Mana Yang Bagus, Blog Atau Youtube?

2 Likes Comment
blog atau youtube?

Mana Yang Bagus, Blog Atau Youtube? – Sebenarnya, ini juga subjektif ya. Memilih blog atau Youtube kurang tergantung pada hobi dan kemampuan anda. Dua-duanya kalau ditekuni bisa menghasilkan kok. Asalkan, anda konsisten. Menjadi konsisten itulah yang sulit dilakukan.

Jika anda bingun memilih Yotube atau Blog, saya sarankan agar anda melihat hal yang mana yang lebih cocok dengan passion dan gaya anda, jangan terobsesi pada hasil yang anda dapatkan.

Biasanya, jika terlalu fokus pada hasilnya, atau pada penghasilannya, ujung-ujungnya akan membuat anda kecewa. Mengapa saya katakan demikian? Karena saya sudah mengalaminya.

Menghasilkan uang dari internet itu butuh proses yang panjang dan berliku, jika anda tekun menjalaninya, maka sudah pasti hasilnya tidak akan mengecewakan.

Dan saya yakin, jika orientasinya ada pada uang, hasilnya akan sangat mengecewakan. Sebagai bahan pertimbangan, mungkin anda dapat melihat artikel saya ini tentang menghasilkan uang lewat Youtube atau Blog.

Alasan memilih Youtube

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini tergantung pada Passion anda. Gaya andalah yang menentukan anda mau terjun ke mana.

Jika anda punya basic untuk editing video atau punya kemampuan membuat video-video yang bagus, atau hobi memainkan kamera mungkin memilih Youtube adalah hal yang sangat baik.

Baca Juga : Milih youtube atau Facebook Creator?

Mengapa? Karena Youtube adalah media sosial berbagi video terbesar di dunia, sekaligus menjadi sebuah search engine terbesar kedua setelah Google.

Orang-orang berkunjung ke Youtube tidak sekedar mencari hiburan, tetapi mencari berbagai tips, tutorial, cara membuat, dan cara melakukan.

Dengan Youtube, ada banyak pembelajaran yang mereka dapatkan dan proses belajarnya tervisualisasi dengan baik ketimbang menggunakan teks. Dan mungkin itulah yang menjadi keunggulan utama dari Youtube ketimbang Media.

Bahkan, pencarian di Youtube telah mengalahkan dua gabungan dari search engine Bing dan Yahoo. Itulah fakta menarik lain yang menunjukan mengapa Youtube telah menjadi salah satu media yang amat populer ketimbang Blog.

Tetapi jangan meragukan kekuatan blog, sebab blog adalah sebuah media prestisius yang hampir dapat melakukan apa saja.

Jika anda ingin fokus menjadi Youtuber, mungkin anda dapat membaca tips-tips untuk menjadi Youtuber dalam artikel ini.

Alasan memilih Blog

Jika berbicara mengenai Passion, mungkin itulah yang menjadi alasan mengapa orang memilih blog ketimbang Youtube. Blog tampil lebih lengkap, dimana anda dapat menghadirkan metode visualisasi yang lengkap mulai dari teks, video, infografik, dekorasi serta narasi yang lebih baik ketimbang di Yotube.

Fakta-fakta menarik tentang blog juga menunjukan betapa media ini menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia, yang bahkan, dapat menumbangkan suatu kekuasaan Politik. Jika anda memilih blog itu pilihan anda, memilih Youtube demikian. Jadi semuanya ada ditangan anda.

Baca Juga : Cara menampilkan iklan adsense diseluruh postingan blog, termasuk di artikel lama

Bahkan kalaupun anda bisa mengelola keduanya, itu lebih bagus. Kemampuan anda juga akan terasa, yang penting anda bisa memanajemen waktu anda antara membuat konten blog dan konten video.

Dan ada keunggulan tersendiri yang bisa dapatkan jika anda memilih untuk aktif dikedua platform tersebut, yakni soal SEO. Memposting link artikel di Youtube memungkinkan blog anda memperoleh peringkat yang lebih baik di SERPs.

Soal Penghasilan

Lalu bagaimana soal penghasilan? Dua-duanya mungkin sama-sama menghasilkan. Ketika ditanya yang mana yang lebih besar penghasilannya, seorang blogger atau Youtube jawabannya relatif. Tergantung dari konsistensi dan keaktifan anda sendiri.

Mungkin anda sudah mendengar banyak cerita bahwa penghasilan YouTuber itu lebih besar ketimbang penghasilan blogger.

Ini tidak salah, sebab Youtube mengandalkan subscribernya, sementara Blog mengadalkan pada kemampuan bersaing di peringat teratas Google.

Dan sebenarnya ada 5 jenis trafik yang harus dimaksimalkan oleh Blogger. Jika 5 jenis traffic ini dimaksimalkan, maka penghasilan Blogger dapat dipastikan lebih besar ketimbang YouTube.

Baca Juga: 4 Hal penting yang harus dilakukan oleh seorang blogger

Dan sebagian besar blogger atau Youtuber mengadalkan Google AdSense bisa mempeoleh penghasilan.

Mengapa Google AdSense? Karena google adsense adalah salah satu mitra periklanan terbesar yang paling terkenal di dunia.

Jika anda masih bingun memilih Youtube atau Facebook maka saya sarankan agar anda menentukan passion mana.

Jika anda suka menulis, blog adalah langkah yang tepat. Jika anda suka buat video, maka Youtuber adalah platform yang tepat.

Demikian artikel tentang Mana Yang Bagus, Blog Atau Youtube? Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya jika artikel ini berguna. Semoga sukses!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *