10 Trik Maksimalkan Pendapatan Di Google Adsense

6 Likes Comment
tips memaksimalkan pendapatan di adsense

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan pendapatan Google Adsense namun semuanya bergantung pada diri anda sendiri.

Karena itu sebagian besar tips yang akan dibahas dibawah ini berbicara tentang hal umum mulai dari penempatan iklan, lalu lintas blog dan konten.

Adsense saat ini telah menjadi salah satu cara paling populer untuk memonetisasi blog. Namun untuk bisa diterima menjadi publisher di AdSense cukup sulit.

Di lain pihak, setelah menjadi publisher pundi-pundi uang tidak akan mengalir begitu saja. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar penghasilan anda lebih baik.

10 Trik Maksimalkan Pendapatan Google Adsense

Lantas bagaimana cara memaksimalkan pendapatan di Google AdSense? Baca artikel ini sampai habis. Sebab disini akan di ulas 10 tips maksimalkan pendapatan Google Adsense. Berikut daftarnya:

1. Jangan pernah langgar Peraturan Google AdSense

Ingat! Jangan pernah melanggar pedoman adsense apapun. Sangat penting untuk tetap menjaga diri anda sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Google Adsense. Dan, ingat, jangan pernah menanyakan pedoman itu kepada pihak Adsense. Role is a role! 

Secara umum, ada beberapa poin kunci yang harus anda perhatikan disini, antara lain :

  • Jangan membeli trafik dan klik
  • Jangan membuat iklan terlihat seperti bukan iklan
  • Jangan menampilkan iklan saja pada pengguna tanpa konten
  • Jangan minta teman untuk mengklik iklan
  • Jangan menempatkan iklan adsense bersama-sama dengan jaringan periklanan lain seperti iklan dewasa, judi, alkohol, p*rno dan lain sebagainya.

Jika anda melanggar pedoman itu, jangan harap pendapatan adsense anda bertambah. Selain itu, dalam waktu 2×24 jam anda akan di banned oleh Google. Oleh karena itu, selalu patuh pada peraturan Google. Semakin anda patuh, potensi penghasilan anda semakin tinggi.

2. Gunakan jenis iklan yang responsif

Unit iklan adsense yang responsif adalah unit iklan dengan kinerja lebih baik daripada unit iklan lain yang lebih kaku dan monoton.

Kalau perlu, gunakan unit iklan yang menampilkan video dan gambar saja. Jika blog anda adalah blog yang responsif maka anda bisa mengganti iklan anda dengan unit iklan Adsense yang responsif.

Agar sama-sama responsif. Ini berarti, memaksimalkan pendapatan di Adsense tergantung pada penempatan iklan anda sendiri.

Baca Juga : Cara Mudah Agar Diterima Google AdSense

Selain itu, sesuaikan juga dengan ruang iklan yang tersedia di blog anda. Adsense akan menampilkan iklan yang paling sesuai (baik dalam ukuran teks dan jenisnya).

Khusus untuk situs web seluler, anda dapat menerapkan dengan ukuran 300 x 250 sebab ukuran itu dipercaya memiliki kinerja lebih baik dibanding dengan iklan standar dengan ukuran 320 x 50.

Jika anda punya tanggapan soal ini, jangan lupa masukan di kolom komentar. Penerapan ini berdasarkan eksperimen saya sendiri dan ternyata bisa meningkatkan penghasilan saya di Google adsense.

3. Taruh iklan di tempat-tempat yang strategis

Sekali lagi saya tekankan pada penempatan iklan. Posisi iklan sangat penting karena bisa meningkatkan peluang untuk di klik.

Baca Juga : 7 Cara Penempatan Iklan AdSense Yang Dapat Meningkatkan Penghasilan

Anda bisa menempatkan iklan di bagian atas atau di bagian header. Dimana pengguna akan melihat area tersebut saat pertama kali pertama membuka situs anda tanpa perlu menggulir ke bawah.

Selain itu, jangan lupa tempatkan unit iklan didalam konten. Minimal 3 jenis iklan saja. Itu sudah jauh cukup. Jika lebih, sesuaikan dengan panjang konten.

4. Perbanyak konten anda

Sebenarnya ini tergantung dari niche blog yang anda angkat. Anda dapat sesering mungkin. Lantas berapa nominal kata ‘sesering mungkin’? Ya, minimalnya 3 konten per hari.

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang Selain Dari Google AdSense

Menurut saya, satu artikel sehari saja sudah lebih dari cukup. Jika tidak, satu artikel yang panjang dalam seminggu jauh lebih bagus.

Intinya adalah jika anda lebih sering mempublikasikan konten maka penghasilan anda akan bertambah. Lebih banyak penghasilan berarti lebih banyak lalu lintas dan trafik organik.

5. Tingkatkan kecepatan loading blog

Sudah terbukti kalau blog yang diakses lebih cepat akan memperoleh penghasilan lebih tinggi ketimbang blog yang loadingnya lambat. Jadi, tingkatkan loading blog anda dari sekarang.

Baca Juga : 12 Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Yang Terbukti Berhasil

Hindari juga penggunaan grafik dan gambar yang tidak menambah nilai dan pengalaman pengguna. Selain itu, hapus widget yang tidak perlu yang dapat mempengaruhi loading blog.

Menurut saya pribadi, hanya ada tiga widget penting untuk blog yakni postingan terbaru, postingan populer dan juga email Subscribe. Tiga widget itu sudah lebih dari cukup!

6. Hapus jaringan iklan lain

Jika Anda ingin memperoleh penghasilan lebih maka saran saya adalah hapus saja jaringan iklan lain di blog anda. Itu berarti anda hanya menempatkan iklan dari Google Adsense saja.

Jaringan iklan lain biasanya hanya akan membuat situs web anda lambat sementara penghasilan anda tidak bertambah.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Semakin cepat loading blog maka visibilitasnya juga akan semakin baik. Ini juga berlaku untuk iklan yang anda ditampilkan di blog. Maka dari itu, jika anda ingin memperoleh penghasilan lebih maka hapus jaringan iklan lain.

7. Lakukan riset sederhana

Ada baiknya anda menghubungkan akun Adsense anda dengan akun Google Analytics agar anda bisa melihat perujuk mana yang menghasilkan pendapatan lebih. Anda juga bisa melihat perilaku pengunjung dengan cara buka Perilaku> Adsense> Perujuk Adsense.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Mungkin, kunjungan dari Facebook atau jejaring sosial media lainnya yang menghasilkan pendapatan  lebih tinggi ketimbang trafik organik. Sehingga, anda bisa meningkatkan trafik dari media sosial berdasarkan riset sederhana tersebut.

8. Gunakan ukuran iklan standar (baik teks ataupun gambar)

Berapa sih ukuran iklan standar itu? Ukuran iklan standar adalah ukuran iklan yang disarankan oleh Google Adsense. Yang paling populer adalah ukuran 728 x 90, 336 x 280, 300 x 250 dan juga 300 x 600.

Ukuran lain mungkin ada tetapi lebih sedikit permintaan dari para pengiklan dan ini menghasilkan pendapatan yang relatif lebih rendah daripada jenis iklan lain seperti yang saya sebutkan diatas.

Baca Juga : 8 Alasan Mengapa Orang Membenci Google AdSense

Selain itu, pastikan juga bahwa iklan sudah di setting untuk jenis iklan teks dan gambar karena ini bisa meningkatkan jumlah pengiklan yang bersaing untuk ruang iklan di blog anda.

9. Lakukan eksperimen untuk menguji variasi iklan

Salah satu fitur Adsense yang kurang dimanfaatkan oleh pengguna adalah eksperimen adsense (biasanya ditemukan dibawah iklan saya di akun Adsense). Dengan eksperimen ini, Anda bisa menguji berbagai variasi iklan termasuk cara penempatan iklan.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Misalnya, Anda bisa menguji berbagai warna tautan, batasan atau tanpa batas dan lain sebagainya. Fitur ini sangat mudah digunakan dan dari sini mana iklan dengan kinerja yang lebih baik dan mana yang tidak.

10. Jangan tampilkan iklan berlebihan

Visi adsense adalah menjadi jaringan pengiklan terbesar sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna di mesin pencarian.

Dengan menghasilkan iklan yang relevan yang mungkin lebih menarik pengguna untuk mengklik iklan tersebut adalah sinyal dari pengalaman pengguna yang baik di mesin telusur.

Baca Juga : Kisah Saya Selama 8 Bulan Fokus Dalam Dunia Blogging

Tapi hal ini tidak berarti bahwa situs web anda harus fokus pada iklan saja. Saran saya, tetap fokus pada konten berkualitas tinggi dan juga pengalaman pengguna.

Adsense adalah salah satu cara untuk memonetisasi konten Anda dan bukan alasan utama untuk meningkatkan performa dan juga kualitas konten Anda.

Google juga telah menerapkan penargetan geografis iklan yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna sekaligus meningkatkan penghasilan bagi publisher.

Apa artinya ini? Artinya, iklan yang muncul di layar pengguna terkait dengan wilayah tempatnya berada atau tempat ia berasal.

Penutup

Google telah menyediakan semua hal untuk penggunanya, termasuk tips untuk memaksimalkan pendapatan di AdSense. Tapi, para publisher sendiri yang kurang memanfaatkan fitur tersebut bahkan ogah menggunakannya.

Kalimat ini mungkin membuat sebagian besar blogger atau webmaster merasa bahagia dan menangis karena kemudahan yang diberikan Google, dan hanya sedikit saja yang membantah, bawa pada kenyataanya, penargetan ini kadang meleset.

Google, selama bertahun-tahun terus tumbuh menjadi sebuah situs yang fokus pada pengalaman pengguna. Saat ini, sebagian besar lalu lintas web pasti akan melewati server raksasa Google dan itu secara tidak langsung membantu Google untuk menerapkan semua metode dan peluang untuk meningkatkan layanannya, termasuk AdSense.

Intinya, tempatkanlah iklan sesusai dengan yang disarankan oleh pihak Google untuk memperoleh penghasilan tambahan yang lebih baik lagi.

Nah demikian 10 tips maksimalkan pendapatan Google AdSense. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *