Ini Alasan Mengapa Bayi Tersenyum Saat Tidur

14 Likes Comment
Bayi Tersenyum Saat Tidur

Beberapa dari kita mungkin pernah menyaksikan bayi di dekat kita atau anak kita sendiri yang tersenyum atau tertawa saat tidur pulas. Keadaan ini disebut sebagai baby sleep cycle atau suatu keadaan dimana bayi tersenyum saat tidur.

Beberapa orang mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena bayi tersebut sedang bermimpi. Beberapa orang juga menyarankan agar menghibur bayi tersebut setelah ia bangun tidur. Disisi lain, ada beberapa orang tua yang merasa khawatir akan hal ini apalagi jika meraka baru pertama kali dialami.

Sebagai orang tua rasa khawatir adalah hal yang wajar. Tapi sebenarnya anda tidak usah khawatir apalagi kalau khawatirnya berlebihan. Lalu apa sih yang membuat bayi tertawa atau tersenyum saat tidur? Apakah itu normal? Jawabannya iya.

Bukan hanya tersenyum saat tidur, terkadang juga bayi menagis saat tertidur. Kondisi ini juga normal. Alasannya karena bayi yang tidur sambal tertawa, tersenyum atau menangis memiliki kaitan erat dengan siklus tidur mereka dan bukan disebabkan oleh mimpi seperti yang dialami oleh orang dewasa. Lalu apa yang menyebabkan bayi tertawa saat tidur? Berikut beberapa alasannya.

Alasan bayi tersenyum saat tidur

Ini Alasan Mengapa Bayi Tertawa Saat Tidur
via livingandloving.co.za

Baby sleep Cycle atau keadaan dimana bayi tertawa atau tersenyum saat tidur adalah hal yang wajar dan bukan hanya tersenyum, terkadang bayi juga akan mendengkur. Orang dewasa juga sering tertawa atau tersenyum saat tidur. Kebanyakan orang dewasa yang mengalami hal ini dikarenakan mimpi.

Tapi untuk bayi tidur, hal itu tidak disebabkan oleh mimpi. Dan ini bukanlah hal yang aneh meski sampai sekarang belum ada alasan yang jelas untuk situasi macam ini. Namun ada ada dua teori yang mengemukakan keadaan ini.

1. Teori refleks alamiah

Teori ini hendak menjelaskan bahwa bayi sudah mulai bermpimpi sejak di kandungan. Ini akan berlanjut sampai ia dilahirkan. Tawa kecil saat tidur itu bukan mimpi melainkan sebuah cara untuk menanggapi siklus alami mereka yang disebut tidur aktif. Karena itu, selama tidur bayi, biasanya mereka membuat beberapa gerakan yang menyebabkan mereka tersenyum atau tertawa saat tidur.

Dalam beberapa kasus, ada situasi dimana bayi tertawa tanpa kendali saat tidur, namun situasi ini snagat jarang dialami dan tidak perlu khawatir soal ini.

Baca Juga : Koma: Pengertian, Kasus, Diagnosa Dan Prognosis

Bayi yang tertawa saat tidur biasanya hanya berlangsung selama 20 detik dan hanya dialami sampai ia berumur 10 bulan. Dalam beberapa kasus mungkin lebih lama.

Jika bayi anda sering tertawa tidur, coba bangunkan sejenak atau berbicara dengan lembut di bahunya. Jika anda khawatir soal ini ada baiknya anda meminta saran dari dokter terdekat.

2. Teori proses informasi

Beberapa bulan setelah kelahiran, bayi memasuki fase perkembangan. Bayi lelaki biasanya sudah belajar untuk membuka mata, tersenyum atau menangis.

Dalam keadaan ini, tanpa disadari, bayi tersebut sebenarnya sedang berusaha memproses informasi baru yang ada disekitarnya, termasuk tangisan yang ia lakukan.

Untuk membantu memproses informasi tersebut, anda bisa menambahkan bola lampur, surround sound dan ciptakan suasana yang berbeda di tempat bayi berada. Cara ini membantu bayi menggunakan semua indera yang ada di tubuhnya untuk memproses setiap informasi yanga da perlahan-lahan.

Baca Juga : Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Bukan hanya itu saja, suara-suara dari lingkungan sekitar juga akan diproses. Dan saat bayi tersebut tidur, otaknya terkadang masih bekerja untuk memproses setiap informasi tadi. Salah satu cara yang menunjukan bahwa proses itu masih berlangsung adalah dengan cara tertawa atau menangis saat tidur.

Dalam perkembangannya ke depan, anak tersebut akan mulai belajar untuk menterjemahkan semua informasi tadi dengan tawa atau tangisan.

Untuk itu, sebagai orang tua, anda tidak usah kaget atau khawatir jika bayi secara tiba-tiba terbangun dari tidur setelah ia tertawa karena dapat menggangu siklus tidurnya.

Baca Juga : Cara Menghindari Hoax Kesehatan di Media Sosial

Ada baiknya juga anda memahami siklus tidur bayi. Ada 5 tahap siklus tidur bagi orang dewasa tahap pertama adalah Gerakan mata non-cepat (NREM) dan tahap kelima adalah gerakan mata cepat (REM).

Sementara, untuk bayi, siklus tidur mereka hanya berlangsung selama 30-50 menit bahkan ada yang kurang dari itu. Siklus ini biasanya akan meningkat secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Perlu diketahui juga bahwa setiap anak memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Ada bayi yang bisa tidur dengan cepat ada juga yang tidak.

Ada bayi yang menjalani siklusi tidur ringan selama 20 menit sebelum waktu tidur yang sebenarnya dan ada yang tidak. Nah demikian artikel tentang alasan mengapa bayi tertawa saat tertidur. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *