Mudah dan Ampuh! Berikut 5 Cara Mengatasi Stres

4 Likes Comment
mengatasi stres

5 Cara Mengatasi Stres – Ada banyak penyebab mengapa seseorang stres. Mulai dari pekerjaan yang menumpuk, urusan keluarga, pacar, hingga faktor-faktor lain yang sifatnya subjektif.

Untuk anda yang sedang stres, anda bisa mengikuti tips-tips yang akan saya ulas dibawah ini. Tips ini sangat sederhana dan mungkin bisa membantu anda mengatasi stres dengan cepat dan efektif.

Semua tips dibawah ini butuh usaha anda. Usaha tersebut bisa berjalan maksimal apabila anda mau membuka diri terhadap setiap peluang yang mungkin bisa membantu anda mengatasi stres.

5 Cara mengatasi stres dengan mudah dan berhasil

Nah berikut disajikan 5 tips atasi stres dengan mudah dan berhasil. Tips apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya:

1. Cari tahu apa penyebab stres

Langkah paling utama untuk mengatasi stres adalah mencari tahu penyebabnya. Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa mengambil langkah-langkah berikutnya yang dianggap perlu.

Penyebabnya sangat beragam mulai dari tugas atau pekerjaan yang menumpuk, soal pacar dan keluarga, atau mungkin karena dibully di sekolah dan lain sebagainya. Secara umum, ada beberapa penyebab utama mengapa seseorang itu stres, antara lain:

  • Faktor internal atau dari dalam diri. Faktor ini adalah faktor paling dominan karena hampir dialami sebagian besar orang
  • Faktor lingkungan atau tempat bergaul
  • Faktor pekerjaan, organisasi dan juga sekolah

Setelah anda mengetahui penyebabnya, langkah berikutnya adalah mengurai penyebab intinya. Apakah itu karena sikap atasan yang semena-mena atau mungkin karena teman kelas yang selalu menggertak.

Jika sudah mengurai, maka anda bisa mengambil langkah-langkah berikutnya, untuk mengatasi stres tersebut dibawah ini.

2. Lakukan aktivitas lain yang mungkin bisa membantu mengatasi stres

Setelah anda mengetahui penyebabnya, langkah berikutnya adalah melakukan berbagai aktivitas yang mungkin bisa membantu mengurangi stres.

Cara ini pada dasarnya bertujuan untuk mengalihkan perhatian, pikiran dan fokus anda. Karena biasanya orang yang stres pikirannya enggak akan bisa fokus.

Stres disebabkan karena pikiran yang bekerja untuk mengolah dan berusaha meresponnya. Jika respon tidak dapat dilakukan secara logis, anda mungkin akan depresi hingga melakukan hal-hal yang mungkin tidak akan menjadi solusi.

Pada poin kedua ini, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan perhatian saat stres, antara lain:

a. Menulis

Apa menulis bisa menghilangkan stres? Ya, pada beberapa orang. Dan pengalihan stres semacam ini mungkin bisa membantu anda. Silahkan ambil buku catatan dan pulpen yang ada lalu tulis tentang perasaanmu saat ini.

Manusia sebenarnya butuh teman curhat, jika tak ada teman curhat, maka ia akan melakukan kegiatan monolog lain seperti menulis pada buku atau mungkin berbicara pada diri sendiri.

Saat anda menulis sebaiknya hindari handphone atau perangkat serupa lain yang mungkin bisa membuat anda lebih stres lagi.

Mengapa saya tidak menyarankan hal itu? Karena handphone dan beberapa perangkat elektronik lain bisa membuat seseorang cepat bosan.

Sebenarnya, saat menulis postingan ini saya juga sedang stres. Untuk mengatasinya, saya menulis. Karena, saya suka menulis dan menulis selama ini sudah membantu saya untuk mengatasi stres.

Baca Juga : Cara Menulis Esai Deskriptif Tentang Orang Atau Tempat

Saat saya menulis, jujur, ada kata-kata mak*an yang saya gunakan, saya gak bisa fokus, menulis secara acak entah itu huruf, gambar, angka, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk mengalihkan perhatian saya sendiri.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan. Semua tulisan yang ditulis itu akan menggambarkan emosi anda. Jika ada kata-kata mak*an, bentuk emosinya adalah amarah.

Cara ini secara langsung bisa membantu saya untuk lebih lepas, lebih bebas dan mulai bisa mengontrol emosi. Ini juga lebih fair menurut saya.

Coba bayangkan jika anda berbicara dengan orang lain, lalu anda menyebut nama-nama penghuni kebun binatang diatas, agak tidak etis kan?

Mungkin bisa timbul masalah baru, anda akan merasa tidak nyaman dengan teman curhat dan tidak bisa lepaskan semua unek-unek anda.

b. Menonton Film

Cara ini cukup populer dilakukan oleh seseorang untuk melawan stres. Di bagian atas sebenarnya saya menyebut perangkat lain tapi tidak terbatas pada aktivitas seperti menonton film di laptop, gadget atau mungkin di TV.

Biasanya, saat orang stres ia akan mengeluarkan banyak sekali energi di tubuhnya. Energi itu terbuang karena pikirannya yang hanya berpikir tentang perasaannya saat ini, sehingga menghilangkan motivasi yang ada.

Dengan kata lain, anda butuh rangsangan yang lebih kuat, termasuk juga sentuhan dan pengalih perhatian seperti musik, audio, video visual dan cerita lucu.

Baca Juga : 10 Cara Agar Bisa Menulis Tiap Hari

Untuk cerita lucu, saya sarankan agar anda bisa nonton video-video Stand Up Comedy seperti Abdur atau Arie Kriting dan komika lain.

Cara ini secara tidak langsung akan mempengaruhi emosi anda, juga bisa membantu meningkatkan kreativitas yang akan mempengaruhi perasaan anda untuk bertindak.

Jika tidak ada video komedi anda bisa nonton film-film lain yang mungkin bisa membawa perasaan anda untuk berimajinasi seperti Narnia, Pirates of caribean dan lain sebagainya.

Tetapi ingat, usahakan film-film tersebut mampu memberi inspirasi dan memotivasi bagi anda untuk dalam menjalani hidup.

c. Makan

Ada juga orang yang kalau stres sukanya makan terus. Ada juga yang saat stres ogah makan, badmood dan lain sebagainya.

Namun cara ini sebenarnya bisa menjadi pengalih perhatian yang cukup ampuh saat stres. Cobalah makan cemilan berupa coklat yang bisa memberikan efek gembira.

Jika anda tidak suka makan, anda bisa lakukan cara-cara lain seperti yang saya sebutkan diatas atau di bawah ini.

Namun yang terpenting, jika anda suka makan, sebaiknya hindari makanan dengan karbohidrat tinggi karena itu bisa berdampak buruk pada kesehatan anda.

3. Praksis

Salah satu solusi yang lazim dilakukan oleh orang lain saat stres adalah meditasi. Meditasi sebenarnya hanya mampu menenangkan diri saja.

Biasanya, meditasi adalah proses merelaksasi diri, yang mungkin akan mengembalikan perhatian anda sementara.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Oleh karena itu, mencegah sifat sementara ini anda bisa berpraksis. Praksis adalah suatu kegiatan seperti meditasi yang prosesnya berangkat dari aksi-refleksi-aksi-refleksi dan seterusnya.

Yang berarti, dalam proses praksis ini anda coba cari tahu apa penyebab stres, solusi yang bisa diambil, dampak dari solusi tersebut dan lain sebagainya.

Juga, ini bisa membantu anda untuk berpikir lebih bijak lagi saat anda mengalami pengalaman serupa. Yang mungkin bisa menambah tingkat kedewasaan diri saat menyikapi sesuatu.

4. Masih tetap stres? Coba cari udara segar

Udara segar membantu anda untuk lebih segar dan fresh. Dengan kata lain, ini bisa membantu anda untuk memikirkan kembali apa penyebab dan solusi yang bisa anda ambil.

Udara segar juga bisa ada dimana saja seperti dibawah pohon. Atau mungkin, anda bisa jalan-jalan keluar rumah, ke taman atau ke tempat lain.

Setidaknya dengan cara tersebut bisa membantu mengalihkan stres sementara waktu sembari memikirkan langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengatasi stres.

5. Kendalikan diri

Langkah paling terakhir adalah kendalikan diri anda. Mengendalikan diri berarti juga mengendalikan emosi anda.

Jika anda stres karena hal-hal seperti pacar yang selingkuh, jangan terlalu risau soal itu. Masih banyak hal yang menunggu anda didepan sana.

Masih banyak hal juga yang bisa anda lakukan di kemudian hari. Untuk kasus ini, sebaiknya yakinkan diri anda untuk bisa mendapatkan sosok yang lebih baik di masa mendatang.

Jika stres karena pekerjaan yang menumpuk atau tugas yang terlalu banyak, cobalah jalan-jalan, atau lakukan beberapa hal yang sudah saya sebutkan diatas. Karena hanya anda yang tahu penyebab dan solusi saat mengalami stres.

Penutup

Stres sebenarnya adalah respon tubuh saat menghadapi tekanan, ancaman atau mungkin karena perubahan yang terjadi dilingkungan.

Penyebabnya bisa beragam, bahkan dalam kasus tertentu, stres bisa berujung depresi dan tindakan bun*h diri, yang justru tidak menyelesaikan masalah.

Bersikaplah gentle untuk menyelesaikan masalah yang mungkin jadi penyebabnya, sebab anda sendirilah yang mengalami dan anda sendirilah yang harus mengatasinya.

Demikian artikel tentang 5 cara sederhana untuk mengatasi stres. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *