Cara Agar Artikel Langsung Berada di Halaman Pertama Google

3 Likes Comment
halaman pertama Google

Saat ini, persaingan untuk kata kunci halaman pertama Google sangat kompetitif dan sangat sulit untuk bisa memperoleh peringkat di halaman pertama Google.

Ada banyak faktor yang membuat kita bisa berada di halaman pertama Google, sebagian besar dipengaruhi oleh SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah satu metode pengoptimalan mesin telusur yang memungkinkan blog kita bisa memiliki tempat di halaman pertama.

Tapi ternyata, jika kita hanya menargetkan untuk duduk di halaman pertama google itu tidaklah cukup. Mengapa?

Sebab saat ini, orang-orang mengatakan bahwa perubahan logartima membuat kita harus menargetkan peringkat yang lebih baik lagi.

Artinya apa? Itu berarti kita menargetkan untuk duduk diperingkat #0 Google.

Banyak orang yang kemudian berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat tersebut, namun sayangnya masih sangat sedikit yang bisa mendapatkannya.

Hal ini karena Google memberikan kriteria tertentu untuk blog tersebut, apakah memenuhi syarat atau tidak. Jika tidak, jangankan duduk di halaman pertama, di halaman kedua mungkin saja masih susah.

Oleh karena itu, jangan menargetkan hal itu dalam jangka waktu singkat, targetkan dalam jangka waktu lama.

Yang berati, apa yang anda targetkan itu bisa anda peroleh 1-2 bulan kemudian. Sayangloh traffic diambil orang lain hanya karena anda kesulitan memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Nah dalam artikel kali ini, saya ingin menjelaskan tentang cara untuk memperoleh peringkat di halaman pertama Google, sekaligus untuk bisa memperoleh peringkat di halaman #0 Google.

Tapi sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan peringkat tersebut, antara lain :

1. Kualitas artikel

Artikel berkualitas dapat dengan mudah dikenali. Rata-rata artikel berkualitas itu lebih panjang dan membahas secara lengkap mengenai suatu topik.

2. Domain authority dan page authority

DA dan PA mempengaruhi posisi blog anda. Memang sih, DA dan PA blog tidak serta merta menjadi faktor utama untuk perolehan peringkat di Google, namun menjadi penyumbang terbesar dalam hal perolehan peringkat.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun

Semakin tinggi DA dan PA blog kita, semakin tinggi tingkat kepercayaan Google kepada blog kita. Kira-kira begitu bahasa sederhanannya

3. Kata kunci yang ditargetkan

Untuk bisa memperileh trafick, maka usahakan kata kunci yang anda targetkan itu spesifik. Nanti akan saya jelaskan apa yang dimaksud dengan kata kunci spesifik itu.

4. Faktor readiblitas

Faktor ini yang banyak dilupakan oleh Blogger. Entahlah, apa alasannya, yang jelas faktor ini telah salah satu faktor yang menentukan posisi kita di mesin telusur. Untuk memahami lebih lanjut mengenai hal ini silahkan klik disini.

5. Pengoptimalan lanjutan

Pengoptimalan lanjutan ini berkaitan dengan metode pengoptimalan kata kunci [beserta kelengkapannya] agar membuat Google percaya bahwa keyword yang ditargetkan adalah itu.

Kelima faktor itu adalah faktor penentu. Namun, untuk memastikan agar kita bisa memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin telusur ada baiknya anda menerapkan pengoptimalan lanjutan.

Baca Juga : Bisakah Memasang Iklan AdSense di Blog Yang Pernah di Banned?

Dalam artikel ini saya ingin menjelaskan apa itu pengoptimalan lanjutan. Mudah-mudahan anda bisa memahaminya.

Pengoptimalan lanjutan ini masuk dalam kategori poin, yang ketika digabungkan menjadi 16 poin kunci dari SEO. Sebelum itu, saya ingin menjelaskan dua poin kunci dari pembahasan diatas.

2 Macam SEO

Ada dua jenis SEO, yakni SEO internal dan SEO eksternal.

a. SEO eksternal

SEO eksternal memusatkan pada pengoptimalan mesin telusur lewat pengoptimalan kata kunci dari luas. Metode ini menekankan pada aspek seperti Backlink yang didapatkan, DA dan PA blog serta analisis keterbacaan [readiblitas].

b. Seo internal

SEO internal memusatkan pada kemampuan mengoptimalkan konten dari dalam blog. Metode ini menekankan pada tautan internal, frasa kata kunci, pengoptimalan gambar, kepadatan kata kunci serta yang terakhir adalah latent semantic index [LSI].

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Anda Buka Sebagai Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Dua macam SEO itu mempengaruhi satu dengan yang lain. Dengan demikian, dua hal itu sama-sama penting. Mengoptimalkan keudannya secara bersamaan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Oke kita lanjut pada pembahasn yakni tentang cara agar artikel bisa duduk di halaman pertama Google. Pembahasan ini termuat dalam 16 poin kunci SEO.

16 Poin kunci dari SEO

Sebagaimana yang say sebutkan diatas, untuk bisa di halaman pertama Google maka kita harus mengoptimalkan SEO. Kalau bingun cara mengoptimalaknnya, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

Disini saya menandai dengan kode [a] dan [b]. [a[ berarti tautan ke luar sementara [b] adalah tautan ke dalam.

Sehingga memudahkan anda untuk memahaminya. Kalau nanti ada yang bingung silahkan tingglakan di kolom komentar.

1. Tautan keluar

Tautan keluar berarti, dalam setiap artikel yang kita tulis itu kita menautkan satu referensi untuk memperkuat topik yang kita bahas.

Referensi bisa berarti acuan untuk topik yang didapatkan. Dengan kata lain, kita memberikan backlink untuk orang lain.

Perlu anda ketahui, tidak semua tautan keluar itu buruk untuk SEO. Malah itu lebih bagus kalau dilakukan dengan baik, misalnya untuk menjadikan referensi.

Anda bisa memilih Wikipedia jika anda merasa rugi untuk memberikan tautan keluar. Apalagi jika salah satu pendapatan blog anda adalah dengan memberikan tautan keluar. Yang malah menurut saya gak terlalu bagus untuk SEO di masa mendatang.

2. Frasa kata kunci dalam subheading

Banyak orang yang jarang memahami hal ini. Padahal ini adalah sinyal penting bagi Google untuk melihat topik yang sedang anda bahas.

Dalam artian sebenarnya, kata kunci yang anda targetkan itu harus ada di dalam subpos atau subheading.

Kalau anda pengguna WordPress anda subpos [subheading] ada 6 sementara untuk untuk pengguna blogger hanya terdapat tiga sub pos yakni heading, subheading dan minor heading.

Baca Juga : Cara Menghapus URL Blog Di Peneluruan Google Secara Permanen

Nah usahakan disalah satu subpos tersebut terdapat kata kunci yang anda targetkan. Lebih bagus kalau kata kunci itu dimasukan di awal kata sama seperti pada judul

Nah anda bisa memasukan juga frasa lain seperti sinonim [lawan kata] dan antonimnya [persamaan kata]. Ini juga untuk membuat postingan yang latent semantik.

3. Panjang judul

Panjang judul memiliki pengaruh yang signifikan. Untuk itu, usahakan anda agar hemat kata dalam pembuatan judul.

Saran saya sih, usahakan agar judul yang anda buat tersebut tidak boleh lebih dari 8 kata. Kalau setiap katanya terdiri dari 8 huruf atau lebih, ada baiknya di kurangi.

Karena judul yang terlalu panjang tak terlalu bagus untuk SEO. Selain itu, usahakan agar judul yang anda buat tersebut terdapat kata kunci yang anda targetkan.

Alangkah baiknya kalau kata kunci yang ditargetkan tersebut berada di kata pertama, kedua dan ketiga.

4. Tautan internal

Anda bisa menggunakan widget, menautkan per kata seperti yang saya lakukan ini atau anda bisa menaruhnya secara manual seprti menambahkan konten Baca Juga.

Berapa sih idealnya? Tidak ada aturan khusus untuk ini. Namun saran saja, jika artikel anda terdiri dari 500 karakter, menambahkan tautan internal 3 sudah lebih dari cukup.

Tapi tunggu dulu, tautan internal seperti apa?

Pertanyaan yang cukup bagus. Bagi pengguna WordPress, apalagi jika menggunakan Plugin Yoast SEO, maka disarankan untuk menautkan ke artikel yang ditulis ditambah ke artikel lain didalam blog. Anda boleh menerapkan tehnik yang sama juga untuk pengguna Blogger.

5. Kata kunci dalam pengantar

Untuk menekankan hal ini, banyak orang yang kemudian menempatkan judulnya di pengantar, sebelum melanjutkan dengan isi pengatar yang sebenarnya.

Saya pikir cara ini cukup bagus untuk SEO, apalagi sudah menautkan dengan artikel yang lain.

Tapi usahakan untuk membuatnya terlihat natural. Karena pengunjung akan merasa lebih nyaman saat membaca kalimat pertama.

Baca Juga : Tips Mengajukan Banding ke Google AdSense

Sebab, kalimat pertama adalah komunikasi anda pertama kali dengan pengunjung. Kalau dibuat dengan natural maka akan sangat baik untuk SEO.

6. Panjang frasa kata kunci

Kata kunci adalah poin penting dalam hal SEO. Namun, menargetkan kata kunci yang terlalu panjang juga gak terlalu bagus.

Lantas, berapa idealnya kata kunci yang ditargetkan itu? Seperti yang anda tahu, penargetan kata kunci itu dari kata per kata.

Baca Juga : Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 UV per Hari?

Itu artinya, anda menargetkan kata kunci dari kata tersebut. Nah kalau anda menargetkan kata kunci yang lebih dari satu kata itu lebih bagus.

Mengapa? Karena peluang anda untuk memperoleh halaman pertama google terbuka lebar. Tapi usahakan jangan berlebihan.

Kalau bicara idealnya berapa, menurut saya pribadi sih 4 kata. Kalau lebih, usahakan tidak boleh lebih dari 6 kata. Usahakan, kata kunci yang anda targetkan itu runut atau mengalir.

7. Keyprase Density

Keyprase denisity ini dalam bahasa Indonesia berarti kepadatan kata kunci. Kata kunci yang padat, mengalir dan natural mengindikasikan kata kunci yang anda targetkan itu tidak dibuat-buat atau terkesan di paksakan.

Misalnya begini, anda menargetkan kata kunci ‘bisnis online mahasiswa [3 kata]’ atau ‘bisnis online untuk mahasiswa [4 kata]’, maka keyprase desitynya bergantung penuh pada panjang artikel.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Kalau artikel anda terdiri dari 500 karakter, maka disarankan kata kunci tersebut terdapat sekitar 3-5 kata kunci yang ditargetkan.

Usahakan jangan lebih dari itu, jangan sampai dikira anda melakukan teknik black hat atau memaksakan kata kunci yang bisa saja berujung pada penalti dari Google. Kira-kira begitu ya.

8. Frasa kata kunci dalam deskripsi meta

Bagi pengguna blogger, mereka tidak punya kebebasan untuk mengatur deskripsi meta. Makanya itu, banyak blogger atau pakar seo menyarankan agar kata kunci tersebut diusahakan untuk muncul di 100 kata pertama.

Jangan percaya hal itu. Saya sebaliknya. Saya menyarankan agar kata kunci yang anda targetkan harus muncul di kalimat pertama. Nantinya, ini akan menjadi deskripsi meta untuk blog anda.

Baca Juga : Cerita diterima AdSense dengan 7 Artikel

Berbeda dengan WordPress, kita memiliki keluwesan untuk mengatur deskripsi meta blog kita sendiri.

Pada intinya usahakan agar kata kunci yang anda targetkan itu muncul dalam meta deskripsi di hasil penelusuran Google.

9. Frasa unik yang digunakan sebelumnya

Maksudnya apa? Ya maksudnya adalah usahakan untuk tidak menargetkan kata kunci yang sama untuk konten yang berbeda. Jangan sampai di kira anda menerapkan kanibalisasi kata kunci.

Ya, usahakan untuk satu konten, anda menargetkan kata kunci yang berbeda. Meski hanya ada penambahan satu frasa [kata] saja.

10. Atribut alt

Google memiliki kemampuan untuk mendeteksi tulisan dalam gambar. Nah untuk memudahkan hal ini, beberapa tahun lalu Google memasukan atribut ini untuk mendeteksi tulisan didalam gambar

Ini bertujuan untuk melakukan pengkategorian gambar yang sangat berguna untuk penelusran gambar nantinya.

Untuk itu, atribut alt juga perlu di maksmalkan oleh blogger. Mengapa? Karena ini nantinya jadi salah satu faktor pendukung untuk menambahkan atribut alt.

Bukan Cuma atribut alt saja, tapi juga atribut title. Usahakan agar anda menaruh kata kunci yang anda targetkan itu didalam atribut alt dan title text.

Baca selengkapnya disini untuk pengguna blogger terkait dengan cara menambahkan atribut alt ini. Bagi pengguna WordPress, atribut alt ini bisa ditambahkan dengan cara manual.

11. Panjang teks

Diabgian atas saya sudah menyinggung tentang artikel yang bermanfaat. Panjang teks menunjukan bahwa artikel tersebut itu berguna untuk orang lain.

Kata berguna disini dapt diartikan bahwa artikel tersebut bermanfaat untuk orang lain.

Satu hal yang paling penting disini adalah usahakan agar artikel buatan anda itu lebih dari 300 karakter.

Ini adalah ukuran artikel standar. Lebih panjang lebih bagus. Apalagi kalau tiap artikel didalam blog anda berisi lebih dari 1000 karakter. Maka tentunya ini sangat bagus untuk SEO.

12. Frasa kata kunci dalam judul

Dibagian atas nampaknya saya sudah menyinggung soal ini. Frasa kata kunci dalam judul berarti anda menempatkan kunci dalam judul blog anda. Tapi perhatikan yang saya sebutkan dibagian atas pada poin 3 diatas.

Lebih bagus kalau frasa kata kunci itu muncul di kata pertama dan seterusnya. Ingat hal ini, karena judul adalah faktor pertama yang menarik pengunjung untuk masuk ke blog kita.

13. Frasa kata kunci dalam slug

Slug dapat diartikan sebagai tautan [tautan artikel]. Nah, basanya, slug ini mengikuti judul. Anda bisa memodifikasi slug ini dan hanya menempatkan kata kunci saja disana.

Tapi usahakan agar kata kunci yang anda targetkan harus muncul dalam slug ini atau muncul dalam tautan [link] blog anda.

Eh bukanlah yang kita bahas ini ada 16 poin? Ya betul. Namun, 3 poin selanjutnya itu ada baiknya di bahas di artikel yang berbeda.

Mengapa harus di aritkel yang berbeda, karena itu memang membahas tentang hal yang berbeda, meski sebenarnya masih berkaitan erat dengan SEO.

3 poin itu masuk dalam pembahasan tentang analisis keterbacaan [readiblitas]. Jika anda tertarik untuk membacanya silahkan klik disini.

Konklusi

Dalam dunia SEO tidak ada yang mustahil. Anda bisa merebut peringkat pertama, asalkan anda mengikuti metode diatas.

Untuk penjelasan lebih teknis, silahkan anda ikuti panduan tentang cara menerapkan SEO di postingan blog. Saya sudah membahas bagian teknisnya disitu.

Tapia da satu hal yang perlu anda ketahui disini, bahwa untuk bisa mendapatkan tempat diperingkat pertama mungkin tidak dalam hitungan detik atau hitungan jam saja.

Kadang butuh beberapa hari, hingga butuh beberapa bulan. Semua ini adalah progress yang harus anda lewati.

Meski lambat tapi nautral. Itu berarti, usahakan agar anda terus memantau perkembangan keyword yang anda targetkan itu dari waktu ke watku.

Saya yakin, kalau anda mengikuti metode diatas, anda pasti bisa berada diperingkat pertama Google.

Dan jangan pernah lengah dan bangga dengan hasil yang anda dapatkan ini, karena bukan hanya anda saja yang menargetkan hal yang serupa.

Sebenarnya juga, dibagian atas saya tidak saja membahas tentang cara mendapatkan tempat di halaman pertama google, tetapi mendapatkan tempat di halaman #0 google.

Apa maksudnya ya? Maksudnya, blog anda bisa duduk di featured snipped. Ikuti tips-tipsnya sederhannya disini dan terapkan bersamaan dengan teknik SEO yang saya bahas sekarang.

Nah demikian artikel tentang Cara Agar Artikel Bisa Berada di Halaman Pertama Google. Jika anda punya masukan, kritik atau sanggahan terhadap postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *