5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

4 Likes Comment
bahan dasar furniture

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture – Sebagai sebuah negara agraris, Indonesia saat ini merupakan salah satu negara penghasil kayu paling besar di dunia.

Hal ini sejalan dengan bisnis furniture yang sangat berkembang akhir-akhir ini. Bisnis furniture pada dasarnya adalah bisnis yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar pembuatannya.

Selain itu, kayu merupakan salah satu material paling banyak digunakan di dunia. Kayu bisa digunakan untuk membuat bangunan, dinding, pintu, dan sebagainya. Begitu juga dengan kursi, lemari, meja dan sebagainya.

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini, pastikan kamu harus tahu kayu-kayu yang akan kamu gunakan sebagai bahan dasar Furniture.

Kayu-kayu tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas, kayu apa saja yang sering digunakan sebagai bahan dasar furniture? berikut daftarnya:

1. Kayu Jati

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Daftar pertama adalah kayu jati. Kayu premium ini berasal dari hutan Tropis di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sebagai kayu premium, tak heran kalau banyak orang yang kemudian menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar furniture.

Dan mungkin merupakan salah satu kayu paling populer yang digunakan sebagai bahan dasar furniture. Karakter utama dari kayu yang satu ini adalah memiliki lapisan minyak yang ada pada galihnya, hal inilah yang membuat kayu jati tampak bersinar dari kayu lainnya.

Sayangnya, harga kayu jati ini cukup mahal di pasaran. Sudah pasti kayu ini memiliki kualitas yang baik dan banyak diminati sehingga tak heran kalau kayu premium ini cukup mahal.

2. Kayu Mahoni

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Kayu Mahoni juga merupakan salah satu kayu favorit yang banyak digunakan sebagai bahan dasar furniture. Dari segi harga, kayu Mahoni dapat kamu dapatkan dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan kayu Jati.

Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Alien Yang Harus Kamu Ketahui

Tetapi, jika kayu ini telah diolah menjadi furniture, jangan heran kalau harganya melambung tinggi. Karakter utama dari kayu ini adalah memiliki pori dan serat yang halus. Selain itu, kayu mahoni dapat dengan mudah dikenali dari warnanya yang merah kecoklatan.

3. Nyateh

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Bagi pengrajin Mabel dan furniture oleh-oleh, kayu Nyateh tentu tak asing lagi. Karakter utama dari kayu ini adalah permukaannya yang licin, serupa kayu jati.

Serta halus itu akan membuat tampilan furniture atau pengrajin mebel lebih terlihat menarik dan indah. Kelebihan utama dari kayu ini adalah kemampuannya untuk bertahan terhadap rayap.

4. Pinus

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Daftar selanjutnya adalah kayu Pinus. Kayu Pinus memang sudah dikenal oleh banyak orang karena kegunaanya, buahnya yang telah jatuh dapat digunakan untuk pernak-pernik pada Pohon Natal dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Misteri Sains Modern Yang Belum Di Pecahkan, Nomor 5 Berbicara Tentang Kidal

Selain itu, kayu Pinus dapat kamu jadikan alternatif karena kayunya bisa dengan mudah ditemukan. Karakterisitik utama dari kayu yang satu ini adalah warna cerah yang dimilikinya dengan tekstur serat yang halus. Sayangnya, kayu Pinus mudah terserang jamur.

5. Sungkai

5 Kayu Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Dasar Furniture

Yang terakhir adalah kayu Sungkai. Banyak orang yang menjadikan kayu sungkai sebagai alternatif furniture kalau tidak mendapatkan empat kayu diatas.

Karakteristik utama dari kayu ini adalah warnanya yang cerah, tapi cocok jika digunakan untuk perabot rumah.

Nah demikian 5 kayu yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar furniture. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *