Inilah 9 Jejak Keberadaan Ken Angrok Di Gunung Kawi

7 Likes Comment
Jejak-Jejak Ken Angrok

Jejak-Jejak Ken Angrok Di Gunung Kawi – Nama Ken Angrok atau Ken Arok sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Jawa dan juga masyarakat Indonesia.

Selain menjadi salah satu nama yang masuk dalam pembelajaran sejarah sejak Sekolah Dasar, cerita mengenai keberadaan Ken Angrok juga menjadi salah satu cerita yang sudah dikisahkan secara turun temurun sejak dulu.

Selain itu cerita mengenai Ken Angrok rasanya tak lengkap jika tak menyebut nama Ken Dedes. Dibalik itu juga, ternyata ada banyak bukti yang menunjukan jejak-jejak Ken Arok di beberapa tempat.

Jejak-jejak ini meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tetapi telah menjadi salah satu bagian dari kepercayaan masyarakat bahwa sosok ini benar-benar hidup di masa lampau.

Begitu juga dengan wilayah Malang yang tak bisa dipisahkan begitu saja dengan sosok Ken Arok. Hingga kini, beberapa lokasi di kota Malang dan juga di Kabupaten Malang masih menyimpan jejak Sejarahnya sejak 13 Masehi silam.

9 Jejak Keberadaan Ken Angrok Di Gunung Kawi

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 9 jejak keberadaan Ken Arok di Gunung Kawi, Kota Malang. Berikut daftarnya:

1. Karuman

Paratoton menyebut Karuman sebagai desa tempat tinggal penjudi Bango Samparan, yang merupakan ayah angkat Ken Arok. Kini Karuman sudah menjadi nama sebuah gang di Tiogomas, Kota Malang.

2. Sagenggeng

Ditempat ini dipercaya sebagai tempat Ken Angrok belajar membaca dan menghitung. Namun Sagenggeng berubah menjadi Dusun Sagenggeng, Desa Wanakerso, Pakisaji, Kabupaten Malang.

3. Sanja

Dukuh ini didirikan Ken Arok bersama sahabatnya, Tita. Mereka menggunakan tempat ini untuk membegal orang yang melintas. Desa Wadanpuro bisa dicurigai sebagai bekas Dusun Sanja.

4. Rabut Katu

Atau yang dikenal sebagai Gunung Katu. Tempat ini menjadi lokasi Angrok melarikan diri. Dia berada di Desa Sumber Seko, Wangir, Kabupaten Malang.

5. Turyantapada

Tempat ini dimana Asrama Kependetaan Mpu Palot berada. Disanalah Ken Angrok belajar sebagai pengrajin emas dan diangkat sebagai anak oleh Mpu Palot.

Di salah satu kecamatan di Malang terdapat satu kecamatan yakni Kecamatan Turen yang dikaitkan dengan nama Turyantapada

6. Kabalon

Tempat ini dulunya sebagai sentra pengrajin emas. Ken Angrok sempat disuruh Mpu Palot untuk mengasah kemampuan merajin emas disana. Nama Kabalon sampai sekarang masih ada di Desa Comorokandang, Kabupaten Malang.

7. Taman Boboji

Peratoton mengisahkan disinilah kali pertama Ken Angrok melihat Ken Dedes, saat roknya tersingkap waktu turun dari Kereta.

Di Desa Watugede, Singasari ada sebuah situs yang diyakini sebagai tempat itu. Situs ini dikenal sebagai Petirtaan watugede, atau Petirtaan Ken Dedes.

8. Singhasari

Tak jauh dari Petirtaan Ken Dedes, ada tempat yang menadai Wilayah Pusat Kerajaan SInghasari. Wisnuwardhana diduga pernah meninggalinya setelah di nobatkan menjadi raja, dia mengubah nama kerajaan Tumapel menjadi Singhasari.

9. Kagenengan

Disinilah tempat lahir Ken Angrok didharmakan. Namun lokasi pasti di mana Candi Kagenengan berada masih menjadi bahan diskusi para ahli.

Salah satu lokasi kuat dpercaya sebagai lokasi Candi Kagenengan adalah di dusun Genengan, Desa Parangargo, Kecamatan Wangir, Kabupaten Malang.

Penutup

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, namun jejak-jejak keberadaan Ken Arok ini sudah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat sekitar Malang.

Beberapa tempat bahkan sudah menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang dapat anda kunjungi.

Demikian artikel mengenai jejak-jejak Ken Angrok di Gunung Kawi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *