Manfaat Daun Sirih Merah Dan Hijau Untuk kesehatan

6 Likes Comment
manfaat daun sirih

Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari daun sirih adalah kemampuannya membersihkan alat vital wanita dan telah digunakan sejak dulu.

Daun sirih adalah salah satu jenis herbal yang paling bermanfaat yang pernah dikenal manusia. Tanaman yang tumbuh dan besar ini memiliki daun yang kaya akan saponin, tannin, eugenol dan dapatdijadikan sebagai minyak esensial.

Kandungan ini membuat daun sirih memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Daun sirih juga dikenal mempunya sifat antisepktik, antiinflamasi dan pendiginan kulit. Khasiatnya tak terbatas untuk tubuh saja.

Jika dimasak atau diminum dengan air hangat, manfaatnya akan lebih terasa pada organ-organ tubuh manusia.  Dalam artikel kali ini akan diulas tentang manfaat daun sirih, baik daun sirih merah ataupun daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh, wajah dan juga kulit. Berikut artikelnya.

19 Manfaat daun sirih merah

daun sirih merah
via medcom.id

Sebenarnya, daun sirih merah mempunyai kandungan yang tak jauh berbeda dengan daun sirih hijau. Hanya saja, daun sirih merah diperkaya dengan flavonoid.

Menurut DrHealthBenefits.com, ada 19 manfaat utama dari daun sirih merah untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

1. Menghentikan mimisan

Mimisan adalah suatu keadaan dimana seseorang keluar darah lewat hidung dan biasanya disebabkan karena sakit kepala, jatuh dan keadaan medis lain.

Kandungan fenil poppy dan terpene pada daun sirih merah dapat membantu menghentikan pendarahan pada hidung atau yang lazim disebut mimisan.

Baca Juga : Cara Hilangkan Kerutan Di Bawah Mata

Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup gulung sepotong sirih lalu masukan ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan.

2. Pengobatan tukak lambung

Tukak lambung sebanarnya adalah satu penyakit berbahaya. Ini biasanya digambarkan sebagai suatu keadaan dimana terdapat luka [berupa borok] didalam lambung seseorang.

Kandungan Vitamin C serta zat anti septik dari daun sirih ternyata mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung.

Baca Juga : 15 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat ini, kunya 1-2 lembar daun sirih mereh lalu kunya selama 10 menit setelah itu buang. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali sehari.

3. Mengobati luka bakar ringan

Kandungan daun sirih merah berupa alkaloid, antioksidan dan vitamin C dalam daun sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar.

Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan hancurkan 3-5 daun sirih merah lalu campur dengan 2 sendok the madu dan letakan pada kulit yang terbakar 2 kali sehari.

4. Menghentikan gusi berdarah

Kandungan saponin, tannin dan kalsium serta mineral fosfor pada daun sirih merah dapat membantu mengurangi peradangan gusi yang berdarah.

Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan untuk berkumur minimal 3 kali sehari.

5. Sebagai obat bronchitis

Bronkitis adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh randang cabang tenggorokan. Untuk mengobatinya, anda bisa menggunakan daun sirih merah.

Silahkan rebus 5-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air hingga airnya tinggal setengah. Setelah itu, minumlah secara teratur minimal 3 kali sehari.

6. Obat sakit perut

Minumlah air rebusan daun sirih merah yang direbus sebanyak 7 lembar. Usahakan untuk meminumnya selama 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan lambung.

7. Gatal karena alergi dan gigitan serangga

Untuk menghilangkan gatal karena alergi atau gigitan serangga, silahkan rebus 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi minimal 2-3 kali sehari.

8. Sebagai obat inframasi prostat

Kandungan tannin dan saponin serta hydroxychavicol membantu meregenerasi sel-sel yang membuat anda mengalami kelenjar prostat.

Baca Juga : Cara Mengobati Gusi Berdarah Dengan Mudah dan Berhasil

Untuk mendapatkan manfaatnya, silahkan rebus 3-7 daun sirih merah yang masih muda lalu minum minimal 3 kali dalam sehari.

9. Mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan satukeadaan dimana tekanan tdarah yang berada di atas rata-rata normal. Dan biasanya digambarkan sebagai satu tekanan sistolik yang lebih tinggi dari 160 mm Hg [biasanya juga digambarkan sebagai penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang naik secara tidak normal].

Daun sirih merah mengandung minyak atsiri dan fenol yang mampu menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, lalu diminum 2 kali sehari.

10. Batuk

Batuk merupakan satu penyakit pada jalan pernafasan atau paru-paru seseorang yang kerap kali menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan sehingga merangsang penderita mengeluarkan bunyi yang keras seperti menyalak.

Siapkah 5 lembar daun sirih merah lalu rebus dengan 300 ml air dan minum minimal 2 kali dalam sehari.

11. Mengobati bengkak

Daun sirih bisa mengobati pembengkakan payudara setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol yang terdapat pada daun sirih bisa membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang.

Untuk mendapatkan manfaatnya silahkan bakar daun sirih merah sampai layu setelah itu silahkan tempel di payudara yang bengkak saat masih hangat.

12. Mengobati tumor

Tumor adalah pembengkakan pada jaringan tubuh karena ketidaknormalan kondisi tubuh dan biasanya digambarkan dengan bengkak akibat dari radang.

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang terdapat pada daun sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan menghacurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dalam tubuh.

13. Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi daun sirih merah ternyata dapat mengurangi kadar gula darah. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol serta piren pada daun sirih merah akan membantu kinerja insulin untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

14. Pengobatan alternatif pneumonia

Pneumonia adalah satu keadaan atau penyakit dimana penderita menderita radang paru-paru. Dan daun sirih merah menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk penyakit ini.

Silahkan rebus daun sirih merah dengan 5-7 lembar daun sirih merah dengan 500 ml air setelah itu minum secara teratur untuk membersihkan area paru-paru.

15. Mengobati asam urat

Daun sirih merah ternyata bisa membantu meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan rebus 500 ml dengan 5-7 daun sirih merah lalu minum secara teratur untuk membersihkan area paru-paru;.

16. Mengurangi bau badan

Estradiol dan klavikula yang ada pada daun sirih merah akan mengontrol produksi hormone dan kelenjar keringat.

Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan oleskan 2 lembar daun sirih merah yang telah di tumbuk ke area ketiak secara teratur

17. Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan kapitol pada daun sirih merah bisa membantu mengatasi masalah bau mulut.

Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan berkumur dengan daun sirih merah secara teratur saat pagi dan sore hari.

18. Mengobati penyakit jantung coroner

Haluskan 3 potong daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau kubus buah serta 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan.

Setelah itu, silahkan tuang pada air mendidih lalu oleskan. Minum air putih 2 kali sehari.

19. Mengobati kencing manis

Terakhir dan tak kalah penting, daun sirih membantu mengobati penyakit kencing manis. Untuk mendapatkan manfaat ini, silahkan blencer 5 lembar daun sirih merah lalu campur dengan segelas susu dan 1-2 sendok madu.

Setelah itu minum minimal seminggu sekali. Nah itu dia manfaat daun sirih merah untuk organ dalam dan menjadi pengobatan alternatif.

Tapi rasanya tak lengkap kalau kita hanya membahas manfaat daun sirih merah saja. Jadi, dalam artikel ini juga akan dibahas tentang manfaat daun sirih hijau. Berikut artikelnya:

10 Manfaat daun sirih hijau

daun sirih hijau
via liputan6.com

Meskipun tidak mengandung flavonoid seperti daun sirih merah, manfaat daun sirih hijau juga tidak bisa diremehkan. Ingin tahu apa saja manfaat daun sirih hijau? Berikut disajikan manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan luka

Manfaat utama daun sirih hijau adalah membantu mempercepat penyembuhan luka. Antioksidan yang terdapat pada daun sirih hijau mampu menyembuhkan strees oksidatif sehingga bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kesehatan Lidah Dengan Mudah Dan Berhasil

Untuk mendapatkan manfaat ini, silahkan kompres luka dengan daun sirih yang sudah di tumbuk, lalu balut dengan perban.

2. Mengurangi rasa sakit

Daun sirih hijau mengandung chavicol tinggi yang berfungsi sebagai agen antiinflamasi. Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan rebus daun sirih hijau dan minum.

3. Mengobati gangguan pencernaan

Air rebusan daun sirih membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Untuk mendapatkan manfaat ini silahkan oleskan daun sirih ke perut dengan minyak daun sirih yang bisa memperlancar pencernaan.

4. Menurunkan berat badan

Makan daun sirih hijau bisa meningkatkan sistem metabolism tubuh, meningkatkan sekresi pencernaan dan menghilangkan kelebihan air dan racun dari tubuh. Semua hal ini dapat cukup penting untuk menurunkan berada.

5. Mengobati sakit tenggorokan

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang terdapat pada daun sirih merah menjadikannya obat alami untuk mengatasi demam dan sakit tenggorokan.

6. Obati disfungsi ereksi pada pria

Daun Sirih hijau bisa membantu melebarkan pembuluh darah di alat vital yang bermanfaat sebagai anti depresi.

7. Melawan kanker

Manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui adalah sebagai obat anti kanker. Mengunyah daun sirih diketahui bisa mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan proses penyembuhan bagi penderita leukemia myeloid kronis.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Bibir Dengan Mudah

Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Institut Biologi Kimia India (IICB), Institut Hematologi dan Kedokteran Transfusi, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

8. Mengatasi rasa gatal

Alergi atau masalah kulit dapat diatasi dengan mandi air sirih. Rendam daun sirih hijau dalam seember air panas, lalu tunggu sampai airnya hangat dan sudah bisa gunakan untuk mandi.

9. Atasi luka bakar

Daun sirih ternyata dapat digunakan untuk luka bakar ringan. Cuci sirih, lalu remas. Tambahkan sedikit madu organik lalu tempelkan di kulit yang terbakar.

10. Cegah bau badan

Minyak esensial dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tidak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Penutup

Manfaat daun sirih merah dan hijau tak lepas dari kandungannya yang kaya akan zat yang berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Anda bisa mendapatkan manfaat serupa apabila anda mengkonsumsi daun sirih tersebut sesuai dengan penyakit atau masalah yang diderita.

Demikian artikel tentang manfaaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *