Lakukan 4 Hal Sederhana Ini Untuk Mencegah Banjir

4 Likes Comment
tips menghadapi bencana banjir

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir terjadi. Banjir sendiri merupakan salah satu jenis bencana yang sering terjadi di wilayah yang dekat dengan bantaran sungai atau danau.

Sayangnya, masyarakat yang tinggal di dekat wilayah yang rawan banjir belum mampu melaksanakan mitigasi bencana banjir dengan baik.

Banjir yang terjadi disebabkan oleh banyak hal mulai dari intensitas hujan yang tinggi dan menyebabkan air meluap, penggundulan hutan serta sampah-sampah yang menghambat aliran air, termasuk juga lahan rembesan yang kurang.

Lakukan 4 Hal Sederhana Ini Untuk Mencegah Banjir 

Namun, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah banjir terjadi. Cara ini dapat dilakukan di rumah atau di lingkungan tempat anda tinggal. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

1. Membuat sumur resapan air

Tips Menghadapi Bencana Banjir
via mediaindonesia.com

Hal ini bertujuan agar air yang mengalir dapat meresap ke dalam tanah dalam waktu yang cepat. Apalagi, jika kuota air yang datang sangat banyak, terlebih di saat musim penghujan.

Dengan cara ini, air yang ada akan masuk lewat sumur lalu meresap didalam tanah sehingga tidak membuat air tergenang.

2. Menanam pohon

Tips Menghadapi Bencana Banjir
via thetanjungpuratimes.com

Selain untuk mengurangi emisi udara karena daya serap karbon yang tinggi, pohon juga bisa berguna saat banjir. Karena pohon bisa menyerap kadar air dengan cepat, menahan abrasi tanah dan menjadi sumber oksigen utama bagi makluk hidup.

Baca Juga : 5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Salah satu contoh pohon yang punya daya serap tinggi adalah pohon jati. Pohon jati juga bisa menjadi sumber penghasilan apabila sudah cukup usia untuk ditebang.

Selain jati, ada juga beberapa pohon yang punya daya serap yang sama. Dan ini wajib di tanam apabila dilingkungan tempat anda tinggal sering terjadi banjir.

3. Bersihkan drainase dan saluran air

Tips Menghadapi Bencana Banjir
via gencil.news

Salah satu penyebab utama banjir adalah drainase atau saluran air yang tersumbat. Air yang tersumbat itu kemudian tergenang dan meluap ke ruas jalan dan pemukiman warga.

Salah satu penyebab air tersumbat adalah sampah-sampah rumah tangga berupa kantong plastik, pakaian dan lain sebagainya.

Sebenarnya, agar menghindari air tersumbat disaluran, ada baiknya secara berkala anda membersihkannya. Jangan menunggu petugas, terlebih jika anda tinggal di daerah perkotaan, yang dekat dengan sungai.

Yang paling penting, baiknya anda tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya dan pastikan anda sudah bisa memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Membuang sampah pada tempatnya mungkin tergolong mudah dilakukan tetapi efeknya sangat besar. Selain membuat lingkungan tempat anda tinggal menjadi asri juga bisa membantu mencegah banjir terjadi.

4. Mengendalikan Rumah Hunian

Tips Menghadapi Bencana Banjir
via prokal.com

Rumah-rumah yang ada disekitar sungai ternyata menjadi salah satu penyebab banjir. Sebab rumah dapat menghambat air yang mengalir di bantaran sungai.

Apalagi, jika rumah tersebut dibangun sudah menghambat aliran sungai, sehingga, saat volume air meningkat, secara tidak langsung air akan meluap karena aliran yang terhambat.

Penutup

Setiap tahun, bencana banjir selalu dialami oleh masyarakat Indonesia, baik banjir biasa atau musiman hingga banjir bandang.

Banjir juga telah menjadi sumber penyakit utama yang dialami warga, termasuk meningkatnya penyakit gatal-gatal, gigitan nyamuk, diare dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, keterlibatan anda dan orang lain untuk mencegah banjir terjadi sangat dibutuhkan. Karena memang, lebih baik mencegah daripada mengatasinya.

Nah demikian artikel 4 hal sederhana yang harus dilakukan untuk mencegah banjir terjadi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *