Kelebihan-Kelebihan Menggunakan Blogger.com

2 Likes Comment
kelebihan menggunakan blogger

Kelebihan-Kelebihan Menggunakan Blogger/blogspot – Mungkin, blogger/blogspot dapat dikatakan sebagai platform blogging yang cukup populer di Indonesia.

Banyak orang yang memilih menggunakan platform ini selain karena gratis, dalam jangka waktu 1 bulan saja anda sudah bisa memonetisasinya. Mengapa platform blogging dipilih oleh banyak orang Indonesia untuk ngeblog?

Alasan-alasannya mungkin beragam, tapi sebagian besar akan dipaparkan disini. Anda bisa setuju bisa saja tidak. Karena pandangan-pandangan dibawah ini diperoleh berdasarkan pengalaman pribadi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Saya sendiri menggunakan blogger.com sebagai platform blogging saya. Berikut disajikan kelebihan-kelebihan menggunakan blogger :

1. Cukup mudah pembuatannya

Untuk membuat blogger/blogspot anda hanya membutuhkan 3 klik untuk membuat akun ini. Karen acara pembuatannya yang mudah, membuat blogger/blogspot sangat populer. Anda hanya perlu memasukan link di search engine, mengklik lalu membuat blog.

Baca Juga : Manakah Yang Lebih Baik, Blogger atau WordPress?

Persyaratanya pun cukup mudah sebab anda harus punya email gmail. Siapa sih di Indonesia yang saat ini tidak memiliki email? Bahkan sebagian besar email yang digunakan menggunakan gmail. Apalagi jika anda pengguna Android, maka sudah dipastikan anda mempunyai akun gmail.

2. Hosting tak terbatas

Blogger/blogspot menyediakan hosting tak terbatas bagi para penggunanya. Jika anda ingin tampil lebih professional, maka anda hanya perlu membeli domain dengan kisaran harga sekitar 130-an ribu. Jika tidak juga tidak apa-apa.

Baca Juga : Perbedaan utama antara WIX dan Squarespace

Dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya hosting di blogger/blogspot. Biaya hosting ini mungkin saja sudah ditutup dengan potongan penghasilan anda sudah memoentisasi blog anda. Sebab, sebagian besar blog yang tidak di monetisasi dapat dipastikan blog tersebut tidak terlalu fokus pada dunia blogging.

3. Pengaturan yang fleksibel

Jika anda sudah terbiasa dengan blogspot/blogger, pengaturan yang ada di blogspot lebih fleksibel dan lebih mudah. Misalnya, menghapus widget atau menambahkan widget. Anda hanya perlu mengklik tiga kali, atau juga menghapusnya, anda hanya perlu mengklik dua kali.

4. Tersedia jutaan template

Jika anda tidak percaya, anda dapat mencari ‘template blogger’ dari bebagai bahasa di dunia, maka anda akan disajikan ribuan, ratusan ribu template bahkan jutaan template yang siap anda gunakan untuk mempercantik dekorasi blog anda. Ini menjadi salah satu keunggulan blogger dibanding platform blogging yang lain.

5. Integrasi dengan puluhan produk Google

Jika anda seorang blogger, mungkin anda perlu memaksimalkan 10 alat Google. Tetapi tidak sampai disitu saja, dengan akun blogger anda anda memiliki akses integrasi ke produk google yang lain, antara lain: Google+, Google Earth (Google Places), Picasa Web, Picasa Creative Kit, Google Drive, Google Documents, FeedBurner, Google Search Console, Google Analytics, Google Tag Manager, Google Marchants, dan lain sebagainya. Dan semua perlu anda hubungkan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung yang berkunjung ke blog anda.

Baca Juga : Perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com

Anda juga dapat menggunakan alat lain seperti Google Apps For Business, yang memungkinkan anda mengelola semua alat Google itu disatu tempat. Jadi jika anda ingin terjun ke dunia blogging, jangan menganggap bahwa ini adalah satu platform blogging yang independen, tidak!

Tetapi merupakan satu dari rangkaian alat Google yang dapat anda maksimalkan untuk meningkatkan kemampuan blogging anda, sekaligus pengalaman ngeblog.

6. Keamanan terjamin

Dengan menggunakan blogger.com, anda tidak perlu repot-repot memperbaharui CMS tanpa menerapkan Patch Keamanan. Mengapa? Sebab Google telah merancang platform ini untuk menutupi kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger. Beda halnya jika anda menggunakan WordPress, anda harus menerapkan pengamanan berlapis untuk meningkatkan keamanan situs web anda tersebut.

7. Pengarahan domain khusus

Dengan menggunakan blogger/blogspot, anda dapat menambahkan domain kostum ke situs anda tersebut tanpa dikenakan biaya selain untuk membeli domain tersebut. Dan anda bebas memilih penyedia domain apa saja.

8. Muncul dalam hasil pencarian lebih cepat

Jika anda memanfaatkan alat-alat Google diatas, potensi anda muncul dihalaman pertama Google semakin besar. Perlu anda ketahui, ketika anda membuat blog menggunakan blogger.com, blog anda telah ditambahkan secara otomatis ke direktori situs web kurang dari 24 jam.

Baca Juga : Cara buat blog dari nol sampai ahli

Beda halnya dengan WordPress, yang membutuhkan waktu bahkan lebih dari 24 jam dan dalam beberapa kasus bisa berbulan-bulan agar blog/situs web WordPress anda dapat terindeks oleh Google. Pengindeksan lebih cepat menunjukan potensi kunjungan yang juga lebih besar.

9. Mudah digunakan

Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakan blogger/blogspot. Meski subjektif, tetapi banyak orang menganggap blogger sebagai platform blogging termudah yang dapat digunakan. Selain itu, antarmuka dan editorialnya yang mudah.

10. Gratis!

Jadi, dengan blogger/blogspot sepenuhnya digunakan dengan gratis, asalkan anda terhubung ke internet. Dan tidak ada ikatan penggunaan asal anda tidak melanggar kebijakan dan ketentuan layanan atau menjadi spammer serta memposting konten yang bertolak belakang dengan kebijakan tersebut.

Selain itu, tidak ada biaya berlanggan, tidak ada biaya pendaftaran dan tidak ada biaya penjualan. Semuanya bebas.

Nah kira-kira itu Kelebihan-Kelebihan Menggunakan Blogger/blogspot. Jika anda menggunakan blogger/blogspot, keunggulan-keunggulan yang bisa anda dapatkan kira-kira itu. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *