Kebakaran Hutan: Pengertian, Kasus Dan Cara Antisipasi

6 Likes Comment
kebakaran hutan Kasus dan Cara Mengantisipasi

Kebakaran Hutan: Pengertian, Kasus Dan Cara Antisipasi – Kondisi hutan dunia berada dalam tataran yang memprihatinkan. Semua pasti tahu, hutan adalah salah paru-paru dunia yang menunjang bagi kelangsungan semua mahluk hidup. Hutan adalah ibu, penyedia makan, rumah dan juga tempat tinggal bagi jutaan spesies, termasuk manusia.

Namun, banyak kasus yang terjadi didunia akibat kebakaran hutan, baik ulah manusia dan ataupula karena disebabkan oleh alam sendiri. Nah berikut disajikan artikel tentang kebakaran hutan: pengertian, kasus dan bagaimana cara antisipasi.

Pengertian kebakaran hutan

Kebakaran Hutan : Kasus Dan Cara Mengantisipasi
Gambar via vunature.com

Kebakaran hutan adalah suatu kondisi dimana api yang ada tidak dapat lagi kendalikan yang dipicu oleh berbagai hal seperti kekeringan, cuaca, kondisi angin, semak-semak yang kering, yang membuat api membesar.

Di Amerika serikat ada sekitar 100.000 kebakaran hutan terjadi setiap tahun, sementara di Indonesia lewat citra satelit pada tahun 2016 lalu, ada ribuan titik api yang terlihat.Lebih dari 9 juta kilometer tanah telah habis akibat kebakaran hutan yang terjadi.

Menurut WeatherWizKids kebakaran hutan adalah, “Api liar yang dikenal sebagai kebakaran hutan liar, kebakaran hutan, kebakaran vegetasi, kebakaran rumput, kebakaran gambut, kebakaran hutan (di Australia), atau kebakaran bukit yang sering terjadi di hutan belantara yang berakibat pada rumah dan lahan pertanian.

Baca Juga : 10 Ancaman Bencana Alam Paling Sering Terjadi di Indonesia

”Berikutnya, efek dari pemanasan global yang mengakibatkan meningkatnya emisi gas rumah kaca diperkirakan akan terus meningkat tiap tahun. Hal ini mengakibatkan hutan-hutan berada dalam resiko yang mengkhawatirkan.

Telah diketahui bahwa kebakaran hutan tidak dapat diprediksi. Ini adalah hal yang mendasar, tetapi ini adalah pengalaman bahwa manusia dihadapkan pada kegiatan liar cenderung berperilaku menyimpang dan tidak terduga.

Penyebab Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan : Kasus Dan Cara Mengantisipasi
Gambar via wallpapersart.info

Secara umum, ada beberapa penyebab kebakaran hutan, antara lain:

1. Manusia

Manusia adalah penyebab utama dari sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi. Rasionya 98% kebakaran hutan disebabkan oleh manusia.

Banyak kebakaran hutan disebabkan oleh puntung rokok yang ditinggalkan atau dibuang sesuka hati. Api unggun yang masih menyisahkan bara dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan, serta pembakaran yang disengaja.

2. Alam 

Alam juga dapat menyebabkan hutan terbakar. Hal ini bisa dikarenakan berbagai alasan seperti petir yang terjadi disekitar hutan, terutama petir berjenis ‘hot lighting’ yang bisa terjadi dalam kurun waktu cukup lama.

Baca Juga : 10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi di Bumi

Ketika itu terjadi dapat menyebabkan percikan api yang bisa saja membesar dan mengakibatkan kebakaran. Begitu juga dengan letusan gunung berapi. Lahar panas yang dimuntahkannya bisa menyebabkan kebakaran hutan.

Efek Dari Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan : Kasus Dan Cara Mengantisipasi
Gambar via forestfiredetection.com

Disisi lain, ada dua efek utama yang akan dirasakan akibat dari kebakaran hutan tersebut, antara lain:

1. Efek Langsung

Kebakaran hutan dapat menyebabkan rumah, pemukiman, kehidupan alam liar serta vegetasi yang ada. Termasuk juga tanah disekitar area yang terjadi kebakaran.

Kandungan nutrisi dan kotoran yang membusuk menyimpan banyak karbon sehingga mengakibatkan tumbuhan sulit untuk hidup dalam jangka waktu yang lama.

2. Efek Tak Langsung 

Biasanya saat terjadi kebakaran, petugas pemadam kebakaran akan menyemprotkan banyak air untuk api padam. Namun, jika terlalu banyak air yang disiram akan mengakibatkan tanah erosi dan ini juga berbahaya bagi manusia.

Begitu juga dengan asap yang ditimbulkan karena kebakaran hutan, yang dapat menyebabkan manusia sesak nafas, serta polusi udara. Terakhir, nyawa manusia akan melayang akibat dari kebakaran hutan tersebut.

Baca Juga : 10 Jenis Bencana Alam Yang Paling Umum Terjadi di Dunia

Selain dua hal diatas, dampaknya akan sangat besar terhadap kelangsungan ekonomi manusia seperti pertanian, penyakit serius akibat asap yang ditimbulkan, area yang tidak dapat diakses lagi, hilangnya satwa liar dan seterusnya.

Solusi

Kebakaran Hutan : Kasus Dan Cara Mengantisipasi
Gambar via pexels

Sudah banyak solusi yang ditawarkan. Pada umumnya, solusi tersebut harus patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah yang terjadi kebakaran tersebut, termasuk zat yang digunakan untuk memadamkan api.

Selanjutnya adalah memantau kondisi cuaca dan pemberitaan dari media agar anda tidak membakar sembarangan yang beresiko bagi hutan disekitar anda.

Usahakan juga agar anda tidak membakar zat yang mudah terbakar seperti bahan-bahan organik mulai dari daun, kayu atau limbah halaman rumah. Termasuk juga agar tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Nah demikian artikel tentang kebakaran hutan: kasus dan cara mengantisipasi. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *