Ternyata Mudah! Begini Cara Tambah Kotak HTML Di Blogger

9 Likes Comment
Cara Mudah Menambahkan Kotak HTML

Menambah kotak HTML di blogger atau blogspot sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara untuk bisa anda lakukan agar kotak html tersebut valid. Salah satu caranya akan dibahas pada artikel ini.

Saat ini ada banyak sekali blogger yang mengangkat niche blogging. Meskipun, kemampuan blogging mereka rata-rata air, alias tidak lebih atau tidak kurang. Pas istilahnya.

Beberapa blogger tersebut bahkan ada yang gak tahu cara memasang kotak HTML di blogspot. Meskipun, mungkin, sudah cukup lama berada di dunia blogging.

Kalimat diatas bukan untuk merendahkan para blogger atau untuk menunjukan bahwa saya tahu membuat script, tidak kok. Kalimat diatas berdasarkan pengamatan saya selama ini.

Baca Juga : Kisah Saya Selama 8 Bulan Fokus Dalam Dunia Blogging

Itu juga menjadi masukan saya agar anda bisa mempelajari segala hal dalam dunia blogging. Mulai dari buat konten hingga otak atik script html.

Yang berarti, sebisa mungkin untuk belajar mengatur template blogger sendiri, mengatur posisi widget, membuat konten dan postingan yang ramah pengguna dan lain sebagainya.

Mengapa ini penting? Karena anda adalah CEO, pendiri, pemilik dan yang paling tahu tentang blog anda tersebut. Istilahnya, anda adalah tuhan di blog tersebut.

Terlebih bagi blogger yang mengangkat niche blogging. Sudah sewajibnya mempelajari tentang script. Jangan sampai, misalnya, anda membagikan kode email subscribe, terlihat berantakan. Padahal, anda itu blogger loh!

Nah oleh karena itu, apabila ada dari anda yang ingin membagikan script di postingan, agar script tersebut terlihat tidak berantakan, anda boleh menggunakan kotak HTML.

Kotak HTML juga tersedia untuk banyak versi, dengan kode html, css, dan rupa yang berbeda-beda. Tinggal gunakan saja yang menurut anda menarik.

Apa itu kotak HTML?

Kotak HTML adalah sebuah kotak persegi panjang yang berisikan item-item berupa kode Javascript, CSS dan lain sebagainya. Kotak ini digunakan untuk menampilkan efek visual agar teks yang ditempelkan terlihat lebih rapi dan biasanya terpisah dari teks formal lain.

Biasanya, kotak HTML terdapat di WordPress dan juga blogger dengan berbagai model dan bentuk. Namun, sebagian besar kotak HTML cukup responsif dan dapat disesuikan dengan perangkat dan browser yang digunakan.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Untuk membuat kotak html, anda tidak harus memiliki kemampuan khusus, yang penting anda tahu cara menggunakannya dan cara kerjannya. Setidaknya juga, anda sudah tahu perbedaan antara kode seperti javascript [js], CSS hingga Jquery.

Sebagian besar kode membutuhkan tiga properti dasar untuk mengatur ukurannya, yakni tinggi, lebar dan juga background atau latar belakang. Nilai angka akan dibuat biasanya ada dalam Px.

Ada juga teknik pembuatan kotak HTML dengan model border. Dimana, anda memberikan batasan tertentu yang biasanya berupa warna khusus pada properti.

Cara Menambah Kotak HTML Di Blogger

Sebenarnya, untuk membuat CSS yang bagus membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dalam artikel ini hanya akan diulas teknik menambah kolom HTML di blogger dengan cara yang paling sederhana.

Perlu juga diketahui, teknik ini akan valid apabila anda menggunakan blogger atau blogspot. Lantas, bagaimana cara menambah kotak HTML di blogger/blogspot? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan caranya untuk anda :

  1. Masuk ke dashboard blog anda
  2. Klik ke Menu Tema/Template
  3. Klik menu Sesuaikan/Costumize
  4. Setelah itu anda klik pada menu Lanjutan/Advanced > Tambah CSS
  5. Setelah kotak tambah CSS terbuka, tambahkan kode dibawah ini
  6. Setelah itu klik Simpan/Save

.code { background:#f5f8fa; background-repeat:no-repeat; border: solid #5C7B90; border-width: 1px 1px 1px 20px; color: #000000; font: 13px ‘Courier New’, Courier, monospace; line-height: 16px; margin: 10px 0 10px 10px; max-height: 200px; min-height: 16px; overflow: auto; padding: 28px 10px 10px; width: 90%; } .code:hover { background-repeat:no-repeat; } 

Cara menggunakan kotak HTML didalam postingan

Lalu setelah menambah kode diatas bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah. Apabila anda ingin menulis postingan yang berisikan kode seperti diatas, anda tinggal memasukan kode dibawah ini:

</div> Tempel kode Anda disini </ div>

Misalnya, apabila anda memasukkan kode tentang yang pertama diatas, maka silahkan masuk di Compose dan tempelkan kode kedua ini lalu masukan kode diatas saat masih dalam mode Compose.

Apabila pada format postingan biasa tidak muncul kodenya, maka biarkan saja. Saat postingan tersebut diposting, kode tersebut akan muncul.

Penutup

Sebenarnya untuk menambah kode HTML di blogger cukup mudah. Oh iya, anda juga bisa memodifikasi kode diatas dengan tambahan-tambahan lain, seperti border, background dan mungkin juga CSS. Silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Nah demikian artikel tentang cara tambah kotak HTML di blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *