10 Kegiatan Produktif Saat Berada di Rumah

2 Likes Comment
kegiatan produktif di rumah

Ada beberapa kegiatan produktif saat berada di dalam rumah. Kegiatan-kegiatan ini bisa menambah pengetahuan, ketrampilan dan memiliki efek positif di masa mendatang.

Menjadi seorang yang produktif tidak harus dengan bekerja atau beraktivitas. Anda juga bisa melakukan beberapa hal dibawah ini agar bisa produktif meskipun saat itu anda sedang berada di rumah.

Dalam pandangan awam, kegiatan yang produkti tentu adalah bekerja. Bekerja, alias melakukan aktivitas, tidak melalu produktif.

Produktif sendiri, dalam bahasa Indonesia, dapat diartikan sebagai sesuatu yang bisa mendatangkan, menghasilkan atau menciptakan sesuatu.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Sebagai kata proses, produktif tidak saja berhenti sampai disitu, tetapi dapat juga diartikan kegiatan yang memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Di rumah pun anda bisa melakukan kegiatan-keigatan yang produktif kok. Bahkan, ini dapat anda lakukan dengan hanya berdiam diri di satu tempat.

Kegiatan-kegiatan ini sendiri dapat anda lakukan saat hari libur, saat akhir pekan atau mungkin saat anda tidak memiliki keigatan apa-apa.

Kegiatan Produktif Saat Berada di Rumah

Nah untuk anda yang ingin menjaga diri tetap produktif di rumah, berikut disajikan 10 kegiatan produktif saat berada di rumah. Kegiatan apa saja itu? Ini Daftarnya

1. Kumpul bersama keluarga

Zaman modern ini, berkumpul bersama keluarga rasanya tak lengkap jika tidak ada ganget. Ada baiknya anda menghindari hal ini saat anda berada di rumah.

Jangan membuat diri anda seolah-olah asing dalam keluarga hanya karena gandget. Dimana, yang dekat akan jadi jauh sementara yang jauh akan jadi dekat gara-gara ponsel.

Baca Juga : Mereka Yang Bangun Dari Koma Setelah Dengan 15 Lagu Ini

Saat berada di rumah adalah saat dimana anda berkumpul bersama keluarga. Misalnya, bersama ayah, ibu, adik dan keluarga lain yang ada saat itu.

Luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka dan hindari penggunaan gadget seminimal mungkin. Ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan sekaligus untuk membicarakan hal-hal yang selama ini mungkin tidak di bicarakan.

2. Memasak

Kalau selama ini yang memasak di dapur adalah ibu anda, coba sesekali mintalah ibu anda duduk dan biarkan anda yang memasak.

Melatih diri anda untuk bisa memasak adalah hal yang sangat menyenangkan dan menantang. Tapi, kalau itu adalah hal pertama, usahakan agar tetap dalam pengawasan ibu.

Baca Juga : Cara Mengontrol Emosi Yang Baik dan Benar

Mengapa? Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya, kelebihan garam pada masakan anda.

Selain itu, anda bisa mendapatkan ilmu baru dari sini. Dimana, anda bisa mengetahui resep keluarga, atau mengetahui bumbu-bumbu yang digunakan.

Usahakan agar anda menuntaskan masakan anda tersebut dan biarkan orang tua dan keluarga mencicipinya. Hambar atau gak itu urusan belakangan, yang penting anda sudah bisa memasak.

3. Baca buku

Gadget telah menggantikan sebagian besar kebiasaan manusia, salah satunya adalah buku. Saat anda berada di rumah, sebagian besar dari anda pasti berhadap-hadapan dengan gadget.

Baca Juga : 5 Cara Mengajar Anak Mengolah Emosi Mereka

Oleh karena itu, jika anda ingin menjaga diri anda tetap produktif, usahakan agar anda menghindarinya. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku.

Anda bisa membaca buku yang anda sukai, mulai dari novel dan buku-buku lain. Buatlah anda menikmati waktu-waktu istirahat anda tersebut dengan kegiatan yang postitif.

4. Beres-beres rumah

Membereskan rumah adalah kegiatan produktif selanjutnya. Ini termasuk menyapu [mengepel lantai], membersihkan debu yang menempel pada jendela, ventilasi dan benda-benda lain, mencuci piring dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Usahakan, jangan habiskan waktu anda untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Kalau memungkinkan, anda bisa melakukan hal-hal yang lebih jauh lagi, seperti misalnya, membersihkan kamar mandi atau halaman rumah anda.

5. Menamam atau menyiram tanaman

Jika di rumah anda terdapat bunga-bunga, anda bisa menyiraminya dan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitarnya.

Kalau belum, ada baiknya mulai sekarang anda menanam tanaman seperti bunga. Bisa juga anda menanamnya menggunakan pot atau menanamnya langsung di tanah.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Dan rawatlah mereka. Kehadiran bunga-bunga tersebut bisa membawa kegembiraan bagi mood dan perasaan anda sekaligus memberi banyak manfaat yang lain termasuk membuat beranda atau halaman rumah anda lebih indah.

Menanam bunga mengharuskan anda untuk merawatnya. Yang berarti, kegiatan produktif tersebut tetap bertahan sampai beberapa bulan bahkan beberapa tahun kedepan.

6. Lakukan hal-hal yang anda sukai

Pada intinya, kegiatan produktif yang diulas disini untuk menghindari penggunaan gadget. Oleh karena itu, untuk menjaga diri anda tetap produktif, lakukan hal-hal yang anda sukai.

Seperti misalnya, jika anda suka melukis anda bisa melukis. Jika anda suka menulis, maka silahkanlah menulis. Kalau anda punya blog, anda bisa melakakukan postingan.

Baca Juga : Cara Buat Blog Menggunakan Blogger.com Dari Awal Sampai Mahir

Jika anda suka desain grafis, lakukan hal itu. Intinya, lakukan hal yang menjadi hobi anda. Asalkan hobi tersebut tidak negatif, seperti misalnya, gombalin istri orang.

Kegiatan yang anda sukai, apalagi hal tersebut memiliki manfaat, bisa membantu anda menenangkan diri anda saat-saat stres, depresi atau tertekan gara-gara pekerjaan kantor yang menumpuk.

7. Tidur siang

Tubuh butuh istirahat. Setelah anda melakukan aktivitas, pada saat siang, anda bisa tidur siang.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Kesehatan

Waktu tidur tergantung pada diri anda, namun ada baiknya tidak lebih dari 5 jam. 3 jam sudah cukup. Selanjutnya, anda bisa melakukan kegiatan lain.

Jika anda bertanya waktu tidur yang tepat, ada baiknya anda tidur dari jam 1-3 sore. Setelah itu, anda bisa melakukan aktivitas lain seperti misalnya, menyiram bunga.

8. Membaca berita terbaru

Saat ini, sajian berita tidak saja terbatas pada kertas tetapi juga pada media-media lain seperti siber, televisi dan radio.

Anda bisa membaca berita lewat gadget atau lewat siaran TV. Ada beberapa stasiun TV yang sebagian besar Programnya adalah berita, seperti Metro TV dan juga TVOne.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Bibir Dengan Mudah dan Berhasil

Dengan membaca berita, anda mendapatkan informasi baru dan pengetahuan baru. Supaya, anda tetap update dengan informasi terkini tentang kehidupan disekitar anda baik lokal, nasional maupun internasional.

Usahakan juga agar anda tidak terpaku pada satu berita, seperti misalnya berita Politik. Jika tujuannya untuk menambah khazanah pengetahuan, maka ada baiknya anda juga membaca berita-berita seperti misalnya Sains, Olahraga dan juga rubrik.

9. Lakukan hal yang belum pernah anda lakukan

Coba, misalnya, anda sudah tidak pernah mendengarkan radio. Coba sesekali lakukan hal ini. Sesuatu yang sudah lama tidak anda dengarkan sangat menarik secara psikis.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Wanita Susah Mengandung

Radio adalah pemersatu bangsa. Anda bisa mendengarkan radio sambil santai, meminum kopi dan mengkonsumsi cemilan.

Luangkan waktu anda untuk hal-hal semacam ini agar menjaga semangat anda untuk menjemput hari esok.

10. Berolahraga

Ada banyak sekali fungsi olahraga, mulai dari menyehatkan tubuh, membakar kalori jahat, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih waktu untuk berolahraga, misalnya saat pagi hari atau sore hari.

Penutup

Menjadi seorang yang produktif berarti anda berusaha menjaga diri anda tetap sibuk. Yang berarti, anda berusaha semaksimal mungkin menghargai waktu dengan mengisinya dengan kegiatan yang berkualitas.

Melakukan kegiatan yang produktif saat berada di rumah tidak saja bermanfaat untuk diri anda, tetapi juga bagi orang-orang terdekat anda.

Nah demikian artikel tentang 10 Kegiatan Produktif Saat Berada di Rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *