Cara Menempatkan iFrame Google Maps Didalam Postingan Blog

4 Likes Comment
cara menaruh iframe google maps

Berdasarkan penuturan beberapa blogger, menempatkan iFrame Google Maps didalam postingan blog dapat meningkatkan rating blog di mesin telusur.

Entahlah, apakah perkataan ini benar atau tidak, saya belum bisa membuktikannya. Karena ada banyak aspek yang mempengaruhi rating blog.

Rating blog sendiri sering di konotasikan dengan SEO [search engine optimization] blog atau performa blog itu sendiri di search engine.

Salah satunya, mungkin, iFrame Google Maps tersebut. iFrame atau bingkai ini berisikan tautan Google Maps didalam postingan blog yang menunjukan suatu lokasi wilayah tertentu yang spesifik.

Bagi beberapa blogger, menempatkan lokasi didalam postingan blog adalah sebuah keharusan. Terlebih untuk blogger yang menggunakan blognya sebagai tempat jualan.

Atau, blogger yang ingin menempatkan lokasi bisnis, tempat wisata, tempat pertemuan hingga hal-hal penting lain yang mungkin dapat meningkatkan visualiasi postingan.

Sementara, saat pengunjung atau orang mengklik iframe atau peta tersebut, mereka akan diarahkan aplikasi Google Maps untuk pengguna Android.

Dari dalam aplikasi ini kemudian pengguna bisa melihat jarak antara lokasi pengguna dan lokasi yang telah ditampilkan, kendaraan yang digunakan bahkan dapat terhubung dengan Go-Jek dan moda transportasi lain.

Apa itu Google Maps?

Google Maps adalah sebuah layanan peta digital berbasis web yang menyediakan informasi terperinci tentang suatu wilayah geografis dan situs yang ada diseluruh dunia.

Selain peta jalan konvensional, Google Maps juga menampilkan pemandangan bumi dari satelit dalam berbagai mode seperti peta biasa, gambar satelit, gambar 360° dan lain sebagainya.

Baca Juga : 15 Rahasia Google Maps

Di beberapa kota di Dunia, seperti New York dan London, Google Maps menunjukan pemandangan jalan yang terdiri dari foto yang diambil menggunakan kendaraan.

Selain jalan, Google maps juga terkadang menampilkan arah masuk dan keluar dari dalam sebuah gedung yang berukuran besar.

Secara umum, Google maps menawarkan beberapa layanan sebagai bagian dari sebuah aplikasi berbasis web besar, antara lain:

  • Sebagai rute yang menawarkan arah atau lokasi kepada setiap pengemudi, baik kendaraan bermotor, mobil, sukter, pejalan kaki, angkutan umum dan lain sebagainya. Arah yang ditunjukan biasanya adalah dari satu lokasi titik berangkat ke lokasi akhir atau titik berhenti
  • Google maps juga menawarkan program API kepada setiap orang yang membutuhkan, terlebih untuk aplikasi layanan transportasi online. Termasuk juga kode API yang dapat di sematkan di situs atau blog seperti yang akan dibahas dalam artikel ini
  • Untuk aplikasi Seluler, Google maps menawarkan layanan lokasi untuk pengendara yang menggunakan global positioning sistem [GPS] secara bersamaan dengan data dari jaringan nirkabel atau operator seluler lokal
  • Juga terdapat Google street view yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan melakukan navigasi lewat gambar dengan tingkat panorama horizontal dan vertikal dari berbagai kota di dunia [Google maps 360°]
  • Selain itu, Google maps juga menampilkan gambar bulan dan beberapa benda luar angkasa lain yang dapat dijangkau

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai Google Maps. Lalu bagaimana cara memasang peta Google Maps di dalam postingan blog? Baca artikel ini sampai habis.

Cara menempatkan iFrame Google Maps didalam postingan blog

Sebelum memasang iframe atau peta google Maps di dalam postingan blog, entah itu WordPress atau Blogger, anda harus mencari lokasi maps yang bakalan di embed di blog. Cara mencari lokasinya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan Buka Google Maps atau klik saja tautan ini
  2. Setelah masuk di Google Maps, telusuri Wilayah yang ingin anda masukan di Google Maps. Disini anda tinggal memasukkan nama wilayah yang ingin di embed pada kolom pencarian. Jika muncul nama wilayah tersebut maka anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnyaiframe google maps
  3. Setelah Cari Wilayah Silahkan pilih Bagikan atau Sematkan Peta tombol ini terletak dibagian kiri ujung sebelum menu Kirim ke perangkatiframe google maps
  4. Setelah Bagikan, Pilih Sematkan Peta Maka akan muncul menu bagikan. Tapi menu ini khusus untuk membagikan ke media sosial. Nah untuk anda yang ingin menempatkan iframenya di dalam postingan blog, silahkan klik saja tombol Sematkan petaiframe google maps
  5. Setelah itu akan muncul kode iframenya dibagian atas seperti pada gambar kedua dibawah iniiframe google maps

Lalu bagaimana cara menempatkan didalam postingan blog? Caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Cara menempatkan Google Maps didalam postingan Blogger/blogspot atau WordPress

Sebenarnya, anda juga bisa menempatkan iFrame ini didalam postingan blog WordPress. Langkah-langkahnya sama seperti yang akan saya ulas dibawah ini.

Oleh karena itu, jika anda pengguna platform WordPress, silahkan sesuaikan saja.

  1. Silahkan Masuk Ke dashboard Blogger/blogspot atau WordPress anda
  2. Setelah itu arah kursor lalu klik Entri baru. Untuk pengguna WordPress, silahkan arahkan kursor pada Pos> lalu klik tambah baru.iframe google maps
  3. Setelah masuk ke dalam entri baru atau postingan baru silahkan arahkan kursor pada tulisan edit HTML yang terletak di sebelah menu compose untuk blogger. Sementara untuk WordPress terletak di teks sebelah visual.
  4. Jika sudah silahkan copy kode iframe di Google Maps lalu pastekan didalam menu edit HTML/Teks
  5. Lalu klik Publish/terbitkan

Jika langkah-langkah ini sudah selesai dilakukan, maka didalam postingan blog anda akan terlihat peta Google.

Sebagai contoh, dibawah ini saya menampilkan peta Google maps desa Nulion di Banggai Kepulauan yang merupakan desa tempat saya lahir. Berikut hasilnya:

Anda juga bisa menempatkan kode embed peta google ini di bagian Widget atau di posisi lain. Bahkan, anda bisa mengatur besaran frame yang akan tampil.

Sebelum melakukan embed peta, ada 3 jenis frame yang tersedia, yakni Small (dengan ukuran 400 x 300 px), Medium (dengan ukuran 600 x 450 px), Large (dengan ukuran 800 x 600 ) serta Costum Size (ukuran yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan)

Penutup

Ada baiknya postingan itu diterbitkan, pastikan dulu apakah iframe tersebut valid dengan cara klik Pratinjau.

Dan usahakan, selain memasukan iFrame anda juga menyediakan tambahan berupa teks. Dengan kata lain, iFrame hanyalah pelengkap dari postingan yang baru saja anda buat.

Demikian artikel tentang cara menempatkan iFrame Google Maps didalam postingan blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *