11 Layanan Google Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

10 Likes 2 Comments
layanan Google yang harus dimaksimalkan blogger

Sebagai search engine terbesar di dunia, ada banyak layanan Google yang dibuat khusus untuk melengkapi berbagai tools yang sudah dibuat sebelumnya.

Menariknya lagi, sebagian besar tools buatan Google itu disediakan dengan gratis, asalkan mereka punya akun Gmail.

Dan hampir setiap layanan milik Google itu populer sebut saja YouTube, Android, AdMob dan lain sebagainya.

Dan untuk anda yang menjadi Blogger, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk memaksimalkan konten blog yang anda buat.

Dengan kata lain, anda tidak perlu repot lagi mengeluarkan kocek untuk menggunakan layanan pihak ketiga, yang biasanya berbayar.

Saya juga sering menggunakan beberapa layanan Google dibawah ini. Bahkan ada beberapa yang saya gunakan sebagai salah satu sumber penghasilan pasif saya.

Namun tujuan utama saya menggunakan produk tersebut tentu saja bukan untuk uang. Melainkan untuk bisa menulis dan berbagi konten kepada orang lain.

Oleh karena itu, jika anda blogger, anda wajib memanfaatkan dan memaksimalkan berbagai layanan gratis milik Google dibawah ini.

Tujuannya adalah untuk mendongkrak pengunjung organik sekaligus untuk meningkatkan pendapatan anda sebagai blogger.

11 Layanan Google Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 layanan Google yang harus dimaksimalkan Blogger. Layanan apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. QuestionHub Google

layanan Google

QuestionHub adalah salah satu layanan Google yang memungkinkan anda melihat daftar pertanyaan yang belum punya jawaban di Google.

Pada dasarnya, QuestionHub ini sangat berguna untuk blogger atau pembuat konten untuk memperoleh keyword-keyword yang sering ditanyakan oleh pengunjung tapi belum terjawab.

Selain itu, anda juga bisa menempatkan URL artikel di tools yang satu ini, sehingga artikel tersebut bisa muncul di halaman pertama pencarian Google tanpa optimasi sekalipun.

Layanan ini tergolong baru dan masih dalam versi beta, setidaknya untuk saat ini. Disamping itu, banyak blogger yang belum memaksimalkannya.

Untuk anda yang blognya selalu sepi pengunjung, coba gunakan tools yang satu ini. Siapa tahu konten buatan anda itu bakalan populer dan masuk halaman pertama saat menginput URL blog anda pada keyword-keyword yang belum punya jawaban di Google.

2. Blogger

Selanjutnya adalah Blogger, yang merupakan platform blogging Gratis milik Google yang sangat populer di Indonesia.

Saya yakin, sebagian besar Blogger Indonesia pasti pernah membuat blog dengan Blogger, minimal sekali.

Saya juga demikian. Awal-awal terjun ke dunia blogging, saya menggunakan Blogger sebelum akhirnya migrasi ke WordPress.

Untuk bisa menggunakan layanan yang satu ini, saya enggak perlu jelaskan panjang lebar ya. Anda pasti tahu alasannya.

Salah satu kelebihan Blogger adalah integrasinya dengan produk Google yang lain seperti Google AdSense yang lebih mudah.

Saat membuat blog di blogger, ekstensi domain yang digunakan adalah .blogspot. Untuk menghilangkan ekstensi ini, anda harus membeli domain sendiri.

Domain sendiri ini disebut dengan TLD yang berlaku secara universal atau ccTLD yang merupakan ekstensi domain negara.

Untuk bisa menggunakan domain sendiri, baik TLD dan ccTLD ini, anda wajib membeli ke penyediannya seperti Google Domain atau penyedia pihak ketiga seperti Niagahoster.

Untuk layanan yang satu ini, anda bisa baca artikel saya sebelumnya yang berkaitan dengan topik blogger, seperti:

  • Cara buat blog di Blogger dari awal sampai mahir
  • Cara agar bisa menjadi blogger yang sukses

3. Google Search Console

Salah satu tools yang wajib dimiliki oleh Blogger adalah Google Search Console dan ini wajib hukumnya.

Dulunya, Google search Console ini bernama Google Webmaster tools, sebelum mengalami perubahan pada 2015 lalu, kalau gak salah.

Di versi terbaru Google Search Console, tampilannya jauh lebih fleksibel. Data analitis yang ditampilkan pun lebih lengkap ketimbang versi sebelumnya,

Dan alat inilah yang membuat postingan anda di blog bisa terindeks di mesin pencari Google dengan cepat.

Anda juga bisa menggunakan tools yang satu ini pada setiap platform blogging yang digunakan entah itu Blogger, WordPress self-host, WIX dan lain sebagainya.

Untuk platform yang masih numpang host, seperti WordPress.com dan Wix Gratisan, biasanya secara otomatis akan terindeks ke Google.

Saya juga sudah membuat artikel yang berkaitan dengan topik ini, seperti:

  • Panduan lengkap menggunakan Google Search Console yang baru
  • Cara verifikasi situs di Google Search Console
  • Cara verifikasi blog WIX di Google Search Console

4. Google Analytics

Salah satu layanan gratis milik Google paling bermanfaat yang harus dimaksimalkan oleh Blogger adalah Google Analytics.

Berbeda dengan Google search console, Google analitis menawarkan layanan analitis dengan berbagai segmen seperti lokasi, demografi, umur dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menautkan layanan ini dengan layanan Google lain seperti Google AdSense dan Google Search Console.

Saran saya sih, sebaiknya gunakan tools yang satu ini karena manfaatnya yang sangat banyak untuk blogger.

Untuk anda yang mau mendaftar dan belum tahu caranya, sebaiknya baca artikel saya tentang cara mendaftar ke Google analytics disini.

5. Google Keyword Planner

Selanjutnya adalah Google Keyword Planner yang merupakan salah satu tools riset keyword Gratis yang wajib digunakan oleh Blogger.

Mengapa wajib? Karena tools ini memberikan rekomendasi keyword yang populer berdasarkan tingkat pencarian keyword dalam segmen waktu yang berbeda.

Dan anda bisa membuat artikel berdasarkan keyword paling populer, supaya pengunjung blog anda bisa bertambah.

Sebenarnya, tools ini adalah tools riset khusus untuk advertiser atau pengiklan dan bukan publisher. Namun bukan berarti publisher tidak bisa menggunakannya.

Bisa, karena tools ini sebenarnya dirancang juga untuk menargetkan keyword yang kompetitif, plus harga keywordnya.

Selain Google trends, saya juga sering menggunakan tools ini untuk riset keyword populer. Karena selain mudah, keyword yang ditawarkan pun sangat kaya.

6. FeedBurner

Setelah diakuisisi Google beberapa tahun lalu, FeedBurner telah menjadi alat yang cukup populer dikalangan blogger.

Sayangnya, alat ini cenderung sudah tua dan tidak ada inovasi berarti yang dilakukan sehingga sudah mulai ditinggalkan oleh pengguna.

Namun khusus untuk anda pengguna Blogger, tidak ada salahnya anda menggunakan tools ini karena masih punya manfaat terlebih untuk anda yang menempatkan email subscribe atau email berlangganan bagi pengunjung.

Selain itu juga, layanan ini memungkinkan penggunannya untuk meningkatkan feed, termasuk mengaktifkan PingShoot agar boot Google cepat menangkap perubahan yang anda lakukan di Blog.

6. Google PageSpeed Insights

Salah satu cara untuk meningkatkan rating blog di penelusuran Google adalah dengan meningkatkan kecepatan situs.

Untuk saat ini, rata-rata situs sudah didukung dengan teknologi AMP sehingga bisa diakses dalam waktu kurang dari 1 detik.

Namun, masih banyak situs atau blog yang belum atau tidak menggunakan AMP sehingga mengecek kecepatan loading situs bisa sangat menantang.

Untuk mengatasi hal ini, Google kemudian merilis Google pagespeed Insight yang merupakan layanan untuk mengecek loading situs atau blog.

Dengan memanfaatkan teknologi lighthouse, maka anda bisa mengecek loading situs ketika diakses di berbagai perangkat dan wilayah tempat anda tinggal.

Artinya, skor yang diberikan ini tidak terlalu akurat karena hanya memberikan analisis berdasarkan segmentasi pengunjung secara langsung dan analisis bahasa situs.

8. Google Trends

Google trends adalah layanan Google yang memungkinkan anda untuk melihat hal-hal apa saja yang paling banyak dicari di Google.

Menariknya, Google trends menawarkan tingkat popularitas pencarian berdasarkan durasi waktu mulai dari 1 jam, seminggu, sebulan hingga setahun.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Google trends untuk mencari keyword-keyword yang sedang populer di Google untuk ditargetkan di artikel buatan anda.

Anda juga bisa melihat trendsetter berdasarkan lokasi atau wilayah sehingga hasil riset keyword yang anda lakukan lebih akurat.

9. Google AdSense

Google AdSense adalah platform periklanan paling populer di dunia milik Google yang memungkinkan anda memperoleh penghasilan dari blog atau Channel Youtube anda.

Sayangnya, untuk menjadi publisher di Google AdSense cukup ketat karena standar kelayakan monetisasi yang mereka terapkan cukup tinggi.

Oh iya, saya juga telah membuat beberapa artikel yang berkaitan dengan Google AdSense sebelumnya, seperti:

  • Trik rahasia agar bisa diterima Google AdSense
  • Cara memaksimalkan pendapatan dari Google AdSense

Jangan lupa baca artikel itu untuk melihat tips-tips apa saja yang harus diperhatikan oleh blogger, terlebih yang belum menjadi mitra AdSense.

10. Google News

layanan Google yang harus dimaksimalkan oleh Blogger

Sebenarnya, saya enggan memasukkan Google news dalam daftar ini, namun karena bisa meningkatkan trafik blog secara organik, saya kemudian memasukkannya.

Google News adalah situs newsfeed milik Google yang mengumpulkan berbagai berita dan postingan blog dari satu negara, seperti Indonesia.

Dan para blogger bisa bergabung dengan Google News untuk memperoleh trafik tambahan bagi blog mereka tersebut.

Apabila trafik meningkat, tentu saja earning atau pendapatan bertambah. Untuk mendaftar di Google News, baca panduan lengkapnya disini.

11. Google Code

Yang terakhir adalah Google Code, yang merupakan salah satu layanan yang cukup asing ditelinga sebagian besar blogger.

Dengan kata lain, layanan ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh Blogger. Hal ini tidak mengherankan karena sebagian blogger bukanlah developer atau orang yang paham bahasa pemograman.

Google Code adalah alat pengembang website, API dan rujukan teknis lain yang bisa digunakan dengan gratis.

Konten yang disajikan sebagian besar adalah dokumentasi penggunaan alat Google dan API. Jika anda belum mahir bahasa pemograman, sebaiknya belajar dulu deh.

Sebab Google Code dirancang untuk digunakan oleh kalangan profesional saja. Tapi bukan berarti tidak bisa diakses oleh noob atau pemula dalam pemograman.

Penutup

Sebenarnya, ada banyak layanan Google lain yang bisa digunakan dengan gratis. Hanya saja, tidak semua layanan itu bisa digunakan oleh Blogger.

Demikian artikel tentang 10 layanan Google yang wajib digunakan oleh Blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *