Ingin Iklan AdSense lebih Tertarget? Aktifkan Fitur Ini

4 Likes Comment
Cara Menampilkan Lebih Banyak Iklan

Ada satu solusi agar iklan adsense yang tampil lebih tertarget dan relevan. Solusinya adalah dengan mengaktifkan jenis iklan berbasis pengguna. Jika anda belum mengaktifkannya, saya sarankan agar anda segera mengaktifkan fitur yang satu ini. 

Untuk anda yang menjadi pemain lama AdSense, tentu anda akan melihat atau setidaknya memperhatikan bahwa apabila anda mengunjungi blog anda sendiri dengan alamat IP sendiri, atau misalnya, menggunakan Proxi atau VPN, maka iklan yang tampil biasanya tidak relevan.

Misalnya, iklan yang tampil itu tidak berdasarkan terget keyword, riwayat browser hingga terkadang, iklan-iklan yang sebenarnya bertolak belakang dengan kebijakan AdSense, misalnya iklan nganu.

AdSense menyebutkan bahwa mereka menampilkan iklan berdasarkan minat pengunjung yang didapat dari riwayat penggunaan Browser, lokasi, usia, dan beberapa faktor lainnya.

Baca Juga : Cara Memperoleh Pendapatan $100 Per Hari Dari AdSense

Dan ini juga saya alami sendiri beberapa waktu lalu. Dimana, setelah saya perhatikan, iklan yang tampil terkadang tidak sesuai dengan minat. Saya coba menggunakan beberapa ponsel yang berbeda, dengan IP yang berbeda.

Setelah cari solusi sana sini, akhirnya, saya dapatkan jawabannya. Dan ternyata, saya tidak mengaktifkan fitur iklan berbasis pengguna yang ada di dashboard Google AdSense.

Mengapa harus diaktifkan?

Jawabannya karena ini dapat meningkatkan jumlah klik pada iklan yang tampil. Meskipun, masih banyak blogger yang tidak mengaktifkan fitur yang satu ini.

Apabila anda ingin memaksimalkan pendapatan sebagai publisher AdSense, saya sarankan agar anda segera mengaktifkannya sekarang.

Dan secara umum, ada beberapa alasan mengapa harus mengaktifkan fitur iklan berbasis pengguna ini di AdSense, antara lain:

1. Agar iklan yang tampil berdasarkan minat

Tahu gak mengapa orang suka klik iklan yang tampil pada blog? Yang paling besar adalah karena ikan tersebut sesuai dengan minat mereka.

Google menyebut hal ini sebagai iklan yang dipersonalisasi. Yang sebelumnya disebut dengan nama iklan berdasarkan minat.

2. Agar ikan lebih relevan

Soal ini juga berkaitan dengan poin pertama tadi. Tapi lebih jauh lagi. Sudah pasti anda mau agar iklan yang tampil itu berdasarkan niche blog.

Dan, anda pasti gak mau kalau misalnya, niche blog yang anda angkat itu teknologi terus iklan yang aktif kesehatan, kan?

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang Selain Dari AdSense

Karena, sebagian besar pengunjung yang datang ke blog anda adalah orang yang suka dengan teknologi. Jika ini terjadi, bisa membuat jumlah klik iklan menurun drastis.

3. Iklan lebih tertarget

Maksudnya gimana ya soal iklan yang tertarget ini? Iklan yang tertarget adalah iklan yang berdasarkan minat, niche blog yang diangkat, usia, letak geografis dan juga relevansi. Semua ini saling mendukung.

Jadi, tentu saja ada mau kan kalau iklan yang tampil di blog sesuai dengan tiga kriteria inti yang sudah saya ulas diatas? Saya juga mau.

Jika begitu, sebaiknya anda mengikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan fitur iklan berbasis pengguna di Google adsense.

Ingin Iklan AdSense lebih Tertarget? Aktifkan Fitur Ini

Lantas, bagaimana cara membuat Google Adsense Menampilan Iklan yang relean dan menarik dalam postingan blog? Simak selengkapnya.

  1. Silahkan buka akun Google Adsense
  2. Setelah terbuka, pada Menu sebelah kiri silahkan tulisan Izinkan & Blokir Iklan> Konten> Semua situs saya
  3. Jika sudah klik Penayangan Iklan dan nonaktifkan. “Iklan berbasis pengguna – tampilkan iklan berdasarkan minat pengguna, demografi, dan informasi akun Google. Izinkan Google mengumpulkan informasi kunjungan dari situs saya untuk membuat kategori minat. Pengaturan ini, tidak akan memengaruhi pemasaran ulang.”
  4. Tunggu beberapa saat, biasanya ± 3-5 jam hingga iklan bisa tampil.
  5. Selesai

Nah itu dia cara mengaktifkan fitur iklan berbasis pengguna. Fitur inilah yang akan membuat iklan adsense yang tampil di blog lebih tertarget.

Cara kerja iklan berbasis pengguna Google AdSense

Dalam ketentuan yang ditampilkan, Google menyebutkan bahwa “Iklan berbasis pengguna – menampilkan iklan berdasarkan minat pengguna, demografi, dan informasi Akun Google, dan memungkinkan Google mengumpulkan informasi kunjungan dari situs untuk membuat kategori minat. Perhatikan, kontrol ini tidak mempengaruhi pemasaran ulang.”

Dari pernyataan ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain:

a. Pengiklan yang memilih beriklan

Maksudnya adalah disini pengiklanlah yang memilih beriklan di blog anda berdasarkan kueri tertentu, dan data-data lain seperti demografi, minat pengguna, informasi akun dan lain sebagainya.

b. Google mengumpulkan data setiap pengguna

Agar pengiklan bisa mendapatkan benefit dari periklanan tersebut, maka Google akan mengumpulkan data-data pengguna berdasarkan kategori tertentu.

Dari situ, maka akan disesuaikan dengan keinginan pengiklan untuk menampilkan iklan dimana, kapan dan kepada siapa.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Misalnya, jika pengiklan beriklan mengenai sepatu atau makanan tentu mereka menginginkan agar iklan tersebut tampil pada situs yang membahas mengenai sepatu atau makanan dan bukan pada situs tentang teknologi. 

Namun, ada satu masalah yang ditemui disini bahwa pengunjung tentu tidak mau klik iklan tersebut karena mereka datang tidak untuk berbelanja.

Google sangat menyadari hal ini, oleh karena itu, mereka berusaha menyesuaikan dengan minat dan relevansi seperti yang sudah saya bahas dibagian atas.

Penutup

Ada banyak cara meningkatkan jumlah klik pada iklan, mulai dengan rajin membuat postingan, meningkatkan frekuensi pengunjung, promosi blog hingga memanfaatkan fitur periklanan yang ada.

Seperti contoh, jika anda menggunakan Google AdSense, tentu anda harus mengaktifkan fitur periklanan berbasis pengguna.

Demikian artikel tentang cara menampilkan iklan adsense agar lebih tertarget. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *