8 Tips Membuat Judul Postingan Blog Yang Unik

6 Likes Comment
Judul Postingan Blog

Membuat judul postingan blog yang unik memiliki tantangan tersendiri bagi seorang blogger. Katanya, judul postingan yang menarik bisa meningkatkan jumlah klik pada artikel.

Aktivitas blogging saat ini sudah sangat populer. Ada yang menggunakan platform blogging Blogger, WordPress, Wix dan lain sebagainya.

Selain menjadi hobi, salah satu alasan mengapa aktivitas ngeblog itu populer adalah karena kita bisa memperoleh penghasilan didalamnya.

Namun ada banyak kendala yang akan kita hadapi saat membuat postingan blog, salah satu kendala yang kita hadapi adalah persaingan.

Untuk itu, kita diharuskan mengoptimalkan konten di blog kita sendiri dan juga membuat postingan yang bermanfaat untuk banyak orang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Akun AdSense Yang Terkait Dengan Akun AdSense Yang Lain

Dan berkat teknologi dan media sosial yang berkembang saat ini, salah satu postingan di blog kita bisa saja menjadi viral seketika. Blog yang viral tersebut dikarenakan konten yang ada didalamnya.

8 Cara Membuat Judul Postingan Blog Yang Viral

Nah di blog saya ini akan saya ulas mengenai 10 cara membuat postingan blog yang bisa viral dalam satu hari. Berikut tipsnya:

1. Gunakan judul yang lebih pendek

Berapa sih idealnya judul blog itu? Dari beberapa pelatihan yang pernah saya ikuti, judul blog yang ideal tersebut tidak lebih dari 12 kata dan tak kurang dari 2 kata. Namun, yang paling ideal adalah judul blog yang kurang dari 8 kata.

Kata yang hemat bisa mengundang rasa penasaran orang-orang untuk membuka postingan tersebut. Selain itu, dapat menunjukan kecerdasan anda sebagai blogger dalam memanfaatkan rasa penasaran orang-orang.

Baca Juga : Minimal Berapa Karakter Untuk Satu Postingan Blog

Jadi, saran saya, jika anda ingin membuat postingan yang viral dan memperoleh pengunjung yang lebih banyak di blog anda, usahakan agar menggunakan judul yang lebih pendek. Mengapa? Karena judul adalah interaksi pertama antara blog anda dan pengunjung.

2. Padukan angka dan kata

Salah satu metode di nomor dua ini yang sedang saya gunakan dalam judul artikel yang sedang anda baca. Memadukan angka dan kata dapat menarik minat seseorang untuk membaca artikel yang kita buat. Misalnya, 12 cara, 12 fakta, dan lain sebagainya.

3. Tempatkan waktu didalam judul blog

Dari nomor 1-3 ini memang fokus pada judul blog. Mengapa saya harus memisahkannya? Karena di sinilah interaksi pertama yang terjadi.

Menggunakan waktu dapat membantu pengunjung di blog anda. Misalnya, 10 cara membuat postingan viral tahun 2019. Ini unik dan mungkin belum banyak dibahas oleh para blogger.

Nah untuk itu, manfaatkan hal ini untuk menarik pengunjung. Tapi saya ingatkan, jangan tempatkan tahun di dalam link blog ya. Hanya didalam postingan blog saja.

4. Judul yang emosional

Berikan perhatian lebih didalam postingan blog anda, salah satu caranya adalah dengan menggunakan judul yang emosional. Anda bisa memadukan dua kata seperti kata sifat dan kata kerja yang dapat membuat postingan anda lebih variatif.

Baca Juga : Tips Buat Artikel Rewrite Yang 100% Bebas Plagiat

Bisa juga ditambahkan bumbu-bumbu lain seperti kata sukses, mengejutkan, goyang, lucu menakutkan, pernag, luar biasa, mengejutkan dan lain sebagainya. Perhatikan hal ini ya. Sebab ini dapat mengundang klik.

5. Judul darurat

Salah satu contoh dari judul darurat adalah sebuah judul seperti : 5 Fakta mengenai Facebook Yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang.

Judul darurat ternyata mengundang lebih banyak klik meski sebenarnya isi kontennya biasa saja. Melainkan hanya 5 fakta tentang facebook yang sudah sangat umum di ketahui.

6. Gunakan tata bahasa yang benar

Bagaimana sih tata bahasa yang benar itu? Tata bahasa yang benar adalah tata bahasa yang mengalir dan mudah dimengerti. Selain itu, tata bahasa yang benar memungkinkan peluang kita untuk tampil di mesin telusur lebih baik lagi.

7. Judul yang unik

Membuat judul yang unik didalam postingan blog ternyata juga bisa meningaktkan jumlah klik didalam blog kita. Judul yang unik adalah judul yang satu-satunya digunakan, memadukan beberapa elemen tak biasa didalamnya, seperti 12 fakta unik dan menarik tentang Megalodon, misalnya. Ini adalah judul yang unik.

8. Judul yang seksi

Seperti satire yang sedang berkembang di Indonesia saat ini, ‘hanya link yang menyatukan kita’. Tapi usahakan jangan terang-terangan menggambarkan kata yang seksi tersebut, bisa gunakan satire. Seperti kata ‘Hot’, ‘Foto Panas’ dan lain sebagainya.

Mengapa judul yang seksi bisa membuat postingan kita menjadi viral seketika? Alasannya mungkin anda sudah tahu dan saya gak perlu jelasin lebih lanjut lagi deh.

Nah demikian 8 cara membuat judul postingan yang berpotensi mengundang klik. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *