SEO TIPS : Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

4 Likes Comment
Kanibalisasi kata kunci

Terkait dengan kanibalisasi kata kunci atau kanibaliasasi keyword] ini mungkin belum banyak dibahas oleh para blogger juga oleh pakar SEO. Bahkan beberapa E-book yang saya dapatkan dan juga grub-grub yang fokus pada pembahasan mengenai SEO tidak banyak yang menyinggung tentang hal ini.

Sebagian besar masih berputar-putar soal keyword, Alt Text, title text, link internal dan eksternal dan sebagainya. Singkatnya, sebagian besar yang dibahas itu masih sangat umum dan sangat sedikit yang membahas secara mendalam mengenai kanibalisasi kata kunci padahal dampaknya juga sama buruknya bagi blog.

Postingan ini juga menjadi postingan pertama saya di blog ini. Karena sebelumnya, blog ini memang dibuat khusus untuk SEO dan upaya mengoptimalkan konten di mesin telusur.

Meskipun tujuan tersebut akhirnya melenceng. Karena, saya terlalu sibuk untuk mengurusi banyak blog. Dan jadilah blog gado-gado dengan konten macam-macam.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Bulan sebelumnya juga saya telah menerbitkan salah satu artikel tentang SEO yang isinya membahas tentang cara mengoptimalkan SEO On Page yang baik dan fungsi Readibilitas untuk SEO. Saya sarankan agar anda membaca hal itu terlebih dahulu, supaya anda paham apa yang sedang kita bahas disini.

Kanibalisasi kata kunci beberapa waktu lalu sudah dibahas oleh beberapa pakar SEO dunia, yang menurut mereka cukup berbahaya bagi blog.

Mereka juga menyadari ada kata kunci yang tumpang tindih di salah satu artikel mereka, walaupun sudah menerapkan strategi SEO dan menyewa jasa SEO dengan biaya yang tidak sedikit. Tumpang tindih inilah yang kemudian dipahami sebagai kanibalisasi kata kunci.

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah bahwa ada dua kata kunci yang sama dan ditargetkan pada blog yang sama. Dengan demikian, tidak ada kata kunci yang berhasil meraih peringkat lebih baik di mesin telusur malahan membuat dua kata kunci tersebut saling ‘memakan’ satu dengan yang lain. Untuk penjelasan lebih lanjut baca artikel ini sampai habis.

Pengertian kanibalisasi kata kunci

Kanibalisasi kata kunci atau yang lazim disebut duplikasi keyword [kata kunci] adalah penargetan kata kunci yang sama untuk topik yang sama di dalam blog yang sama. Intinya, saat ada dua halaman di situs web atau blog anda, yang bersaing untuk dua kata kunci yang sama, halaman-halaman tersebut akan sangat sulit memperoleh peringkat Google, termasuk juga di Bing dan Yahoo.

Topik ini sebenarnya adalah salah satu topik yang umum dalam hal SEO tetapi mengapa ini baru ngetren sekarang ini? Salah satu alasannya karena:

Kanibalisasi kata kunci dapat mempengaruhi page rank, DA dan PA blog serta membuat blog sulit bersaing di SERP pada kata kunci yang sudah ditargetkan.

Sejak pembaharuan logaritma Google tahun 2017 lalu, masalah ini semakin hangat diperbincangkan dikalangan praktisi SEO karena dampaknya yang luar biasa bagi blog.

Dilain pihak, terkait dengan kanibalisasi kata kunci ini, juga ada kontroversi. Bukan kontraversi sih, pro dan kontra tepatnya. Apalagi setelah model kanibalisasi kata kunci di masukan pada fitur pengindeksan Google Search Console yang baru.

Baca Juga : Cara Mudah Menerapkan SEO di Dalam Postingan Blog

Alasannya sederhanya, karena banyak pakar SEO yang menyebutnya sebagai bagian dari LSI atau Latent Semantic Index dan ini tidak berbahaya untuk blog dan malah bagus. Beberapa orang juga tidak menyukai istilah ini dengan alasan personal.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa ini tidak ada masalah karena tidak ada sorotan dari para pakar SEO dunia seperti Neil Patel dan lainnya. Jadi kanibalisasi kata kunci tidak memiliki pengaruh yang signifikan di search engine.

Tetapi bagaimana jika itu ada? Dan bagaimana jika hal itu berpengaruh pada kesehatan blog? Sebelum saya membuat artikel ini saya sudah putuskan bahwa saya gak peduli pendapat anda, apakah anda percaya atau tidak, karena disini saya hanya mengulas berdasarkan data-data valid.

Jadi biarpun strategi SEO yang anda terapkan sudah sangat baik, sudah sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan, sudah melakukan riset kata kunci dengan baik dan benar namun peringkat blog anda dan juga pengunjung blog anda masih sepi atau posisi kata kunci yang anda targetkan hanya berjalan ditempat, mungkin anda bisa melakukan analisis kecil-kecilan.

Mungkin juga, salah satu penyebabnya adalah duplikasi topik atau kemudian di maknai sebagai kanibalisasi kata kunci.

Jika  anda yang mengalami hal diatas dan ingin mengevaluasi kesehatan blog anda dan posisi kata kuncinya silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

Selain itu juga, anda bisa berlangganan artikel-artikel yang ada di blog ini untuk memperoleh artikel-artikel yang panjang, berkualitas dan menarik setiap kali ada update terbaru.

Cara mengidentifikasi kanibalisasi kata kunci [keyword] di blog

Untuk mengidentifikasi apakah ada kanibalisasi kata kunci didalam blog/situs web hal pertama yang saya sarankan adalah melakukan riset kecil-kecilan untuk blog/situs web anda.

Sebagai pembanding, anda juga bisa melakukan riset untuk blog orang lain agar anda melihat perbedaannya. Sekaligus melakukan perombakan besar-besaran di blog anda.

Baca Juga : 10 Cara Cerdas Memperoleh Backlink Berkualitas Untuk Blog

Nah untuk membantu anda dalam upaya mengidentifikasi kanibalisasi kata kunci di blog anda tersebut, silahkan gunakan alat dibawah ini. Alat-alat ini memang ada yang berbayar dan juga gratis.

Yang berbayar tentu hasilnya lebih baik lagi, model pelacakannya lebih detail dan lengkap. Namun jika anda tidak punya biaya, gak apa-apa kok. Anda bisa menggunakan alat gratis seperti Google Search Console untuk mengindentifikasi kanibalisasi kata kunci ini.

1. Mengunakan Agency Analitycs

Anda bisa mengunakan alat seperti Agency Analitycs untuk mendeteksi masalah kanibalisasi kata kunci di blog/situs web anda. Ini merupakan salah satu alat pelacak kata kunci yang biasa saya gunakan untuk melihat peringkat kata kunci blog saya di Search Engine.

Tools ini merupakan salah satu tools terbaik menurut saya yang cocok untuk pelacakan informasi keyword di dalam blog serta mampu mendeteksi kesalahan, melihat kesehatan blog dan page rank blog tersebut.

Alat ini juga bisa digunakan untuk mendiagnosis masalah-masalah lain terkait dengan situs web termasuk duplikasi topik. Sebagai contoh, lihat screenshot dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Sejak pertama kali menggunakan alat ini, model pelacakan kata kunci selalu muncul pada posisi seperti gambar diatas. Ini adalah salah satu gambar blog saya.

Ada satu kunci yang saya lacak yang terus mengalami penurunan posisinya sejak tahun lalu hingga kini sampai akhirnya perlahan-lahan hilang.

Gambar diatas diambil pada 23 oktober tahun 2018 lalu. Ada fluktuasi yang amat besar disana. Kalau ada fluktuasi berarti ada masalah. Dan apa masalahnya? Tak lain dan tak bukan masalahnya adalah duplikasi kata kunci.

Jika anda menggunakan Agency Analytics, salah satu fitur keren dari alat ini adalah anda dapat melacak kemajuan setiap kata kunci yang ditargetkan. Bahkan kombinasi dari semua kata kunci tersebut.

Baca Juga : Cara Menaikan Skor Otoritas Domain Dan Otoritas Halaman Dengan Cepat

Tanpa kita sadari saat Google melakukan Crawling pada blog atau situs web kita, biasanya Google akan peringkat untuk 3 halaman utama di blog, dan peringkat ini berbeda satu sama lain.

Jika artikel blog anda sudah ada empat, ada kemungkinan halaman ke-4 yang bisa memperoleh peluang di halaman pertama.

Terkait dengan hal ini, untuk melengkapi evaluasi, juga perlu untuk mendiagnosis halaman perayap Bing agar perbedaannya terlihat. Metode crawling Bing memang berbeda dengan Google, Yahoo dan mesin pencari lain. Lihat screenshot dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Cara paling mudah untuk mengidentifikasi masalah kanibalisasi kata kunci ini adalah dengan melihat posisi kata kunci yang ditargetkan termasuk melacak perubahan URL, apakah naik atau turun.

Usahakan juga agar anda tidak saja melacak perubahan URL di satu search engine saja, tetapi juga di beberapa search engine begitu juga dengan tools yang digunakan.

2. AHREF’s

Sejauh ini, Ahref’s telah menjadi salah tools internet marketing yang paling handal, terpercaya dan fleksibel yang ada sekarang ini.

Sayangnya, alat ini adalah alat berbayar dan anda harus menggelontorkan sejumlah uang untuk bisa menggunakan tools dengan bebas dan lengkap.

Tetapi jika anda masih menggunakan versi gratis, gak apa-apa. Asalkan anda sudah terdaftar menjadi member disana. Namanya juga gratis laporan yang diberikan masih terbatas dan kurang.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Jika anda sudah menjadi anggota premium maka anda sudah bisa mendeteksi kanibalisasi kata kunci ini dengan cepat dan mudah. Salah satu fiturnya adalah penjelajahan kata kunci, yang memungkinkan anda untuk mengaudit kata kunci yang ditargetkan dan juga kata kunci pesaing anda.

Baca Juga : Cara Dapatkan Backlink Berkualitas Dari Viva.co.id

Tetapi, perlu anda ketahui juga banyak pengguna yang mengabaikan subfitur dari tools ini. Saat anda menekan fitur kata kunci organik di Ahfrefs, anda mempunyai akses ke data historis untuk semua jenis kata kunci di blog anda. Di subfitur inilah anda dapat dengan mudah mendeteksi masalah duplikasi topik ini.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Jangan lupa klik my history chart untuk melihat grafik peringkat dari keyword yang sudah anda targetkan. Setiap warna pada grafik tersebut mewakili peringkat URL dan ini berbeda satu dengan yang lain (seperti yang terlihat pada gambar diatas berwarna biru).

Perlu anda ketahui juga, jika dalam gambar ada lebih dari satu warna, berarti ada kanibalisasi kata kunci di blog atau situs web anda.

3. SEMRush

Salah alat favorit yang sering saya gunakan untuk mendeteksi kanibalisasi kata kunci ini adalah SEMRush. Sayangnya, ada keterbatasan fitur pada tools ini sebab SEMRush hanya mendeteksi kata kunci pada jenis kata kunci yang tingkat persaingan yang tinggi. Untuk mendeteksinya anda bisa melihat posisi kata kunci seperti pada gambar dibawah.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Anda juga bisa melacak kata kunci teratas dengan volume pencarian tertinggi dengan melihat tampilan holistiknya seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Ubah semuanya kedalam bentuk Spreadsheet dan atur dengan model seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Jika Spreadsheet sudah selesai dibuat [yang tidak mungkin anda buat saat sedang membaca artikel ini], silahkan urutkan berdasarkan kata kunci [kolom B] berdasarkan abjad.

Jika sudah, sekarng lihat semua kata kunci yang sama didalam URL anda, yang kemungkinan bersaing pada posisi yang sama. Agar tidak cape dan untuk mempermudah pencarian anda anda bisa menggunakan rumus dibawah ini:

=IF(B2=B3,”CANNIBALIZED”,F(B1=B2,”CANNIBALIZED”,”UNIQUE”))

Jika Anda menggunakan rumus ini dengan benar, anda dapat dengan mudah menduplikasi sel dan mengubah kolom A menjadi sebuah daftar yang panjang tentang kanibalisasi kata kunci yang akan terlihat seperti dalam gambar dibawah ini.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Simpel kan? Dengan rumus diatas memungkinkan anda mencari masalah kanibalisasi kata kunci di blog atau situs web anda dengan cepat sekalipun sudah ada 2000+ lebih artikel di blog atau situs web anda dengan kata kunci yang berbeda, mirip atau identik satu sama lain.

4. SerpLab

SerpLab adalah salah satu alat pelacak peringkat kata kunci yang keren dan freemium alias dapat digunakan dengan gratis asalkan anda sudah mendaftar menjadi member.

Salah satu fitur yang cukup keren di SerpLab adalah pelacakan URL halaman SERP. Karena itu, SerpLab cocok untuk melacak peringkat kata kunci bagi blog termasuk pelacakan duplikasi kata kunci. Untuk menggunakan SerpLab anda bisa melihat cara-cara dibawah ini:

  1. Masuk ke laman SerpLab dan pilih proyek yang hendak anda kerjakanCara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  2. Setelah menentukan proyek, klik salah satu kata kunci yang mungkin mengalami fluktuasi dan bahkan terus menurun secara terus menerus
  3. Setelah itu, klik ‘Lihat Detail Kata Kunci Secara Lengkap’ seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  4. Disini anda akan dialihkan ke halaman baru untuk melihat Grafik yang menunjukan gambaran crawling SERP untuk kata kunci yang anda klik tadi. Saat anda melihat ada kata kunci yang mengalami penurunan dengan drastis atau naik turun maka halaman tersebut dapat dipastikan mengalami kanibalisasi kata kunci.Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  5. Scrool ke bawah untuk melihat laporan lainnya, disitu anda akan melihat daftar URL yang memiliki peringkat yang cukup baik untuk termasuk posisi kata kuncinya di SERPs.Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Dalam kasus tertentu mungkin anda akan melihat 3 laman berbeda di situs web yang sama yang sedang berlomba untuk memperoleh posisi di SERS pada kata kunci yang sama yang telah ditargetkan.

Salah satu kelemahan menggunakan metode ini adalah model pelacakannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit sebab kita harus memeriksa halaman tersebut satu per satu.

Meski demikian, model ini tetap bisa dijadikan alternatif untuk melacak masalah duplikasi kata kunci ini apalagi jika anda model pelacakan lengkap dan gratis maka SerpLabs cukup direkomendasikan.

5. Menggunakan Google Search Console

Untuk model pelacakan yang lebih baik disarankan agar anda menggunakan empat tools yang telah di ulas dibagian atas diantaranya Agency AnalitycsAhrefs, Semrush, dan SerpLab.

Namun, empat tools diatas ternyata hanya fokus pada pelacakan untuk kata kunci di posisi 100 ke atas. Itu artinya, mereka pelaporan yang dilakukan masih terbatas.

Jika konten blog anda sudah diatas dari 2000 konten, tetapi pengunjung blog anda masih saja dibawah 1000 orang, mungkin anda bisa mengevaluasinya dengan menggunakan Google Search Console.

Salah satu keunggulan alat ini adalah selain dapat digunakan dengan gratis juga dapat mendiagnosis 3000 lebih kata kunci sekaligus.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

GSC juga menyediakan data yang jauh lebih besar ketimbang alat-alat yang telah disebutkan diatas. Keunggulan lain menggunakan GSC adalah karena alat ini benar-benar gratis. Lalu bagaimana mendeteksi Kanibalisasi kata kunci ini menggunakan GSC? Berikut adalah cara-caranya:

  1. Masuk ke dashboard Google Search Console
  2. Setelah itu klik Analitis
  3. Centang semua opsi seperti pada gambar dibawah iniCara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  4. Saring berdasarkan kata kunci untuk mempersempit hasilnyaCara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  5. Masukan kata kunci anda untuk melakukan pencocokanCara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  6. Lihat halaman yang dikembalikan berdasarkan kata kunci yang sudah di filterCara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog
  7. Gulir ke bawah dan sampai anda melihat semua laman yang kemungkinan terduplikasi. Laman yang mengalami duplikasi kata kunci akan terlihat seperti gambar dibawah ini:Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Perlu anda ketahui juga, laporan diatas masih menggunakan Google Search Console yang lama. Jika anda menggunakan GSC yang baru langkah-langkahnya masih sama hanya tampilannya yang mungkin agak berbeda.

6. Menggunakan Google Search Operators

Teknik keenam untuk mendeteksi masalah ini adalah dengan menggunakan Operator Pencarian Google. Menggunakan OPG bisa membantu mendeteksi kanibalisasi kata kunci di posisi 100 keatas.

Dengan menggunakan GSO ini anda bisa langsung melihat hasil indeks Google langsung untuk halaman yang terdeteksi mengalami duplikat.

Untuk medeteksi kanibalisasi kata kunci ini menggunakan operator pencarian Google, silahkan masukan cara dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

“pbn link” site: namawebanda.com

Jika anda melihatnya secara mendetail, anda dapat mengetahui peringkat untuk situs web anda. Namun ini hanya contoh; contoh yang cukup berguna dan efektif. Jika anda ingin melihat tautan PBN, anda akan melihat 17 halaman yang termasuk pada keyword yang ditargetkan.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Kelemahan dari teknik ini adalah hanya berfungsi untuk kata kunci ekor panjang atau long tail keyword. Jika kata kunci yang anda targetkan adalah kata kunci yang panjang, seperti yang anda tuliskan pada model pbn link diatas, secara alami tidak perlu lagi dioptimalkan.

Karena nantinya anda akan dengan mudah mengetahui jika keyword di blog anda mengalami duplikasi kata kunci. Pada titik ini, saya kira anda akan berusaha memperbaikinya.

Cara memperbaiki kanibalisme kata kunci

Setelah anda mendiganosis masalahnya, saya menduga bahwa anda akan berusaha mendiagnoisis semua laman yang terdeteksi mengalami masalah ini. Atau mungkin, situs-situs tertentu yang berpotensi mengalami hal ini itu.

Tapi tunggu dulu…

Sebelum anda benar-benar mau memperbaikinya ada satu hal penting yang harus anda ketahui bahwa: Kanibalisasi Kata Kunci Tidak Selalu Buruk.

Misalnya, saat anda melihat dua laman dengan kata kunci yang sama sedang bersaing untuk memperoleh posisi yang sama namun keduanya berada di halaman pertama SERP, itu sangat bagus dan bisa meningkatkan peluang untuk dikunjungi oleh lebih banyak orang.

Baca Juga : 10 Fakta Mesin Telusur Yang Wajib Kamu Ketahui

Tetapi jika kanibalisasi kata kunci ini malah menghambat konten anda untuk bisa naik ke peringkat pertama pencarian Google saya sarankan untuk segera memperbaiknya.

Nah jika anda yang ingin memperbaiki masalah kanibalisasi kata kunci ini, berikut beberapa cara untuk memperbaikinya.

Lakukan de-optimasi halaman

Salah satu cara paling umum untuk mengidentifikasi masalah kanibalisasi kata kunci ini dikarenakan ada konten utama dan konten-konten tambahan didalam blog anda.

Pada dasarnya, boot Google adalah sebuah perayap yang berusaha memahami blog anda jadi jika ada dua bagian dari konten anda itu identik atau mirip, hal ini dapat membuat Google kebingungan saat melakukan Crawling dan ini cukup berbahaya bagi kesehatan blog anda kedepannya.

Selain itu, ini tujuan dari perayapan ini dilakukan oleh Google untuk memberantas praktik Black Hat SEO agar mereka tidak bisa tampil diperingkat pertama SERPs.

Baca Juga : 9 Blog Keren Untuk Belajar Ngeblog

Untuk mengatasi hal ini, beberapa pakar kemudian berusaha untuk mencari inisiatif pencarian lain atau kata kunci turunan dengan menargetkan lokasi demografis, usia dan juga kata kunci yang sama di seluruh blog/situs web mereka.

Tetapi tetap saja, Judul, Link yang penerapan SEO yang dilakukan tetap relevan dan berbeda satu dengan yang lain. Sebagai contoh, coba lihat screenshoot dibawah ini:

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Coba telusuri tag heading dari situs-situs diatas (Tag H1, H2, dst termasuk didalamnya kepadatan kata kunci) untuk memastikan bahwa halaman tersebut benar-benar unik dalam hal konten dan headingnya.

Lalu terapkan di blog untuk memperoleh hasil yang serupa. Namun perlu juga diketahui bahwa optimasi diluar laman juga berbahaya bagi niche blog anda, terlebih untuk topik yang anda angkat.

Baca Juga : Minimal Berapa Karakter Untuk Satu Postingan Blog?

Mari kita lihat kasus gambar diatas. Kata kunci Gitar Akustik dan 6 string gitar akustik. Jika anda banyak menempatkan teks jangkar dengan gitar akustik pada konten 6 String Gitar Akustik, itu berati anda coba memberi tahu Google bahwa halaman 6-string adalah targetnya termasuk gitar akustik. Dua-dua ini anda targetkan untuk bisa memperoleh peringkat pertama di Google.

Alih alih, malah ini akan kalah untuk konten yang menempatkan lebih banyak tautan dengan variasi kata kunci longtail, seperti gitar akustik senar 6, dan gitar akustik yang terdiri dari 6 senar.

Menghindari atau menghapus teks jangkar yang ditargetkan sebenarnya mengarah pada istilah yang luas. Karena itu, targetkan kata kunci atau istilah yang lebih spesifik dan sempit.

Menghapus konten

Setelah melakukan metode de-optimize laman, pastinya anda akan bertanya kepada diri anda sendiri:

Apakah dua halaman tersebut benar-benar membahas topik yang sama? Jika iya, sangat disarankan untuk menghapus satu konten yang berbeda satu dengan yang lain. Soal ini saya belum benar-benar mengetahuinya, tetapi ini yang saya sarankan:

Hapus saja halaman tersebut atau buat pengalihan 301 dari halaman lama anda ke halaman baru dan silahkan memperbaiki semua tautan internal anda yang merujuk ke halaman baru tersebut.

Ini adalah langkah sederhana untuk menghindari masalah 404 atau halaman tidak ditemukan. Dan ini adalah salah satu cara untuk memberitahu Google bahwa semua tautan yang ada adalah tautan alami.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Dalam Menerapkan SEO

Jika konten anda cukup bagus untuk halaman redirect tadi, pertimbangkan untuk menuliskannya ke halaman yang diarahkan ulang tersebut.

Misalnya, sebut saja laman anda dengan kata kunci “laptop terbaik tahun 2019” dan anda mencopot laman dengan kata kunci “laptop terbaik 2019 dibawah 3 juta”, ambil konten dari halaman “dibawah 3 juta” tadi  dan buat sub bagian dari halaman “Laptop terbaik tahun 2019”.

Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Dengan begitu anda dapat mendapatkan nilai tambah untuk dua halaman anda, karena ada kata kunci turunan yang menandakan konten anda membahas tentang hal yang cukup lengkap.

Atau kalau tidak, anda bisa membuat konten baru, yang lebih panjang dan lebih bernilai. Jika anda membuat konten baru solusinya adalah menghapusnya dengan menggunakan alat penghapus URL dari Google Search Console. Perlu anda ingat juga, pengalihan laman 301 terkadang dapat bekerja dengan baik terkadang juga tidak.

Mengapa?

Sebab, halaman penerima mewarisi tautan dan jangkar dari halaman pengirimannya. Inilah yang menjadi alasan saya selalu merekomendasikan melalui optimasi halaman de yang sudah dibahas dibagian atas.

Tag Kanonikal

Kadang tag kanonikal sering disalahpahami sebagai tag non index, sehingga orang takut menggunakannya untuk di situs web mereka. Jika tag ini digunakan dengan benar, ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi kanibalisasi kata kunci.

Mari kita bahas lebih lanjut…

Dengan membuat tag kanonik dari laman anda yang kurang penting ke laman yang lain, anda memberi tahu Google bahwa ada beberapa konten duplikat didalam situs web atau blog anda, dan halaman yang anda pilih adalah halaman terpenting.

Kanibalisasi kata kunci sebenarnya ada di beberapa area konten dua halaman dan tag kanonik akan menunjukan preferensi ke halaman unggulan anda.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai cara mendeteksi kanibalisasi kata kunci di blog atau situs web anda dan cara untuk memperbaikinya. Yang paling penting adalah mengindentifikasi masalahnya, dan menentukan apakah kanibalisasi kata kunci itu berbahaya atau tidak.

Demikian pembahasan kita. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share agar orang-orang tahu apa yang anda tahu. Semoga bermanfaat ~

[Terakhir diperbaharui 1 Maret 2019]

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *