Keuntungan Menggunakan Domain .id

2 Likes Comment
keuntungan menggunakan domain id

Keuntungan Menggunakan Domain .id – Memilih nama domain yang tepat, unik dan menarik untuk blog adalah bagian penting bagi seorang blogger, begitu juga dengan ekstensinya. Saat ini, tersedia puluhan bahkan ratusan nama domain beserta ekstensinya.

Ketersediaan ini membuat kita bisa memilih nama domain yang tepat dan menarik untuk blog yang bakalan kita bangun. Terutama jika niche blog kita dan target pengunjungnya itu berasal dari satu wilayah regional tertentu.

Di Indonesia sendiri, ada beberpaa ekstensi domain yang menunjukan bahwa domain tersebut berasal dari Indonesia mulai dari ac.id, co.id, sch.id, or.id dan lain sebagainya. Tetapi banyak dari kita yang mungkin tidak mau menggunakan nama domain yang satu ini, dengan alasan personal.

Salah satu alasan personal adalah biaya pembelian domain tersebut. Memang sih, kisaran harga domain ini melebih 200 ribu, dibanding dengan domain .com atau .net yang cenderung lebih murah.

Baca Juga : Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog

Padahal, domain ini bisa menunjukan nilai lokalitas Indonesia di internet. Selain itu, berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Indonesia [PANDI], domain .id yang terdaftar saat ini berjumlah 310.000. Dibandingkan dengan domain .com yang sudah berjumlah 140 juta lebih.

Nah untuk anda yang sedang mencari-cari atau memilih ekstensi domain yang tepat untuk blog, anda bisa memilih ekstensi .id. Ada beberapa keuntungan yang bakal kita dapatkan jika memilih ekstensi domain yang satu ini, antara lain:

1. Ketersediaan Nama Domain yang lebih banyak

Dengan demikian, kita bebas memilih nama domain entah itu berdasarkan nama, wilayah, tempat tinggal, marga dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu keunggulan yang bakalan kita dapatkan jika kita memilih ekstensi domain .id

2. Menandakan bahwa situs tersebut berasal dari Indonesia

Meski tidak semuanya ya. Tapi, ekstensi ini menandakan bahwa domain tersebut memang berasal dari Indonesia dan di kelola di Indonesia.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar

Meski beberapa diantaranya menggunakan bahasa yang berbeda, tapi dengan ini, maka dapat dipastikan bahwa situs yang menggunakan ekstensi domain .id itu memang berasal dari Indonesia.

3. Domain Server tersedia di berbagai wilayah d Indonesia

Jadi, kita gak perlu repot-repot menggunakan CDN agar pemirsa kita dari seluruh wilayah Indonesia, seperti dari Aceh dan Papua memiliki kecepatan yang sama. Memang sih, soal ini tergantung pada kecepatan internet lokal yang belum merata di Indonesia.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Didengar Oleh Blogger Pemula

Tapi, keuntungan menggunakan domain .id adalah sebagian besar servernya berasal dari Indonesia. Meski ada beberapa server yang berada di Singapura dan juga di AS. Selain itu, untuk mengetasi permasalan server [resolve] akan lebih cepat dilakukan.

4. Mengangkat Lokalitas

Dengan mengangkat lokalitas, itu berarti kita memperkenalkan tentang Indonesia. Jadi dengan domain .id tersebut kita mampu memperkenalkan dan mengangkat nilai lokalitas daerah yang ada di Indonesia.

5. Mudah di Kenali Asal Domain

Seperti juga disebutkan dibagian atas, dengan menggunakan ekstensi domain .id tersebut, asal situs web kita dengan mudah dikenali. Dengan demikian, mereka akan lebih penasaran tentang isi konten yang kita sajikan didalamnya.

Tapi perlu diingat, meskipun anda menggunakan ekstensi domain .id ada baiknya anda memilih nama domain yang cocok, mudah diingat dan menggambarkan tentang bisnis dan blog anda.

Bagaimana, apakah ingin berlaih ke domain .id? Jika iya, silahkan pesan sekarang jangan sampai kehabisan, hehe. Demikian artikel tentang manfaat menggunakan domain .id semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *