Kira-Kira Apa Manfaat Dari Ngeblog?

2 Likes Comment
manfaat dari ngeblog

Kira-Kira Apa Manfaat Dari Ngeblog? – Menjadi blogger adalah sebuah profesi yang menyenangkan. Saya menggunakan kata profesi agar hal ini terdengar lebih familiar sekaligus bentuk penghormatan saya pribadi kepada para blogger lain yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging.

Memang sih, kegiatan ngeblog bukanlah profesi unggulan yang menjadi idaman banyak orang. Meski bukan profesi idaman, tapi banyak sekali manfaat yang bakal didapatkan selama ngeblog. Entah itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Baca Juga : Logaritma Broad Core Google Diperbaharui? Ini Dampaknya Bagi Blogger

Mungkin juga, manfaat yang anda dapatkan selama ngeblog berbeda antar satu orang dengan orang lain. Kita juga punya definisi yang berbeda-beda soal kata manfaat disini. Namun, yang perlu anda ketahui disini adalah bahwa manfaat yang didapatkan itu masih relevan sampai 20-30 tahun mendatang.

Jadi seharusnya kita bangga sebagai blogger. Karena dari dunia blogginglah kita melihat bahwa dunia itu luas, plural dan tidak sempit. Karena dari sinilah kita menemukan siapa diri kita, apa yang kita sukai dan bagaimana cara kita menyukainya.

Dalam artikel ini saya sudah merangkum 8 manfaat ngeblog kini dan nanti. 8 Manfaat ini berasal dari pengalaman saya sendiri dan sudah saya pahami.

Apalagi pada pada beberapa tahun ke depan era revolusi industri 4.0 akan terjadi, maka meningkatkan kemampuan di bidang teknologi sekaligus meningkatkan kemampuan ngeblog adalah hal yang mutlak dilakukan. Lalu apa sih yang menjadi manfaat sebenarnya dari ngeblog? Ini jawabannya.

1. Mampu mempelajari banyak hal

Belajar memang tidak mengenal batasan dan waktu. Artinya kita belajar kapan saja dan dimana saja. Begitu juga dalam dunia blogging. Salah satu manfaat dari dunia blogging adalah kita mampu mempelajari banyak hal dan tidak seperti belajar satu bidang ilmu saja.

Baca Juga : Cara Saya Mendulang Visitor Dari Blog

Ibaratnya, ketika ngeblog kita punya kemampuan multitasking yang tidak dimiliki oleh orang lain. Kemampuan inilah yang membuat kita berbeda dengan orang lain dan mungkin membuat kita di hargai. Selain itu, kemampuan yang kita miliki itu unik dan dinamis, karena kita mampu menyesuaikan dengan perkembangan yang ada sekarang ini.

2. Belajar mencintai proses

Proses dalam dunia blogger adalah sebuah proses yang panjang dan berliku. Misalnya, proses dari pertama kali membangun blog sampai menghasilkan jutaan rupiah dari sana. Semua ini proses.

Dan menjadi blogger kita harus mencintai proses ini, apapaun keadaanya dan apapun hasilnya. Karena disinilah kita bisa belajar bahwa semua yang kita lakukan itu tidak ada yang sia-sia.

4. Belajar meningkatkan kemampuan step by step

Kemampuan blogging memang tidak serta-merta kita dapatkan dalam satu atau dua hari. Butuh waktu yang tidak sedikit. Mungkin saat pertama kali ngeblog kita gak tahu cara pasang favicon di blog, tapi setelah setelah beberapa bulan kita mulai tahu.

Baca Juga : 8 Cara Membuat Judul Postingan Blog Yang Baik Dan Benar

Bahkan lebih jauh lagi, kita sudah berani mengutak atik kode HTML untuk menyesuaikan tampilan blog sesuai dengan keinginan kita. Nah inilah yang dimaksud dengan kemampuan step by step. Dan inilah yang saya pelajari selama menjadi blogger.

5. Memperkuat jaringan

Jaringan atau networking adalah salah satu hal yang sulit dibangun. Tapi akan lebih mudah dibangun kalau kita punya blog. Blog kita itu sebagai media penghubung antara saya dan orang lain.

Disini kita harus menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung blog, dengan orang-orang yang ingin memasang iklan didalam blog atau menggunakan jasa content placement dan lain sebagainya.

Selain itu, perkuat jaringan tidak saja sebatas tiga hal diatas, tapi juga soal bagaimana kita terhubung dengna blogger lain untuk belajar dari mereka apa yang kita tidak ketahui.

Baca Juga : 4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger

Kira-kira begitu maksudnya. Dan menurut saya pribadi, inilah manfaat yang paling besar yang bakal kita dapatkan saat ngeblog dan mungkin gak dipelajari di dunia kampus. Karena kita bisanya langsung praktek apa yang kita ketahui dan semuanya berlangsung spontan saja.

6. Belajar apa saja yang berhubungan dengan blog secara otodidak

Salah satu alasan ngeblog adalah karena saya bisa mempelajari apa saja yang berhubungan dengan blog. Bukan hanya sola platform, tetapi juga soal konten, soal bagaimana mengoptimasinya dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Cara Jitu Dapatkan Backlink AC.ID Dengan Mudah Dan Gratis

Disisi lain, saya juga senang melakukan coba-coba. Karena tidak ada yang bakal memberi nilai atau membentak kit ajika ada yang salah. Karena tuannya adalah kita sendiri. Dan disinilah kita bisa bebas menentukan ke arah mana blog kita tersebut bakal dibawa.

7. Berani memanajemen diri sendiri

Ada dua hal penting yang saya pelajari disini yakni bagaimana memanajemen konten dan memanajemen pengunjung blog. Manajemen konten berarti saya harus mempelajari bagaimana cara membuat postingan blog, membuat postingan yang tepat sesuai niche dan membuat jadwal postingan bagi diri sendiri.

Baca Juga : Kisah Saya Selama 8 Bulan Fokus Dalam Dunia Blogging

Sementara, manajemen pengunjung berarti saya berusaha menjalin hubungan dengan pengunjung, membalas komentar mereka, membalas email mereka dan lain sebagainya. Dan disini kita belajar banyak soal inti dari ilmu manajemen, bagaimana membuat segala sesuatu itu bisa efisien dan efektif. Dunia blogging mengajarkan saya soal itu. Dan ini adalah manfaat yang cukup penting dan dapat berguna di dunia nyata.

8. Selalu mencari solusi dari setiap permasalahan

Tidak semua jawaban ada di Google, kira-kira itulah yang saya dapatkan. Misalnya, saat pertama-pertama ngeblog, ada beberapa masalah yang saya hadapi dan ketika saya mencarinya di internet, masalah tersebut tidak ada.

Oleh karena itu saya menjadi sadar bahwa saya harus mencari solusi terhadap setiap masalah yang saya hadapi dalam dunia blogging, entah solusi sendiri atau Dari orang lain. Ini adalah saut ilmu yang saya gak dapat Semasa kuliah.

Nah demikian artikel saya tentang Manfaat dari Ngeblog. Anda boleh setuju boleh juga tidak. Namun yang terpenting disini adalah belajar ngeblog gak sia-sia. Apalagi jika anda tekuni maka hasilnya akan lebih baik di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *