Kesalahan-Kesalahan Saya Dalam Ngeblog, Jangan Tiru!

3 Likes Comment
kesalahan-kesalahan saya dalam ngeblog

Artikel tentang kesalahan-kesalahan saya dalam Ngeblog ini saya tulis untuk membantu anda yang sedang kukuh dalam dunia perbloggingan. Cerita saya ngeblog memang tidak semanis yang saya harapkan.

Ekspektasi memang selalu bertolak belakang dengan yang kita harapkan. Itulah kehidupan! Tapi dari situ saya belajar banyak hal. Hal-hal yang tidak akan didapatkan oleh orang lain, karena setiap pengalaman berbeda antara satu orang dengan orang lain.

Sebenarnya, awal mula saya ngeblog karena untuk alasan khusus. Dan motivasinya memang untuk itu, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sebelum akhirnya melebar lebih jauh lagi.

Anda dapat membaca artikel saya tentang alasan saya ngeblog dengan Judul: karena Zoonosis saya ngeblog. Saya mengambil judul itu karena memang saya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat. Niche yang saya pilih waktu itu adalah soal kesehatan hewan.

Singkatnya, ada tujuh artikel yang saya angkat saat pertama kali ngeblog seperti fakta-fakta hewan, bahaya zoonosis di Sulawesi utara tempat saya berdomisili, bahaya distemper pada anjing, penyakit anjing gila, memelihara hewan saat hamil, dan lain sebagainya. Semua itu menjadi motivasi utama bagi saya untuk ngeblog.

Tapi entah kenapa, justru makin kesana pembahasan saya makin melebar. Saya tidak lagi fokus pada niche tersebut. Entah kenapa, saya justru lebih mengarah pada kesehatan. Kesehatan hewan dan manusia sampai akhirnya meluas lebih jauh lagi, menjadi apa yang anda lihat sekarang ini.

Waktu itu, saya sempat membuat artikel-artikel lain tentang kesehatan mata, degerasi mokula dan juga beberapa artikel lain.  Dan benarlah apa yang dikatakan dalai lama, bahwa :

Sesuatu yang terjadi satu kali, dan terjadi dua kali maka akan terjadi untuk ketiga kali, empat kali dan seterusnya.

Saat itu saya masih menggunakan blog gratisan dari blogspot dengan nama yang sama. Jadi, setelah saya memutuskan untuk tidak konsisten dalam ngeblog. Saya lalu membiarkan diri saya, untuk membiarkan saya mau tulis apa, itu terserah saya.

Kesalahan-Kesalahan Saya Dalam Ngeblog, Jangan Tiru!

Saat ini memang saya masih seorang mahasiswa tingkat akhir, yang sedang berjuang menyelesaikan studi. Saya juga aktif dibeberapa organisasi, juga menjadi salah seorang jurnalis di media online kabarmanado.

Kartu pers saya habis pada tanggal 28 maret 2018. Meski pada dasarnya beberapa waktu terakhir saya sudah tidak aktif lagi liputan. Karena saya ingin fokus kuliah. Jadi memang saya ini suka menulis! Dan saya tidak ingin punya batasan dalam menulis. Terserah saya mau menulis artikel apa, itu suka-suka saya. Dan semuanya ada di blog ini.

Apa yang saya tulis nantinya, entah itu berguna ataupun tidak, saya hanya nulis saja. Ini bertujuan untuk menjaga produktivitas saya dalam menulis. Memang berat, karena ada banyak hal yang harus saya selesaikan, kerjakan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Singkatnya, dalam waktu 6 bulan pertama saya ngeblog saya tidak memperoleh apa-apa. Artikel saya sampai kini sudah ada sekitar 400 artikel, dengan tema dan topik yang berbeda-beda. Semuanya saya tulis saat waktu senggang. Dalam sehari, kalau itu hari libur dan saya tidak memiliki agenda apa-apa, maka saya bisa menulis sampai 6 artikel dengan panjang 500 karakter.

Jadi, untuk anda yang sedang belajar ngeblog, anda tidak boleh mengikuti kesalahan-kesalahan saya dalam ngeblog. Kesalahan-kesalahan saya ini sudah saya ringkas khusus untuk anda.

Saya yakin, anda yang membaca ini pasti seorang blogger. Jika bukan blogger, setidaknya anda seorang yang suka membaca. Berikut kesalahan-kesalahan saya dalam ngeblog 6 bulan terakhir yang sudah saya siapkan untuk anda sebagai bahan pembelajaran.

1. Tidak fokus pada satu niche

Inilah yang menjadi kesalahan pertama saya. Jika anda seorang blogger, usahakan anda fokus pada satu niche saja. Jika anda mengangkat niche tentang blogging, maka bahaslah tentang blogging. Semakin banyak artikel anda tentang ngeblog, semakin bagus posisi anda di mesin telusur.

Tapi, usahakan jangan membuat blog yang lendir. Tidak perlu saya terangkan, anda sudah tahu itu. Blog lendir memang mempunya traffic yang tinggi tetapi tidak bagus untuk mesin telusur. Anda bisa di banned tiba-tiba oleh Google tanpa pemberitahuan.

Baca Juga : Cara Agar Akun AdSense Tidak Di Banned atau Ditangguhkan

Apalagi saat ini kemekoinfo dan Google sudah bekerja sama untuk memberantas masalah ini. Meski demikian, per bulan ini pencarian di Google dengan kata kunci Cara membuka situs yang diblokir, cara membuka situs p*rno yang di blokir di Google, dan lain sebagainya pencariannya masih tinggi.

Anda bisa melihat minat pencarian tersebut di Google Trends yang meningkat 175%. Meski pencariannya tinggi tapi jangan sesekali anda coba-coba. Anda bisa di banned oleh Google secara tiba-tiba.

Jadi, pelajaran pertama dalam ngeblog yang anda ambil dari pengalaman saya adalah : “Dalam ngeblog, anda harus sedapat mungkin mengangkat satu niche saja

2. Saya terlalu banyak berganti template

Saat ini ada banyak template yang tersedia. Saat pertama kali ngeblog, sudah tak terhitung jumlahnya berapa saya mengganti template. Template yang saya gunakan itu semuanya template gratis.

3. Saya kurang pede

Maksudnya disini adalah anda harus percaya diri saat anda menulis, begitu pula saat anda ingin share tulisan anda itu. Saat saya pertama kali ngeblog, saya gak pernah share tulisan saya. Kalaupun share, itu hanya di share saja di Google+ dan disana tidak ada pengikut saya sama sekali.

4. Saya berorientasi pada hasil

Banyak artikel saya yang rewrite atau yang ditulis ulang. Masih ada beberapa artikel yang memang ditulis ulang disitu. Padahal, kalau dipikir-pikir, itu tidak jadi masalah. Tapi dimesin telusur itu jadi masalah.

Meskipun sudah 100% lolos plagiat, tapi kesamaan konten (yang disebut Google sebagai penggolongan konten), membuat pengunjung cape menerima informasi yang itu-itu saja).

Pengunjung biasanya menyukai tulisan-tulisan dari anda sendiri, yang anda tulis sendiri dengan mencerminkan sudut pandang anda atau sesuatu. Entah itu soal ngeblog, soal CSS ataupun hal-hal lain. Ibaratnya, ingin menerima informasi baru dari apa yang anda tulis tersebut.

5. Saya hanya mengharapkan pengunjung organik

Mengharapkan pengunjung organik datang ke blog anda setiap hari mungkin adalah hal keliru. Jika anda ingin tahu apa yang dimaksud dengan pengunjung organik, artikel saya dengan judul apakah pengunjung di media sosial dapat disebut pengunjung organik patut anda baca.

Baca Juga : 18 artikel pertama yang di publish di PAULIPU

Jadi, waktu saya ngeblok, saya banyak berharap pada pengunjung organik itu. Meskipun dalam tiga bulan pertama sempat naik, tapi kemudian turun lagi. Akhir-akhir ini pun demikian. Jadi, usahakan agar anda memaksimalkan potnsi anda, jangan hanya berharap pada pengunjung organik.

6. Semakin kecil berhubungan dengan dunia luar

Nah ini yang menjadi catatan buat anda. Awal-awal saya ngeblog, saya terlalu banyak banyak menghabiskan waktu didepan laptop, menatap layar monitor, memainkan sedikit kode-kode dan menghabiskan sekitar 10-12 jam di depan komputer.

Dunia saya dengan dunia luar terputus. Padahal dunia saya yang sebenarnya ada disana. Sebagai blogger, anda harus bisa menyeimbangkan antara dunia luar dan dunia blogging. Sedapat mungkin untuk menyeimbangkan.

Baca Juga : 10 fakta menarik blog yang jarang diketahui

Karena hal ini penting. Jika anda menghabiskan banyak waktu seperti yang saya lakukan diatas pada awal-awal ngeblog, bukan cuma hubungan anda dengan dunia luar yang terputus, tetapi juga berbaya bagi mata anda, pengetahuan ada, hubungan anda dan lain sebagainya. Ini catatan saya untuk anda : Sedapat mungkin tetap berhubungan dengan dunia luar.

7. Menganggap SEO itu tidak penting

Dalam dunia Blogging, SEO ibarat etanol yang bisa mengirangkan sakit kepala. Atau juga, seperti kunci untuk membuka salah satu pintu di mesin pencarian.
Dan saya gak peduli itu, awalnya!

Baca Juga : Cara cek konten plagiat di Blog

Yang saya tahu, saya hanya menulis dan membiarkan Google yang mengindeksnya sendiri. Inilah yang menjadi masalah. Jika anda ingin berkembang dalam dunia blogging anda harus belajar perlahan soal SEO. Ada beberapa artikel yang saya sudah siapkan bagi anda untuk memahami SEO.

Artikel-artikel ini saya tulis setelah saya memahami petingnya SEO. Bagi saya, agar saya bisa lebih paham, maka saya harus melakukannya. Sejak dulu, memang saya cenderung menggunakan metode belajar kinestik.

Jadi saya harus melakukannya agar saya tahu. Misalnya, artikel saya tentang panduan SEO tahun ini yang berbicara banyak soal SEO dan juga cara menerapkan SEO dengan mudah. Pada artikel kedua, SEO dengan model itulah yang saya terapkan untuk blog saya.

8. Jarang sekali Blogwalking dan berkomentar di Blog orang lain

Saya memang jarang blogwalking, padahal itu penting. Disana, adan bisa meninggalkan jejak anda berupa link saat anda blogwalking.

Dengan blog walking, atau bergabung di dalam komunitas blogger, anda menunjukan kehadiran anda sebagai blogger. Disana aka nada banyak pengetahuan yang bisa anda peroleh.

9. Hanya fokus pada artikel pendek

Ini juga yang menjadi masalah. Pernah gak kamu bertanya, ada berapa banyak informasi di database Google? Atau pernah gak kamu bertanya dulu sebelum membuat blog: nanti siapa yang mau kunjungi blog saya ini?

Semuanya sifatnya misteri. Dalam dunia blogging pun begitu. Menurut saya pribadi, orang-orang yang sempat mampir di blog saya ini adalah orang-orang yang kesasar. Informasi yang saya siapkan semuan sifatnya laten dan kurang berarti.

Mengapa?

Sebab saat itu saya fokus saja pada konten-konten pendek. Pada listicle dan tidak fokus pada konten panjang. Jika anda ingin membuat blog, usahakan blog anda itu fokus pada konten-konten panjang. Anda harus membuat standar untuk diri anda sendiri, termasuk soal panjang konten.

10. Tertipu pada penghasilan blogger lain

Tiga bulan pertama, pengunjung saya pernah stabil diangka 300. Tapi akhirnya hilang satu per satu karena seringnya saya berganti template dan juga artikel-artikel saya banyak yang keluar dari topik.

Padahal, waktu itu, Google sementara melakukan peninjauan blog saya. Jika anda bertanya, berapa banyak pengunjung di blog saya yang sekarang setelah 6 bulan ngeblog: hasilnya adalah 10.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Miris memang! Tapi itulah kenyataanya. Saya berani katakan demikian karena memang saya sendiri mengalami itu. Dan ini harus anda pikiran baik-baik, terutama bagi anda yang baru masuk dunia blogging.

Jangan terlalu banyak berharap pada dunia blogging. Jika anda berharap banyak, lalu hasilnya tidak sesuai yang anda harapkan, maka anda hanya akan kecewa sendiri! Mungkin ada sudah melihat iklan adsensenya nongol disini.

Dan anda langsung bertanya: wah berarti sudah bisa menghasilkan. Selama tiga dua bulan diterima di Adsense, anda mau tahu berapa penghasilan saya? Hanya 8 ribu sekian.

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa untuk bisa earning di Google adsense minimal anda sudah ngeblog selama 8 bulan. Jika anda konsisten menulis artikel selama 8 bulan itu, maka setidaknya ada sudah menghasilkan kira-kira 240 artikel.

Dengan rata-rata pengunjung sekitar 2000-3000 orang per harinya. Jadi, untuk anda yang ingin menghasilkan uang dari adsense, jangan dulu banyak berharap sebeb anda hanya akan kecewa nantinya.

Kesimpulan

Nah itu dia cerita saya selama 6 bulan ngeblog. Dan itu selama 6 bulan itu, ada banyak kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dalam ngeblog. Miris memang, tapi itulah kenyataanya. Dan kenyataan, sepahit apapun itu harus diterima. Iya gak?

Untuk anda yang baru ngeblog satu atau dua bulan, ingat baik-baik bahwa ngeblog itu gak gampang loh. Sebagai blogger anda harus tekun, rajin, ulet, tahu manajemen, tahu menulis, tahu desain sedikit, dan lain sebagainya.

Blogger adalah asset anda dan sebagai aset anda harus pelihara dan tekuni dengan baik. Selalu asah kemampuan anda dan jangan menyerah. Begitu juga saya.

Mungkin topik yang saya angkat terlalu luas untuk saya, tapi bagi saya, dengan topik luas ini saya lebih leluasa menulis apapun. Selain itu, ada beberapa orang yang sudah membantu saya dalam membuat konten. Jadi saya agak terbantukan sedikit disini.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *