Hoax: Pengertian, Jenis Dan Cara Menghindari

4 Likes Comment
hoax

HOAX atau Hoaks Atau Hoak menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu berita bohong atau berita bohong atau berita yang tidak teruji kebenarannya atau dalam pengertian lain kabar angin.

Sementara, menurut Oxford English Dictionary, hoax diartikan sebagai malicious deception atau kebohongan yang dibuat dengan tujuan yang jahat.

Di Indonesia, Hoax dalam pengertian kebanyakan adalah sebuah berita yang tidak di sukai atau berita yang tidak kita suka atau tidak disukai oleh banyak orang.

Jenis-jenis Hoax

Beberapa orang juga mengartikan hoax sebagai fake news sesaat setelah Johanes Gautenberg menciptakan mesin cetak pertama untuk koran pada tahun 1934 pengertian mengenai istilah ini mulai meluas. Ada beberapa jenis hoax yang kita kenal, berikut daftarnya.

1. Hoax proper

Dalam artian yang sebenarnya hoax proper adalah sebuah jenis berita bohong yang dibuat secara sederhana.

Dalam beberapa kasus, Hoax proper dibuat lebih terinci, terencana dan berpotensi mengacaukan stabilitas masyarakat.

Biasanya tujuannya untuk menipu dan mengelabui orang dan pembuatnya tahu persis bahwa berita itu adalah bohong belaka.

2. Pemilihan judul yang heboh namun tak sesuai dengan isi berita [clickbait]

Biasanya ini terjadi pada berita-berita online atau koran media massa. Judul berita dibuat dengan cara menggigit dan pemilihan angle (sudut pandang) yang provokatif tapi tidak seusai dengan isi berita.

Baca Juga :  Cara Menghindari Hoax Kesehatan di Media Sosial

Kebanyakan masyarakat Indonesia banyak yang terprovokasi dengan judul sebuah berita tanpa membaca isinya. Biasanya judul tersebut bersifat provokatif, menyudutkan, tendensius dan sebagainya sementara isinya tidak sesuai dengan judul

3. Berita benar namun menyesatkan

Sebenarnya, suatu berita dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Dalam konteks berita benar namun menyesatkan ini adalah sebuah berita lama yang memang benar terjadi namun kembali di share di media massa setelah beberapa tahun.

Baca Juga : Latihan Muhammad Ali di Air Tenyata Hoax?

Ini seolah-olah mengatakan bahwa berita itu baru saja terjadi dan dapat menyesatkan orang-orang yang tidak mengecek waktu ketika dipublikasikan misalnya tanggal, waktu dan bulan.

Risiko

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik ada baiknya sih kita tidak menyebarkan berita-berita bohong tersebut. Selain itu, suatu berita bohong berpotensi menimbulkan kegaduhan ditengah masyarakat, masyarakat akan saling sikut dan curiga satu dengan yang lain, bahkan berujung pada sikap benci kepada kelompok tertentu.

Dalam beberapa kasus, berita bohong yang disebarkan itu berakhir pada persekusi terhadap orang atau sekelompok orang.

Resiko terakhir adalah bermasalah dengan hukum. Hukum Indonesia telah mengatur terkait dengan berita bohong seperti yang tertuang dalam UU ITE (Khususnya pengguna internet) yang menyediakan berita-berita bohong tersebut.

Cara menghadapi Hoax

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menghindari berita hoax. Ingat, kata menghindari bukan berarti kita membiarkan begitu saja informasi yang bohong tersebut.

Biasanya juga, orang yang jarang membaca suatu berita adalah orang-orang yang tidak pernah membaca suatu berita.

Jika kita ingin menghadapi hoax ada baiknya kita rajin membaca berita-berita dari media-media yang sudah di verfikasi oleh Dewan Pers. Jangan share berita-berita, foto atau informasi yang belum terbukti kebenarnnya.

Cek sumber berita, cek juga berita-berita lain yang serupa. Jika berita tersebut sudah berlebihan, langkah selanjutnya adalah melaporkan orang/kelompok atau akun media sosial tersebut kepada Pihak berwenang.

Penutup

Hoax sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kebencian, konflik hingga menimbulkan korban jiwa. Dalam beberapa kasus, berita bohong tersebut bahkan berujung persekusi dan penghilangan nyawa orang lain.

Di Indonesia sendiri, berita bohong juga sering terjadi dan bahkan di Produksi baik secara sadar atau tidak baik oleh lembaga yang resmi hingga oknum tertentu.

Demikian artikel tentang Hoax: Pengertian, Jenis dan Cara Menghindari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *