5 Jenis Trafik Blog Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

9 Likes Comment
jenis trafik blog

Umumnya, ada 5 jenis trafik blog yang dapat dimaksimalkan oleh blogger. Meski terkadang hanya 1 dari 5 jenis trafik ini yang benar-benar dimaksimalkan oleh blogger.

Lebih lagi, banyak blogger yang hanya menekankan para trafik organik, yang menurut mereka CPCnya lebih tinggi, dapat meningkatkan bounce rate dan lain sebagainya.

Yang mungkin tidak mereka ketahui adalah bahwa meningkatkan trafik organik dari Google sangat lama. Bahkan bisa butuh waktu bertahun-tahun untuk peroleh 1000 view per hari.

Karena memang, untuk bisa bersaing di mesin telusur anda harus paham soal SEO, backlink, internal link, alt gambar, DA, PA dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sudah sebaiknya anda mengubah pola pikir anda mengenai trafik. Dan mulai memaskimalkan semua kemungkinan yang bisa mendatangkan pengunjung ke blog anda.

5 Jenis Trafik Blog Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

Nah untuk anda yang ingin peroleh trafik selain yang organik, berikut ada 5 jenis trafik yang boleh anda maksimlkan, antara lain:

1. Sosial Media Trafik

Trafik dari media sosial adalah trafik yang berasal dari media sosial. Trafik ini anda peroleh saat anda membagikan link atau URL blog anda di media sosial.

Atau, saat ada pengunjung yang membagikan postingan anda di media sosial entah itu dari Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Memperoleh Pendapatan Jutaan Rupiah Dari Blogger/Blogspot

Jika anda menjadi blogger jangka panjang, memaksimalkan trafik dari media sosial sangat baik sebagai perkenalakan tentang blog anda, apa yang anda bahas didalamnya dan lain sebagainya.

Saat ini, rata-rata website atau blog sumber utama trafik yang mereka peroleh adalah dari media sosial. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial dengan baik.

2. Organik Trafik

Ini merupakan trafik langsung dari Google atau trafik dari search engine lain seperti Bing atau Yahoo. Tentang poin 1 dan 2 ini saya sudah membahas sebelumnya pada artikel tentang apakah trafik dari media sosial dapat disebut sebagai trafik organik?

Diartikel tersebut ada pembahasan yang lebih lengkap mengenai dua sumber trafik ini. Yang jelas, trafik organik merupakan trafik yang datang langsung dari mesin pencari.

Biasanya, ketika orang-orang mengetikkan kueri tertentu di mesin pencari dan jika URL blog anda yang tampil dari halaman 1-10 dan orang mengkliknya, maka itulah yang disebut sebagai trafik organik.

3. Referral Trafik

Salah satu sumber lain trafik untuk blog adalah dari backlink. Anda dapat memperoleh trafik dari sini. Kadang juga, trafik ini disebut juga sebagai referral trafik.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Refreal trafik dapat anda peroleh ketika seseorang menautkan link salah satu artikel anda di blog mereka secara do-follow.

Saat ada orang yang mengklik tautan atau link tersebut, secara otomatis akan diarahkan pada halaman blog atau website anda.

4. Email trafik

Misalnya, ketika anda berkunjung ke blog PanduanIM.com, kurang lebih satu menit maka akan muncul widget Subscriber untuk berlangganan artikel-artikel lewat Email. Trafik email disebut juga dengan email trafik.

Banyak blogger yang tidak memaksimalkan potensi ini atau tidak menempatkan email subscriber di blog mereka. Padahal ini merupakan salah satu hal penting untuk memperoleh pengunjung tetap.

Baca Juga : Cara Mendaftar Google News Terbaru

Ada juga kabar yang mengatakan bahwa trafik dari email subsricber bisa meningkatkan page rank blog secara alamiah. Entahlah kabar ini benar atau tidak, yang jelas anda harus memaksimalkan salah satu jenis trafik ini.

5. Direct trafik

Ini adalah jenis trafik yang merujuk pada perilaku pengunjung. Dimana, saat ada pengunjung yang mengetikan URL blog anda langsung di Browser atau di mesin pencari entah itu di Google, Bing maupun di Yahoo!.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Meski jarang, tetapi memperoleh trafik jenis ini amat sangat penting bagi sebuah blog. Karena bisa menjadi indikator tambahan untuk meningkatkan nilai otoritas blog anda secara langsung.

Untuk itu, usahakan agar nama blog anda mudah diingat, dan berisikan informasi-informasi bermanfaat yang memberikan jawaban dan solusi kepada pembaca.

Penutup

Meskipun anda sudah memaksimalkan konten anda, dengan SEO yang tepat, tapi kalau anda tidak memaksimalkan jenis trafik diatas, pengunjung blog anda mungkin hanya itu-itu saja alias tidak ada peningkatan.

Nah demikian artikel tentang 5 Sumber Trafik yang Harus Dimaksimalkan oleh Blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *