[Panduan Singkat] 15 Cara Menaikkan Page Rank

6 Likes Comment
tips ampuh tingkatkan page rank

sebenarnya, untuk menaikkan page rank yang dibahas pada artikel ini hanya berdasarkan analisis logartima search engine seperti Google.

Karena memang, page rank sebuah blog bisa saja naik dan bisa saja turun. Hal ini adalah sesuatu yang wajar, mengingat tingginya persaingan untuk posisi pada page rank.

Google sendiri tidak pernah memberitahukan bagaimana page rank akan dihitung. Hanya ada beberapa tools saja yang menilai berdasarkan analisis khusus yang dilakukan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mencari referensi yang lain. Karena, bisa saja, poin-poin yang sedang dibahas disini sudah tidak relevan lagi.

Alasannya sederhana, karena setiap bulan berjalan [biasanya tiap 3 bulan] logaritma Google akan diperbaharui dan disempurnakan.

Saat pembaharuan, akan ada penurunan posisi blog di Search Engine, yang berdampak pada Page Rank, termasuk didalamnya Page Authority dan Domain Authority.

Tapi, bagaimana Google meberi peringkat pada suatu blog?

Peringkat, dalam hal ini Page rank biasanya dihitung menggunakan algoritma yang dibuat oleh khusus oleh mesin pencari. Secara umum, ada beberapa unsur penentu page rank antara lain:

  1. Backlink
  2. Inbound links
  3. Tautan internal
  4. Tautan eksternal
  5. Tautan tidak diikuti (link no-follow)
  6. Tautan do-follow
  7. Dll

Sebagian besar search Engine, termasuk Google, Bing dan Yahoo! akan melakukan analisis tautan diatas untuk menetapkan peringkat suatu halaman web secara numerik.

Peringkat itu dimulai dari #0 [Untuk featured snipped dan Maps] dan peringkat 1 hingga 10 dari situs web yang berebda.

Dalam beberapa kasus, peringkat ini bisa saja diisi oleh Situs yang sama, asalkan, tidak ada indikasi Kanibalisasi kata Kunci.

15 Cara Menaikkan Page Rank

Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan artikel tentang 15 cara menaikkan page rank. Pasti penasaran kan caranya? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buat konten berkualitas tinggi

Untuk meningkatkan page rank blog atau situs web Anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat konten yang berkualitas tinggi. 

Konten yang berkualitas tinggi adalah konten dengan pembahasan yang panjang, membahas dari A-Z, tidak menahan informasi dan tidak bertele-tele.

Pada dasarnya, konten yang berkualitas tinggi itu dimulai dari 1000 kata-5000 kata. Jika anda tidak mampu membuat konten yang panjang dengan jumlah karakter diatas, buatlah batasannya.

Misalnya, dalam satu artikel wajib terdiri dari 500 kata atau lebih. Ini sudah cukup. Asalkan anda konsisten pada jumlah kata tersebut.

2. Backlink yang berkualitas

Langkah kedua adalah mencari backlink yang berkualitas. Backlink tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara mulai dari backlink yang diperoleh secara cuma-cuma dari blog lain, menjadi guest post hingga backlink dari situs web yang memiliki otoritas tinggi.

3. Membuka postingan tamu

Sebenarnya, membuka guest post adalah salah satu cara lazim yang umum digunakan untuk meningkatkan frekuensi postingan dalam blog.  Target lainnya adalah untuk meningkatkan page rank blog atau situs web bersangkutan.

Ada banyak sekali manfaat membuka postingan tamu di blog, yang memungkinkan pengunjung membuat dan memposting artikel didalam blog dengan imbalan berupa uang, backlink dan juga hadiah lain.

Jika anda tidak punya duit, sebaiknya beri imbalan berupa backlink yang tertaut atau hadiah khusus lain. Tapi, usahakan agar imbalan tersebut tidak membebani anda.

4. Tukaran backlink

Ini juga jadi salah satu teknik yang umum untuk memperoleh backlink. Bahkan, tidak harus menjadi seorang guest post di blog orang lain.

Anda bisa tukaran backlink. Sebelum itu, sebaiknya anda menghubungi pemilik blog, lalu menyampikan maksud dan tujuan anda.

Jika ia bersedia, maka anda bisa membuat artikel khusus atau artikel lama lalu menautkan kepada blog yang anda hubungi tadi.

Tapi usahakan harus anda simbiosis mutualisme antara blog anda dan blog yang dihubungi tadi. Selain itu, perhatikan juga bahwa blog yang anda hubungi mengangkat niche yang sama dengan blog anda.

5. Update konten secara berkala

Search engine seperti Google sebenarnya sangat suka pada blog yang artikelnya terus di update secara berkala. Apa yang diupdate sih? Tentu saja konten.

Oleh karena itu, terus perbaharui konten anda setiap hari. Atau minimal, seminggu sekali dengan konten yang segar dan unik.

Semakin banyak konten yang anda posting, semakin besar peluang blog anda dikunjungi orang lain. Dan semakin banyak pengunjung, Page rank blog anda semakin meningkat.

Semua ini memiliki korelasi. Mulai dari konten yang diposting, pengunjung harian, page rank, domain authority, page authority dan lain sebagainya.

6. Rajin-rajinlah berkomentar di blog orang lain

Berkomentar di blog orang lain merupakan proses yang sangat penting untuk memperkenalkan blog anda kepada orang lain.

Bukan hanya itu saja, dengan berkomentar akan ada wawasan baru yang didapatkan, terutama seputar niche blog yang anda angkat.

Lebih jauh lagi, berkomentar di blog orang lain bisa menambah ide untuk membuat postingan blog yang lebih baru dan segar.

Dan, yang mungkin tidak anda sadari, komentar-komentar tersebut bisa menjadi kredit yang akan menambah poin page rank di mesin pencari.

Anda bisa berkomentar di blog orang lain, pada komunitas blogger, bookmarking sosial, dan lain sebagianya.

Disisi lain, jika ada orang yang berkomentar di blog anda, jangan pernah acuhkan. Jika penting, usahakan agar anda selalu menjawabnya.

Ibaratnya, anda harus aktif membalas komentar. Plus, ada beberapa blog yang memberikan tautan balik atau backlink do-follow dari kolom komentar.

7. Bergabung ke social bookmarking di Internet

Ini wajib dan harus. Mengapa? Karena social bookmarking adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk meningkatkan page rank blog anda.

Bookmarking sosial memiliki kohesi pada popularitas blog. Pada akhirnya, kohesi ini akan menjadi indikator utama page rank suatu blog.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Bookmarking social juga memungkinkan anda untuk memperoleh backlink dan trafik secara gratis. Ada beberapa situs bookmarking sosial yang sangat populer saat ini, antara lain:

  • Facebook
  • Quora
  • Squidoo
  • Digg
  • Hub
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Dll

8. Meningkatkan aksebilitas blog

Ada yang tahu gak aksebilitas itu apa? Ini merupakan ukuran keatifan sebuah situs web atau blog. Jika blog sudah terlalu lama vakum maka akan berdampak pada page rank blog itu sendiri.

Oleh karena itu, usahakan agar blog anda itu tetap aktif dan bisa diakses kapan saja. Kalaupun down, usahakan tidak lebih dari 1 bulan.

Jika sudah lebih, bisa berdampak pada DA, PA dan juga page rank itu sendiri. Bahkan, dalam beberapa kasus penurunannya sangat drastis.

9. Targetkan keyword yang populer

Keyword yang populer adalah kata kunci yang sering dikunjungi dan sering dicari di search engine. Dan saat ini, para pengunjung biasanya mengetikkan keyword dalam satu kalimat penuh.

Jangan targetkan hanya satu suku kata saja [satu kata kunci]. Baiknya, targetkan 4 atau lebih suku kata, yang sering dicari oleh pengguna.

Dengan cara ini, peluang blog anda tampil di mesin telusur akan terbuka lebar. Peluang menaikkan page rank juga akan meningkat.

10. Beriklan

Untuk memperkenalkan situs web anda, bisa dengan mengiklankannya di Facebook, AdWords dan media perikalanan lain.

Memang sih, agak susah untuk beriklan apalagi jika blog tersebut dikelola secara mandiri dan personal, alias tanpa modal.

Tidak apa-apa. Anda bisa sisihkan sedikit uang untuk beriklan atau bisa juga dengan membeli backlink dari blogger lain dengan DA yang tinggi.

11. Perkuat tautan internal

Tautan internal bisa berupa widget atau konten Baca Juga yang dibuat secara manual. Perannya sangat penting untuk menghubungkan setiap artikel yang ada di dalam blog anda.

Disisi lain, tautan internal bisa meningkatkan page view blog dan meningkatkan bouncing rate [waktu bertahan didalam blog].

Dua elemen itu cukup penting dalam hal page rank. Karena bisa menjadi indikator tambahan dalam penilaian page rank.

12. Berpartisipasi dalam forum

Google sangat suka pada forum-forum internet yang terus diperbaharui. Dan anda, sebagai blogger, bisa berpartisipasi didalamnya.

Salah satu forum yang cukup populer di Indonesia adalah Kaskus. Manfaatkan hal ini untuk memperoleh trafik sekaligus untuk menaikkan page rank.

Kapan Google akan melakukan evaluasi page-rank?

Google Re-evaluate Page Rank biasanya akan dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun [bisa saja lebih bisa saja kurang]. Jadi, secara tidak langsung, evaluasi akan dilakukan selama 3 bulan sekali.

Dan yang paling penting disini: Jangan pernah menggunakan teknik black hat SEO

Menggunakan teknik SEO yang ilegal memang bisa membuat situs web anda langsung muncul di halaman pertama pencarian Google, tetapi hanya sementara.

Saat ini, Google sudah sangat cerdas untuk mendeteksi dan mengatasi blog yang menerapkan teknik yang satu ini. Oleh karena itu, sebaiknya anda berhati-hati.

Penutup

Sebenarnya, cara menaikkan pega rank diatas dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan SEO blog anda dengan baik.

Karena, elemen-elemen yang diulas diatas erat kaitannya dengan SEO, baik untuk SEO internal ataupun SEO eksternal.

Nah demikian artikel tentang 15 tips menaikkan page rank. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *