7 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak

5 Likes Comment
laptop cepat rusak

Di zaman informasi ini, memiliki laptop pribadi tampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan. Tapi terkadang, banyak laptop cepat rusak karena berbagai alasan.

Selain smartphone, laptop adalah media yang mampu menghubungkan antara manusia dengan orang lain lewat jaringan.

Lebih dari itu, laptop juga telah menjadi media hiburan dan juga media untuk menyalurkan bakat dan hobi terutama kemampuan yang berhubungan langsung dengan internet.

Ini kalau kita berbicara soal laptop pribadi. Yang berarti, kita tidak menyinggung kebutuhan laptop dalam dunia kerja. Yang jelas, kebutuhan atas laptop seolah-olah menjadi kebutuhan wajib non-prioritas.

Banyak orang yang kemudian berharap memiliki laptop. Misalnya, siswa ataupun mahasiswa untuk membuat tugas yang diberikan oleh guru ataupun dosen. Tapi terkadang, setelah kita memiliki laptop ada saja kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang membuat laptop cepat rusak.

Alih-alih kita harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Kalau rusaknya fatal, maka siap-siap saja menggantinya dengan laptop yang baru. Oleh karena itu, menjaga laptop agar tetap awet dan kuat adalah kewajiban bagi pemiliknya.

7 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak

Tapi sebelum itu, kenali dulu apa saja kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak. Berikut disajikan 8 kebiasaan mahasiswa yang bikin laptop cepat rusak. Berikut daftarnya.

1. Mencabut charger dengan kasar

Charger atau penghubung daya listrik dengan laptop adalah nyawa dari laptop itu sendiri. Tanpa charger maka laptop tidak akan bisa hidup. Namun terkadang, banyak dari kita yang mencabut charger dengan kasar karena misalnya sedang terburu-buru.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Terkadang juga, charger yang digunakan itu tetap tersabung dengan kabel terminal selama berbulan-bulan. Hal ini bukan saja membuat laptop anda cepat rusak, tetapi juga charger yang digunakan.

2. Mencabut baterai saat mengisi daya

Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang memang bisa membuat laptop cepat rusak. Dan ini tidak disarankan oleh produsen laptop manapun karena biasa membuat perangkat keras tidak bekerja dengan efisien.

Selain bisa terdampak pada hardrive, mencabut baterai saat mengisi daya juga bisa mengganggu aktivitas anda didepan laptop.

Misalnya, ketika tiba-tiba listrik mati dan anda sedang mengetik, secara otomatis maka laptopnya akan mati. Dan ini sama saja dengan memaksa laptop untuk mati tanpa menggunakan shutdown.

3. Menumpahkan cairan diatas laptop

Baik sengaja atau tidak sengaja, menumpahkan sesuatu diatas laptop bisa membuat laptop itu rusak. Misalnya, menumpahkan air putih atau kopi diatas keyboard laptop akan membuat keyboard laptop tersebut tidak beroperasi dengan baik.

Baca Juga : Cara Screenshoot di PC atau Laptop

Kasus ini adalah kasus yang paling sering terjadi. Rata-rata keluhan akibat toots laptop yang sudah tidak jadi lagi dikarenakan tertumpah cairan di atasnya lalu mengalir lewat sela-sela keyboard sehingga memasuki bagian dalam laptop yang seharusnya steril dari air.

4. Menginstall aplikasi berukuran besar dan tidak sesuai kapasitas RAM

Random Access Memory (RAM) adalah ukuran kinerja laptop yang menunjukan kemampuan laptop. Semakin besar RAM kinerjanya semakin bagus.

Namun terkadang, banyak dari pemilik laptop yang menginstall aplikasi tertentu yang tidak sesuai dengan kapasitas RAM laptop tersebut.

Misalnya, kita menginstall permainan seperti PES dan juga Konami di Notebook, yang jelas-jelas tidak sesuai dengan kapasitas memorinya.

Dan ini membuat kinerja laptop tidak baik sekaligus beresiko bagi kinerja RAM. Alih-alih, kalau terus dipaksa bekerja, maka RAM akan terdampak dan laptop anda rusak.

5. Menutup paksa laptop saat masih ON

Karena terburu-buru, salah satu kebiasaan kita adalah menutup laptop saat masih ON atau saat masih digunakan.

Tindakan seperti ini berarti memaksa laptop untuk mematikan layar secara sementara namun tetap membiarkan aplikasi bekerja seperti biasa.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Komputer Atau Laptop

Kebiasaan seperti ini adalah salah satu kebiasaan umum yang dapat membuat laptop cepat rusak. Padahal, Microsoft sendiri sudah menyediakan mode khusus untuk mengantisipasi kebiasaan ini seperti mode Sleep atau hibernate.

6. Tidak mematikan perangkat saat tidak digunakan

Jika anda tidak menggunakan laptop dalam waktu lebih dari 2×24 jam, ada baiknya anda mematikannya. Sah-sah saja jika anda menggunakan mode sleep atau hibernate, asalkan waktunya kurang dari itu.

Alasannya kenapa? Karena perintah tersebut adalah meminta sistem komputer untuk siaga, dan beberapa sistem operasi masih bekerja seperti biasa dibalik layar.

Baca Juga : Windows 10 Sering Restart Sendiri? Cek 4 Bagian Ini

Kadang kala juga, untuk menjaga laptop tetap hidup maka anda membiarkan charger tetap terhubung ke listrik. Tindakan ini sebenarnya berbahaya karena bisa membuat laptop berumur pendek.

7. Mengubah sistem operasi

Sistem operasi laptop dibuat untuk bekerja dengan maksimal dan efisien. Namun, ketika kita mengubah sistem operasi, seperti nilai registry editor itu berarti akan mengubah cara kerja komputer. Nilai-nilai registry editor itu sudah di buat agar kompatibel dengan sistem lainnya.

Dan saat kita berusaha mengubahnya, cara kerjanya juga akan berubah. Dengan demikian, perangkat lunak akan memaksa perangkat keras untuk bekerja dengan cara yang berbeda dan dalam jangka waktu singkat akan membuat laptop cepat rusak.

Penutup

Nah itu dia 7 kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak. Semoga kebiasaan-kebiasaan ini tidak anda lakukan pada laptop anda sendiri karena bisa membuat laptop anda berumur pendek.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *