4 Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Dengan Sendirinya

4 Likes Comment
windows 10 sering restart sendiri

Ada beberapa cara mengatasi laptop sering restart dengan sendirinya. Cara ini tergolong mudah karena tidak harus membawa laptop atau komputer tersebut ke reparasi.

Saya sendiri pernah mengalami kejadian seperti ini beberapa waktu lalu di laptop Axioo milik saya. Di laptop tersebut, saya menginstall windows 10.

Terkadang, saat menghidupkan laptop, kurang lebih 20 menit kemudian, laptop tersebut tiba-tiba restart dengan sendirinya. Padahal baru tiga bulan lebih saya dibeli.

Masalah ini terlihat besar jika dialami oleh masyarakat awam. Selain itu, masalah ini juga kadang membuat anda jengkel, apalagi saat laptop tersebut sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

Sebagai blogger, saya sendiri awalnya jengkel setengah mati. Karena memang, secara tidak langsung saya di tuntut untuk terus aktif membuat konten untuk blog.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru Pakai CMD

Jika anda mengalami masalah seperti yang saya alami, dan mencari solusinya maka anda datang ditempat yang tepat.

Jika laptop sering restart sendiri tentu ada masalah dalam sistem atau komputer tersebut. Dalam kasus saya, hal itu disebabkan oleh power supply.

Dan mungkin, dalam kasus anda masalahnya berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya anda mencari tahu apa penyebab laptop atau komputer anda sering restart sendiri.

4 Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Secara umum, ada 4 penyebab utama mengapa laptop sering restart sendiri. Untuk mengatasinya, silahkan cek satu per satu bagian-bagian komputer dibawah ini, antara lain:

1. Cek power Supply

Lakukan pengecekan berkala pada power supply yang ada di komputer anda. Dengan pengecekan berkala maka anda berusaha menjaga kesehatan komputer anda tersebut. Dan apabila laptop sering restart dengan sendirinya dan tiba-tiba down maka bisa disebabkan oleh power supply.

Biasanya daya pada PSU komputer tidak sesuai dengan daya yang dibutuhkan sehingga mengakibatkan komputer tiba-tiba restart sendirinya atau bahkan mati.

Pada dasarnya, untuk mendukung operasi sistem komputer, ia harus didukung dengan daya yang sesuai agar bisa beroperasi dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengunduh Peta offline di Windows 10

Jika daya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan daya yang masuk, dalam hal ini daya hantar listriknya, maka komputer anda bisa jadi restart sendiri. Sementara untuk solusinya adalah anda harus mengganti power supply atau memperbaikinya.

2. Cek prosesor komputer atau laptop

Prosesor yang terdapat pada komputer, entah itu merek Axioo, Apple, Toshiba, Hp, Acer, dan lain sebagainya memiliki self-system sendiri. Self-system ini berfungsi untuk memperbaiki diri saat mengalami masalah sistem.

Misalnya dalam kasus yang pertama tadi, daya listrik tidak sesuai dengan yang keluar dan yang masuk, maka sistem secara tidak langsung akan merestart dirinya secara otomatis apabila telah melewati ambang temperatur tertentu yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengalisis Penyimpanan di Windows 10

Untuk mengantisipasi kerusakan pada komputer, coba cek fan prosesor anda. Jika fannya bermasalah maka tak heran kalau komputer anda merestart dirinya sendiri.

3. Coba Cek VGA

VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Array, dan biasanya jika VGA ini bermasalah saat kali pertama komputer anda hidup, maka akan muncul bluescreen dan kemudian akan merestart dirinya sendiri.

Dalam kasus yang lain, komputer yang mengalami masalah seperti itu, akan merestart secara terus menerus dirinya tanpa henti.

Baca Juga : Cara Defrag Windows 10 Lengkap Dengan Gambar

Pada tampilan bluescreen biasanya akan tulisan-tulisan yang muncul akibat kerusakannya, coba pastikan tulisan tersebut. Karena biasanya, tulisan tersebut menunjukan sistem mana yang bermasalah.

Jika anda sudah mengetahui sistem tersebut, silahkan anda perbaiki atau tanya pada orang-orang yang bisa memperbaiki komputer anda tersebut.

4. Cek RAM

RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory. Intinya, kalau RAM komputer anda bermasalah, ia akan menunjukan hal-hal yang sama seperti dalam kasus VGA yang sudah dibahas di nomor empat tadi.

Baca Juga : 6 Derita Saat Jadi Fotografer Pernikahan di Kampung

Kerusakan pada RAM juga bisa menyebabkan bluescreen dan komputer anda akan melakukan restart sendiri secara terus menerus.

Jika RAM anda bermasalah, silahkan anda perbaiki dan bawalah ke tempat reparasi terdekat atau segera mengganti dengan RAM yang baru.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 4 penyebab utama laptop yang sering restart dengan sendirinya. Jika masalah ini tak kunjung selesai, saya sarankan anda membawa ke tempat reparasi atau meminta teman yang punya keahlian untuk memperbaiki laptop.

Sebab, jika anda kurang paham tentang masalah ini, bisa jadi komputer anda akan mengalami masalah teknis lain seperti kerusakan hard drive.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *