaknya yang tinggi tetapi perlu diketahui bahwa buah ini sangat kaya akan lemak monotepu atau lemak sehat. Lemak ini pada dasarnya berfungsi untuk mengeluarkan gula dalam darah dan mencerahkan kulit.

Baca Juga : 5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia

Alvokat mengandung vitamin K dan folat yang dapat membantu anda untuk mencegah darah beku di dalam otak, menghindari risiko terkena stroke dan juga meningkatkan kemampuan kognitif terutama dalam hal ingatan dan daya fokus.

Alvokat juga kaya akan vitamin B dan C yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Tambahan juga, buah ini mengandung protein yang tinggi serta gula yang rendah dibanding dengan buah-buahan lain. Bukan itu saja, teksturnya yang berkrim bisa digunakan untuk smoothie rambut.

2. Ubi bit

via okezone.com

Ini merupakan salah ubi-ubian yang dapat diperoleh dengan mudah. Lebih tepat ini bukanlah ubi melainkan sayur-sayuran akar dengan banyak khasiat.

Akarnya dapat mengurangi radang sementara kandungan antioksidan tinggi yang ada dalam akarnya juga mampu melawan kanker serta berguna untuk melawan toksin berbahaya dalam tubuh anda.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Paling Banyak Dicari Perusahaan Saat Ini

Selain itu, kandungan nitrat yang ada didalamnya akan meningkatkan aliran darah ke otak yang membantu meningkatkan prestasi mental seseorang. Ubi bit juga biasa digunakan oleh olaragawan saat berolahraga karena dipercaya mampu meningkatkan stamina.

3. Blueberry

via fruitgrowernews.com

Ini merupakan salah satu buah yang dapat anda makan setiap hari. Kandungan yang terdapat dalam buah ini memiliki khasiat yang tinggi. Selain itu, buah beri biru merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan dan Vitamin C, K dan serat.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Rambut Rusak

Selain itu, berkat kandungan asidnya buah beri ternyata sangat bagus untuk melindungi kemampuan otak anda seperti fokus dan daya ingat.

4. Brokoli

via erabaru.net

Ini merupakan salah satu makanan terbaik yang pernah dikenal yang sangat bermanfaat bagi otak seseorang. Kandungan vitamin K dan Choline yang tinggi didalamnya membuat brokoli sangat digemari oleh masyarakat.

Brokoli juga menjadi bahan dasar untuk makanan bayi sebab ia mampu meningkatkan kapasitas otak seseorang saat masih bayi sekaligus meningkatkan daya ingat dan juga fokus saat dewasa.

Baca Juga : 5 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Stamina Saat Bekerja

Brokoli kaya akan vitamin C. Misalnya, satu buah brokoli saja mengandung 150% vitamin C yang disarankan untuk di konsumsi. Selain itu, brokoli juga mengandung serat tinggi sehingga saat mengkonsumsinya anda akan cepat kenyang.

5. Seledri

via tribunnews.com

Daun seledri mengandung 16 kali lebih besar kalori dibanding daun-daun lain seperti kemangi. Daun ini menawarkan khasiat yang tidak sedikit. Seledri dapat melindungi anda dari peradangan karena kandungan atioksidan dan polisakrarida yang tinggi.

Seledri biasanya disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita masalah sendi. Sebab, daunnya dipercaya dapat mengurangi tanda-tanda yang melibatkan peradangan sendi tersebut.

Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Kamu Ketahui

Daunnya juga kaya akan nutisisi seperti vitamin, mineral dan kalori yang rendah. Ia juga merupakan snack terbaik jika anda mau menurunkan berat badan tapi kesulitan untuk diet.

Selain itu, daun, pucuk dan bijinya juga berguna untuk mengatasi masalah-masalah lain terkait dengan fokus dan kemampuan otak.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 5 makanan yang dapat meningkatkan fokus. Makanan ini termasuk buah dan daun-daunan dengan khasiat yang banyak.

Jika anda ingin meningkatkan kemampuan kognitif anda, termasuk soal daya ingat dan fokus, disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan diatas.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *