Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone

4 Likes Comment
kode negara asal iphone

Untuk mengetahui kode negara asal iPhone bisa dilakukan dengan mengetahui nomor model dan beberapa karakter kata yang mewakili kode wilayah dengan angka dan huruf tertentu.

Sebagai salah satu produsen komputer dan ponsel terkemuka, Apple terus meningkatkan kualitas produk dan kode-kode khusus dalam perangkat maupun diluar perangkat.

Tujuannya sederhana, kode-kode ini digunakan untuk menunjukan bahwa produk tersebut asli dari iPhone meski dirakit di tempat yang berbeda.

Kode-kode tersebut merupakan kode unik untuk mencegah ponsel-ponsel duplikat yang beredar di pasar gelap. Salah satu kode tersebut adalah kode negara asal iPhone.

Saya juga adalah seorang pengguna iPhone. Awalnya, saya anggap kode negara asal tersebut hanyalah penomoran saja untuk tujuan pemasaran.

Dan ternyata saya salah. Fungsinya lebih dari itu, yang bisa mengindikasikan asal banyak hal seperti pabrik, nomor model, warna perangkat dan lain sebagainya.

Beberapa orang juga terkecoh dengan tulisan ‘Assembled in China’ yang terdapat pada label, yang seolah-olah mengatakan bahwa ponsel tersebut di rakit di Cina padahal bukan.

Baca Juga : Daftar Lengkap Ekstensi Domain Negara Dari Seluruh Dunia

Kata ini berbeda dengan ‘Made in China’ yang sering ditemui di produk-produk lain. Kata Assembled tersebut merujuk pada perakitan.

Sementara, made merujuk pada buatan. Jadi secara tidak langsung, ponsel tersebut hanya di rakit di China dan bukan buatan China.

Oleh karena itu, selagi anda membeli di gerai resmi, tidak perlu takut kalau ponsel iPhone anda terdapat tulisan begitu. Karena itu bukan Black Market melainkan hanya klausal pabrikan saja.

Mengapa iPhone pakai kode negara asal?

Semua perangkat Apple iOS memiliki nomor model. Nomor model ini menunjukan asal negara iPhone tersebut. Misalnya, nomor iPhone dengan kode MC605LL/A.

MC605 merupakan sebuah kode seri iPhone 4, dengan warna hitam serta memiliki memori 32GB. Dengan kata lain, nomor model ini menunjukan berbagai karakter iPhone yang digunakan.

Sementara, dua huruf terakhir, yakni LL menunjukan kode wilayah regional. Kode wilayah ini digunakan untuk memisahkan perangkat yang sama berdasarkan wilayah tertentu, mulai dari charger yang berbeda, bahasa, keamanan dan lain sebagainya.

Nomor model perangkat Apple dimulai dengan variabel huruf pertama yang mewakili sumber perangkat [penggantian, gaya dan lain sebagainya]. Kemudian diikuti dengan empat karakter antara A-Z atau 0-9.

Setelah itu baru diikuti dengan satu atau dua karakter yang mewakili wilayah asal perangkat. Bergantung pada perangkat lunak yang menampilkan string, mungkin ada dua karakter sebelum diikuti dengan karakter garis miring [/].

Selain itu, ada beberapa keuntungan mengetahui kode asal iPhone dimana pengguna bisa mengklaim asuransi apabila produk yang digunakan rusak yang masih dalam rentang waktu klaim.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Ponsel Android dan iPhone

Di Indonesia sendiri, pabrik iPhone yang terdekat berada di Singapura. Sementara, untuk anda yang mungkin belum mengetahui, kebanyakan iPhone yang beredar di Indonesia memiliki kode asal Amerika Serikat.

Mengapa tidak ada kode negara untuk Indonesia? Salah satu jawabannya adalah karena di Indonesia belum ada pabrik resmi Apple. Yang berarti, kode unik tersebut belum bisa menunjukan tempat dan wilayah Indonesia.

Membantah, Beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk kode negara Indonesia adalah ID. Untuk hal ini belum diketahui dengan pasti apakah ada atau hanya asumsi. Jika ada dari beberapa pembaca dengan kode iPhone ID silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Disisi lain, para pengguna iPhone di Indonesia mungkin agak heran dengan kode negara asal iPhone yang biasanya berbeda satu dengan yang lain.

Misalnya, dalam satu kasus, seorang pengguna iPhone heran mengapa kode negara asal perangkat iOSnya dari Jepang sehingga fiturnya berbeda dengan perangkat temannya yang berkode negara asal Amerika Serikat.

Salah satu fitur yang mungkin kurang diperhatikan adalah soal suara yang ditimbulkan saat mengambil kamera. Hal ini tidak mengherankan, karena Jepang melarang orang untuk mengambil gambar atau foto secara diam-diam.

Berbeda dengan Amerika Serikat yang mengizinkan hal tersebut atas dasar persetujuan dari dua pihak, yakni yang mengambil gambar dan yang gambarnya diambil.

Jadi, pengguna iPhone asal Amerika Serikat suara kamera saat mengambil gambar bisa silent sementara dengan kode asal Jepang wajib memiliki suara.

Cara memeriksa kode negara asal iPhone

Lalu bagaimana cara memeriksa kode negara asal iPhone? Ada beberapa cara. Misalnya, jika kotak dan iPhone anda sudah lama dan beberapa tulisan dibelakang sudah terhapus, anda bisa mengikuti cara dibawah ini.

  1. Buka menu Setting
  2. Pilih General
  3. Pilih About
  4. Disini silahkan gulir ke bawah sampai anda menemukan Model yang muncul di Tab About

kode negara iphone

Sementara, anda juga dapat memeriksa kode negara asal iPhone dengan mengecek di dus iPhone anda atau di bagian belakang perangkat anda jika masih kelihatan.

dus iPhone

Jika anda tidak hafal mengenai kode negara diatas, anda juga bisa mengeceknya di website resmi iPhone.

Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu memasukkan nomor model iPhone pada formulir yang sudah tersedia lalu klik tombol Check.

Daftar lengkap kode negara asal iPhone

Nah untuk anda yang ingin mengetahui kode negara asal iPhone, silahkan lihat pada tabel dibawah ini. Terkadang juga, satu negara menggunakan nomor model yang berbeda.

Hal ini wajar karena negara tersebut memberlakukan otonomi daerah, yang berarti ada peraturan daerah yang mewajibkan dan tidak mewajibkan hal-hal tertentu.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menginstal Applikasi di Smartphone

Selain itu, nomor model yang berbeda di negara yang sama bisa berarti bahwa di negara tersebut terdapat pabrik resmi milik Apple yang beroperasi.

Berikut ini daftar kode negara asal iPhone lengkap. Daftar ini dalam sesekali akan berubah mengingat iPhone termasuk perusahaan paling berkembang dengan nilai saham triliunan rupiah. Berikut daftarnya:

Kode
Wilayah/Negara
ABMesir, Yordania, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab
BIrlandia, Inggris juga digunakan untuk beberapa unit sub wilayah lain
BGBulgaria
BRBrazil [Dirakit juga di Brazil]
BZBrazil [Tetapi dirakit di China]
CKanada
CLKanada
CIParaguay
CMHongaria dan Kroasia
CHCina
CRKroasia
CZRepublik Ceko
D & DMJerman
DNAustralia, Jerman dan Belanda
EMeksiko
EEEstonia
ELEstonia dan Latvia
FBPrancis dan Luksemburg
FDAustria, Liechetenstein dan Swiss
GRYunani
HNIndia
IDIndonesia?
IPItalia
HBIsrael
JJepang
KNKorea
KNNorwegia
KSFinlandia dan Swedia
LAKolombia, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras dan Peru, Nikaragua, Barbados, Republik Dominika, Puerto Riko dan Kosta Rika
LEArgentina
LLAmerika Serikat, Kanada dan juga beberapa subwilayah lain
LZCili, Paraguay dan Uruguay
MGHongaria
MMMontenegro, Albania dan Mekadonia
MQMakau, Hongkong [?]
MYMalaysia
NFBelgia, Prancis dan Luksemburg
PLPolandia
POPortugal
PPFilipina
RORumania
RSRusia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
TItalia
TATaiwan
TUTurki
TYItalia
VCKanada
XAustralia dan Selandia Baru
YSpanyol
ZASingapura
ZPHongkong dan Makau
ZWZimbabwe
ZMZambia

Patut juga diketahui, terkadang hal yang paling menyusahkan bagi pengguna iPhone asal Indonesia adalah saat melakukan klaim garansi.

Karena begini, semua kode asal negara iPhone diatas masuk dalam model klaim Asuransi Internasional, jadi klaim untuk pengguna dari negara tertentu yang belum memiliki pabrik akan butuh waktu.

Karena biasanya pengguna akan menghubungi counter resmi dari iPhone, atau biasanya disebut Authorised Reseller di beberapa kota di Indonesia.

Dari AR ini akan mengajukan klaim garansi berdasarkan kode negara asal. Sehingga terkadang prosesnya akan sangat lama.

Perlu juga anda ketahui, ada beberapa kode lain untuk iPhone yakni kode FU [Factory Unlock] dan SU [Software Unlock].

FU menunjukan bahwa ponsel yang digunakan bisa menggunakan provider apapun sementara untuk kode SU hanya menggunakan provider yang sudah memiliki kontrak resmi dengan Apple.

Penutup

Banyak pengguna iPhone yang mungkin belum mengetahui fungsi kode tersebut. Alhasil, saat ponsel mereka rusak dalam masa klaim asuransi mereka hanya membiarkannya begitu saja.

Yang rugi tentu saja anda sendiri. Padahal, meskipun waktunya masih lama, tetapi mereka bisa mengklaim agar iPhone yang digunakan itu kembali seperti baru.

Asalkan klaim diterima dan Ponsel iPhone yang digunakan itu tidak melanggar tata cara klaim asuransi seperti misalnya, merokok di dekat smartphone.

Nah demikian artikel tentang cara mengetahui kode negara asal iPhone. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *