Logaritma Google Diperbaharui, Apa Dampaknya Bagi Blogger?

4 Likes Comment
Logaritma Google

Secara tentatif, Google terus memperbaharui logaritma yang diterapkan di mesin pencari mereka. Banyak pakar yang mengatakan kalau Logaritma Google diperbaharui setiap 3 bulan sekali. 

Beberapa waktu lalu, blog ini mengalami penurunan trafik yang signifikan. Penurunan ini seiring dengan pembaharuan logaritma yang diterapkan oleh Google di search engine.

Saya ogah menyebutkan nama logaritmanya untuk alasan relevansi. Jika saya sebutkan nama logaritma tersebut maka artikel ini gak akan relevan lagi 3-4 bulan mendatang.

Oleh karena itu, saya menggunakan istilah perubahan logaritma yang merujuk pada perubahan logaritma Google di masa mendatang dan dampaknya bagi Blogger.

Dampak yang akan diterima oleh para Blogger yang akan saya bahas disini juga hanya bagian umumnya saja.

Mungkin ada dari anda yang bertanya, apakah dampak pembaharuan ini sama dengan pembaharuan yang kemarin-kemarin? Untuk hal ini saya pikir Ya.

Karena kalau berbicara pembaharuan, tentu ada hal yang disempurnakan. Begitu juga dengan logaritma Google.

Dan, perubahan itu akan berdampak langsung pada blog, website atau situs yang sudah terindeks di Google Search Console.

Meski setiap pembaharuan logaritma ini tidak dipublikasikan secara terang-terangan oleh Google, tetapi dampaknya tetap akan dirasakan langsung oleh Blogger.

Dampak itu mulai dari menurunnya atau meningkatnya trafik, DA dan PA hingga perubahan tampilan pada search result.

Logaritma Google Diperbaharui, Apa Dampaknya Bagi Blogger?

Lantas apa dampak yang diterima oleh Blogger saat ada pembaharuan logaritma Google di search engine? Ada beberapa dampaknya. Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Konten low quality akan terhempas

Semua sudah tahu bahwa konten low quality bakal susah mendapatkan tempat di peringkat pertama. Oleh karena itu, jika anda terus-terusan membuat konten dengan kualitas rendah, jangan harap bisa dapat tempat di Search Engine.

Sekalipun dapat tempat, itu hanya bertahan selama 2 hari. Bahkan, tempatnya khusus, misalnya di kolom Google News.

Namun banyak blogger yang tetap membuat konten low quality dengan target keyword yang gak terlalu populer. Hasilnya, mereka juga tetap akan dapat trafik, meski sedikit.

Baca Juga : Cara Deteksi Kanibalisasi Kata Kunci Di Blog

Dan, konten jenis ini adalah konten yang bakalan terhempas saat ada pembaharuan logaritma Google. Saya sendiri pernah merasakannya.

Saat pembaharuan Broad Core lalu, belasan artikel buatan saya sendiri terpinggirkan. Artikel yang terhempas itu adalah jenis artikel low quality dengan persaingan rendah.

Jumlah total katanya dibawah tak lebih dari 400 kata, beberapa diantaranya memang ada yang lebih dari 500 kata.

Agar lebih fair, dan untuk menghindari pengalaman seperti yang saya alami, sebaiknya buat artikel yang berkualitas tinggi. Minimal 1000-1500 kata per artikel.

2. Konten duplikat akan hilang dari SERPs

Inilah konsuekensi utama jika anda membuat konten duplikat didalam blog, bahwa setiap kali ada perubahan logaritma bukan hanya konten duplikat itu saja yang terhempas, tetapi juga blog anda. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada Domain Authority dan Page Authority blog.

Meskipun anda sudah melakukan rewrite artikel yang baik dan benar, namun tetap saja kata-kata kunci tidak diubah maka akan dimasukkan dalam kategori konten duplikat.

Coba cek satu per satu konten anda di CopySpace. Ingat, alat Google lebih canggih ketimbang alat dari CopyScape tersebut.

Jika hal ini berdampak pada DA dan PA blog, ada baiknya anda melakukan evaluasi besar-besaran di blog anda.

Jangan hapus konten duplikat tersebut ada baiknya anda perbaiki saja. Setelah memperbaiki silahkan inspeksi ulang untuk memperbaiki posisi konten dan link anda di SERPs.

3. Backlink buruk berdampak langsung pada blog

Ada banyak jenis backlink yang buruk dan berdampak besar terhadap reputasi blog anda. Salah satu yang paling berbahaya adalah backlink spam yang masuk ke blog entah itu dari web atau blog berkualitas rendah, web atau blog dengan spam Score yang tinggi dan juga backlink acak dari blog-blog lendir, j*di, p*rno, dan lain sebagainya.

Sebaiknya kalau anda mendapati hal ini silahkan segera perbaiki saja. Cara memperbaiki sebenarnya sangat mudah, anda tinggal memasukkan menggunakan alat Disavow yang ada di Search Console.

4. Setiap pembaharuan akan lebih canggih lagi

Saya sudah pernah mencoba cara yang satu ini, dimana saya membuat konten yang semuanya copas. Dan setelah mengindeksnya ke webmaster tools dan saya coba mencarinya di search results, tidak pernah saya temukan.

Untuk memastikan pencarian, saya menggunakan link langsung di SERP dan hasilnya masih sama. Meski sebelumnya saya sudah melakukan metode inspeksi URL lagi, namun artikel tersebut tetap saja tidak muncul di SERPS.

Saya kemudian menunggu sekitar 1 minggu untuk mengecek artikel tersebut. Tetapi tidak juga muncul di SERPs. Saya kemudian menyimpulkan bahwa konten yang copas 100% tidak akan muncul di SERPs. Oleh karena itu, jangan coba-coba membuat konten copas sembarangan.

5. Judul artikel masuk dalam duplikasi

Dan yang paling menjengkelkan adalah Judul Blog juga termasuk kalau identik atau sama, maka tetap saja di ketegorikan sebagai blog yang copas.

Untuk menghindari duplikat title, sebaiknya pelajari cara membuat judul blog yang unik dan menarik. Ada banyak sumber yang memungkinkan anda untuk belajar teknik ini.

6. Sudah saatnya teliti dulu sebelum menulis artikel

Misalnya begini, ada dua blog dengan topik yang sama. Dua-duanya menulis artikel yang sama dan perbedaannya dan di posting pada waktu yang sama dengan link artikel yang sama.

Dulunya, untuk memberikan peringkat untuk dua postingan seperti itu, Google memberikan tiga penilaian utama: yakni kecepatan situs, DA dan PA serta page rank.

Lalu bagaimana jika semuanya itu sama? Apakah dua-duanya disebut sebagai konten duplikat? Oleh karena itu Google memutuskan untuk memberikan peringkat lebih untuk konten dengan penulisan yang lebih bagus.

Baca Juga : Pengertian Human Interest Photografi dan Bagian-Bagiannya

Penulisan yang lebih bagus bisa berarti bahasa didalamnya mengalir, peka terhadap huruf, tidak ada yang typo dan yang paling terakhir menunjukan ciri khasnya. Dan inilah yang sedang diterapkan oleh Google sekarang ini.

Banyak sekali blogger yang menulis artikel asal-asalan saja dan tanpa pikir panjang atau melakukan pengeditan, ia langsung mempostingnya di blog.

Ingat, Logaritma sudah lebih canggih. Sayang loh, keyword yang anda targetkan itu diambil oleh pesaing blog anda.

Penutup

Dari keenam topik ini saya mengambil kesimpulan bahwa salah satu hal yang bisa menutupi hal-hal diatas hanyalah konten blog yang fresh, baru dan original.

Disamping terus membuat konten baru, sebaiknya usahakan juga untuk mengedit konten-konten tersebut secara berkala untuk menyempurnakannya sekaligus menghindari duplikasi.

Setelah melakukan pengeditan jangan lupa melakukan pengindeksan ulang dengan fitur Inspeksi Url di Search Console.

Rewrite sebenarnya gak masalah, asalkan anda tidak memakai teknik usang seperti amati, tiru dan modifikasi. Sekarang, saatnya untuk membuat konten original yang tetap menautkan ke sumber referensi.

Demikian artikel tentang dampak pembaharuan logaritma Google terhadap blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *