Inilah 18 Masjid Dengan Interior Terbaik Di Dunia

9 Likes Comment
mesjid paling menakjubkan

Ada ribuan dan bahkan jutaan Masjid di seluruh dunia, beberapa diantara dianggap sebagai masjid dengan interior terbaik di dunia.

Masjid-masjid itu bukan saja digunakan sebagai tempat beribadah, tetapi juga menjadi sebuah ikon, saksi sejarah dan mempunyai desain yang unik berbalut budaya.

Hal itu membuat Masjid-masjid tersebut menjadi masjid paling menakjubkan di negara tersebut bahkan menjadi masjid paling menakjubkan di dunia.

Dan, hari ini, Masjid hampir ditemukan di seluruh belahan dunia. Ini sesuai fakta bahwa Islam merupakan salah satu agama dengan perkembangan sangat cepat.

18 Masjid Dengan Interior Terbaik Di Dunia

Artikel kali ini akan dibahas tentang 18 Masjid dengan interior terbaik di dunia. Apa anda sudah pernah mengunjungi salah satunya? Mudah-mudahan iya.

Jika belum janganlah berkecil hati, sebab kesempatan masih terbuka lebar di hari esok. Lalu Masjid apa saja yang paling menakjubkan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Masjid Al Haram, Mekkah

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini adalah Masjid terbesar dan tertua di dunia serta menjadi tempat tersuci bagi umat Islam diseluruh dunia. Masjid ini memiliki kapasitas 1,5 juta orang. Keberadaan masjid ini sangat penting bagi umat Islam, karena selain digunakan untuk arah Kiblat, juga digunakan untuk melakukan berbagai ritual wajib bagi umat muslim yakni tawaf dan juga Sa’i.

2. Masjid Al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Daftar kedua adalah Masjid Al-Nabawi di Arab Saudi. Selain indah, Masjid ini juga pernah di tinggali Nabi Muhammad sehingga membuat masjid ini menjadi situs tersuci ke dua bagi umat Islam.

3. Masjid Al Aqsa, Yerusalem

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Situs tersuci ketiga bagi umat muslim adalah Masjid Al-Alqsa yang berada di Yerusalem. Yerusalem sendiri merupakan kota yang suci bagi tiga agama, yakni Kristen, Yahudi dan Islam.

Muhammad dipercaya diangkut di Masjid ini dari Mesjd Al-Haram di Mekah selama perjalanan malam, sebelum akhirnya ke Surga.

4. Masjid Kubah Batu, Yerusalem

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masih di Yerusalem, Masjid kubah batu kadang dianggap sama dengan Masjid Al-Aqsa padahal berbeda. Masjid ini selain indah, juga memiliki kubah yang menakjubkan.

Kubah batu yang terdapat di masjid ini dianggap oleh umat islam dan para Ulama sebagai tempat bagi Muhammad naik ke surga. Sementara, dalam tradisi Yahudi, batu tersebut disebut sebagai tempat bagi Abraham sebelum mengorbankan putranya.

5. Masjid Biru, Istambul

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Nama Resminya adalah Masjid Sultan Ahmed tetapi lebih dikenal sebagai Masjid biru karena ubin-ubin berwarna biru yang menghiasi dinding masjid. Terdapat sekitar 20.000 ubin keramik buatan tangan yang terus merosot kualitasnya karena di makan usia.

6. Masjid Shah Faisal, Islamabad

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini selain menakjubkan, ternyata memiliki fungsi yang lain selain tempat untuk beribadah. Yakni menjadi landsan peluncuran untuk eksplorasi luar angkasa.

Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1986 dan terletak di utara kota Islamabed, di kaki bukit Margalla atau berada di bagian barat Himalaya.

7. Masjid Hassan II, Casablanca

Masjid ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1993. Dibagian puncak manara, terdapat sebuah laser yang mengarah ke laut menuju Mekah dengan panjang sekitar 20 Mil dengan tinggi mencapai 700 kaki.

8. Masjid Suleymaniye, Istambul

Masjid ini dibangun pada di masa kejayaan kekaisaran Ottoman Utsmaniyah. Selain keindahan bangunannya, juga menjadi lambang kejayaan umat islam di masa lalu.

9. Masjid Agung Syeikh Zayed, Abu Dhabi

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Ini merupakan Masjid terbesar dan terindah yang bisa ditemukan di Abu Dhabi, Arab Saudi. Dilengkapi pencahayaan yang unik pada dinding luar memproyeksikan awan yang berada di luar bangunan, yang memiliki kaitan erat dengan fase bulan. Katanya, begitu tujuan Masjid ini dibangun. Karena kalender islam adalah kalender lunar yang sesuai dengan fase bulan.

10. Masjid Nusrat Djahan, Kopenhagen

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Di Denmark, agama Islam mengisi empat persen dari populasi disana dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Masjid ini dibangun pada tahun 1967, terletak di pinggiran kota Kopenhagen. Masjid ini adalah Masjid pertama di Denmark.

11. Masjid Zahir, Malaysia

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini dibangun pada tahun 1912 di kota Alor Setar. Sejauh ini, Masjid tersebut adalah Masjid paling indah yang di akui oleh Dunia, dan juga Masjid salah satu Masjid bersejarah yang ada di Malaysia.

12. Masjid Umayyad, Damaskus

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini adalah Masjid paling menarik dan memiliki sejarah panjang di baliknya. Beberapa orang Kristen saman dulu percaya bahwa Yohanes Pembaptis di Kubur di bawah Masjid ini. Selain catatan sejarah yang menarik, Masjid ini adalah Salah satu Masjid terindah di Damaskus.

13. Masjid Agung Cordoba, Spanyol

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Dulunya, Masjid ini adalah Gereja namun pada abad pertengahan di ubah menjadi Masjid. Selain bersejarah, Masjid ini telah menjadi ikon wisata yang sering dikunjungi umat muslim di seluruh dunia.

Dibangun sekitar tahun 400 M tetapi pada abad pertengahan di buat menjadi Masjid oleh umat Muslim, setelah Reconquista.

14. Masjid Agung Bursa, Turki

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Keindahan Masjid ini ada pada kubahnya. Masjid ini memiliki 20 kubah dan didalamnya ada kaligrafi terbaik yang bisa di temukan dalam peradaban Islam di seluruh dunia. Kaligrafi itu dapat ditemui di dinding, kolom, lantai, piring dan tempat-tempat lain didalam Masjid.

15. Masjid Qolsarif, Rusia

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini dibangun pada abad ke-16 dan menjadi Masjid paling besar yang ada di Rusia. Masjid ini pernah hancur akibat peperangan yang dimulai oleh Ivan the Terrible selama perang Kazan.

Pada tahun 2016, Masjid ini kemudian dibangun kembali. Sebagian besar telah wilayah Masjid telah menjadi bagian dari Museum untuk menjaga keunikannya.

16. Masjid Kristal, Malaysia

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini dibangun pada tahun 2008 dari material baja, kaca dan Kristal. Itulah alasan mengapa Masjid ini di beri nama Masjid Kristal dan bisa menampung sekitar 1500 orang.

17. Masjid Pusat, London

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini terletak di Regent’s Park. Karena itu, beberapa orang menyebut Masjid ini dengan nama Masjid Taman Regent. Masjid ini menjadi pusat spiritual bagi umat muslim di Inggris.

18. Masjid Agung XI’AN, Cina

18 Mesjid Paling Menakjubkan Di Dunia

Masjid ini didirikan pada tahun 742 dan menjadi Masjid tertua dan paling terkenal di seluruh daratan Cina. Keindahan Masjid ini terletak pada konstruksi dan arsitektur yang lekat dalam kebudayaan Cina.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 18 dengan interior terbaik di dunia. Daftar ini dipilih berdasarkan banyak alasan, dan tidak menutup kemungkinan daftar ini akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan.

Mengingat Agama Islam merupakan salah satu agama dengan penyebaran yang paling cepat dibanding agama-agama lain di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *